INTERACTION ASRI M PUTRA 4 TS. Usebility Heuristic.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Advertisements

Lingkungan Pengembangan Antarmuka Pemakai
DESAIN DAN NOTASI DIALOG
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Interaksi Manusia dan Komputer (Model Kognitif)
Interaksi Manusia dan komputer
Arief Fanshuri Situated action Activity Theory Distributed Theory.
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
 Model-model yang akan dibahas berikut ini merepresentasikan user pada saat mereka berinteraksi dengan interface sistem.  Model ini menyertakan aspek.
PERANCANGAN SISTEM.
Usability Heuristic, User Requirement and Cognitive Model
DESAIN IMK-M5.
Dialogue Notations and design
KONSEP PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Dialogue Notation and Design
PERANCANGAN SISTEM TERSTRUKTUR DAN OBJECT ORIENTED
DECISION SUPPORT SYSTEM
Kerangka Kerja & Paradigma Interaksi
HUMAN COMPUTER INTERACTION
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ORGANISASI (ODSS)
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ORGANISASI (ODSS)
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Model pengguna (Kognitif)
Sistem Pendukung Keputusan
Interaksi Manusia & Komputer Desain
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
Human Computer Interaction (HCI)
Latihan Ujian UTS dan UAS no 16 – 20 IMK
MODEL PENGGUNA Denny Sagita.
PERANCANGAN SISTEM.
Model pengguna (Kognitif)
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia & Komputer
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Interaksi Manusia Dan Komputer (Manusia.. Lanjutan)
Metode Perancangan Program
Pertemuan 11 Model Kognitif.
Tugas Latihan UTS dan UAS
Interaksi Manusia dan Komputer
Mobile Device User Interface
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
DAN PERANCANGAN DIALOG
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
Interaksi Manusia dan Komputer (Desain dan Notasi Dialog)
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
SDLC Pertemuan 1 Dosen Pengampu: Sandfreni
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pendekatan-Pendekatan Pengembangan Sistem
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PUTRI ISMA OKTAWIANI ( )
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan Kesepuluh Model kognitif
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Model pengguna (Kognitif)
PERANCANGAN SISTEM.
Pengenalan HCI : Interaksi Manusia & Komputer
Ragam Interaksi.
Model pengguna (Kognitif)
Model Kognitif.
Model pengguna (Kognitif)
Dialogue Notation & Design Part-2
IMK Notasi & Desain Dialog.
Transcript presentasi:

INTERACTION ASRI M PUTRA 4 TS

Usebility Heuristic

Analisa Website BCA  Dialog simple dan penggunaan warna bagus  Bahasa yang di gunakan mudah di pahami user  User tidak ada bean untuk menghapal karena user hanya perlu menginputkan USER ID dan PIN internet banking  User diberikan petunjuk untuk login internet banking nya  Kesalahan user diberi tahu dengan mudah dan petunjuk penyelesaiannya

User requirement Model Socio-technical model Mewakili manusia dan persyaratan teknis

Soft system methodology Memperhatikan isu-isu yang ada di seputar manusia dan organisasi Penekanan SSM tidak pada pencarian solusi untuk suatu masalah, tetapi pada pemahaman situasi dimana masalah yang dirasakan dianggap bukan merupakan akar/esensi masalah yang sebenarnya

Participatory Design  Mempersatukan user secara langsung dengan proses desain.  Pada perkembangannya desain sistem banyak disupport oleh pengggunaan dan teknologi baru.  Analisis mengandalkan tool dengan tujuan : 1.Meningkatkan produktifitas 2.Berkomunikasi lebih efektif dengan user 3.Mengintegrasikan pekerjaan yang telah dilaksanakan dari awal pengembangan sampai akhir.

MODEL KOGNITIF Model yang berhubungan dengan sistem interaktif yang memodelkan aspek pengguna, seperti : Pemahaman Pengetahuan Tujuan dan Pemrosesan Kognisi adalah proses dimana orang belajar sesuatu dari dunia nyata, bagaimana cara seseorang memperoleh pengetahuan

HIERARCHI MODEL  Model yang mewakili tugas dan tujuan user

MODEL LINGUISTIK  Pemahaman dari perilaku pengguna dan kesulitan kognitif yang didasarkan pada analisis bahasa diantara pengguna dan sistem

Model Linguistik terbagi atas : 1.Backus-Naur Form (BNF) Suatu notasi yang sangat umum dalam ilmu komputer yang merupakan pandangan sintaktik murni dari dialog yang terbagi menjadi :  Terminal  Non Terminal

Model Linguistik terbagi atas : 2.Task-Action Grammar (TAG) TAG lebih menekankan kepada konsistensi yang dibuat lebih jelas dengan parameter aturan tata bahasa

MODEL FISIK dan PERALATAN  Model ini berdasarkan pada pengetahuan empiris dari sistem motorik manusia  Hanya berhubungan dengan eksekusi yang saling melengkapi dengan hirarki tujuan, contoh : Keystroke Level Model

Keystroke Level Model Pada KLM terdapat fase eksekusi operator 1. Motorik fisik, terdiri : 1K-keystrokingKeyborad 2P-pointingMemindahkan mouse ke target 3B-pressingMenekan tombol mouse 4H-homingMemindah tangan antara mouse dan keyboard 5D-drawingMenggambar garis dengan mouse 2. Mental – Mental Preparation : Persiapan mental menghadapi aksi fisik 3. System – R-response : Respons sistem waktu

Keystroke Level Model Waktu secara empiris ditentukan oleh : T-execute = TK + TP + TB + TH + TD + TM + TR

MODEL ARSITEKTUR KOGNITIF  Prediksi dan pemahaman terhadap kesalahan merupakan fokus dari analisis yang dilakukan.