Pemrograman Berorientasi Obyek1 Sub Pokok Bahasan Array of class. Array Class. Pointer of class. Dynamic Memory Management.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek (Project)
Advertisements

POINTER.
PERTEMUAN VIII POINTER
Polymorphism Suatu fungsi anggota dari suatu class dapat dijadikan sebagai fungsi virtual Jika fungsi ini dideklarasikan kembali pada class turunan dan.
Fungsi Friend Dalam bahasa C++ kita dapat membuat suatu fungsi yang berada di luar kelas (class) dan dapat meng-ak-ses bagian private suatu kelas. Fungsi.
Pointer. Output? #include int x = 2; void misteri(int a, int b) { a = 2*x; b = y; y = a; } main() { int y; x = 5; y = 7; misteri(x, y); printf("%d %d\n",
Pointer.
PEMROGRAMAN SISTEM POINTER Pertemuan X. ALAMAT & POINTER Pointer sesungguhnya berisi alamat memory yang menyimpan data. Pointer sesungguhnya berisi alamat.
Pemrograman Berbasis Objek
BAB III – CLASS (1) DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom.
POINTER
PENGENALAN c++ DAN STRUKTUR DASAR C++
Pemrograman JAVA (TIB09)
Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
Pointer Variabel pointer sering disebut sebagai variabel yang menunjuk obyek lain, karena variabel pointer atau pointer adalah variabel yang berisi alamat.
Algoritma & Struktur Data Pointer Evangs Mailoa.
Person 10Person Variabel Lokal dan Global Suatu variabel lokal dideklarasikan di dalam fungsi ‘a’, dan tidak dapat diakses di luar fungsi (a)
Pemrograman Dasar Fungsi.
ARRAY OF STRUCT Apabila hendak menggunakan 1 struct untuk beberapa kali, ada 2 cara : Deklarasi manual #include typedef struct Mahasiswa { char.
Class.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Class Member Access Control
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Pointer Memory Dinamic.
Pemrograman Dasar Pointers.
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Pointer Dr. Lily Wulandari.
POINTER (VAR.PENUNJUK)
Pertemuan 22 POINTER Bag.2 Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
Algoritma dan Struktur Data
P O I N T E R. Merupakan sebuah variabel yang berisi alamat dari variabel lain. Suatu pointer dimaksudkan untu menunjukan ke suatu alamat memori sehingga.
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
Pointer Pointer.
STRUCT OF ARRAY Apabila hendak menggunakan 1 struct untuk beberapa kali, ada 2 cara : Deklarasi manual #include typedef struct Mahasiswa { char.
Friend. Adalah fungsi bukan anggota kelas yg dapat mengakses anggota kelas. Secara umum friend berguna jika terdapat suatu operasi yg hendak mengakses.
1 Pertemuan 6 Encapsulation Lanjutan Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Pemrograman Berorientasi Obyek1 Sub Pokok Bahasan Pointer. Reference. Function Passing Parameter by Value, by Reference, by Pointer.
Pointer.
Bab 05 Tipe Data dan Mengisi Variabel
Struktur Data List Linear : Linked List (Single Linkedlist)
POINTER.
1 Pertemuan 9 Inheritance Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Teknik Pemrog. Terstruktur 2
Pointer (Part 1).
METHOD, ARRAY DAN STRING
Pemrograman Berorientasi Obyek1 Sub Pokok Bahasan Nested Object. Friend Keyword. Pointer This. Operator Overloading.
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
POINTER Bag.2 Pertemuan 22 Dibuat oleh : Renni Angreni, S.Kom. Triana Elizabeth, S.Kom.
STRUKTUR DATA DIMENSIONAL ARRAY
Algoritma & Pemrograman 1
1 Pertemuan 5 Encapsulation Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
Pertemuan 10 Constructor dan Destructor
Kelas A dapat memiliki referensi ke obyek dari kelas- kelas lain sebagai anggota. Kadang-kadang disebut sebagai hubungan “has-a”. Sebagai contoh, sebuah.
1 Pertemuan 8 Array & Pointer of Class Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
1 Pertemuan 12 Template Matakuliah: T0044/Pemrograman Berorientasi Obyek Tahun: 2005 Versi: 1.0.
// Contoh program c++ dengan fungsi template
1 Pertemuan 10 Pemrograman Berorientasi Objek Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >
8. Singly Linear Linked List
Informatique Engineering Ahmad Dahlan University May 17, 2004
Constructor overloading
Struktur.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN II
C++ static.
Struct.
As’ad Djamalilleil Array (Larik) As’ad Djamalilleil
Class.
C++ Polymorphism.
Defri Kurniawan POINTER Defri Kurniawan
Defri Kurniawan Struct Defri Kurniawan
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #3 - 3
Transcript presentasi:

Pemrograman Berorientasi Obyek1 Sub Pokok Bahasan Array of class. Array Class. Pointer of class. Dynamic Memory Management.

Pemrograman Berorientasi Obyek2 Array of class Sama dengan pendeklarasian array pada umumnya. Setiap element dari array adalah sebuah obyek sehingga constructor dijalankan pada setiap element.

Pemrograman Berorientasi Obyek3 Array Class Bagian dari STL. Tidak ada “range checking”. Tidak dapat dibandingkan secara benar dengan operator “==“. No array assignment. One Element at a time.

Pemrograman Berorientasi Obyek4 Pointer of class Sama dengan pendeklarasian pointer pada umumnya. Untuk menunjuk ke class member gunakan operator “->” Dapat menunjuk ke class beserta turunan- turunannya. Saat deklarasi tidak menjalankan constructor karena bukan obyek dari class.

Pemrograman Berorientasi Obyek5 Pointer of class Example class Car{ public: int roda; Car(){ roda=4 }; } void main(){ Car MyCar; Car* ptr; ptr = &MyCar; cout roda; }; car 0xAAAA ptr 0xBBBB ??? ???? 0xCCCC int Roda int Pintu Car(){ … }

Pemrograman Berorientasi Obyek6 Dynamic Memory Management Untuk aplikasi skala besar diperlukan memory yang cukup banyak. Sebuah program memiliki batas dalam penggunaan variabel karena keterbatasan memory allocation. Saat sebuah program dijalankan, terdapat tempat di memory yang berstatus free. (di dalam c++ siebut dengan heap) Kita dapat memanfaatkan kekosongan memory ini. Operator new untuk men-create sebuah object. Operator delete untuk men-destroy sebuah object.

Pemrograman Berorientasi Obyek7 Dynamic Memory Management Example void main(){ int *pnumber; pnumber = new int; delete pnumber; char *pstr; pstr = new char[20]; delete [] pstr; };

Pemrograman Berorientasi Obyek8 Dynamic Memory Management Example (2) class Hero{ public:... } void main(){ int *pHero; pHero = new Hero;... delete pHero; };