Lakukan Pengujian Mainkan game Anda sesering mungkin. Saat Anda mulai memasukkan AI, script, dan gameplay, ujikan masing-masing aspek tersebut. Misalnya,

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
Advertisements

Membuat Film Dokumenter
PENULISAN NASKAH.
Gaya Belajar Disusun oleh : Rochmawati Pratamasiwi( ) Agustin Anggara Eni( ) Anis Saputri( ) Farah Maulida Rizkya( ) Tuyati( )
Materi 5 - Komputer Multimedia
“7 PEDOMAN PRESENTASI YANG SUKSES”. 7 PEDOMAN PRESENTASI YANG SUKSES 1. PAHAMI APA YANG ANDA INGINKAN a. Pahamilah apa yang Anda inginkan terjadi dalam.
PARAGRAF NARASI.
Pertemuan 4: Setting - Gratiagusti Chananya Rompas -
Teknik Presentasi Sambas Miharja, SST.
Membuat Catatan Lapangan
Anggota : 1. Ratri Wahyuning Rahayu. ( ) 2. Riska Nurdianah
PLACE : 22. CHANGE of LEVEL Perubahan dan Perbedaan Lantai
Dialog, Musik dan Sound Effect
Komunikasi Lisan Kelompok Manajemen Rapat
Bahan Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas IX
Oleh : Valentin Quanti s
Analisis Proses Bisnis
PETUNJUK SELAMAT! Tim Anda terpilih untuk mengikuti THE AMAZING RACE on KEBUN RAYA BOGOR Pastikan Tim Anda menerima 1 bingkisan yang berisikan PETA, ATURAN.
SENI MENYELESAIKAN PEKERJAAN
LAMARAN KERJA DAN WAWANCARA KERJA
ANGGOTA KELOMPOK BENI SUSANTO (06) DYAH AYU A. (12) PINTA IKAWATI (23)
PRESENTASI LISAN.
Oleh: Michael Jhon dan Alfiando M
PENGEMBANGAN COUNTER-STRIKE 1.3 MULTIPLAYER GAME. Vahala Donesia for further detail, please visit
Pengembangan game.
Kepercayaan Diri.
Level Design.
PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH SMA NEGERI 1 KALIS Selasa, 19 Juli 2016 CARA BELAJAR EFEKTIF DAN EFISIEN
Storyboard.
Akhris Fuadatis Sholikhah (136792)
Teknik Presentasi.
Kerja Sama Tim & Meningkatkan Kemampuan Interpersonal
PriNciples That Guide Practice
Mengenal TIPE BELAJAR ANAK (AUDITORY, VISUAL, & KINESTETIK)
Pertemuan 11 Wawancara Kerja.
Sesi Ke 5 KIAT MELIHAT DAN MEMBERDAYAKAN PELUANG BISNIS
Ertemuan 11 Wawancara Kerja.
Universitas Bina Nusantara 12 Maret 2001
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
Prinsip, Strategi, Tata Cara dan Media Advokasi
Persepsi Benda dan Persepsi Sosial
TEORI KREATIVITAS DAN INOVASI
KOMUNIKASI BISNIS.
Kelompok 6 Defi Desiana ( ) Nurul Hasanah ( ) Legiyem ( )
MEMILIH DAN MEMANFAATKAN SUMBER BELAJAR
Asyiknya Bermain-main dengan Pencahayaan Alami Permainan lighting atau pencahayaan memegang peranan penting dalam food photography. Mood sebuah foto makanan.
PUBLIC SPEAKING.
Komunikasi Visual Iklan Cetak
Belajar Efektif dan Efisien
RISET – OBSERVASI Pertemuan 5
Belajar Dengan Melihat (visual)
Permainan Mengingat Wajah Dengan Menggunakan JavaScript Hendra Kumala,
TEKNIK MENULIS PROPOSAL
MEMILIH DAN MEMANFAATKAN SUMBER BELAJAR
TEL1209 Lifelong Learning Topik 1: Teknik Presentasi (2011)
Melibatkan Orang Berpengaruh Dalam Sebuah Ide
Membuat Catatan Lapangan
PUBLIC SPEAKING.
Administrasi Efektif.
OSKAR JUDIANTO SSn., MM., MDs. FAKULTAS DESAIN dan INDUSTRI KREATIF
BAB 7 PEMBUATAN KEPUTUSAN.
Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Mengenal Lebih Dekat dan Penanganannya di Kelas Oleh: Ana Karunia, S.Psi.
Memahami Komposisi dan Elemen Penting Dalam Fotografi
MEDIA AUDIO VISUAL © syaifulhalim.
Karakteristik Belajar Peserta Pelatihan
MENGGALI KREATIVITAS UNTUK JURNALISTIK
Seminar dan mini workshop lokasi: Hotel metropole, kota batu
Wisata Buatan (Theme Park)
Memahami Proses Jasa Cara-cara Mengklasifikasikan Jasa :
Disusun Fauzan H Strategi Bisnis. Latar Belakang saat ini industri telah berubah dari pasar yang bergerak lambat menuju pasar yang dinamis,
Transcript presentasi:

Lakukan Pengujian Mainkan game Anda sesering mungkin. Saat Anda mulai memasukkan AI, script, dan gameplay, ujikan masing-masing aspek tersebut. Misalnya, apakah musuh yang Anda tambahkan telah bergerak sesuai dengan yang direncanakan. Minta level designer lain (jika Anda bekerja dalam tim) untuk memainkannya. Tanyakan apakah semuanya berjalan dengan baik.

Half Life 2. Valve Corporation

GamePlay Sebagai seorang developer game, Anda wajib memainkan berbagai macam game yang ada di pasaran untuk mengamati gameplay, game world, pace, dan sebagainya. Kuncinya di sini adalah tidak hanya bermain, tapi mencoba membayangkan bagaimana level atau game tersebut secara keseluruhan dibuat.

 Apa yang menarik dari game ini? Apa yang kurang menarik?  Bagaimana kira-kira script yang dipakai untuk menggerakkan musuh?  Bagaimana developer game ini menyampaikan latar belakang ceritanya? Lebih baik lagi jika Anda main game sambil membawa buku catatan untuk menuliskan pikiran-pikiran Anda tentang game tersebut.  Saat memainkan game baru, mainkan seperti biasa (untuk hiburan).

 Setelah memainkan sekali atau lebih, mainkan lagi kali ini dengan sikap seperti seorang level designer.  Perhatikan dan amati masing-masing bagian (termasuk script dan AI) dan cari tahu apa yang membuat game ini menarik, dan apa yang membuatnya kurang menarik.  Anda juga bisa membaca walkthrough atau strategy guide dari game tersebut. Perhatikan apa yang ditulis dalam walkthrough tersebut tentang level dan strateginya. Hal ini akan sangat membantu dalam mempelajari layout, gameplay, pace, dan sebagainya.

Scripting Scripting merupakan bagian penting dalam pembuatan level atau game secara keseluruhan. Scripting memang memiliki kurva pembelajaran yang tajam (relatif sulit), namun bila Anda ingin membuat game, Anda tetap harus mempelajarinya. Game engine yang ada saat ini umumnya memiliki contoh map (level), Anda bisa mempelajariya untuk mengetahui bagaimana mereka membuat script.

Half Life 2. Valve Corporation

Unreal Kismet. Epic Games

Skala dan Proporsi Salah satu aspek paling penting dalam level design adalah skala. Sebuah pintu yang terlalu besar atau terlalu kecil bisa jadi akan merusak suasana dari game Anda. Sebuah bangunan dengan skala yang tidak pas akan merusak mood player dalam memainkan level Anda. Jika memungkinkan, gunakan ukuran skala referensi untuk player.

L4D2. Valve Software

UDK. Epic Games

Hammer Source

Desain Buat tempat-tempat menarik dalam game world Anda namun tetap berkaitan dengan cerita yang disampaikan.  Bagaimana player berada di sana?  Ke mana tujuannya?  Apa yang sebenarnya terjadi di tempat tersebut?

Crysis 2. EA Games

L4D2. Valve Software

Illusion of Freedom Berikan kebebasan pada player untuk menjelajahi game world Anda, khususnya jika game tersebut bukan bersifat open-ended seperti seri GTA, Skyrim (Elder Scrolls), atau Fallout 3. Game Crysis 2 merupakan contoh yang baik di mana meskipun alur ceritanya linier namun developer memberi kebebasan bagi player untuk menyelesaikan sebuah misi (dengan sejumlah pilihan).

Game tersebut bahkan memberikan pilihan di bagian HUD bagaimana player bisa menyelesaikan sebuah misi, misalnya langsung menyerbu dari depan, dari samping, atau secara diam-diam (stealth). Anda perlu mempertimbangkan hal ini dalam pengembangan game. Meskipun alur cerita yang Anda buat sangat linier, usahakan untuk memberikan pilihan bagi player bagaimana dia dapat menyelesaikan sebuah level atau misi. Tapi ingat untuk tidak membuat player frustrasi.

Crysis 2. EA Games. Crytek

Ruangan tambahan, bangunan tambahan, atap rumah, dan bagian pinggir jalan dapat dipakai untuk memberikan pengalaman berbeda pada player dalam menyelesaikan misi. Biarkan player menjelajahi game world Anda namun jangan terlalu jauh. Berikan jalur-jalur alternatif yang dapat dipilih oleh player L4D2 adalah sebuah game linier, namun dalam tiap map player diberi kebebasan untuk menyelesaikan misinya.

L4D2. Valve Corporation

L4D2. Contoh bangunan yang dapat dijelajahi player (terdapat amunisi di dalamnya).

Call of Duty: Modern Warfare. Activision

Anticipation Anticipation adalah menunggu terjadinya sesuatu. Jangan menunjukkan semuanya pada player. Tunjukkan satu per satu. Mulai secara perlahan, lalu tambah kecepatan. Pada tahap awal player harus mampu menyelesaikan misi dengan mudah, kemudian tambahkan musuh baru, taktik baru, serta tantangan baru.

Max Payne 2. Rockstar Games

Anticipation berguna untuk menciptakan ketegangan. Salah satu teknik yang efektif untuk menciptakan antisipasi ini adalah apa yang disebut “Calm before Storm”. Contoh yang sangat baik dari hal ini adalah dalam film “Saving private Ryan”, di mana tepat sebelum terjadinya pertempuran dahsyat terakhir, mereka digambarkan sedang duduk-duduk santai mendengarkan musik.

Teknik ini dipergunakan dalam hampir semua film Hollywood.

Untuk game, teknik ini dapat dicapai misalnya:  Pastikan semuanya tenang, tidak ada musuh atau zombie  Tidak ada suara ledakan atau bunyi keras lainnya, hanya ambient sound.  Kemudian ada beberapa suara aneh lalu muncul musuh dalam jumlah besar. Teknik ini dipergunakan dalam L4D2 dalam setiap kemunculan zombie dalam jumlah besar (enemy wave).

Contoh lain dalam game Counter Strike. Player membeli senjata kemudian bergerak menuju jalan buntu lalu terjadi pertempuran hebat di mana semua anggota tim mati. Kemudian suasana berubah menjadi tenang selama beberapa saat. Player melanjutkan perjalanan, memasang bom (menciptakan anticipation). Setelah player menjauh musuh datang dan mendekati tempat bom lalu bom meledak (anticipation berhasil).

Counter Strike Source

Konsistensi Setelah menentukan cerita dan tema, Anda harus konsisten dalam menggunakan model, tektur, pencahayaan, dan gamplay. Salah satu hal yang membuat player tidak tertarik dengan sebuah game adalah penggunaan model atau tekstur yang tidak sesuai dengan tema. Contoh, jika Anda membuat level di sebuah pabrik lama namun benda-benda yang ada di dalamnya memiliki tekstur yang bersih.

Contoh Inkonsistensi. Damnation.

Contoh lain. Bruce Lee: Quest of the Dragon

Referensi Arsitektur Mempelajari arsitektur akan banyak membantu dalam proses pembuatan game world yang bagus dan menarik secara visual. Sebelum Anda melakukan sebuah proyek game, luangkan waktu untuk mempelajari gaya arsitektur dan berbagai elemen seni lain yang akan Anda pergunakan dalam game Anda. Contoh paling baik dari penggunaan referensi ini adalah Game Assassin’s Creed.

Assassin’s Creed 2. Ubisoft

Imperfection Sebagian besar objek di dunia ini adalah tidak sempurna. Segala sesuatu memiliki tanggal kadaluwarsa dan tidak ada yang berada dalam kondisi sempurna seperti baru dalam waktu yang lama. Tampilkan objek dalam keadaan kotor, pecah, dan sebagainya. Saat membuat level atau model 3D, luangkan waktu untuk melakukan “imperfection”. Gunakan foto referensi (jika ada) untuk menciptakannya.

Portal 2. Valve Corporation

Imperfection

Originality Sebagai seorang level designer Anda harus selalu berusaha “menciptakan sesuatu yang baru”. Berikan nuansa baru dalam game world, level, dan map yang Anda buat. Jangan membuat level seperti dalam game yang sudah ada kecuali jika Anda bisa memberikan sesuatu yang baru di dalamnya. Untuk berinovasi Anda tidak perlu membuat gameplay yang benar-benar baru, cukup mengubah salah satu elemen di dalamnya.

L4D2. Valve Software

Cliche Ada beberapa elemen, situasi, dan visualisasi yang sering muncul dalam game. Beberapa di antaranya, karena terlalu sering dipergunakan, menjadi Cliché. Cliché adalah ide yang terlalu sering dipergunakan hingga kehilangan kekuatan atau kebaruannya.

Beberapa cliché dalam game di antaranya:  Tema dan map tentang PD II  Kota, bangunan, atau rumah sakit tua  Invasi alien  Tema tentang pesawat ruang angkasa  Tema Istana  Level Lava Masalah dari cliché ini adalah bahwa kita tahu apa yang akan terjadi karena kita telah melihatnya berulangkali.

Akan tetapi, kita juga tidak boleh mengabaikan cliché ini sepenuhnya. Kita cuma perlu menentukan mana yang efektif dan mana yang sudah tidak menarik lagi. Selanjutnya kita tinggal menambahkan sesuatu yang baru, yang dapat membuatnya menjadi unik. Dalam Left4Dead 2 terdapat pilihan multiplayer sebagai manusia dan sebagai zombie. Ciri khas lain dari game ini dalah adanya zombie yang mampu berlari kencang. Sepert hanya dalam film “28 Days Later”.

Left4Dead 2. Valve Software

Bioshock, menggabungkan FPS dengan elemen horor dan setting visual yang menawan.

Condemned 2: Bloodshot. Menggabungkan FPS dengan horor dan perkelahian tangan kosong.

Cliché adalah penting. Penting untuk diketahui dan dipahami dan kita perlu memanfaatkan hal ini. Sekalipun player tahu apa yang akan terjadi, namun ada pemicu psikologis yang membuanya bereaksi. Intinya di sini adalah memahami cliché dan menambahkan sesuatu yang baru.

Foreshadowing Foreshadowing adalah menunjukkan atau menggambarkan peristiwa apa yang akan terjadi selanjutnya. Tunjukkan secara sekilas lokasi-lokasi atau objek khusus yang akan dijelajahi (atau ditemukan oleh) player pada stage berikutnya. Apa yang ada di sana. Tunjukkan dari balik jendela atau pagar.

Call of Duty Modern Warfare. Menunjukkan lokasi pertempuran berikutnya dari sebuah helikopter.

L4D2. Menunjukkan sekilas Paris Campaign dari balik pagar.

L4D2. Menunjukkan lokasi Dark Carnival Campain dari balik pagar.

Crysis 2. Patung Liberty. Player melihat Patung Liberty di kejauhan meskipun dia tidak bisa ke sana.

Temukan cara-cara baru untuk menunjukkan suatu tempat yang akan dijelajahi oleh player pada stage berikutnya, di mana player saat itu tidak bisa sampai ke sana. Untuk pembatasnya Anda bisa menggunakan jendela, pagar, air (misalnya sungai atau danau), reruntuhan bangunan, dan sebagainya.