ENTERTAINMENT INDUSTRY PRODUCTION & MARKETING

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Fasilitas Online QueNeno
Advertisements

Storyboard dalam proses produksi
BUSINESS PLAN Toko Komputer Online By Melga Selvia
Memahami Proses Pemasaran Dan Perilaku Konsumen
Referensi : Mudrajat Kuncoro, Manajemen Strategi
The Group of Twenty Afrika Selatan Amerika Serikat Arab Saudi
Hadi Saputra Pertemuan ke 1
KOMUNIKASI DALAM KERAGAMAN BUDAYA
MEDIA PEREKAMAN DALAM SEJARAH Diawali dengan munculnya bisnis komputer. Bukan untuk rumahan. Ukuran komputer berukuran raksasa IBM mulai bisnis komputer.
MEDIA STUDIES AN INTRODUCTION.
Ekonomi Media Dr.M. Yuwono. referensi Mosco, Vincent The Political economy of communication. London: Sage Publications Herman, Edward S. and Noam.
The Future: Opportunities in The Internet, Media, and Digital World Juliana Maisyara, STP, CMM P
PEMASARAN INTERNASIONAL Vs PEMASARAN GLOBAL
Promosi dan Periklanan Global
AKUNTANSI INTERNASIONAL
TUGAS IPS HUDA HELDIRIN NUSA 12 9F
AKUNTANSI PERUBAHAN HARGA
SEJARAH PERANG DUNIA I ( ).
ANIMASI IKLAN A MILD MEMANFAATKAN EFEK WALKTHROUGH M. Arief. Rachman
ENTERTAINMENT INDUSTRY PRODUCTION & MARKETING
NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG
An Overview of International Business
Fungsi Dan Perubahannya
STRATEGI MENYUSUN PROPOSAL BISNIS YANG EFEKTIF
Management Information Systems, 9th edition,
PASAR KEUANGAN INTERNASIONAL
Disampaikan oleh yeni priatna sari,Msi.Ak.ca
Ekonomi Media Pokok bahasan: Ekonomi industri film dan rekaman
PERKEMBANGAN dan KLASIFIKASI
Risiko & Regulasi Perbankan
PEMAHAMAN PADA KONSEP LINGKUNGAN GLOBAL
Perspektif Internasional Mengenai Akuntansi Keuangan
Perspektif Internasional Mengenai Akuntansi Keuangan
Business Plan UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA 2016.
BISNIS GLOBAL.
RUANG LINGKUP BISNIS INTERNASIONAL
Manajemen Pemasaran Global
Accounting for Price Changes and Inflation Internationally
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN “Kewarganegaraan “
PENGELOLAAN RESIKO POLITIK, HUBUNGAN PEMERINTAH DAN ALIANSI
PERENCANAAN PENGEMBANGAN USAHA KOPERASI
AKUNTANSI INTERNASIONAL
Nationalities.
Banking in 2050: How big will the emerging markets get
TUGAS IPS NAMA : ERWIN BANGKIT PRASETYO NOMOR : 16 KELAS : 9D
The Media Industries: Segments, Structures, and Similarities
THE REVALUATION OF THE CHINESE YUAN
Perancangan dan Pengendalian Organisasi Internasional
KERJASAMA BILATERAL INDONESIA DAN AMERIKA DI BIDANG EKONOMI
HP SINGAPURA NAMA KELOMPOK : Baskara Andi Nugraha (1M121790)
Film dan Perkembangannya
TUGAS IPS NAMA : SIGIT ANDI PRASETYO NOMOR : 26 KELAS : 9D
MENGELOLA DALAM LINGKUNGAN GLOBAL
NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG
BUDAYA BISNIS INTERNASIONAL
SISTEM MMM MMM adalah sistem dana abadi MMM adalah sebuah
Analisis Laporan Keuangan Internasional
Lingkungan Pemasaran Global Pengantar Lingkungan Pemasaran adalah lingkungan Perusahaan yang terdiri dari pelaku dan kekuatan di luar pemasaran yang mempengaruhi.
Dimensi Akuntansi Internasional
PEMAHAMAN PADA KONSEP LINGKUNGAN GLOBAL
Potensi Sumber Daya Alam Indonesia ( Batu Bara)
BAB 2 PERKEMBANGAN DAN KLASIFIKASI AKUNTANSI INTERNASIONAL INTERNATIONAL AACOUNTING ~ Anindita Purwaningrum ~
Manajemen Pemasaran Global
Manajemen Pemasaran Global
AKUNTANSI INTERNASIONAL
Bendera-bendera negara
Pengendalian manajemen pada perusahaan multinasional
Nationalities.
Motif dan Fungsi dari Suatu Bisnis
BAGIAN # 4 MENGELOLA DALAM LINGKUNGAN GLOBAL
Transcript presentasi:

ENTERTAINMENT INDUSTRY PRODUCTION & MARKETING 080809 CONTOH PRODUKSI DAN MARKETING STIKOM S2 ERWIN RAMEDHAN

SUMBER DOKUMENTASI INTERNATIONAL BUSINESS. ENVIRONMENTS AND OPERATIONS Oleh John D. Daniels, Lee H. Radebaugh, Daniel P. Sullivan. Penerbit Pearson/Prentice Hall 2004

CONTOH STAR WARS 91 juta referensi di internet (web, blog, u tube, dll.). Attack of the Clones th. 2002(sebelumnya, Star Wars, The Empire Strikes Back, Return of the Jedi, The Phantom Menace) telah menjadi salah satu dari 15 filem dengan hasil finansial yang terbesar dalam sejarah filem. Dimensi internasional/global Star Wars luar biassa dan mencerminkan kemampuan organisasi, sistemik, dan manajemen di bidang produksi dan marketing.

LATAR BELAKANG BUDAYA DAN KUNCI UNIVERSALISME & PASAR ENTERTAINMENT DUNIA Filem-filem Star Wars memilih tema-tema kesamaan dari mitos, legenda, kisah, dan kepecayaan di seantero dunia yaitu tema-tema yang bersifat absolut (kejahatan vs. kebaikan) dan kenang-kenangan masa kecil) yang ada di setiap orang selama hidupnya. (Claude Levi-Strauss, Antropolog Perancis terkemuka).

LATAR BELAKANG Sewaktu George Lucas menawarkan Star Wars di festival Cannes di tahun 1970an dia tidak memiliki dana apa pun (hanya mamapu membyar tiket dar AS ke Perancis). 20th Century Fox berpendapat bahwa risiko Star Wars terlalu besar dan tidak memberi George Lucas bonus setengah juta dollar AS saat kontrak ditanda-tangani. Lukas diberi hak “merchandising” (mainan, iklan,game video, dll.) dari filemnya yang menghasilkan jumlah uang yang raksasa. Hal ini disesali 20th Century Fox tanpa akhir.

LIKU-LIKU ONGKOS PRODUKSI Untuk empat filem pertamanya dari quintet Star Wars, Lukas memanfaatkan studio-studio Inggris. Attack of the Clones memanfaatkan studio Australi karena teknisi di sana lebih murah, pemerintah Canberra mempromosikan lokasi-lokasinya dan juga memberi keringanan pajak. Selanjutnya Lukas juga memakai lain-lain lokasi: Tunisia, Italia, Spanyol, AS, dan Inggris).untuk menciptakan latar belakang yang realistis tanpa harus menciptakannya di studio Hollywood.

AKTOR-AKTOR DAN TIM MULTINASIONAL Skotlandia (Ewan McGregor), Israel (Natalie Portman), Canada (Hayden Christensen), Swedia (Pernilla August), Inggris (Oliver Lee), Zelandia Baru Temuara Morrison), AS (Jimmy Smits). Musik John Williams (AS) oleh London Symphony Orchestra. Selain memberi kesan sangat khas dan khusus latar belakang multinasional ini mungkin sangat menunjang dari titik pandang finansial.

PENGHASILAN MULTINASIONAL 60% dari penghasilan dari AS. Namun untuk kembali modal (break even) 40% dari penghasilan harus bersumber kepada sektor internasional. Penghasilan dari dunia berkembang bisa bersifat sangat rumit (contoh Haiti dan Mali) karena mereka tidak bisa membaya Star Wars dengan mata uang dollar AS. Marketing sangat canggih dengan memanfaatkan tema-tema universal antropologi dan menysuaikan filem kepada budaya lokal (terkadan sensor).

PRODUKSI DAN TEKNOLOGI Attack of the Clones diproduksi secara digital (direkam tidak difilem) walaupun tidak semua negara memiliki bioskop-bioskop digital. Proyeksi secara digital dimaksudkan selaku promosi kehebatan audio-visual dan “special effects” filem tsb. oleh para profesional industri filem dan dari “mulut ke mulut” oleh para penonton. Awal proyeksi Attack of the Clones hanya di 3161 bioskop – Harry Potter di 8100 bioskop. Proyeksi lebih lambat di lain-lain negara. Selanjutnya filem ini diprogramkan untuk “home viewing” dengan CD ROM dan DVD.

FILEM DAN BAHASA (DUBBING-PENTERJEMAHAN) 18 Bahasa (Perancis, Perancis Kanada, Portugis Brazil, Portugis Portugal – subtitles, Jerman, Spanyol Spain, Spanyol Amerika Latin, Catalan (Spain), Thai, Cina Guangdong, Hindi, Hongaria, Rusia, Ceko, Polandia, Turki, Jepang. Di lain-lain negara proyeksi dengan subtitling. Dubbing di 30 negara dengan “native speakers”. Teknisi “sound” di 18 negara

LAIN-LAIN Proyeksi perdana di 9 negara secara internasional dilanjutkan dengan lain-lain proyeksi perdana berhubung banyak negara tidak mau menunggu proyeksi Attack of the Clones. DVD disediakan dari awal untuk menghindari penjualan bajakan-bajakan.

ASPEK KOMERSIAL Sumber penghasilan besar Star Wars adalah produksi dan penjualan produk-produk reproduksi para pemeran filem. Contoh-contoh: replika senjata, produksi komik-komik Star Wars, mainan Lego, reproduksi pemeran filem di China. Hal ini mencerminkan pengusaan produksi dan merketing di semua negara di dunia oleh Star Wars/Lucasfilm.