Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar FLOW CHART
FLOWCHART Flowchart (bagan alir) adalah Algoritma ini menggunakan sejumlah simbol untuk menyatakan kegiatan-kegiatan secara keseluruhan suatu bagan yang menggambarkan/ mempresentasikan suatu algoritma/ prosedur untuk menyelesaikan masalah. bentuk gambar/diagram yang mempunyai aliran satu atau dua arah secara sekuensial.
KEGUNAAN FLOW CHART Kegunaan: Untuk mendesain program Untuk merepresentasikan program Flowchart harus dapat merepresentasikan komponen-komponen dalam bahasa pemrograman
FUNGSI FLOW CHART Sebelum pembuatan program Mempermudah programmer dalam menentukan alur logika program Sesudah pembuatan program Menjelaskan alur program kepada orang lain
JENIS FLOWCHART Flowchart ada dua macam : FLOWCHART SYSTEM FLOWCHART PROGRAM
FLOW CHART SYSTEM Yang dijelaskan adalah: Yaitu bagan yang menggambarkan suatu prosedur dan proses suatu file dalam suatu media menjadi file dalam media yang lain dalam sistem data. Yang dijelaskan adalah: File-file yang diproses oleh program Jenis piranti yang digunakan oleh file Operasi terhadap file (I/O)
SIMBOL FLOW CHART SYSTEM Magnetic disk Proses/ Program Terminal (start dan end) Hubungan paralel Hubungan Punched card Looping Garis alir Keyboard Pusat data Prosedur/ Sub routin Fungsi Dokumen tape Tidak Ya Display Operasi Manual
SIMBOL FLOW CHART SYSTEM Keyboard CPU Monitor
FLOWCHART PROGRAM Yang dijelaskan adalah: Pembacaan data Yaitu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses (logika) dan hubungan antar proses secara detail di dalam suatu program dari suatu prosedur pemecahan masalah. Yang dijelaskan adalah: Pembacaan data Pemrosesan data Pengambilan keputusan terhadap data Penyajian hasil pemrosesan data
KAIDAH PEMBUATAN FLOW CHART PROGRAM Secara garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari 3 unsur utama dalam pemrograman yaitu Input - Proses - Output. INPUT (bahan mentah) PROSES OUTPUT (bahan jadi)
KAIDAH PEMBUATAN FLOW CHART PROGRAM Untuk pengolahan data dengan komputer, urutan dasar pemecahan suatu masalah (Urutan Baku Flowchart Program ) : START, berisi pernyataan untuk persiapan peralatan yang diperlukan sebelum menangani pemecahan persoalan. READ, berisi pernyataan kegiatan untuk membaca data dari suatu peralatan input. PROSES, berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca. WRITE, berisi pernyataan untuk merekam hasil kegiatan ke peralatan output. END, mengakhiri kegiatan pengolahan. Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.
SIMBOL FLOWCHART PROGRAM Simbol yang digunakan : menunjukkan awal dan akhir dari program memberikan niai awal pada suatu variabel atau counter menunjukkan pengolahan aritmatika dan pemindahan data menunjukkan proses input atau output untuk mewakili operasi perbandingan logika proses yang ditulis sebagai sub program, yaitu prosedur/ fungsi penghubung pada halaman yang sama penghubung pada halaman yang berbeda
SIMBOL FLOWCHART PROGRAM (1/3) Keterangan Simbol Mulai/selesai (terminator) Aliran data Input/Output Proses
SIMBOL FLOWCHART PROGRAM (2/3) Keterangan Simbol Percabangan/keputusan Pemberian nilai awal suatu variabel (preparation) Memanggil prosedur/fungsi (call)
SIMBOL FLOWCHART PROGRAM (3/3) Back Page 24 Keterangan Simbol Connector (di halaman yang sama) (di halaman lain)
CONTOH-1 : FLOW-CHART kasus : Buatlah sebuah rancangan program dengan menggunakan flowchart, MENCARI LUAS PERSEGI PANJANG ... !?
Solusi : Perumusan untuk mencari luas persegi panjang adalah: L = p * l di mana, L adalah Luas persegi panjang, p adalah panjang persegi, dan l adalah lebar persegi.
flowchart Luas PersgiPnjg Keterangan : Simbol pertama menunjukkan dimulainya sebuah program Simbol kedua menunjukkan bahwa input data dari p Simbol kedua menunjukkan bahwa input data dari l Data dari p dan l akan diproses pada simbol ketiga dengan menggunakan perumusan L=p*l Simbol kellima menunjukkan hasil output dari proses dari simbol ketiga Simbol keenam atau terakhir menunjukkan berakhirnya progrm Start End p l L L = p*l 1 2 3 4 5 6
CONTOH-2 : FLOW-CHART kasus : Buatlah sebuah rancangan program dengan menggunakan flowchart, MENGHITUNG LUAS LINGKARAN ... !?
PENYAJIAN ALGORITMA Algoritma untuk mencari luas lingkaran a. Algoritma dengan struktur bahasa Indonesia Beri nilai phi dengan 3.14 Masukkan jari-jari lingkaran Kalikan phi dengan phi=3.14 kuadrat dari jari-jarinya Tulis hasilnya input R b. Algoritma dengan pseudocode 1) phi 3.14 2) input (R) 3) L phi *R*R 4) Output (L) c. Algoritma dengan flowchart START END Print L L = phi*R*R
CONTOH-3 : FLOW-CHART kasus : Buatlah sebuah rancangan program dengan menggunakan flowchart, MENCARI RATA-RATA DARI 3 BILANGAN YG DIINPUTKAN ... !?
PENYAJIAN ALGORITMA Algoritma untuk mencari rata-rata dari 3 bilangan yang diinputkan a. Algoritma dengan struktur bahasa Indonesia Baca bilangan a, b, dan c Jumlahkan ketiga bilangan tersebut Bagi jumlahnya dengan 3 Tulis hasilnya b. Algoritma dengan pseudocode 1) Input (a,b,c) 2) Jml (a+b+c) 3) Rerata Jml/3 4) Output (Rerata) c. Algoritma dengan flowchart START Input a,b,c Jml = a+b+c END Print Rerata Rerata = Jml /3
CONTOH-4 : FLOW-CHART kasus : Buatlah sebuah rancangan program dengan menggunakan flowchart, MENENTUKAN BILANGAN GENAP / GANJIL... ?!
Flowchart Show Page 13
HOMEWORK : Buat dalam 3 format algoritma : kalimat deskriptif, pseudo-code dan flowchart ?! 1. Mencari Bilangan Terbesar dari 2 buah bilangan yang diinputkan ... ?! . 2. Mencari Bilangan Terkecil dari 3 buah bilangan yang diinputkan .. ?!
Sampai ketemu minggu depan S e l e s a i Sampai ketemu minggu depan