Pertemuan 5 Manipulasi langsung.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DISPLAY.
Advertisements

GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
BAB V MANIPULASI LANGSUNG.
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PROTOTYPING Analisa Desain Sistem Informasi. Pendahuluan Prototipe merupakan simulasi atau animasi dari bakal sistem. Prototipe merupakan suatu metode.
Grafika Komputer (TIZ10)
Protyping IMK-M5.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Manipulasi Langsung dan Lingkungan Maya
Manipulasi Langsung dan Lingkungan Maya
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
DESIGN INTERFACE.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Manipulasi Langsung Manipulasi Langsung
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
Teori , Prinsip, dan Pedoman
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Interaksi Manusia dengan Komputer
Pemilihan Menu dan Pengisian Formulir
Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
NamaSlide Tika Listiani Umar3-5 Erwin Suganda6-8 Indah Rahmawati Putri9-11 Ivan David12-14 Heru Setiawan15-17.
Interaksi Manusia dan Komputer
Perancangan Tampilan.
Analisa Desain Sistem Informasi
KONSEP USER INTERFACE.
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Perancangan antarmuka (design interface)
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
Interaksi Manusia dan Komputer
Teori , Prinsip, dan Pedoman Pertemuan 2
Teori, Prinsip, dan Pedoman
KONSEP INTERFACE
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
DESAIN.
Pendahuluan.
PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
Panduan Merancang Interface
Interaksi manusia komputer
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
1.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Perancangan Tampilan.
UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I
Teori , Prinsip, dan Pedoman
DESAIN GRAFIS IMK 2015 Laseri, S.Kom.
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Manipulasi Langsung Manipulasi Langsung
Perancangan Tampilan.
Analisa Desain Sistem Informasi
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Pendahuluan.
Interaksi.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
VISUAL PROGRAMMING DALAM JAVA
Perangkat Lunak (Software)
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
INTERAKSI.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Transcript presentasi:

Pertemuan 5 Manipulasi langsung

Antarmuka pemakai (user interface) yang baik memungkinkan: Penguasaan atas sistem Kompetensi dalam melakukan tugas Kemudahan dalam mempelajari sistem dari awal dan mengasimilasi hal-hal lanjut (advanced) Kepercayaan diri dalam kapasitas mengingat penguasaan

Kenikmatan menggunakan sistem Lanjutan… Kenikmatan menggunakan sistem Keinginan untuk mempertunjukkan sistem kepada pemula Keinginan untuk menjelajahi aspek-aspek yang lebih hebat dari sistem

Tentang manipulasi langsung Definisi : Representasi visual (metafora) dari dunia nyata Objek dan aksi diperlihatkan Mengandung pemikiran analogis Aksi yang cepat, inkremental dan dapat dibatalkan Mengetik diganti dengan menunjuk dan memilih Hasil aksi langsung terlihat

Keuntungan : Kompatibilitas kendali dan tampilan Lebih sedikit sintaksis karena itu tingkat kesalahan berkurang Labih banyak pencegahan kesalahan Lebih cepat dipelajari dan diingat Mendorong penjelajahan

Kekurangan : Meningkatkan sumber daya (resource) sistem Aksi menyusahkan Teknik makro lemah Sulit dicatat dan ditelusuri Sulit digunakan oleh orang-orang yang penglihatannya terganggu

Contoh-contoh sistem manipulasi langsung Display editor dan pengolah kata Spreadsheet Manajemen data spasial (spatial data management) Video games Computer aided design and manufacturing Office automation, database, directories Graphical User Interface (GUI)

Masalah-masalah dengan manipulasi langsung Representasi spasial atau visual Pemakai harus mempelajari arti komponen-komponen representasi visual Bagi juru ketik yang berpengalaman, memindahkan mouse atau menunjuk sesuatu bisa lebih lambat daripada mengetik

Pemikiran Visual dan Ikon Ikon adalah gambar atau simbol yang mewakili konsep tertentu

Pedoman perancangan ikon : Representasikan objek atau aksi dengan cara yang dikenal Batasi jumlah ikon yang berbeda Buat ikon jelas terlihat dari latar belakangnya Pertimbangkan ikon tiga dimensi; bagus dilihat tapi dapat mengalihkan perhatian Pastikan setiap ikon yang dipilih terlihat jelas ketika dikelilingi oleh ikon yang tidak terpilih Buat setiap ikon berbeda dari yang lainnya

Pastikan keselarasan setiap ikon sebagai anggota kelompok ikon Lanjutan… Pastikan keselarasan setiap ikon sebagai anggota kelompok ikon Rancang animasi pergerakan : ketika diseret, tampil seluruh ikon, kerangkanya saja, versi hitam putih, atau kotak hitam Berikan informasi rinci Pikirkan penggunaan kombinasi ikon untuk menciptakan objek atau aksi baru

Virtual Reality (Kenyataan Maya) Virtual reality : lingkungan buatan yang diciptakan dengan hardware dan software dan dipresentasikan kepada pemakai dengan cara sedemikian sehingga lingkungan tersebut tampil dan terasa seperti lingkungan asli

Komponen-komponen VR Visual display Head position sensing Hand position sensing Force feedback Sound input and output Other sensations Cooperative and competitive VR