STRUKTUR PEMILIHAN (KONTROL PROGRAM) Minggu III - 40 menit

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERCABANGAN # IF…THEN IF…THEN…ELSE SELECTION STIKOM
Advertisements

TUGAS Buatlah program menghitung luas persegi panjang!
Dasar Pemrograman Komputer
Minggu V Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 1.
Jurusan Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan 2004
PERULANGAN (LOOP) Minggu IV
SEKUEN Minggu II -- (40 menit)
Algoritma dan Struktur Data
Teknik Pemrograman (TEKPRO)
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
Modul 1- Review Java.
Subprogram Minggu V – VI
Algoritma dan Struktur Data
PERTEMUAN V Logika Algoritma Algoritma : Metoda pemecahan suatu masalah langkah demi langkah. Karakteristik Algoritma :  Presisi ; langkah-langkahnya.
Oleh Nila Feby Puspitasari
STRUKTUR KENDALI PROSES
Algoritma dan Struktur Data
III. STRUKTUR KONTROL.
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
Pemprograman Terstruktur 1
Algoritma dan Pemrograman
INF-301 FEB 2006 Univ. INDONUSA Esa Unggul PERTEMUAN V Tujuan Instruksional Umum : Permutasi & Kombinasi Tujuan Instruksional Khusus : Mahasiswa dapat.
Algoritma dan Struktur Data
Object-oriented Programming (OOP) with JAVA 2011/2012
Chapter 3 PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Contoh Pemecahan Masalah
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Contoh Pemecahan Masalah
Kendali program dan teknik penyimpanan data
Struktur Algoritma & Tipe Data
Perulangan.
Algoritma & Pemrograman
Algoritma.
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
PERTEMUAN 3 KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
Algoritma dan Struktur Data 1 pertemuan 12
Pertemuan 4 PROGRAMMING LANGUAGE.
KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
Looping, Percabangan dan Array
Flowchart.
PERSAMAAN KUADRAT.
Aliran Kendali (Flow Control)
PROG.STUDI PEND.FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Algoritma & Pemrograman 1
Algoritma dan Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman STRUKTUR PEMILIHAN (SELECTION) lanjutan
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Contoh Pemecahan Masalah
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
Pengantar Pemrograman
Struktur Dasar Algoritma dan Runtunan
Algoritma dan Pemrograman Subrutin (Function)
Array Buat algoritma untuk mencari nilai terbesar dari 5 nilai mahasiswa yang diinputkan dengan array.
Seleksi Kondisi merupakan perintah yang memungkinkan pemilihan atas perintah yang akan dijalankan sesuai dengan kondisi tertentu. Operator yang digunakan.
Algoritma dan Pemrograman Rekursif
Structure Theorem Rahmat D.R. Dako, ST, M.Eng.
Soal-soal Pengulangan
Algoritma dan pemrograman
PENYELEKSIAN KONDISI.
KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
Bab 2 Struktur Dasar.
BAB 2 PERSAMAAN KUADRAT.
Algoritma Rekursif Alpro-2.
Algoritma dan Pemrograman STRUKTUR PEMILIHAN (SELECTION) lanjutan
Perulangan.
Algoritma dan Struktur Data
Kendali program dan teknik penyimpanan data
S1 FLOW CHART Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro
CCM110, MATEMATIKA DISKRIT Pertemuan ke 10, Logika Algoritma
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Logika dan Algoritma Agung BP Chapter 5.
Transcript presentasi:

STRUKTUR PEMILIHAN (KONTROL PROGRAM) Minggu III - 40 menit Wahyu Pujiyono yywahyup@yahoo.com Tehnik Informatika Universitas Ahmad Dahlan

Motivasi Dalam kehidupan sehari-hari selalu diperlukan pemilihan dari beberapa alternatif Contoh : Terdapat beberapa alternatif untuk memilih sabun mandi Pertimbangan : harga, wangi

Alternatif mengacu pada tindakan yang akan dilakukan Pertimbangan mengacu pada syarat : Jika harus dipenuhi keduanya  dan Jika boleh salah satu  atau

Salah satu kemampuan komputer adalah dapat melakukan proses pemilihan dari beberapa alternatif sesuai dengan kondisi yang diberikan. Pernyataan :

Beberapa else :

Operator Relasional

Tabel Kebenaran Operator Or dan AND Termasuk operator biner

Kasus 3.1. Tentukanlah bilangan terbesar antara dua bilangan bulat. Analisis : Input : misalkan A dan B, keduanya integer Proses : bandingkan A dan B Jika A > B maka A terbesar (output) Sebaliknya B terbesar (output)

Algoritma 3.1

Flowchart 3.1 ya tidak max mulai A, B max = A A > B ? max = B selesai max = A max = B max ya tidak

Program 3.1

Translasi algoritma menjadi class

Bagaimana bila user memasukkan bilangan 1 dan kedua sama besar ?  syarat perlu ditambahkan : if (A=B) then “bilangan sama besar”

Kasus 3.2. Tentukanlah bilangan terbesar antara 3 bilangan bulat. Analisis Input : misalkan x, y dan z, semua integer Proses : kita harus membandingkan ketiga bilangan tersebut (caranya?) Output : bilangan terbesar

Algoritma 3.2 (alternatif 1)

Kelemahan : Bilangan lebih dari 3  sangat kompleks Alternatif (2) : Idenya : Hanya satu bilangan maka bilangan tersebut pastilah terbesar (atau terkecil) Bilangan berikutnya tinggal dibandingkan dengan nilai terbesar yang saat ini diperoleh.

Algoritma alternatif (2)

Latihan : Buatlah flowchart dan program dari alternatif (2) Bagaimana untuk kasus yang melibatkan n buah bilangan ?  gunakan ARRAY

Kasus 3.3. Carilah akar-akar persamaan kuadrat. Analisis : Persamaan kuadrat adalah persamaan dengan bentuk umum Ax2 + Bx + C = 0, dan tentu saja dengan A  0. Akar persamaan kuadrat diperoleh dengan rumus : Bila akan diperoleh akar imajiner.

Input : koefisien A, B dan C bilangan real Proses : ada tiga alternatif pilihan dari harga Yaitu harganya 0, positif atau negatif Output : nilai akar berdasar rumus

class Akar { public : void masukan(); float disk() {return b*b - 4*a*c;} float akar_disk() {return sqrt(disk());} void hitung_akar1(); void hitung_akar2(); void cetak(); private : int a, b, c; float x1, x2; };

Kasus 3.4. Konversi Nilai Konversikan nilai angka menjadi nilai huruf dengan ketentuan sebagai berikut :

Kasus 3.5. Konversi Hari Buatlah algoritma, flowchart, dan program untuk mengkonversi hari ke-1 adalah hari Senin sampai dengan hari ke-7 adalah Minggu. Misalkan dimasukkan nilai 5, outputnya adalah hari Jum’at.

Algoritma 3.5

Rangkuman Bedakan operator = dan == Gunakan pernyataan if dan switch secara tepat Pelajari kembali tentang tabel nilai kebenaran untuk operator kondisional yang lain (xor, nor, dll.) Berguna untuk proses rekursif

Latihan Sempurnakan algoritma 3.3. dengan akar imajiner berbentuk : a + bi dengan a dan b bilangan real dan bila harga Buatlah algoritma dan class beserta method untuk mengecek apakah pemakai memasukkan bilangan bulat atau bilangan real.

Latihan (lanjutan) Buatlah algoritma, class dan method untuk mengecek apakah karakter yang dimasukkan itu merupakan huruf besar, huruf kecil atau digit (bilangan).

Tabel ASCII

Bahan Diskusi Kelompok Dalam kehidupan sehari-hari, misalkan kuitansi, slip pembayaran gaji, transaksi perbankan (menabung/ menarik tunai) maupun hukum (akta kelahiran, akta pendirian perusahaan), kita jumpai penulisan angka yang diikuti dengan ejaan/ teks ucapan. Diskusikan, algoritma untuk mengkonversi angka (bilangan) menjadi ejaan/pengucapan. Asumsikan maksimal angkanya adalah ribuan. Petunjuk : 1. Berikan sebuah angka, ambil 4 digit 2. lakukan secara manual, tiap mahasiswa mencoba sendiri 3. gunakan operator yang tepat untuk tiap langkah 4. gunakan pernyataan kondisional (IF atau IF .. ELSE IF ...) untuk beberapa pilihan yang ada.

Minggu Depan : Perulangan/ LOOP Pernyataan : for while do … while