Dasar-dasar Multimedia

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Memahami etimologi multimedia
Advertisements

VOIP DAN STREAMMING Oleh : Giga dan Riri.
Bab 6 Multimedia.
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
MULTIMEDIA ISLAMI Mista Hadi Permana DEFINISI MULTIMEDIA DDalam dunia elektronika, multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996).
P ENGANTAR M ULTIMEDIA ASEP DEDEN RAHMAT S., ST..
TEKNIK MULTIMEDIA.
PUSAT KOMUNITAS KREATIF
TUGAS BU RATNA #PERTEMUAN 10
Dasar-dasar multimedia
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan.
Modul 10 (Multimedia) Mega Anis Kartika
1 Pertemuan 12 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY. 2 Multimedia Kebutuhan Perangkat Keras Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling.
TEKNOLOGI MULTIMEDIA.
MULTIMEDIA.
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
MEMAHAMI ETIMOLOGI MULTIMEDIA
Sistem Multimedia.
Memahami etimologi multimedia
Pemrograman multimedia
Pertemuan 1 Pengenalan Multimedia
Pengantar Multimedia Nurochman.
E-LEARNING.
Pemrograman Multimedia
E-Learning by : AIRA 2009.
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
SISTEM INFORMASI MULTIMEDIA
PTIK 10 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY
Pengantar TI 2015/2016 PENGANTAR MULTIMEDIA.
Sistem Operasi - Multimedia
Pertemuan I Multimedia (Teori)
Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa
Memahami etimologi multimedia
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
Bagian 1-Apa itu Multimedia?
Aplikasi Multimedia Untuk Keunggulan Bersaing
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK UKM BERBASIS MULTIMEDIA
Pengenalan multimedia
KOMPUTER ANIMASI & PRODUKSI MULTIMEDIA
MULTIMEDIA Pert. 1.
Multimedia dan Pemanfaatannya dalam proses pendidikan
Sri Anardani, S.Kom STT Dharma Iswara
Universitas Islam Indonesia
DASAR DASAR MULTIMEDIA
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
Pengantar Teknologi informasi (TIF1101/SIF1101)
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
Memahami etimologi multimedia
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
Animasi dan Suara Pertemuan 02
M.Fauzi Josua Tangke Gigih Yudha
Memahami Etimologi Multimedia
desain multimedia dasar
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
ETIKA PEMASARAN DAN PRODUKSI
Pengantar Multimedia Tujuan Khusus Pelatihan :
Perkembangan Multimedia Masa Depan
tujuan Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
Pemrograman Multimedia
Memahami etimologi multimedia
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
Pemrograman Multimedia Dede heru. s.kom. OVERVIEW Position : Contact Address: Phone: - Handphone : dedeheru Homepage:
TEKNOLOGI MULTIMEDIA. SEJARAH MULTIMEDIA Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium.
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia Mahasiswa mengetahui perkembangan terkini dari multimedia Mahasiswa mengetahui manfaat teknologi multimedia.
Transcript presentasi:

Dasar-dasar Multimedia Pertemuan ke-1

Introduction Kemajuan teknologi informasi merupakan suatu perkembangan yang memberikan akses terhadap perubahan kehidupan masyarakat Akibat kemajuan media teknologi informasi, kehidupan masyarakat memasuki zone rekreatif (hiburan). Teknologi yang mampu menjawab berbagai kebutuhan tersebut adalah teknologi Multimedia

Lanjutan Menurut Riset Computer Technology Research (CTR) Manusia mampu mengingat 20 % dari apa yang dia lihat Manusia mampu mengingat 30% dari yang dia dengar Manusia mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat Manusia mampu mengingat 70% dari yang dia lihat, didengar dan dilakukan

Multimedia Menurut Vaughan (2004) multimedia merupakan kombinasi teks, seni, suara, gambar, animasi, dan video yang disampaikan dengan komputer atau dimanipulasi secara digital dan dapat disampaikan dan/atau dikontrol secara interaktif.

Jenis-jenis Multimedia Multimedia interaktif Menurut Hofstetter (2001), Multimedia Interaktif adalah pemanfaatan komputer untuk menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) menjadi satu kesatuan dengan link dan tool yang tepat sehingga memungkinkan pemakai multimedia dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

Lanjutan Multimedia hiperaktif Multimedia jenis ini mempunyai suatu struktur dari elemen-elemen terkait dengan pengguna yang dapat mengarahkannya.Dapat dikatakan bahwa multimedia jenis ini mempunyai banyak tautan (link) yang menghubungkan elemen-elemen multimedia yang ada.

Lanjutan Multimedia linear Pengguna hanya menjadi penonton dan menikmati produk multimedia yang disajikan dari awal hingga akhir.

Pengembangan Bidang Multimedia Berikut ini beberapa bidang pengembangan Multimedia 1. Bidang Instructional Designer, meliputi: Software application, Role play template, Interactivity matter, Certification procedure, Learning Strategy 2. Bidang Art Designer, meliputi: Graphic Icon, Color Harmony, Software Aplication, Background & Layout, Role play template, Sound Recording, Animated Object 3. Bidang Software Engineer, meliputi: Development Process, Development Tools, Code Development, Software Testing, Software Maintenance

Berbagai Aplikasi dalam Multimedia Aplikasi multimedia dalam Bisnis meliputi: Presentasi , company profile Pemasaran (Telemarketing) Periklanan Demo produk Katalog dll Aplikasi Multimedia dalam Pendidikan meliputi Tutorial Simulasi dan pelatihan E-Learning dll

Lanjutan Aplikasi Multimedia dalam Hiburan meliputi Games; virtual game, virtual driving Film : animasi Olah raga dan hobi Video-on-demand (VOD) : Pengguna bebas mengakses data multimedia yang tersedia pada media server (dokumen berita, entertaintment, film, musik, dll) Aplikasi kepentingan publik atau institusi Militer Pariwisata Kesehatan seperti animasi penunjuk kesehatan dll

Alasan mengapa perlu aplikasi multimedia? Keterangan Presentasi bisnis Multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/servis ataupun gagasan ke audien. Pelatihan berbasis computer(CBT/Computer Based Trianing) Multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang penguetahuan yang menuntut penyajian visual. Contoh,CBT digunakan untuk menunjukkan cara membersihkan dan menguji busi. Dengan cara seperti ini, tidak hanya tata cara membersihkan busi yang dapat di visualisasikan, tetapi bunyi percikan api ketika busi ditest juga diperdengarkan Pendidikan Multimedia digunakan dalam program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif. Hiburan Multimedia digunakan memvisualisasikan pelajaran-pelajaran yang sulit diterangkan dengcara konvensional Penyajian Informasi Multimedia dapat Dipakai untuk membentuk enslikopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara. Selain itu multimedia juga memungkinkan penerbitan elektronis baik dalam bentuk buku maupun Koran Kios interaktif Kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai pada tempat-tempat umum. Pemakai dapat berinterakasi dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi Telekonferensi Multimedia digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan  ke masing-masing komputer pemakai yang digunakan

Contoh aplikasi multimedia dalam kesehatan buatan microsoft

Contoh aplikasi dalam pembelajaran

Aplikasi multimedia dalam pembelajaran bahasa

Aplikasi multimedia dalam jaringan; www.youtube.com

Pengaruh Multimedia Multimedia merupakan media interaktif yang sangat ampuh mempengaruhi manusia. Dalam hal ini multimedia mampu: Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting! Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.

Lanjutan Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online, menggunakan e-book. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.

Masa Depan Multimedia Untuk kedepannya implementasi teknologi multimedia tergantung pada teknologi seperti : Sistem perancangan grafis komputer Sistem operasi dan teknik implementasi Sistem Jaringan (network) Content Management Sytem HCI (Human Computer Interaction)

Konversi Multimedia ke Depan

Lanjutan Berikut ini beberapa teknologi multimedia yang terus berkembang pesat: Video Digital video Digitalization ASF (Advanced System Format) MPEG (Motion Picture Expert Group) DivX dsb

Contoh pengembangan kedepan dalam multimedia A. Virtual reality teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehinggga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk perancang obat, arsitek, dan bahkan orang awam untuk melakukan aktifitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh, pilot dapat meggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.   Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan Walter.

Contoh Virtual Reality

Cara Kerja VRS Cara kerja virtual reality system pada prinsipnya adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realities. Melalui headset, glove, dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh system dan system memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun psikologis. 

Lanjutan B. Video conference Video conferencing adalah alat komunikasi jarak jauh yang menampilkan suara dan gambar secara langsung artinya dengan waktu yang bersamaan melalui jaringan komputer. Sekarang ini video conference juga dapat diakses melalui handphone 3G. Semua peserta Video Conference harus mempunyai 3G ponsel dan dalam wilayah layanan 3G untuk dapat berpartisipasi dalam Video Conference. Tiap peserta yang ikut serta dalam video conference tersebut bertanggung jawab atas biaya video call mereka masing-masing.Oleh sebab itu aplkasi video call termasuk aplikasi yang cukup mahal dalam soal biaya koneksi.

KARIR DALAM MULTIMEDIA Bidang teknologi multimedia merupakan profesi baru yang sedang dibutuhkan pada saat sekarang dan yang akan datang. Imajinasi yang kuat diperlukan di bidang ini untuk dapat membayangkan, melihat potensi, menciptakan apa yang tidak terbayangkan oleh kebanyakan orang saat ini. Berikut ini adalah profesi yang membutuhkan teknologi multimedia : Pemasaran, animasi, desain grafis, electronic publishing, editor, desain game, public relations, spesial efek, produksi video, dan web master.

Desain Sistem Multimedia Dalam mendesain suatu sistem media, terdapat tiga hal pokok yang harus dipertimbangkan, yaitu: Media yang paling tepat untuk suatu task Lingkungan yang tepat untuk media tersebut Efek yang diharapkan dengan mengkombinasikan media-media tersebut.

Memilih Media yang Tepat dalam Desain Multimedia Gunakan media audio jika: Informasi sederhana Informasi pendek Informasi hanya dibutuhkan saat itu Informasi berisi event dalam waktu Informasi yang dibawakan membutuhkan respon langsung Sistem visual dari manusia terlalu sibuk Lokasi terlalu gelap atau terlalu terang Manusia harus terus bergerak dalam melakukan tugasnya

Gunakan media visual jika: Informasi kompleks Informasi panjang Informasi masih dibutuhkan beberapa saat kemudian Informasi berisi lokasi dalam ruang Informasi yang dibawakan tidak membutuhkan respon langsung Sistem audio dari manusia terlalu sibuk Lokasi terlalu bising Manusia bisa tetap diam pada suatu posisi tertentu dalam melakukan tugasnya.