E-Commerce Materi ke 1.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
E-COMMERCE Pertumbuhan penggunaan kartu kredit, Automated Teller Machines dan perbankan via telepon di tahun 1980-an juga merupakan bentuk-bentuk Electronic.
Advertisements

E-Commerce Oleh : Haryanto.
BAB 3 MENGGUNAKAN TI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK
E-Commerce Oleh : Dian Meithasari ( )
Pengantar e - Commerce.
E-Commerce.
INFRASTRUCTURE FRAMEWORK REGULATORY FRAMEWORK ORGANIZATIONAL FRAMEWORK
KONSEP SISTEM INFORMASI
Universitas Narotama - Achmad Muchayan. menurut Laudon & Laudon (1998), E- Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik.
E-Commerce Concept and Implementation
E-Commerce Materi ke 1.
Introduction To E-Commerce
E-Commerce 2 SKS. Mulyati, SE., M.T.I Palembang, 14 September S1 Univ. IBA Palembang Ek.Manajemen) S2. Univ. Indonesia (Magister TI)
Marketing Management E - Commerce M-12 1 Tony Soebijono Copyright 2009 Pearson Education Inc.
PELATIHAN E-COMMERCE untuk siswa SMU/SMK
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1C
TINJAUAN HUKUM TRANSAKSI ELEKTRONIK
PERDAGANGAN ELEKTRONIK
1. 2 E-COMMERCE LEBIH DARI SEKEDAR MEMBELI DAN MENJUAL PRODUK SECARA ONLINE. E- COMMERCE MELIPUTI SELURUH PROSES DARI PENGEMBANGAN, PEMASARAN, PENJUALAN,
SISTEM ELECTRONIC COMMERCE
Jenis dan tipe e-commerce (lanjutan)
PTIK– PERTEMUAN 8 E-COMMERCE
E-Business & E-Commerce
Electronic Business Pertemuan 1. E-Commerce merupakan suatu aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu.
Perdagangan Elektronik
Copy Right 2005Bab 2 Hal 1 Sistem Informasi Manajemen 1 Bab 2 Teknologi Informasi Dalam Perdagangan Jaringan Elektronik (E-Commerce) Ati Harmoni Fakultas.
E-COMMERCE.
E-Business Definisi E-Business E-Business Vs E-Government
Introduction To E-Commerce
Management Information Systems, 9th edition,
ECommerce.
Materi ke-1 Pengantar eBisnis Dosen: L. Erawan.
E-COMMERCE.
Emilia Gustini, SE. M.Si. Ak. CA
Teknologi Informasi dalam Perdagangan Elektronik
Modul III (APLIKASI BISNIS) Bab 8: Sistem electronic COMMERCE
E-Commerce Materi ke 1.
Dosen : Yulistia, S.Kom E-Business Dosen : Yulistia, S.Kom
E-Commerce 15 Okt 2008.
E-Commerce.
Pengantar e - Commerce.
Pertemuan Ke 2. “e-Commerce”
Kelompok 10 Erlina Indra Rendy Arsanto
Pertemuan 1 Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., M.Si
Pertemuan 1 Dadang Munandar, M.Si
Materi E-Business untuk ST INTEN
ECommerce.
KONSEP DASAR E-COMMERCE Pertemuan 4
E-Commerce 2 SKS
Pengantar e - Commerce.
KERANGKA E-COMMERCE GLOBAL
BAB V KERANGKA E-COMMERCE GLOBAL
E-commerce Oleh ARI EKO WARDOYO, ST.
MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN E-COMMERCE
BAB II KERANGKA E-COMMERCE GLOBAL
E-COMMERCE TRIAS PYRENIA ISKANDAR M.Ikom
PERKEMBANGAN NILAI PLUS & MINUS IMPLEMENTASI & TEKNOLOGI
E-Commerce 2 SKS
E-Commerce.
E-commerce Kelompok 7 I Komang Sugiartana ( )
E-COMMERCE DI INDONESIA
TINJAUAN HUKUM TRANSAKSI ELEKTRONIK (E-COMMERCE)
Internet Adalah jaringan komputer yang jangkauannya seluas dunia. Hampir ditiap kota besar dan di daerah-daerah yang ada jaringan telponnya, sudah dapat.
E-commerce Gasal 2010/2011.
8 SISTEM ELECTRONIC COMMERCE CHAPTER
Keuntungan E-Business
E-COMMERCE Electronic commerce.
Sejarah, Definisi dan Konsep E-Business dan ECommerce
Sistem Informasi Manajemen 1 Bab 2
Teknik Aplikasi Multimedia – Marcello Singadji Pertemuan 1 E-Commerce Marcello Singadji, S.Kom, M.T.
Transcript presentasi:

e-Commerce Materi ke 1

Apakah e-Commerce ?? Huruf “e” didepannya adalah singkatan Electronic, bila tersambung menjadi “Electronic Commerce” e-Commerce adalah media komunikasi infor masi yang dibangun dengan teknologi informa si berupa sebuah aplikasi yang dapat dimanfa atkan untuk berbisnis antara penjual dan calon pembeli

Definisi E-Commerce is a dynamic set of technology, applications, and business process that link enterprises, consumers, and communities through electronic transactions and electronic exchange of goods, services, and information. (David Baum)

artinya Sekumpulan teknologi beserta aplikasinya, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan masyarakat melalui transaksi-transaksi elektronik, dan pertukaran melalui elektronik dalam bentuk barang, jasa dan informasi.

Electronic Commerce telah ada dalam berbagai bentuk selama lebih dari 20 tahun : Electronic Data Interchange (EDI) Electronic Funds Transfer (EFT) (akhir tahun 1970-an ) kartu kredit Automated Teller Machines Perbankan via telepon (di tahun 1980-an )

Dunia bisnis hanya bisa melakukan aktivitas antara satu dan lainnya melalui jaringan khusus Komersialisasi dan privatisasi internet menjadi dasar pertumbuhan Electronic Commerce (melalui website) Electronic Commerce tradisional saat ini bisa dilakukan oleh pendatang baru dengan skala international.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menerapkan E-commerce : Standar yang digunakan Teknologi yang dipakai Sasaran yang ingin dicapai Faktor-faktor budaya, sosial, maupun politik

Penghalang Utama Melakukan E-Commerce Para pembeli belum menaruh kepercayaan kepada e-commerce Pembeli tidak menemukan apa yg dicari di e-commerce Belum ada cara yg mudah dan sederhana utk membayar Surfing di e-commerce belum lancar betul Takut terjadi pencurian kartu kredit Takut rahasia informasi personal menjadi terbuka Kinerja jaringan yg kurang baik Belum punya model yg baik untuk mensetup situs E-Commerce

Perkembangan e-commerce di Indonesia mengalami hambatan dikarenakan : Infrastruktur Kesadaran Keamanan Budaya atau kebiasaan Penyedia E-Commerce

E-Business Vs E-Commerce E-Commerce (Electronic Commerce ) Proses pembelian, penjualan transfer atau pertukaran produk, jasa atau informasi melalui jaringan komputer, termasuk internet E-Business. Definisi yang lebih luas dari e-Commerce, meliputi pembelian dan penjualan barang serta jasa , dan juga pelayanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis , pelaksanaan e-Learning dan pelaksanaan transaksi elektronik dalam perusahaan

E-Commerce murni versus partial Electronic commerce dapat berupa berbagai bentuk pada tingkat digitalisasi, trnasformasi dari fisik ke digial, tingkat digitalisasi dapat brupa (1)produk jasa yang dijual (2)proses, atau (3)pelaku pengirimannya Pada E-Commerce murni ketiga dimensi diatas digital Sedangkan E-Commerce Partial jika ketiga dimensi diatas meliputi campuran fisik dan digital Brick- and-mortar organizations.

Virtual organization. Perusahaan yang produk, proses dan pelaku pengirimannya semua bersifat digital Click-and– mortar. Perusahaan yang menjalankan bisnis baik dalam dimensi fisik maupun digital.

Kegiatan pada e-Commerce : Promosi on-line Perdagangan on-line Transaksi on-line Belanja on-line Internet Banking

Mekanisme utama E-Commerce Mekanisme utama untuk pembelian dan penjualan di Internet adalah katalog elektronik, lelang elektronik, dan barter online Katalog Elektronik . Katalog Electronik di internet makin populer, terdiri atas basis data produk, direktori dan kemampuan pencarian serta fungsi presentasi. Lelang Elektronik . Proses bersaing dimana penjual menyebutkan berbagai tawaran dari pembeli, harga ditentukan secara dinamis melalui persaingan tawar menawar Barter Elektronik. Pertukaran barang atau jasa yang didukung secara elektronik tanpa ada transaksi uang

Manfaat E-commerce Manfaat bagi organisasi Manfaat bagi pelanggan Ketersediaan pasar nasional maupun international. Penurunan biaya proses, distribusi, dan penarikan informasi. Manfaat bagi pelanggan Akses ke sejumlah besar produk dan jasa selama 24 jam. Manfaat bagi masyarakat Kemampuan memberikan layanan infromasi serta berbagai produk dan jasa dengan mudah dan nyaman kepada orang-orang dikota , desa dan negara berkembang

Keterbatasan Teknologi Kurangnya standar keamanan yang diterima secara universal Bandwith yang tidak cukup Mahalnya biaya akases

Keterbatasan Nonteknologi Persepsi e-Commerce tidak aman Segi hukum belum lengkap Kurangnya penjual dan pembeli besar yang penting

Mengapa harus e-Commerce ? Karena memberikan beberapa keuntungan, al: Biaya operasional berkurang Meningkatkan kualitas pelayanan Memperbesar aliran pendapatan baru Meningkatkan pangsa pasar Melebarkan jangkauan pasar

Kerugian Pihak Konsumen 1. Rasa kurang puas terhadap fisik barang 2. Kurang percaya dgn barang yg dipesan 3. Kultur bahwa belanja rekreasi

Kerugian Pihak Produsen 1. Kerusakan sistem secara tiba-tiba 2. Kerusakan dari penyelenggara ISP

Resiko pada e-Commerce Kehilangan financial secara langsung Pencurian informasi rahasia Kehilangan kesempatan bisnis Akses kesumber oleh yg tidak berhak Hilang kepercayaan dari konsumen Kerugian2 yang tidk terduga

Kehilangan finansial secara langsung karena kecurangan Berubahnya data financial yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan cara mentransfernya secara ilegal.

Pencurian informasi rahasia yang berharga Tebukanya data-data penting yang dirahasiakan, sehingga diketahui orang lain yang mengakibatkan kerugian bagi lembaga yang menyimpannya.

Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan Akibat sistem yang rusak secara tiba-tiba atau listrik mati yang mengakibatkan hilangnya kesempatan bisnis dalam waktu yang tidak dapat diperkirakan.

Penggunaan akses kesumber oleh pihak yang tidak berhak. Seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan kemudian dapat dengan bebas memindahkan saldo dalam jumlah tertentu kerekening pribadinya.

Kehilangan kepercayaan dari konsumen Usaha pihak lain yang dapat menjatuhkan reputasi perusahaan, sehingga pelayanan menjadi salah dan kacau yang mengakibatkan hilangnya kepercayaan konsumen.

Kerugian – kerugian yang tidak terduga. Gangguan-gangguan lain dari luar terhadap transaksi bisnis yang sedang dilakukan sehingga konfirmasi transaksi tersebut tidak dapat diterima dengan baik.