Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Game Development
Intro Silabus / Materi Kuliah Referensi Wajib & Pendukung Tata Cara Perkuliahan Kegiatan Perkuliahan Pengerjaan Tugas & Project Penilaian
Buku Wajib Fullerton T; Swain C; Hoffman S., 2004, Game Design Workshop: Designing, Prototyping, and Playtesting Games, CMP Books, San Fransisco Fullerton T; Swain C; Hoffman S., 2008, Game Design Workshop: A Playcentric Approach to Creating Innovative Games Second Edition, Elsevier Inc, USA
Buku Pendukung MICHAEL THORNTON WYMAN, 2011, MAKING GREAT GAMES An Insider's Guide to Designing and Developing the World's Greatest Video Games, Focal Press - Elsevier Inc,. USA Michael E. Moore, 2011, Basics of Game Design, Taylor and Francis Group, LLC, USA Gregory Trefay, 2010, Casual Game Design - Designing Play for the Gamer in All of Us, Elsevier Inc., USA
Tata Cara Perkuliahan Aturan umum sesuai dengan ketentuan kampus (kuliah pengganti, kehadiran, dll) Pekerjaan tugas (individu) tiap pertemuan Dua mini project untuk mendukung mid & final exam Penilaian: Mid Exam : 30 % Final Exam : 30 % Tugas : 10 % Project : 30 %
Pertemuan 1 Pengenalan Game Development Peran Game Designer Struktur Game
Pengenalan Game Development Apa perbedaannya? Software Film Video Games
Perbedaannya: Bersifat Interaktif dibanding film Konten dari game sebagai medianya dibanding software Lebih memiliki unsur FUN dibanding yang lain
Video Game memiliki semua! Art Tech & Science Business Diagram by Ahmed Saker
Video Game itu KOMPLEKS! Gameplay GUI Script Game Engine Shader Lightmaps 3D Modelling Post Processing Story SFX Prototype Physics Level Design
Situasi Nyata: Gamedev semakin besar sekaligus semakin kompleks (standar industri: AAA) Masuk ke industri gamedev semakin mudah, platform banyak, software gratis, support semakin mudah (internet) Pertumbuhan pasar signifikan setiap tahun, tapi persaingan juga semakin sengit Model bisnis game semakin bervariasi dan berkembang
Target: Game Designer Kenapa memilih Game Designer? Peran Game Designer? Keahlian yang Dibutuhkan? Output Perkuliahan: Membuat konsep & prototipe Game Membuat Game Document
Tahap Pengembangan Konsep Dokumen Desain Demo Teknologi Prototipe Awal ALPHA/BETA Master/Final
Peran Game Designer Pencipta permainan dari sudut pandang pemain itu sendiri Berpengaruh mulai dari tahap awal sampai akhir produksi Berinteraksi langsung dengan semua pihak terkait Penyeimbang kondisi/situasi selama produksi
Keahlian yang Dibutuhkan Komunikasi Kerjasama Tim Tahan dengan tekanan pekerjaan yang tinggi Kreatif Inspiratif Keahlian teknis akan mendukung, tapi tidak menjadi keharusan mutlak
Pertemuan 2: Formal Element Players Procedures Objectives Rules Resources Conflict Boundaries Outcomes
Tugas Pilih 1 jenis game (board game, video game, dsb) yang anda sukai dan anda mahir memainkannya Berikan 5 alasan kenapa anda menyukainya Juga 5 alasan kenapa permainan itu mengasyikkan bahkan kepada orang lain? Coba buat 5 modifikasi dan alasannya untuk menambah variasi dari permainan awal Tugas dikirim via email ke: gamedev.amikom@gmail.com paling lambat Minggu, 18 Maret 2012 dalam format Word/PDF