Object-Oriented Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Object Oriented Programming
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek
Introduction to Object in BlueJ
Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
Object Oriented Programming
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING in JAVA
Inheritance.
Konsep Pemrograman Berorientasi Obyek
Pengantar Berorientasi Obyek
Pemrograman Lanjut Ratnokustiawan.wordpress.com.
Pemrograman Berorientasi Objek
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
PACKAGE Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Presented By Nur hayatin
Membuat Class Sendiri Atribut Pertemuan : Object Oriented Programming.
Advanced Class Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
STRING Pemrograman Object Oriented dengan JAVA Teknik Informatika-UMM.
Interaksi Objek.
Variabel, Method & Constructor Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
BAB 1 KONSEP OOP.
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
Class, Inheritance, Encapsulation & Interface
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK STMIK MAHAKARYA 2013 Oleh : FARIDI,S.Kom.
Pemrograman Berorientasi Obyek dengan JAVA Interface
Advanced Class Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
OOP Java - Tj Konsep Dasar OOP.
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
INHERITANCE (Oleh : Nur Hayatin, S.ST)
Pengantar Perancangan Berorintasi Objek
Kontrak Kuliah Pengenalan OOP
Introduction to object
Perancangan dan Pemrograman Web
BAB 1 OBJECT Pokok bahasan :
Package dan antarmuka Pemprograman Berorientasi Objek
Object Oriented Programming
Rinci Kembang Hapsari,S.Si, M.Kom
Analisa Desain Berorientasi Objek
Outline: Class Objek Konstruktor Destruktor Overloading dan Tipe value
OBJEK dan KELAS Sutrisno PTIIK-UB.
Pemrograman Berorientasi Object
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
OBJECT Pertemuan 02.
BAB 1 KONSEP OOP.
Struct.
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Object Oriented Programming
CLASS Pertemuan 003.
Pertemuan 4 Object and Class.
Pemrograman Berorientasi Objek
KELAS & OBJEK SUSSI.
Object Oriented Programming
INHERITANCE SUSSI.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK
Array, Class, Obyek, Method danConstructor.
Object Oriented Programming
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Algoritma dan Struktur Data
MENGENAL OBJEK ORIENTED PROGRAMMING (OOP)
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
Pemrograman Berorientasi Obyek
Array, Class, Obyek, Method danConstructor.
Pemrograman Berorientasi Objek
Pertemuan 1 Class dan Objek.
Rekayasa Perangkat Lunak
 Setelah mengikuti kegiatan belajar 1 ini siswa diharapkan dapat :  1) Memahami paradigma pemrograman berorientasi obyek  2) Menganalisis perbandingan.
Pertemuan 4 Object and Class.
 Setelah mengikuti kegiatan belajar 1 ini siswa diharapkan dapat :  1) Memahami paradigma pemrograman berorientasi obyek  2) Menganalisis perbandingan.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Object-Oriented Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011

Tujuan Mahasiswa mampu : – Mengidentifikasi real-world object – Memahami konsep software object – Memahami konsep class – Memahami dan mengimplementasikan class diagram – Mengidentifikasi software object

Sub Topik Object Class Class diagram

OBJECT Object-Oriented

Object Memahami Object adalah kunci untuk memahami Object-Oriented Programming.

Real World Object Setiap object di dunia memiliki 2 karakter: state(sifat, ciri, karakteristik, atribut, yg melekat pada obyek) dan behavior(tingkah laku). Kata Kunci : BEHAVIORSTATE OBJECT

Contoh : Real-world Object Object = Kucing – State = warna bulu, nama, kaki, ekor dll. – Behavior = mencakar, mengeong, mengibaskan ekor, memakan, berjalan, bergulung, dll.

Contoh Lain: Object : Sepeda State = gear, speed behavior = ganti gear, kecepatan bertambah, rem Object : Circle State = jari-jari behavior = keliling lingkaran, luas lingkaran

Team Work! Amati object yang ada di sekitar anda. Tentukan state dan behavior yang dimiliki masing-masing obyek tersebut.  1 Kelompok = 1 Object

Software Object Software Object = Real World Object. Field = attribut = variabel Method = fungsi (u/ bahasa pemrograman lain) Real-worldSoftware StateField BehaviorMethod

Software Object Kalau kita sudah mampu mengidentifikasi object yang ada di dunia nyata maka relatif akan lebih mudah untuk me- representasikannya kedalam bentuk software. Caranya ???

CLASS Object-Oriented

Real-world Terdapat object yang memiliki kesamaan behavior dan state. Contoh : Semua kucing memiliki 4 kaki, ekor, mengeong, bulu, dll. Walaupun jenis mereka berbeda namun terdapat kesamaan state & behavior. Kenapa bisa sama? Blueprint (cetakan).

Class Class : blueprint dari object yang dibentuk. Object : hasil instansiasi/bentukan dari class. Jadi sebelum kita membuat object perlu dibuat class terlebih dahulu. CLASS object

Dari Class ke Object Ketika kita sudah mengidentifikasi real-world object, maka tinggal dibuat class-nya. Dari class tersebut kita bisa membuat object sampai jumlah yang tak terbatas. Untuk memudahkan pembuatan class dari kondisi nyata maka kita bisa menggunakan class diagram.

Class Diagram Dari real-world object menjadi class dibutuhkan class diagram. Real-world Object CLASS

Class Diagram Class diagram : merepresentasi kondisi nyata kedalam bentuk diagram untuk memudahkan pengubahan ke bentuk class (kode program). CLASS DIAGRAM Real-world Object CLASS

Struktur Class Diagram NAMA CLASS - States - Behaviors

Contoh Class Diagram (1) KUCING - nama - kaki - warna bulu - ekor -Mencakar() -Berjalan() -Bergulung() -Makan()

Contoh Class Diagram (2) SEPEDA - gear - speed - merek -gantiGear() -kecepatanBertambah() -rem() -keadaanSepeda()

Team Work! Buatlah class diagram dari object yang telah anda amati!

Syntax Class class nama_class { //data-field //method }

Syntax Object Pembentukan Object : Contoh : Sepeda bike = new Sepeda(); nama_class nama_object = new nama_class();

Pengaksesan field/method Untuk mengakses field/method dapat dilakukan dari object. Dengan cara menggunakan tanda titik (.) setelah nama object.

Syntax Akses Field Contoh : bike1.speed; //perintah yang ditulis untuk mengakses field speed melalui object bike1 nama_object.nama_field;

Syntax Akses Method Contoh : bike1.gantiGear(2); //perintah yang ditulis untuk mengakses method gantiGear melalui object bike1 nama_object.nama_method();

Tomorrow  what? Siapkan 1 game berbasis desktop. Install game tersebut di salah satu komputer anggota kelompok.