SUNARI, 3501405500 BUDAYA SPIRITUAL PETILASAN- PETILASAN DI GUNUNG SELOK DALAM KONTEKS PEMAKNAAN OLEH MASYARAKATNYA.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SHINTA ROMAULINA, Eksistensi Adat Budaya Batak Dalihan Na Tolu Pada Masyarakat Batak ( Studi Kasus Masyarakat Batak Perantauan di Kabupaten.
Advertisements

AFIF ANDI WIBOWO, Persepsi Masyarakat Terhadap Mitos Air Tiga Rasa di Lingkungan Makam Sunan Muria Kabupaten Kudus.
ADITYA AKBAR INSANI, Persepsi tentang makna kesegaran jasmani pada orang tua usia lanjut di Panti Wredha Harapan Ibu Semarang Tahun 2010.
RORO WIDYAH PRIMA GUMILANG, Pelaksanaan Pembagian Waris Anak Angkat di Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati.
YULIA PUSPITASARI, Struktur Cerita dan Nilai Kepatuhan Masyarakat Desa Somawangi Kabupaten Banjarnegara Dalam Narasi Cerita Rakyat Raden Somawangi.
ICHA RATRI PRABANINGRUM, MAKNA HAJI DI KELURAHAN KEDUNGWUNI BARAT KECAMATAN KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN.
ATIH WIJAYANTI, Pembentukan Kedisiplinan Anak dalam Keluarga Polisi di Asrama Polsek Nalumsari Kabupaten Jepara.
OKY VIRGIAN SEPTYANDI, PERKEMBANGAN PASAR TRADISIONAL BANDUNGAN DAN DINAMIKA MASYARAKAT TAHUN
SRI PITRIA NINGSIH, BUDAYA HIDUP SEHAT DI PONDOK PESANTREN (Kasus di Pondok Pesantren Assalafiyah Desa Luwungragi Kecamatan Bulakamba Kabupaten.
APRIYANTI, Pendidikan Karakter Anak pada Keluarga TKW di Desa Rungkang Kecamatan Losari Kabupaten Brebes.
SITI ROWIYAH, BURUH EMPING MELINJO DALAM KEHIDUPAN EKONOMI (Studi Kasus Industri Rumahan di Deles Kecamatan Bawang Kabupaten Batang)
M U K S A N, Efektifitas Pengelolaan Arsip Di Kantor Kecamatan Gunungpati, Semarang.
ANIS SURYANINGSIH, INTERAKSI ANTAR SISWA RSBI DAN REGULER (studi Kasus di Kelas XI IPS SMA Kesatrian 1 Semarang.
KARTIKA CANDRA DEWI, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS TERPADU BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI SE- KECAMATAN TAYU.
H A I S, POLA BELAJAR MUDZAKAROH DI SMA KY AGENG GIRI BERBASIS PONDOK PESANTREN SALAF GIRIKUSUMO BANYUMENENG MRANGGEN KABUPATEN DEMAK.
NIA KURNIAWATI, Budaya Politik Suku Baduy Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Provinsi Banten.
AMALIA MARLIZA, IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEPULUH PROGRAM UNGGULAN PUSKESMAS DALAM PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT (Kasus Puskesmas Bendan Kecamatan.
AGUS BUDI LEKSONO, MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X.
UCEP SUHENDAR, LATAR BELAKANG SOSIAL SISWA <br /> YANG AKTIF MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR<br.
SETIYO WIDODO, PEMBINAAN PRESTASI SEPAKBOLA PADA SSB GARUDA PERKASA KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2010.
YENI PURWATI, UPAYA MASYARAKAT DESA SEKITAR HUTAN DALAM MEMANFAATKAN HUTAN SEBAGAI PELUANG USAHA EKONOMI PERTANIAN (Studi Kasus di Desa Srigading.
SAKTI DIAN KUMALASARI, PROSESI DAN MAKNA SIMBOLIK RITUAL DALAM PENGGARAPAN SAWAH (Studi Kasus Petani Adiarsa Kecamatan Kertanegara Kabupaten.
DHITA YULIA NAWATI, LINGKUNGAN PENDIDIKAN DAN AKTIVITAS BELAJAR YANG MENDUKUNG PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi di SMA Negeri 1 Bawang Banjarnegara)
LAZUARDI FAJAR NURRAKHMANSYAH, UPAYA MEWUJUDKAN NILAI-NILAI KEJUJURAN SISWA MELALUI KANTIN KEJUJURAN DI SMP NEGERI 7 SEMARANG.
PURI WIJAYANTI, KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI WANITA TUKANG PARKIR (Studi Tentang Motivasi dan Strategi Wanita Tukang Parkir dalam Memenuhi Kebutuhan.
RAHAYU PRIHATIN, INTERAKSI ANTARA JURAGAN PEMILIK KAPAL, PEMILIK MODAL, dan BURUH PADA MASYARAKAT NELAYAN (Kasus di Daerah Jongor Kelurahan.
MARIO FAHMI SYAHRIAL, UPAYA PEMASARAN HASIL PANEN KELOMPOK TANI GARAM SIDO MUKTI DI DESA DRESI KULON KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG.
YUDI ROSNADIPRANATA, PENGARUH TRADISI SERABINAN TERHADAP PEREKONOMIAN PEDAGANG SERABI DI KELURAHAN NGAMPIN KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG.
PRABOWO BAYU ARDI, KERIS SEBAGAI SALAH SATU SIMBOL IDENTITAS PRIYAYI JAWA DI KERATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT.
SOVI NURHAYATI, Partisipasi Politik Masyarakat Sedulur Sikep Desa Karangrowo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus.
SITI MARHAMAH, Peran (BP4) Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan dalam Mencegah Terjadinya Perceraian di Kabupaten Wonosobo.
SUNARDIONO, Upaya Pengembangan Objek Wisata Gonoharjo Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal.
HABIB THOYEB, KENDALA GURU DALAM MENGAJARKAN MATERI SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA PADA SMP N 1 BATANG.
ERFA MEIYANI, Pelaksanaan Pendaftaran Peralihan Hak Milik Atas Tanah dengan Cara Jual Beli di Kantor Pertanahan Kabupaten Kudus.
DWI ARYANTO, INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT TRANSMIGRAN SUKU JAWA DENGAN MASYARAKAT LOKAL ( Studi Kasus di desa Catur Karya Buana Jaya, Kecamatan.
WISNU RAHARJO, PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PENINGKATAN KINERJA USAHA TANI (STUDI KASUS TANAMAN UNGGULAN PADI DI KABUPATEN KUDUS).
WAHIDIYAT INDRA LESMANA, PEMETAAN ARUS WISATAWAN OBYEK WISATA MENARA KUDUS MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) DI KABUPATEN KUDUS TAHUN.
ULIA YUDHISTIANI, INTERAKSI SOSIAL UMAT PARISADA HINDU DHARMA INDONESIA DENGAN UMAT NAHDLATUL ULAMA DI DESA DUKUHWRINGIN KECAMATAN SLAWI KABUPATEN.
ATMIRA SATYA MARDHIKA, PERAN ABDI DALEM DALAM MELESTARIKAN BUDAYA DI KERATON SURAKARTA HADININGRAT.
MOHAMAD HIZQIL MAHBUB, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DIKALANGAN SANTRI (Kasus di Pondok Pesantren Assaidiyyah Desa Kirig Kecamatan Mejobo Kabupaten.
RESTU KURNIAWAN, Lamating Kewan pada Masyarakat Desa Sunggingsari Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung.
ARIS SUNARDI, Pembelajaran Ansambel Musik di SMP Negeri I Cilacap.
ARISKA KUSUMA WARDANI, Ujungan Sebagai Sarana Upacara MInta Hujan di Desa Gumelem Kulon Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara.
AGUST EKO YUWONO, RESISTENSI MASYARAKAT TERHADAP RENCANA PEMBANGUNAN PABRIK SEMEN GRESIK DI DESA KEDUMULYO KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI.
FEBRIANA BUDHI PALUPI, BENTUK PERTUNJUKAN DAN MAKNA SIMBOLIS KESENIAN BABALU DI KABUPATEN BATANG.
PALUPI TRI WIDIASTUTI, PERANAN KEGIATAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) SOSIOLOGI- ANTROPOLOGI KOTA SEMARANG DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME.
APRILIA IKA HARLINA, PERILAKU SEHAT MASYARAKAT DI SEKITAR PETERNAKAN AYAM DESA PAKUJATI KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES.
IKA KUSUMA WARDANI, Makna Simbol Semar dan Gareng pada Dawet Ayu Banjarnegara.
DHEDY PRI HARYATNO, PETANI GARAM DI DESA KUWU KECAMATAN KRADENAN KABUPATEN GROBOGAN: SUATU KAJIAN STRATEGI ADAPTASI BUDAYA.
YOGA TRI SUTOMO, Pelaksanaan Redistribusi Tanah Objek Landreform di Desa Sedayu Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten.
SUJATMI, Tari Prajuritan di Desa Banyubiru Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang.
GANJAR TRIADI, Simbol dan Makna Pepali Adipati Wirasaba dan Relevansinya pada Masyarakat di Eks-karesidenan Banyumas.
AKHIRUL MUNAJAT, PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK EVALUASI KESESUAIAN LAHAN PERMUKIMAN DI KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG.
AWALIA FARAH DIBA LAILA, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MENERUSKAN CERITA SISWA KELAS X SMA N 4.
DEFIANA LUTFITASARI, Mitos Cerita Candi Gamelan Di Kabupaten Pekalongan.
EKA RATNA PUSPITA SARI, PERANAN INDUSTRI KERUPUK MIE DALAM KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DESA HARJOSARI KIDUL KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN.
RIZKI YUSNIA, Upaya Sekolah Alam dalam Mensosialisasikan Nilai Sikap dan Perilaku Cinta Lingkungan Trhadap Anak (Studi Kasus di Sekolah Dasar.
SITI MARDLIYAH, PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUK RUMAH TIPE SILVER I (T 23/60) DAN TIPE EMERALD (T 70/144) PADA PT KREASI CIPTA BUKIT ASRI SEMARANG.
PURNO PADMONOBO, SURVAI MANAJEMEN KLUB RENANG DE ZANDER KABUPATEN PURBALINGGA PADA TAHUN 2007/2008.
RISCHA AGUSTINA, PERSEPSI GURU IPS TENTANG KONSEP DAN PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN.
MEILANI SARIPUTRI, FUNGSI MUSEUM BATIK PEKALONGAN SEBAGAI SARANA PEWARISAN BUDAYA KERAJINAN BATIK BAGI PELAJAR DI PEKALONGAN.
GILANG RAHMA PUTRA, Perlindungan Hukum Bagi Pekerja Malam Hari Dalam Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT. Waroeng Batok Industry Kabupaten.
ARIF PUJIONO, Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Antara Pekerja dan Pengusaha di PT. Sai Apparel Industries Semarang.
YANTI SRI REJEKI, OBJEK WISATA GUCI DAN PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PEKANDANGAN KELURAHAN REMBUL KECAMATAN BOJONG KABUPATEN TEGAL TAHUN.
IBNU FAKHRURROJI, Strategi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri-Kelautan dan Perikanan (PNPM Mandiri-KP) di Desa Prapag Kidul Kecamatan.
INDAH KURNIAWATI, IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN<br /> MAKE A MATCH PADA MATERI PERILAKU MENYIMPANG KELAS X-7 MAN 1 PEKALONGAN.
ANGGRIS YUDO ASMORO, PERANAN DESA PITON KECAMATAN PUNUNG KABUPATEN PACITAN SEBAGAI DESA WISATA DALAM MEMPERTAHANKAN BUDAYA LOKAL.
DEWI SINTANINGRUM, PENELUSURAN POTENSI DAERAH UNTUK PEMBINAAN OLAHRAGA USIA DINI DI KECAMATAN PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2010.
HESTI PRAMUSHINTA, KEBERADAAN TRADISI NYADRAN DALAM KEHIDUPAN SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT PETANI DESA GOWAK KECAMATAN PRINGSURAT KABUPATEN.
FARIZ KURNIAWAN, Tradisi Mbeleh Wedhus Kendhit Sebuah Kajian Cerita Rakyat Kabupaten Wonosobo.
Transcript presentasi:

SUNARI, BUDAYA SPIRITUAL PETILASAN- PETILASAN DI GUNUNG SELOK DALAM KONTEKS PEMAKNAAN OLEH MASYARAKATNYA

Identitas Mahasiswa - NAMA : SUNARI - NIM : PRODI : Pendidikan Sosiologi dan Antropologi - JURUSAN : SOSIOLOGI & ANTROPOLOGI - FAKULTAS : Ilmu Sosial - sunari_mura pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Juhadi, M.Si - PEMBIMBING 2 : Drs. Totok Rochana, MA - TGL UJIAN :

Judul BUDAYA SPIRITUAL PETILASAN-PETILASAN DI GUNUNG SELOK DALAM KONTEKS PEMAKNAAN OLEH MASYARAKATNYA

Abstrak Petilasan-petilasan di Gunung Selok merupakan salah satu tempat keramat yang banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah. Hal ini terlihat dari ramainya petilasan-petilasan di Gunung Selok pada waktu-waktu tertentu. mengunjungi petilasan leluhur adalah bentuk perilaku religi. Mereka yang datang mempunyai maksud dan tujuan serta motivasi yang berbeda-beda. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah permasalahan tunggal, yaitu bagaimana pemaknaan budaya spiritual petilasan-petilasan di Gunung Selok Oleh masyarakatnya, dikaji melalui etnografi dan dikaitkan dengan antropologi agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan budaya spiritual petilasanpetilasan di Gunung Selok Oleh masyarakatnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Karang Benda Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Subjek penelitian ini adalah pamong budaya Cilacap (Bapak Kasiyanto), masyarakat Desa Karang Benda, dan masyarakat pendukung budaya spiritual petilasan-petilasan di Gunung Selok atau Peziarah. Informan kunci pada penelitian ini adalah beberapa kuncen Petilasan-petilasan Di Gunung Selok, sedangkan informan pendukung lainnya yaitu perangkat desa, tokoh masyarakat, dan masyarakat Desa Karang Benda. Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diuji keabsahannya melalui triangulasi data dengan sumber. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis domain/gambaran umum dan menyeluruh, analisis taksonomi/data wawancara dan observasi, dan analisis komponensial/ cross check data. Hasil penelitian, yaitu di Gunung Selok terdapat banyak petilasanpetilasan dari puncak hingga kaki bukit, yang dianggap oleh masyarakat pendukungnya sebagai tempat yang sacred. Petilasan tersebut antara lain Jambe Lima, Jambe Pitu, Makam Kyai Somalangu, Petilasan Kaki Bima, Kendran dan kawasan gua-gua yang dikeramatkan seperti Gua Naga Raja, Rahayu, Ratu, Sribolong dan Pakuwaja dan lain-lain. Tindakan spiritual mengunjungi petilasanpetilasan tersebut merupakan bentuk perilaku religi orang Jawa, dengan penghormatan terhadap arwah leluhur dengan cara melakukan ritual yang dilengkapi sesajen. Para peziarah datang dengan tujuan, motivasi dan makna ritual yang berbeda-beda. Keberadaan petilasan-petilasan di Gunung Selok mempunyai pemaknaan sendiri-sendiri oleh kacamata masyarakat pendukungnya yang percaya akan memperoleh sesuatu yang diinginkan setelah mereka sowan tergantung ”apa yang diminta dan kepentingannya”. Sedangkan masyarakat sekitar memaknai adanya petilasan-petilasan di Gunung Selok untuk mengais rejeki dengan membuka usaha warung makan, pemandu peziarah, menyewakan perahu, senter, tikar, dan sebagainya. Jadi, ada fungsi spiritual dan fungsi sosialnya. Simpulan dari penelitian ini, yaitu Dewasa ini masih ada sebagian orang yang masih melakukan usaha-usaha melalui cara laku mistis untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun spiritual dengan mendatangi tempattempat tertentu yang dianggap mempunyai nilai-nilai yang sakral. Petilasanpetilasan di Gunung Selok tersebut mempunyai latar belakang sejarah atau mitologi tentang asal usul tempat tersebut, ada makna yang dapat memberikan nuansa spiritual pada tempat tersebut, dan ada masyarakat pendukungnya yang mengelola serta menjaga kelestariannya. Dilihat dari sisi potensi alamnya maupun dari sisi lainnya Gunung Selok cukup banyak mempunyai nilai budaya dan spiritual yang dapat dijadikan sumber pendapatan daerah dengan kerja sama bersama masyarakat membuat satu paket wisata kebudayaan atau spiritual, mengenai sarana dan prasarana sebaiknya Pemda setempat membenahi khususnya yaitu masalah jalan yang masih berbatu dan lapangan parkir yang kurang luas, dan untuk budaya lisan dalam masyarakat bisa juga dibukukan.

Kata Kunci Etnografi, Budaya Spiritual, Pemaknaan Masyarakat

Referensi Anonim Buku Sejarah Cilacap. Cilacap : Pemda Asiarto, Luthfi Tempat-Tempat Spiritual di Propinsi Sulawesi Selatan. Makasar : Disbudpar Baal, J Van Sejarah dan Pertumbuhan Teori Peneliti Budaya (hingga dekade 1970). Jakarta : Gramedia Bastomi, Suwaji Laku Budaya Jawa. Semarang : UNNES Press Brata, Nugroho Trisnu PT Freeport & Tanah Adat Kamoro Kajian Teori- Teori Antropologi. Semarang : Unnes Press Geertz, Clifford Kebudayaan dan Agama. Yogyakarta : Kanisius Dinas Pariwisata Come and See The Real Cilacap. Cilacap : Diparta Endraswara, Suwardi Falsafah Hidup Jawa. Yogyakarta : Cakrawala Metode Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta : Cakrawala Firth, R Ciri-ciri dan Alam Hidup Manusia Suatu Pengantar Antropologi Budaya. Bandung : Sumur Hadikusuma, Hilman Antropologi Agama Bagian I. Bandung : Citra Aditya Bakti Hadikoesoema, Soenandar Filsafat Kejawaan. Jakarta : Yudhagama Harjosuwarno, Sunarso Manusia dan Dunianya. Yogyakarta : Kanisius Haviland, William A Antropologi Jilid II. Terjemahan Rg. Soekadijo. Jakarta : Erlangga Koentjaraningrat Beberapa Pokok Antropologi Sosial. Jakarta : Dian Rakyat Pengantar Antropologi II : Pokok-Pokok Etnografi. Jakarta : Aksara Baru Kebudayaan Jawa. Jakarta : Balai Pustaka Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta : Gramedia Poespowardojo, Soerjanto Strategi Kebudayaan Suatu Pendekatan Filosofis. Jakarta : Gramedia Priyadi, Sugeng Banyumas Antara Jawa dan Sunda. Semarang : Mimbar Minsarwati, Wisnu Mitos Merapi dan Kearifan Ekologi Menguak Bahasa Mitos dalam Kehidupan Masyarakat Jawa Pegunungan. Yogyakarta : Kreasi Wacana Moleong, Lexy J Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya Mulder, Niels Kepribadian Jawa dan Pembangunan Nasional. Yogyakarta : UGM Press Kebatinan dan Hidup Sehari-hari Orang Jawa. Jakarta : Gramedia Spradley, James. P Metode Etnografi. Terjemahan Misbah Zulfa Elizabeth. Yogyakarta : Tiara Wacana Sujamto Refleksi Budaya Jawa. Semarang : Dahara Prize Susanto, Hari P.S Mitos Menurut Pemikiran Mircea Eliade. Yogyakarta : Kanisius Suseno, Franz Magnis Etika Jawa Sebuah Analisa Falsafi tentang Kebijaksanaan hidup Jawa. Jakarta : Gramedia Peursen, C.A Van Strategi Kebudayaan. Yogyakarta : Kanisius

Terima Kasih