Motion sensing pada wii remote

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
2. FAKTOR MANUSIA Sistem komputer terdiri atas tiga aspek yaitu :
Advertisements

Jurusan Teknik Mesin Universitas Riau 2009
Geometri Vektor (Garis dan Bidang).
pyrometer Pyrometer optik
PRINSIP KOMUNIKASI LISTRIK
Cara Kerja Perangkat Keras
REPAIRING RECEIVER TELEVISION SYSTEM
Transduser dan Sensor Sensor Jarak
Merawat peralatan multimedia
I N T E R A K S Pengoperasian Mouse.
ALAT-ALAT OPTIK MATA KACAMATA KAMERA KACA PEMBESAR MIKROSKOP TELESKOP.
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
RANCANG BANGUN APLIKASI interactive whiteboard untuk mendukung pembelajaran menggunakan gaming controller Oleh : Andre Yusdianto
Alat-alat Optik TUJUAN : Mendiskripsikan alat-alat optik dan penerapannya sehari-hari MATERI : Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik. Menggambarkan.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
CAHAYA ( OPTIKA GEOMETRIS ) Oleh : Annalisa Prastica Megawati
BAB 2 MEDAN LISTRIK PENGERTIAN MEDAN DEFINISI MEDAN LISTRIK
Profil Komputer.
Michelson Interferometer
FLOPPY DISK.
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
GELOMBANG MEKANIK.
TEROPONG Teropong atau teleskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat jauh agar tampak lebih dekat dan lebih jelas. Ada.
PARA MITTA PURBOSARI, M.Pd
Interaksi Manusia dan Komputer
3. KINEMATIKA Kinematika adalah ilmu yang membahas
Penggunaan Teknologi Informasi di Bidang Kriminal
Mouse optis Kelompok XXIV.
Program Studi Teknik Informatika
Wahyu Setiawan Teknik Elektro Universitas Gunadarma
3. KINEMATIKA Kinematika adalah ilmu yang membahas
Gerak 2 Dimensi 2 Dimensional Motion
 1. RAHMAT IPANDI MUHAMMAD ARLI NURDIN SAPTO ARIYANTO BAGUS NOOR FAUZAN ERIE FAUZIANNOOR
H A R D W A R E K O M P U T E R.
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
Tugas Mandiri 4 (P06) Kelompok
Memilih Perangkat Interaksi Yang Tepat Next About Us
Kamera Foto dan Editing Foto Pengenalan Fotografi
SI122 – Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer
Penulis: Tuti Purwoningsih, S.Pd., M.Sc.
ANDROID SENSOR #2 orientation – proximity.
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
Pertemuan ke-2 Didalam komputer
MODUL16 Aplikasi Fitur Bentuk
OM SWASTYASTU PIRANTI MASUKAN DAN KELUARAN D3 MANAJEMEN INFORMATIKA.
PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Gelombang Mekanik Gelombang mekanik adalah suatu gangguan yang berjalan melalui beberapa material atau zat yang dinamakan medium untuk gelombang itu. Gelombang.
LATIHAN SOAL MENJELANG UJIAN TENGAH SEMESTER
FAKTOR MANUSIA (2) (LANJUTAN) DOSEN. UTAMI DEWI WIDIANTI.
Gelombang Mekanik Gelombang mekanik adalah suatu gangguan yang berjalan melalui beberapa material atau zat yang dinamakan medium untuk gelombang itu. Gelombang.
SELAMAT DATANG DI PRESENTASI NURUL MAULIDA
H A R D W A R E K O M P U T E R Materi Pertemuan Ke-3.
Pembiasan Lensa Ganda.
Definisi hardware input
Elektronika Industri Cici Nofa
LENSA CEKUNG.
LATIHAN04-1 Soal 1 : Diberikan D = dalam koordinat bola .
PERIPHERALS By : Nima Lestari
Piranti Masukan Piranti masukan (input device) merupakan perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data ke dalam sistem komputer. Data masukan.
Optik Geometri Pemantulan.
TUGAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI DI SUSUN OLEH KELOMPOK 1.
HDMI High Definition Multimedia Interface
CARA KERJA KOMPUTER Tujuan : -Mahasiswa mampu menjelaskan proses suatu data diolah pada komputer -Mahasiswa mampu menyebutkan dan mengetahui fungsi dari.
PENGINDERAAN JAUH DR. EKO BUDIYANTO, M.Si..
INTERNET of things dan embedded system
Komponen input dan output komputer
Sensor Infra Merah Robotika Dasar.
INTERAKSI.
LATIHAN FISIKA. LATIHAN 01 Perhatikan gambar mikrometer sekrup berikut ini! Besar pengukurannya adalah …. A. 2,93 mm B. 3,27 mm C. 3,48 mm D. 3,77 mm.
Transcript presentasi:

Motion sensing pada wii remote Ditulis oleh : Fajar kurniawan (22112717/2kb01)

Apa itu motion sensing Pada dasarnya motion sensing atau pendeteksi gerak  adalah, cara benda ataupun mahluk hidup untuk merasakan atau mendeteksi gerakan. Teknologi motion sensing selain yang tertanam di dalam tubuh mahluk hidup (syaraf dan sebagainya) terbagi menjadi dua bidang. Yang pertama adalah mekanis dan yang kedua adalah elektronik. motion sensing untuk videogame adalah motion sensing elektronik. 

Macam – macam motion sensing Motion sensing elektronik terbagi menjadi berbagai macam bidang. Bidang yang pertama adalahoptical motion sensing, orientation motion sensing dan acoustical motion sensing. Perbedaan ketiga bidang tersebut terletak pada media atau cara mengenali pergerakan sebuah obyek. Sesuai dengan namanya optical motion sensing memanfaatkan alat-alat optik untuk menangkap pergerakan, orientation motion sensing memakai sebuah alat pengukur gravitasi ataupun percepatan untuk mengenali pergerakan sebuah obyek, sedangkan acoustical motion sensing memakai pancaran gelombang suara untuk mendeteksi pergerakan (mirip sonar). Walaupun caranya berbeda-beda, ketiga cara di atas memiliki tujuan yang sama, yaitu membuat komputer atau sebuah mesin, mengenali pergerakan benda atau obyek tertentu

Apa itu wii remote Wii Remote  yang juga dikenal dengan sebutan "Wiimote", adalah pengontrol utama untuk konsol Nintendo Wii. Fitur utama dari Wii Remote merupakan sensor gerak , yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan memanipulasi benda- benda yang terdapat pada layar melalui pendeteksi gerak and penunjuk dengan menggunakan teknologiaccelerometer dan sensor optik dengan cara motion sensing. Fitur lainnya adalah penggunaan Wii Remote dapat dikembangkan melalui penggunaan perangkat tambahan. Perangkat tambahan yang dibundel dengan konsol Wii adalah Nunchuk, yang melengkapi Wii Remote dengan menyediakan berbagai fungsi yang serupa dengan yang ada pada pengendali gamepad.

Bentuk wiimote

Illustrasi wiimote dengan pengguna

Cara kerja pendeteksian pada wiimote Wii Remote memiliki kemampuan untuk mendeteksi akselerasi sepanjang tiga sumbu melalui penggunaan ADXL330 accelerometer. Wii Remote juga memiliki fitur sensor optik PixArt, yang memungkinkan untuk menentukan ke mana Wii Remote menunjuk. Wii Remote mendeteksi cahaya dari konsol Batang Sensor (nomor model RVL- 014), yang memungkinkan penggunaan konsisten tanpa terpengaruh jenis dan ukuran televisi. Panjang Batang Sensor sekitar 20 cm dan terdapat sepuluh Dioda cahaya infrared, lima pada setiap ujung bar LED terjauh dari pusat yang menunjuk sedikit ke arah luar, LED terdekat ke pusat sedikit menunjuk ke dalam, sedangkan sisanya adalah menunjuk lurus ke depan. Panjang kabel Sensor Bar 353 cm.

Cara kerja pendeteksian pada wiimote Sensor Bar harus terpusat. Jika diletakkan di atas, sensor harus sejalan dengan depan televisi, Penggunaan Batang Sensor memungkinkan Wii Remote untuk digunakan sebagai perangkat penunjuk yang akurat sampai hingga 5 meter dari Sensor bar. Sensor gambar Wii Remote. digunakan untuk menemukan titik cahaya Batang Sensor dalam cara pandang Wii Remote. Cahaya yang dipancarkan dari setiap ujung Batang Sensor difokuskan ke sensor gambar yang melihat cahaya sebagai dua titik- titik terang dipisahkan oleh jarak "mi". Jarak kedua "m" antara dua kelompok emitter cahaya di Sensor Bar adalah jarak tetap.

Sensor bar yang digunakan untuk menyatukan layar dan wiimote

Cara kerja pendeteksian pada wiimote Dari kedua jarak m dan mi, Wii CPU menghitung jarak antara Wii Remote dan Batang Sensor menggunakan triangulasi. Selain itu, rotasi Wii Remote juga dBatang Sensor diperlukan bila Wii Remote mengendalikan gerakan atas bawah, kiri kanan pada kursor untuk menunjuk kepada pilihan menu atau objek seperti musuh oleh penembak dalam sudut pandang orang pertama. Karena Batang Sensor juga memungkinkan Wii Remote untuk menghitung jarak antara Wii Remote dan Batang Sensor,[ Wii Remote juga dapat mengontrol lambat maju mundur gerak suatu objek dalam permainan 3-dimensi.

Tombol tombol pada wiimote Wii Remote juga memiliki dua belas tombol. Memiliki tombol daya untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Wii, D-pad yang diartikan sebagai empat tombol yang terpisah, dan tombol berlabel "A", "B", "1", "2", "Home", "- ", dan" + ". Wii Remote menyediakan audio dasar dan fungsi getar. Wii Remote memiliki pengeras suara mandiri di muka unit, . Volume dapat diubah atau diredam dengan tombol "Home" dan memilih ikon pengontrol terkait di bagian bawah layar. Fitur getar juga dapat diaktifkan atau dimatikan dengan menggunakan Menu Home