Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek
Advertisements

Membuat class sendiri.
Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
Pemrograman JAVA (TIB09)
Workshop SCS: Java Game Programming
Pemrograman Berorientasi Objek
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
PACKAGE Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Presented By Nur hayatin
Inheritance Ery Setiyawan Jullev A.
Inheritance (Pewarisan)
Membuat Class Sendiri Atribut Pertemuan : Object Oriented Programming.
Advanced Class Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Pemrograman Berbasis Obyek
Encapsulation, Inheritance, polymorphism, dan interface
Variabel, Method & Constructor Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
INHERITANCE, POLYMORPHISM, DAN INTERFACE
Pemrograman Berorientasi Objek
Inheritance (Pewarisan)
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
METHOD Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012.
Abstract Class.
Object Oriented Struktur Data.
Membuat Class Sendiri Sebelum menulis class Anda, pertama pertimbangkan dimana Anda akan menggunakan class dan bagaimana class tersebut akan digunakan.
Pemrograman Berorientasi Obyek dengan JAVA Interface
Advanced Class Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
MEMBUAT CLASS SENDIRI. Pada akhir pembahasan, peserta diharapkan mampu untuk :  Membuat class  Mendeklarasikan atribut dan method untuk class  Menggunakan.
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
Inheritance Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 4 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Inheritance, polymorphism, dan interface
1 Pertemuan 8 PACKAGE AND CLASSPATH Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Kelas Lanjut 2 Oleh Tita Karlita.
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
INHERITANCE (Oleh : Nur Hayatin, S.ST)
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Algoritma &Pemrograman 1
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
Package dan antarmuka Pemprograman Berorientasi Objek
MEMBUAT CLASS & KONSEP ENCAPSULATION
Class & Object Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
Access Modifier.
Inheritance dan Kata Kunci static
Pemograman Berorientasi Objek
Object Oriented Programming
POLYMORPHISM, ABSTRACT CLASS DAN INTERFACE
Algoritma & Pemrograman 1
Method & Constructor METHOD.
Pertemuan 5 Tipe Data, Operator, Tata Bahasa
BAB ENCAPSULATION ( Enkapsulasi )
Outline: Abstract Class Interface Boxing dan Unboxing
MODIFIER JAVA.
Enkapsulasi, Accessor Method, Mutator Method
Association, Composition dan Inheritance
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Object Oriented Programming
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Membuat Kelas.
Inheritance.
Matakuliah : M0074/PROGRAMMING II Tahun : 2005 Versi : 1/0
MEMBUAT CLASS & KONSEP ENCAPSULATION
Array, Class, Obyek, Method danConstructor.
Object Oriented Programming
Inisiasi Class dan Object
Konsep Bahasa Pemrograman I Konsep OOP
(Object Oriented Programming)
Array, Class, Obyek, Method danConstructor.
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pertemuan 5 Inheritance
Pemrograman Berorientasi Objek
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
Transcript presentasi:

Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012 Package & Modifier Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012

Topics Package Class Modifier Method modifier Variabel modifier

Package Package = paket = bundelan Digunakan untuk mengelompokkan class yang memiliki karakteristik yang sama. Sebuah package dalam program java terdiri dari kumpulan class maupun interface. Package-package yang telah tersedia pada Java disebut Java APIs (Application Programming Interfaces)

Deklarasi Package package [identifier]; Deklarasi package menggunakan kata-kunci package. Identifier = nama package. Aturan penamaan package biasanya diawali dengan huruf kecil dan “tidak dapat menggunakan spasi sebagai pemisah”. Perintah ditulis sebelum/diatas deklarasi class.

Deklarasi Package Contoh : package animals; class Mamalia{ … }

Sub-package Sebuah package dapat terdiri dari sub-package (package didalam package). Penggabungan antara package dengan sub-package-nya ditulis dengan menggunakan tanda . (titik) sebagai pemisah.

Syntax Sub-package class Kucing{ … } package namaPackage.subPackage; Contoh : package animals.mamalia; class Kucing{ … }

Import Package Untuk mengakses anggota dari package digunakan kata-kunci import. Antara package dengan sub-package dipisahkan dengan tanda . (titik) Baris perintah ditulis diatas deklarasi class.

Syntax Import Package import namaPackage.namaClass; Import : kata kunci yang digunakan untuk mengakses package. NamaPackage dapat ditambahkan dengan sub-package. Disesuaikan dengan hirarki dari package tersebut. Nama Class adalah class yang ingin diimprort. Bisa diberikan tanda * (bintang) untuk mengakses semua class yang ada pada package.

Contoh import animals.reptilia; import animals.*; Kedua baris perintah tsb mengakses/import package animals. Perbedaannya : Baris 1 : hanya meng-import satu class saja yaitu class Reptilia. Baris 2 : meng-import semua class yang ada pada package animals dengan menggunakan simbol *.

Akses package Ketika Instansiasi Akses package juga dapat dilakukan pada saat pembuatan obyek Caranya : sama seperti syntax untuk pengaksesan namun tidak menggunakan keyword import.

Enkapsulasi Enkapsulasi  suatu cara untuk menyembunyikan implementasi detail dari suatu class dalam rangka menghindari akses yang ilegal

Tingkatan Enkapsulasi private protected public

Syntax Contoh : Animals.reptilia ular : new Animals.reptilia(); Package.class object = new Package.class(); Contoh : Animals.reptilia ular : new Animals.reptilia();

Modifier Melakukan control terhadap class, method, atribute maupun constructor. Access Modifier : public, private, protected, no modifier (default). Other Modifier : final, abstract, static, dll.

Letak Modifier Pada Class <modifier> class namaClass { [<statement>] }

Letak Modifier Pada method <modifier> <return_type> <nama_metode>([parameter]) { [<statement>] }

Letak Modifier Pada Constructor <modifier> <nama_Class>([parameter]) { [<statement>] }

Letak Modifier Pada Variabel <modifier> Tipedata namaVariabel;

Tabel Access Modifier Lokasi Akses Class yang sama Ya Public Default Private Protected Class yang sama Ya Package yang sama No Diluar package Subclass pd package yang sama Subclass diluar package

Class Modifier Access modifier untuk class : No modifier (default) Public Private Protected *pengaksesan class menggunakan objek.

No modifier (Default) Pengaksesan class dapat dilakukan oleh seluruh class pada package yang sama. Penulisan default modifier adalah dengan tidak menggunakan modifier apapun (no modifier). Contoh : class Mahasiswa { //...... } *karena sebelum keyword class tidak ada modifier apapun maka class ini memiliki default modifier

Modifier : Public Pengaksesan class yang bermodifier public dapat dilakukan diseluruh class, yaitu class yang ada didalam package maupun diluar package. Contoh : public class Mahasiswa{ }

Modifier : Private Modifier private hanya dapat diterapkan pada inner class. Hak akses hanya dimiliki oleh class itu sendiri. Contoh : class Mahasiswa{ private class Student{ } *class Mahasiswa : outer class class Student : inner class

Modifier : Protected Modifier private hanya dapat diterapkan pada inner class. Hak akses hanya dimiliki oleh outer class dan class anak dari outer class yang ada pada package yang sama. Modifier protected berkaitan dengan inheritance (pewarisan). Contoh : class Mahasiswa{ protected class Student{ }

Method Modifier Access modifier untuk Method: No modifier (default) Public Private Protected Other modifier : Static Final abstract

No Modifier (Default) Method hanya dapat diakses pada package yang sama. Contoh : void setName(String nama) { this.name = nama; }

Modifier : Public Method dapat diakses di seluruh class, didalam maupun diluar package. Contoh : public String getName() { return this.name; }

Modifier : Private Method hanya dapat diakses oleh class itu sendiri. Contoh : private void setName(String nama) { this.name = nama; }

Modifier : Protected Method dapat diakses didalam package oleh class itu sendiri maupun oleh class anak. Berkaitan dengan inheritance(pewarisan). Contoh : protected void setName(String nama) { this.name = nama; }

Other Modifier : Static Method yang dideklarasikan static dapat diakses tanpa harus membuat object terlebih dahulu. Contoh : Maka pengaksesan method dapat diakses dengan menggunakan nama class : Mahasiswa.getName; Class Mahasiswa{ static String getName() { return this.name; }

Other Modifier : Abstract Method abstract adalah method yang tidak memiliki body, hanya berupa deklarasi saja. Berkaitan dengan abstract class dan interface. Contoh : abstract void getName();

Variabel Modifier Access modifier untuk Variabel : No modifier (default) Public Private Protected Other modifier : Final static

No Modifier (Default) Variabel dapat diakses diseluruh class dalam satu package yang sama. Contoh : int count;

Modifier : Public Variabel dapat diakses diseluruh package. Baik didalam maupun diluar package. Contoh : public int count;

Modifier : Private Variabel hanya dapat diakses oleh class itu sendiri. Contoh : private int count;

Modifier : Protected Variabel dapat diakses didalam package oleh class itu sendiri maupun oleh class anak. Berkaitan dengan inheritance(pewarisan). Contoh : protected int count;

Modifier : Static Variabel yang dideklarasikan static dapat diakses tanpa harus membuat object terlebih dahulu. Contoh : Maka pengaksesan variabel dapat diakses dengan menggunakan nama class : Mahasiswa.count; Class Mahasiswa{ static double count; }

Modifier : Final Jika sebuah variabel dideklarasikan dengan menggunakan modifier final, maka nilai pada variabel tersebut bersifat konstan (tidak dapat diubah lagi). Untuk itu ketika variabel bertipe final dideklarasikan sebaiknya sekaligus diberikan inisialisasi. Contoh : final int count;

TeamWork! Class Kentang memiliki modifier public Class Singkong memiliki modifier default Class Kacang memiliki modifier private Class Jambu memiliki modifier default Tumbuhan : project’s name package’s name Monokotil Dikotil Kentang Singkong Kacang Jambu : project : package : Class

Teamwork : Tabel 1 Buatlah class dengan hirarki seperti penjelasan pada slide sebelumnya. Kemudian buatlah object untuk masing-masing class tersebut untuk melengkapi tabel berikut : Class Kentang Class Singkong Class Kacang Class Jambu Kentang Ya ? Singkong Kacang Jambu Letak objek

Teamwork : Tabel 2 Dari data yang ada pada tabel 1, buatlah kesimpulan untuk melengkapi tabel 2 berikut : Public Default Private Class yang sama Package yang sama Diluar package Modifier Lokasi akses