1 Pertemuan > > 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat memperhitungkan pengaturan lay-out, perangkat.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Advertisements

KOMPUTER HARDWARE.
LOGO “ Add your company slogan ” Siswo Wardoyo, S.T., M.Eng. Siswo WardoyoJurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNTIRTA2011/2012- Genap
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
BAB IV PERANGKAT KOMPUTER
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
Pertemuan 5 PIRANTI INTERAKTIF
PERTEMUAN KETIGA Keyboard HARDWARE.
Piranti Interaktif.
1 Pertemuan > >. 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat membuat diagram / skema desain proyek.
1 Pertemuan > > 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat mendemonstrasikan cara, langkah dan metode.
1 Pertemuan > >. 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat menghubungkan pola evaluasi proyek EUIS.
Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat membuat diagram / skema untuk assessment setiap tahap pengembangan.
Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
Designing Effective Output / Input
Bina Sarana Informatika
1 Pertemuan > > Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >
Pengenalan Sistem Operasi
Matakuliah: R0604/ Komputasi Desain Arsitektur II Tahun: 2008 Pertemuan 22 Notasi dan Ukuran pada model 3D.
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Interaksi Manusia dengan Komputer
1 Pertemuan 12 Manajemen Dialog (02) Matakuliah: M0154 / Management Support Systems Tahun: 2005 Versi: 1/1.
1 Pertemuan 3 Pengenalan menu dasar 3D Matakuliah: R0374/Komputasi Desain Arsitektur II Tahun: 2005 Versi: V-1/R-0.
1 Pertemuan 18 Pencahayaan / Lighting Matakuliah: R0374/Komputasi Desain Arsitektur II Tahun: 2005 Versi: V-1/R-0.
NamaSlide Tika Listiani Umar3-5 Erwin Suganda6-8 Indah Rahmawati Putri9-11 Ivan David12-14 Heru Setiawan15-17.
KONSEP USER INTERFACE.
Antar Muka Pengguna.
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Perancangan antarmuka (design interface)
Hardware: Input and Output
Desain Tempat Kerja Rahmi Lubis,S.Psi.,M.Psi..
Peranti interaktif Pertemuan 5.
Piranti Interaktif.
Peranti interaktif Pertemuan 5.
TEKNIK ANTARMUKA.
PERANGKAT INPUT TONY ROHMAN.
Desain User Interface dan Input
KONSEP INTERFACE
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Pendahuluan.
Panduan Merancang Interface
Tahun : <<2005>> Versi : <<1/1i>>
PERTEMUAN KETIGA Keyboard HARDWARE.
Mobile Device User Interface
UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I
Pertemuan 18 Pencahayaan / Lighting
Graphical User Interface (GUI)
Interaction Devices and Input-Output
Kinds Of Input/Interaction Devices
Designing Effective Output / Input
Interaksi Manusia Dan Komputer
KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
Peralatan Input (Input Device)
Piranti Interaktif.
Chapter 6 Dialog Management Subsystem (diambil dari edisi ke 5 bab 6)
Human-Computer Dialogue
Human-Computer Interaction (HCI)
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
Pendahuluan.
INPUT DEVICE.
Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Piranti Interaktif.
Past, Present, and Future of User Interface Software Tools
Desain Tempat Kerja Rahmi Lubis,S.Psi.,M.Psi..
INTERAKSI.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Dialogue Notation & Design Part-2
Transcript presentasi:

1 Pertemuan > >

2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat memperhitungkan pengaturan lay-out, perangkat yang ergonomis

3 Outline Materi Meningkatkan tampilan fisik individu dampak pengaturan jarak pada desain workstation contoh pengaturan daerah kerja hubungan produktfitas dengan ruangan, privasi dan status

BackNextEndBackNextEnd 10-4 Copyright Prentice Hall, 2002 Faktor Lingkungan : Desain Software, Hardware, dan Tempat Kerja

BackNextEndBackNextEnd 10-5 Copyright Prentice Hall, 2002 Learning Objectives Identifikasi ciri desain EUIS yang baik. Perbedaan command, menu, icon, natural speech, dan recognition-based S/W interfaces. Prinsip interface yang baik dan rancangan layarnya. Tujuan menganalisis untuk mendesain interface. Karakteristik monitors: glare, flicker, bezel, and character quality.

BackNextEndBackNextEnd 10-6 Copyright Prentice Hall, 2002 Learning Objectives Enam istilah keyboard yang ergonomis. Mouse yang ergonomic. Aplikasi AMCO-PACT in mendesain lay-out ruang kerja. Hubungan pencahayaan dengan produktifitas. Tiga solusi untuk menghilangkan polusi suara. Hubungan desain workstation dengan produktifitas. 2

BackNextEndBackNextEnd 10-7 Copyright Prentice Hall, 2002 Learning Objectives Pengaruh postur dengan perangkat yang ergonomis. Dampak pengaturan jarak pandang workstation. Beberapa contoh pengaturan daerah kerja Pola-pola sosial dan hubungannya dengan desain tempat kerja. Hubungan productivity dengan luas ruang, letak depan-belakang, privasi, status. 3

BackNextEndBackNextEnd 10-8 Copyright Prentice Hall, 2002 Human Factor Ergonomics (HFE) Adalah aplikasi menggabungkan cirri-ciri fisik dan psikis manusia dalam merancang kebutuhan perangkat kerja mereka dengan tujuan meningkatkan produktifitas. ( ERGON = WORK dan NOMOS =NATURAL LAWS) contoh : - pengaturan cockpit pilot pesawat - pengaturan ruang kemudi mobil - lay-out pabrik, ATM, office 3

BackNextEndBackNextEnd 10-9 Copyright Prentice Hall, 2002 Framework HFE 3

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 Tipe interface 3

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 Improving user understanding 3

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 Kontrol dialog user 3

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 Tips Interface design 3

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 Monitor (CRT dan LCD) Size (lebar layar) 15 inch, 17 inch dst atau footprint (ukuran inch-square) Glare dan reflection ( pencahayaan, reflektif) Bezel(rata, umumnya lebih terang di tengah layer) Resolution ( jumlah pixel, cemerlang) Contrast ( perbedaan dengan latarbelakangnya) Color ( red, green, blue, 256 colors) Radiasi 3

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 Keyboard Key pressure ( hentakan tombol) Auditory feedback ( Suara menandakan OK) QWERTY dan ASK (American Simplified Keyboard) Profile (ketebalan, tinggi tombol) Finish dan shape (cekung/mangkok, pojok tajam) 3

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 MOUSE Disesuaikan dengan GUI Kiri, untuk control kursor, opsi menu Kanan, untuk shortcut Notebook, mouse di tengah Touch pads, sentuhan dengan jari Design terbaru, cordless mouse, dll 3

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 AMCO-PACT 3

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 Systems Approach to Productivity Each component can stand alone: Or components can merge: TechnologyProcess Human Needs

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 Systems Approach to Productivity Each component can stand alone: Or components can merge: TechnologyProcess Human Needs TechnologyProcess Human Needs OptimumProductivity

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 Software Design Jenis antarmuka(interface) –Command-based interfaces –Menu-based interfaces –Icon-based interfaces –Natural language interfaces –Pen-based interfaces –Speech recognition technology Desain antarmuka pemakai

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 Software Design Meningkatkan pemahaman user –Gunakan ungkapan –Hilangkan bentuk yang beragam –Menjamin consistency –Buat interface sesuai pemakai –Buat interface transparent

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 Software Design Memungkinkan dialog –Making the interface forgiving –Making the interface visual –Providing feedback Rancangan layar Tampilan yang mendukung (Learning aids)

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 Hardware Design Monitors – CRT and LCD –Size Footprint –Glare and reflection –Bezel –Character resolution and flicker –Contrast –Color –Radiation

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 Hardware Design The keyboard –Repetitive stress injuries (RSI) or repetitive motion injuries (RMI) –Prinsip ergonomis Key pressure Auditory feedback Layout – QWERTY and ASK Profile Finish and shape The mouse

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 Hardware Design The mouse –GUI interfaces –Shortcut menus –Notebook buttons –Touch pads –Evolving designs

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 Workplace Design The AMCO-PACT model of office layout Office Space Utilization Personal Preferences Aesthetic Desires Cost Time Organizational Analysis Machine & Equipment Analysis Activity Analysis Channel Analysis

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 Workplace Design Environmental impacts –Lighting Candela (cd) – Light intensity Lumen (lm) – Light radiation Lux (lx) – Illumination actually seen Reflection factor (p) – Capacity to reflect light –Sound Articulation index (AI) –Sound-absorbing materials –Sound-masking systems –Office layout

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 Workplace Design Environmental impacts –Air quality –Colors and textures Workstation design –Work analysis –Anthropometric concerns Posture Reach and viewing distance

BackNextEndBackNextEnd Copyright Prentice Hall, 2002 Workplace Design Behavioral Concerns –Territoriality –Personal space –Backs and sides –Eye contact –Status –Socialization

30 > Selanjutnya Pert 17 Inovasi dan Perencanaan strategi EUIS