KARUNI OCTAVIA, 2502406021 FENOMENA LAKON SONDONG MAJERUK DALAM PERMAINAN KETHOPRAK KRIDO MUDHO DI DESA SENDANG AGUNG JERUK KECAMATAN KALIORI KABUPATEN.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DEVI DWI ASTITI, Kepribadian Tokoh dalam Novel Pawestri Tanpa Idhentiti Karya Suparto Brata.
Advertisements

ZULIATI, BENTUK EKSPRESI MUSIKAL GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI 01 PATI.
WIYONO, Pertunjukan Tayub dalam Tradisi Saparan di Desa Tegalrejo Kota Salatiga.
HERI ROHMADANI, Heroisme Dalam Serat Menak Dewi Soja.
SITI ROKHANA, Analisis Tokoh Utama dengan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud pada Cerpen HANA Karya Akutagawa Ryunosuke.
C.SRI HENDARSIH RAHAYUNINGTYAS, PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SUB MATERI SENI MUSIK DI SMA KRISTEN YSKI SEMARANG.
YULIA PUSPITASARI, Struktur Cerita dan Nilai Kepatuhan Masyarakat Desa Somawangi Kabupaten Banjarnegara Dalam Narasi Cerita Rakyat Raden Somawangi.
APRILIANDINI RAHMAWATI, Proses Produksi Acara Musik Keroncong di TV Borobudur Semarang.
KUKUH PRIBADI, Bentuk dan Fungsi Pertunjukan Al Barzanji Bithing di Desa Pengalusan Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga.
ZULNITA MUSFIANI, Intertekstual Wayang Gombal dalam Majalah Jaya Baya.
PUJIANIK, Novel Panglipur Wuyung Asmara Ing Bandjir Lusi Karya JA. Setia Kajian Stilistika.
MUHAMMAD HERU WIBAWA, WATAK DAN PERILAKU TOKOH UTAMA NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA.
ARIYANA TRI WAHYUNI, BENTUK DAN FUNGSI PENAMPILAN PATHOL SARANG DI DESA TEMPERAK KECAMATAN SARANG, KABUPATEN REMBANG.
NOR HIDAYAH, CITRA DIRI WANITA CINA DALAM NOVEL PUTRI CINA KARYA SINDHUNATA.
SAINAH, Tokoh dan Fungsi Punakawan dalam Pertunjukan Wayang Orang Ngesti Pandawa di Semarang.
JOKO WURYANTO, Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa.
DEWI INDAH LESTARI, Struktur Dramatik Lakon Wayang Karna Tandhing Oleh Ki Enthus Susmono.
FEBRIANY WAHYU PRABANDARI, Struktur Dramatik Teks Ketoprak Dalam Lakon Sri Huning Mustika Tuban.
ADNI LIUVIVI OKTOVIANA, Kethoprak Sebagai Media Interaksi Simbolis Dalam Tradisi Ritual Sedekah Bumi di Dukuh Rumbut Malang Desa Kabongan Kidul.
TRI WAHYUNI, Syeh Siti Jenar Dalam Kacamata Pembaca
DIDIK KUSUMA SAPUTRA, Fakta Cerita dan Tema Novel Purasani Karya Yasawidagda.
HENI PURWATI, Gaya Bahasa dalam Cerita Sambung Sang Fotografer Karya Ay. Suharyono.
MARIO FAHMI SYAHRIAL, UPAYA PEMASARAN HASIL PANEN KELOMPOK TANI GARAM SIDO MUKTI DI DESA DRESI KULON KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG.
YUDI ROSNADIPRANATA, PENGARUH TRADISI SERABINAN TERHADAP PEREKONOMIAN PEDAGANG SERABI DI KELURAHAN NGAMPIN KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG.
HABIB THOYEB, KENDALA GURU DALAM MENGAJARKAN MATERI SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA PADA SMP N 1 BATANG.
SRI HARTATIK, Petungan Perkawinan di Komunitas Desa Tambakromo Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati.
ASTUTIK, Kesesuaian Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Indikator (RPP) Pada Aspek Membaca Huruf Jawa Kelas VIII SMP Negeri Se- Kecamatan Batang.
RITA FIYANI, Pemakaian Tingkat Tutur Bahasa Jawa Mahasiswa Kos di Lingkungan Kampus Universitas Negeri Semarang.
WISNU RAHARJO, PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PENINGKATAN KINERJA USAHA TANI (STUDI KASUS TANAMAN UNGGULAN PADI DI KABUPATEN KUDUS).
HARDILAN, Optimalisasi Hasil Belajar Memainkan Melodi Tangga Nada Perubahan Menggunakan Alat Musik Pianika dengan Teknik Jigsaw pada Siswa Kelas.
YOFI SULISTIYO, Pembelajaran Gitar Elektrik di Lilys Music School Semarang.
RESTU KURNIAWAN, Lamating Kewan pada Masyarakat Desa Sunggingsari Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung.
ARIS SUNARDI, Pembelajaran Ansambel Musik di SMP Negeri I Cilacap.
ARISKA KUSUMA WARDANI, Ujungan Sebagai Sarana Upacara MInta Hujan di Desa Gumelem Kulon Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara.
ESTI ZAYANA, NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM UPACARA TRADISI METRI DESA DI DESA LIMBANGAN KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL.
NAUFAL ALIN, Perempuan Dalam Novel Dawet Aju Karya Widi Widajat.
FEBRIANA BUDHI PALUPI, BENTUK PERTUNJUKAN DAN MAKNA SIMBOLIS KESENIAN BABALU DI KABUPATEN BATANG.
IKA KUSUMA WARDANI, Makna Simbol Semar dan Gareng pada Dawet Ayu Banjarnegara.
NOVITA LAELLY, Sinden Dalam Cerbung Tembang Katresnan Karya Atas S. Danusubroto.
BAGUS PRASETYO ADILUHUNG, Sirwenda Danurwenda Dalam Kajian Strukturalisme Greimas.
SUJATMI, Tari Prajuritan di Desa Banyubiru Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang.
GANJAR TRIADI, Simbol dan Makna Pepali Adipati Wirasaba dan Relevansinya pada Masyarakat di Eks-karesidenan Banyumas.
ZUHROTUN AFIYAH, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM DENGAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAYUNG.
INDRI JATININGTYAS, Kesesuaian Evaluasi Dengan Indikator dalam RPP pada Aspek Menyimak Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMK N 1 Sale Tahun Ajaran.
NANIEK RUSTYANI, Pelaksanaan Pembelajaran Rekorder pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Brangsong Kendal.
AWALIA FARAH DIBA LAILA, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MENERUSKAN CERITA SISWA KELAS X SMA N 4.
EFENDI FITRIYAWAN, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK DENGAN MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS VIII-F SMP NEGERI 2 PRINGSURAT.
DEWI MAFTUCHAH, Alur Novel Emprit Ambuntut Bedhug Karya Suparto Brata.
DEFIANA LUTFITASARI, Mitos Cerita Candi Gamelan Di Kabupaten Pekalongan.
AGUSTINA TRI LESTARI, Cerita Dewi Rayungwulan dalam Serat Babad Pati.
WIDDHI BAGUS PANGESTI, Peranan Padepokan Seni Murni Asih terhadap Kelompok Musikalisasi Puisi yang Berkembang di Kota Kudus.
DEDDY DWI WIJAYA, Struktur Cerita Misteri Alaming Lelembut pada Majalah Jawa Panjebar Semangat Tahun 2010.
ENDANG MURDININGSIH, NALURI DAN REAKSI TOKOH UTAMA PADA NOVEL MUKJIZAT CINTA KARYA MOHAMMAD MASYKUR A.R.SAID.
ODA SHYANTICA HANINGTYAS, DEIKSIS DALAMROMANVENDREDI OU LAVIE SAUVAGE KARYA MICHEL TOURNIER.
KHORIDATUL MAULA, KESANTUNAN BERBAHASA DALAM WACANA SMS PEMBACA PADA KOLOM SUARA WARGA DI HARIAN KOMPAS.
RISCHA AGUSTINA, PERSEPSI GURU IPS TENTANG KONSEP DAN PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN.
ZAINI HASAN, Manajemen Grup Musik Slank Dalam Industri Musik di Jakarta.
ARMI APRILIANINGSIH, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerkak Siswa Kelas IX D SMP 3 Welahan Kabupaten Jepara dengan Pendekatan Keterampilan.
DESI DWI PURNAMASARI, Variasi Menutup Pelajaran Bahasa Jawa Kelas XI SMA Negeri Se- Kabupaten Banjarnegara.
FAIRUZ, Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampaun Praktek Vokal Ibu-Ibu PKK RW V Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota.
AHMAD RIFAI, peningkatan keterampilan menulis teks drama dengan mengubah teks cerpen menjadi teks drama melalui pendekatan keterampilan proses.
RISTIYA DWI ANGGRAENI, Variasi Soal Evaluasi Aspek Mendengarkan Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas VII SMP Negeri Se-
AMNAH FALESTINA, Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Sugesti- Imajinasi Media Lagu Siswa Kelas X MA Salafiyah Karang Tengah.
LESA PARANTI, Pembelajaran Seni Berbasis Masyarakat di Objek Wisata YOSS Traditional Center Dusun Suruhan Desa Keji Kecamatan Ungaran Barat.
YUNITA ENDARWATI, Struktur Crita Cekak (Cerkak) Majalah ''Jaya Baya'' pada Tahun 90-an.
KURNIAWAN WISNU GROHO, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) PADA SISWA KELAS VIIIA SMP.
NOVIA DWI TRANWATI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA ANGKA SISWA KELAS X SMA DIAN KARTIKA.
ANGGUN FIRDHIANA, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK KATA KUNCI DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VII G SMP NEGERI 1 PRINGAPUS.
FARIZ KURNIAWAN, Tradisi Mbeleh Wedhus Kendhit Sebuah Kajian Cerita Rakyat Kabupaten Wonosobo.
AGUNG TRIYADI, Apresiasi Mahasiswa Sendratasik (Seni Musik) Terhadap Musik Rock dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.
Transcript presentasi:

KARUNI OCTAVIA, FENOMENA LAKON SONDONG MAJERUK DALAM PERMAINAN KETHOPRAK KRIDO MUDHO DI DESA SENDANG AGUNG JERUK KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG

Identitas Mahasiswa - NAMA : KARUNI OCTAVIA - NIM : PRODI : Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik (Pendidikan Seni Tari) - JURUSAN : Seni Drama, Tari, dan Musik - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - runi_dancer_1a pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs Bintang H.P, M.Hum - PEMBIMBING 2 : Dra V. Eny Iryanti, M.Pd - TGL UJIAN :

Judul FENOMENA LAKON SONDONG MAJERUK DALAM PERMAINAN KETHOPRAK KRIDO MUDHO DI DESA SENDANG AGUNG JERUK KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG

Abstrak Kethoprak Kridho Mudho merupakan kethoprak yang masih hidup dan berkembang di desa Sendang Agung Jeruk Kecamatan Kaliori,Kabupaten Rembang. Lakon yang sering ditampilkan adalah lakon Sondong Majeruk. Masyarakat Sendang Agung jeruk sangat mempercayai dengan fenomena yang terdapat dalam lakon Sondong Majeruk, sehingga sebelum lakon Sondong Majeruk dipentaskan harus mengadakan upacara ritual dan oleh masyarakat desa Sendang Agung Jeruk dipercayai bahkan sekarang di tradisikan. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana fenomena lakon Sondong Majeruk; 2) bagaimana struktur lakon Sondong Majeruk. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui fenomena lakon Sondong Majeruk; 2) Mendeskripsikan struktur lakon Sondong Majeruk. Manfaat penelitian ini adalah 1) Dapat bermanfaat sebagai bahan referensi bagi pembaca dan bagi peneliti, 2) Dapat bermanfaat bagi warga Desa Sendang Agung Jeruk dan group kethoprak Kridho Mudho untuk tetap melestarikan kebudayaan dan kesenian tradisional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, karena pada dasarnya penelitian kualitatif menghasilkan data yang bersifat deskriptif, berupa kata-kata dan gambar yang berasal dari naskah, hasil wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi maupun resmi, sedangkan pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menerangkan bahwa fenomena Lakon Sondong Majeruk yang ada di Desa Sendang Agung Jeruk merupakan cikal bakal ceritera lakon Sondong Majeruk yang diangkat dari leluhur dan dipercayai merupakan seorang wali dari Desa Sendang Agung Jeruk yaitu Mbah Sondong Majeruk, disertai tanggapan beberapa masyarakat tentang lakon Sondong Majeruk lengkap dengan alasan, ungkapan menyaksikan lakon Sondong Majeruk dan kelengkapan nadzarnya. Struktur lakon dalam lakon Sondong Majeruk meliputi: 1. Alur atau plot, 2. Tokoh dan penokohan, 3. Latar atau setting. Sesuai dengan hasil penelitian dapat disarankan: 1) diharapkan agar lakon Sondong Majeruk tetap menjadi cerita fenomenal di Desa Sendang Agung Jeruk, walaupun nantinya kethoprak Kridho Mudho telah punah. Diharapkan muncul group-group kethoprak baru yang senang membawakan lakon Sondong Majeruk dan juga melestarikan kisah-kisah legendaris dari Desa Sendang Agung Jeruk, 2) diharapkan pemerintah setempat dapat memberikan bantuan demi keberlangsungan kethoprak Kridho Mudho di Desa Sendang Agung Jeruk Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang.

Kata Kunci Permainan Kethoprak, Lakon Sondong Majeruk, Seni Tari

Referensi Aesijah, Siti “Latar Belakang Penciptaan Seni”. Dalam Harmonia Vol 1 No 2 September-Desember. UNNES. Aminudin Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Argesindo. Badudu, J. S Kamus Kata-Kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Kompas. Bandem, I Made dan Sal Murgiyanto Teater Daerah Indonesia. Yogyakarta: Kanisus. Baribin, Raminah Teori Dan Apresiasi Prosa Fiksi. Semarang: IKIP Semarang Press. Bastomi, Suwaji Apresiasi Kesenian Tradisional. Semarang: IKIP Press. Endraswara, Suwardi Metodologi Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta: UGM Press. Humardani, S. D Ragam Kehidupan Kesenian. Surakarta: Sub Proyek ASKI. Iswantoro Kethoprak dan Teater Modern Kita. Yogyakarta: Yayasan Banteng Budaya. Jazuli, M Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Jurusan Sendratasik FBS UNNES. Kayam, Umar Pertunjukan Rakyat Tradisional Jawa Dan Perubahan. Yogyakarta: Galang Press. ____________ Seni Tradisi Masyarakat. Jakarta: Sinar Harapan. Kusumastuti, Eny “Laesan Sebuah Fenomena Kesenian Pesisir: Kajian Interaksi simbolik antar Pemain dan Penonton”. Harmonia Vol. VII No. 3. Semarang: FBS UNNES. Koentjaraningrat, Ritus Peralihan di Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka. Lanjari, Restu “Ketoprak Humor: Kajian Kerjasama dalam Dialog Antar Pemain Dalam Membentuk Cerita Ketoprak Gebyok H.M Syakirun Lakon Joko Kendil”. Harmonia ISSN Vol. VIII No. 2. Semarang: FBS UNNES. Machdhoero, AM Metodologi Penelitian Untuk Ilmu-Ilmu Ekonomi. Malang: UMM Press. Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia Direktori Seni Pertunjukan Tradisional. Arti.Line. Misiak, Henryk Psikologi, Fenomenologi, Eksistensial dan Humanistik. Bandung: PT ERESCO Moleong, J Lexy Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja RosdaKarya. Nugroho, Yusro Edi Diktat Mata Kuliah Drama Jawa. Semarang: FBS UNNES. Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Purnomo, Sucipto Hadi “Kethoprak Pati Tak Mati-Mati: Kajian Fungsi Dan Strategi Penampilan Kethoprak Bakaran”. Tesis Program Pasca Sarjana, Program Studi Pendidikan Seni. UNNES. Purwaraharja, Lephen dan Bondhan Nusantara (editor) Kethoprak Orde Baru:DinamikaTeater Rakyat di Era Industrialisasi Budaya. Yogyakarta: Benteng Budaya. Putra, Heddy Shri Ahimsa “Wacana Seni dalam Antropologi Budaya: Tekstual, Kontekstual dan Post-Modernistis”. dalam Ketika Orang Jawa Nyeni. Yogyakarta: Galang Press. Rahayu, Sarsini “Pertunjukan Wayang Kulit Lakon Murwakala Sebagai Sarana Upacara Ritual Ruwatan”.Skripsi untuk memperoleh Gelar S-1 Universitas Negeri Semarang. Ratna, Nyoman Kutha Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: PUSTAKA BEJAJAR. Rendu, Mahardika Primastuti “Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Syeh Jangkung Andum Waris Versi Kethoprak Sri Kencono Pati”. Skripsi untuk memperoleh Gelar S-1 Universitas Negeri Semarang. Suharianto, S Dasar-Dasar Teori Sastra. Jakarta: Gramedia. ___________ Cerita Rakyat dari Semarang. Jakarta: Grasindo. Susanto, Budi Ketoprak. Yogyakarta: Kanisius Sumaryanto, F, Totok “Kemampuan Musikal (Musical Ability) dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar”. Harmonia Vol I No. 1. Semarang: FBS UNNES. ____________ Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Seni. Semarang: UNNES PRESS. Soedarso, Sp Tinjauan Seni Sebuah Pengantar untuk Apresiasi Seni No. 3. Yogyakarta: Saku Dayar Sana Yogyakarta. Soedarsono Pengantar Pengetahuan dan Komposisi Tari. Yogyakarta: Akademi Seni Tari Indonesia. Waluyo, Herman J Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya.

Terima Kasih