WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST.
Advertisements

MIDlet User Interface (3) As’ad Djamalilleil
Package As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.
Flow Control & Exception Handling
Web Teknologi 3 (MKB721C) Minggu 2 Page 1 MINGGU 2 Web Teknologi 3 (MKB721C) Pokok Bahasan: –Midlet –User Interface Tujuan Instruksional Khusus: Agar.
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
Pengembangan WEB Java Script Evangs Mailoa.
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 3.
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Pemrograman Aplikasi Bergerak
Pengembangan Web Java Script Ramos Somya.
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
Pemrograman Aplikasi Bergerak
Pemrograman Aplikasi Bergerak
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
Javascript Javascript Javascript Javascript Javascript Javascript
Diberikan pada Kuliah Sela Teknik Informatika - Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2011.
Komponen-Komponen dalam J2ME
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) “Skill to do comes of doing. “ (Ralph Waldo Emerson)
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
MIDP (MIDlet) dan Tools
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 5 (18 APRIL 2011)
Argumen Command-line Sebuah aplikasi Java dapat menerima sejumlah argumen dari command-line. Argumen dari command line memberikan kesempatan bagi.
Struktur Kontrol Pemilihan
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
1 Pertemuan 04 Variable Matakuliah: T0063/Pemrograman Visual Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Exceptional Pendahuluan Bugs dan error dalam sebuah program sangat sering muncul meskipun program tersebut dibuat oleh programmer berkemampuan tinggi.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2.
Struktur kontrol.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 4 (12 APRIL 2011)
03 Elemen Dasar Bahasa Java
Variabel, Konstanta, Tipe Data Dan Operator pada VB
Try, Catch, Finally Throws
Pada Bab sebelumnya, kita telah mendiskusikan bagaimana cara pendeklarasian berbagai macam variabel dengan menggunakan tipe data primitif. Dalam pendeklarasian.
Pemrograman Aplikasi Bergerak
Command line argument.
Pemrograman berorientasi objek
Pertemuan 2 Dani Hamdani, S.Kom..
High Level User Interface
Pemprograman Berorientasi Objek
Pertemuan 5 Tipe Data, Operator, Tata Bahasa
MIDP High-Level User Interface
PERCABANGAN & PERULANGAN DALAM JAVA
Bahasa Pemrograman 1 STRUKTUR KONTROL VB Chapter 03 bimocahyo.
Command line argument.
Identifier, Keyword, dan Tipe data
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Form & Item Oleh : Oman Somantri S.Kom
MIDlet User Interface (2)
Struktur Kode Program MIDlet
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Membangun User Interface
Review Materi Java Fundamental
As’ad Djamalilleil Class List As’ad Djamalilleil
Tipe Data, Variabel, dan Operator
MIDlet User Interface (3)
Mobile Teknologi Pertemuan 3
Konsep Bahasa Pemrograman I Operator
Pemrograman Berorientasi Objek
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek
Pada Bab sebelumnya, kita telah mendiskusikan bagaimana cara pendeklarasian berbagai macam variabel dengan menggunakan tipe data primitif. Dalam pendeklarasian.
Transcript presentasi:

WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si

Study Plan Sebelum UTS Pengenalan Aplikasi Pemrograman J2ME Review function ( if, for, while ) Review OOP Objek-objek di Java:  Screen (Form, Alert, Textbox, List) + Ticker  Image, TextField, ChoiceGroup, Command CommandListener Menghubungkan antar class TEORI:  OOP, MIDLet, J2ME, CDC, CLDC, JVM, KVM, JDK, SDK Kita Berada Di sini Kita Berada Di sini By Fandi Susanto S.Si

Additional Contents By Fandi Susanto S.Si Double.parseDouble(String); Double.toString(double); Integer.parseInt(String); Integer.toString(int); function Random str1.equals(String); str1.equalsIgnoreCase(String);

Menggunakan Objek Command By Fandi Susanto S.Si Untuk menggunakan Command, kita perlu:  Membuat dan mengisi objek Command  Membuat suatu class yang menggunakan interface CommandListener  Menambahkan objek Command ke dalam suatu Displayable  Mengeset CommandListener untuk Displayable tersebut  (Tentu saja) Membuat perintah yang akan dieksekusi oleh Command.

Menggunakan Objek Command By Fandi Susanto S.Si Constructor dari objek Command:  Command(StrLabel,int CommandType,int priority); CommandType yang ada:  BACK  CANCEL  EXIT  HELP  ITEM  OK  SCREEN  STOP

Menggunakan Objek Command By Fandi Susanto S.Si Untuk membuat suatu CommandListener, kita perlu menambahkan implements CommandListener pada class yang ingin dijadikan CommandListener Akan muncul error. Untuk mengatasinya, kita perlu melakukan import terhadap CommandListener Dan kemudian menambahkan Abstract Method milik CommandListener ke dalam class:  void CommandAction(Command c,Displayable d) {}

Menggunakan Objek Command By Fandi Susanto S.Si Kemudian kita perlu menambahkan Objek Command yang dibuat ke dalam Displayable (misalnya Form). Dan mengatur CommandListener Displayable tersebut.

Menggunakan Objek Command By Fandi Susanto S.Si Setelah menambahkan command-command ke dalam Form, maka Command-command tersebut akan tampil di dalam Form. Dengan mengatur class CommandListener dari Form, maka setiap kali user memilih suatu Command, program akan menuju ke method CommandAction yang berada di dalam class CommandListener tersebut. Dengan c adalah Command yang dipilih Dan d adalah Displayable tempat Command tersebut berada.

Menggunakan Objek Command By Fandi Susanto S.Si Terakhir, kita harus menentukan tindakan yang dilakukan oleh tiap-tiap Command.

Menggunakan Objek Command By Fandi Susanto S.Si Priority pada bagian terakhir constructor objek Command menentukan urutan munculnya Command. Jika semua priority dibuat sama, maka urutan Command akan ditentukan berdasarkan urutan penambahan Command ke dalam Form.

Menggunakan Objek Command By Fandi Susanto S.Si

Command dan TextField By Fandi Susanto S.Si Buat Form (project) dengan tampilan seperti di samping:  txtAngka1, txtAngka2  cmdExit, cmdHitung  StringItem hasil Dengan ketentuan:  txtAngka1 dan 2 maxSizenya 10  hasil teksnya "Belum ada hasil" Jangan lupa setCommandListener(this)

Command dan TextField By Fandi Susanto S.Si Tambahkan perintah di atas pada CommandAction. Double.parseDouble(String) digunakan untuk mengconvert String menjadi double. Double.toString(double) digunakan untuk mengconvert double menjadi String.

Command dan ChoiceGroup POPUP By Fandi Susanto S.Si Buat Form (project) dengan tampilan seperti di samping:  StringItem siX, siY dan siZ  TextField txtJawab  ChoiceGroup cgOperator  cmdExit, cmdRandom, cmdJawab, cmdNyerah Dengan ketentuan:  txtJawab maxSizenya 4  cgOperator tipenya POPUP

Command dan ChoiceGroup POPUP By Fandi Susanto S.Si Tambahkan:  prosedur acak();  fungsi solusi();

*Random dan Integer By Fandi Susanto S.Si Random rand = new Random()  Membuat sebuah objek Random. rand.nextInt(int batas)  Menghasilkan suatu int antara 0 dan batas. Integer.toString(int)  Mengkonversi int menjadi String. Integer.parseInt(String)  Mengkonversi String menjadi int

*Reminder switch By Fandi Susanto S.Si switch (expression) { case 0: ; break; case 1: ; break;. case n: ; break; default: ; break; } break; digunakan untuk keluar dari switch. Tetapi karena perintah return otomatis keluar dari fungsi, maka break; tidak wajib.

*Reminder procedure By Fandi Susanto S.Si void ( [arg1 [,arg2 [,arg3] ] ] ) {. } Sejumlah perintah/instruksi yang diwakili dengan satu instruksi saja.

*Reminder function By Fandi Susanto S.Si ( [arg1 [,arg2 [,arg3] ] ] ) {. return ; // dengan tipe data } Sejumlah perintah/instruksi yang diwakili dengan satu instruksi saja dan menghasilkan suatu nilai akhir.

Command dan ChoiceGroup POPUP By Fandi Susanto S.Si

*equals dan equalsIgnoreCase By Fandi Susanto S.Si Setiap string memiliki metode equals(String) dan equalsIgnoreCase(String) yang mengembalikan nilai berupa boolean true atau false. Perintah str1.equals(str2) membandingkan str1 dan str2. Jika sama maka akan bernilai true, jika salah maka bernilai false. Sedangkan str1.equalsIgnoreCase(str2) sama seperti equals, tetapi bersifat case sensitive.

Command dan ChoiceGroup MULTIPLE By Fandi Susanto S.Si Buat Form (project) dengan tampilan seperti di samping:  ChoiceGroup cgNoHP  StringItem siDaftar  cmdExit, cmdKirim Dengan ketentuan:  cgNoHP tipenya MULTIPLE  siDaftar labelnya Daftar Kiriman:

Command dan ChoiceGroup MULTIPLE By Fandi Susanto S.Si Tambahkan ke dalam CommandAction: Reminder: isSelected(int) memeriksa apakah pilihan ke terpilih atau tidak.

Command dan DateField By Fandi Susanto S.Si Buat Form (project) dengan tampilan seperti di samping:  TextField txtAcara  DateField dfTanggal  DateField dfWaktu  ChoiceGroup cgJadwal  cmdExit,cmdCatat,cmdHapus Dengan ketentuan:  cgJadwal tipenya MULTIPLE, dengal label: "Jadwal"

*Calendar By Fandi Susanto S.Si Calendar adalah suatu objek untuk mempermudah programmer dalam menggunakan objek tanggal.  Untuk membuat objek Calendar baru, kita gunakan Calendar.getInstance(); .setTime(Date) digunakan untuk mengubah tanggal. .get(Calendar.HOUR_OF_DAY) digunakan untuk mendapatkan jam pada .get(Calendar.MINUTE) digunakan untuk mendapatkan menit pada

*mengeset waktu pada DateField By Fandi Susanto S.Si Kode program:  dfWaktu.setDate(new Date((jam-7)* min*60000)); Digunakan untuk mengeset waktu ke waktu sekarang.  Argumen yang diterima oleh setDate adalah berupa objek Date  new Date menerima argumen long, yaitu jumlah milisekon sejak 1 Januari :00:00.  Oleh karena itu jumlah milisekon kita adalah jam* ditambah menit*  Tanggal system kita adalah UTC+7, sehingga untuk menyesuaikan jamnya, kita perlu mengurangi jam dengan 7.

Command dan DateField By Fandi Susanto S.Si Bersambung ke belakang

Command dan DateField By Fandi Susanto S.Si

Thank You For Your Attention Special Thanks:  Yoannita S.Kom (dan para pendahulunya) atas ilmunya. Reminders:  Dokumentasi class-class (properties, method dan contoh program) yang dipakai di Java ME dapat diakses lewat menu documentation pada start menu di folder WTK atau Java ME SDK. (Start  Java(TM) ME Platform SDK 3.0  Documentation) (Start  Sun Java (TM) Wireless Toolkit for CLDC  Documentation) By Fandi Susanto S.Si