E-LEARNING
Definisi e-Learning Menurut Gilbert & Jones (2001) Pengiriman materi pembelajaran melalui media elektronik seperti internet, intranet/extranet satelit broadcast, audio/video tape, interaktive TV, CD Room, dan Computer Based Training (CBT)
Berbagai istilah yang berkaitan dengan e-Learning
Keuntungan menggunakan e-learning Menghemat waktu proses belajar mengajar, Mengurangi biaya perjalanan, Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku), Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas Melatih pelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.
Pembelajaran Konvensional 1. Pembelajaran tergantung kepada kemampuan pengajar 2. Sumber belajar terpusat di sekolah 3. Pengajar sebagai sumber ilmu 4. Belajar terkendalah masalah ekonomi, jarak, ruang dan waktu 5. Perlu sarana dan prasarana belajar yang memadai serta sdm pengajar yang memahami benar setiap ilmu yang diajarkan.
Pembelajaran e-Learning 1. Pembelajaran tidak tergantung kepada pengajar 2. Sumber belajar banyak tersedia dan mudah diakses 3. Pengajar hanya sebagai mediator atau pembimbing 4. Belajar dapat dilakukan kapan dan dimanapun tanpa terkendala ruang dan waktu 5. Perlu kesiapan kebijakan, infrastruktur dan sdm pengguna IT.
Konsep e-Leraning Upaya pendistribusian materi pembelajaran melalui media elektronik atau internet sehingga anak didik dapat mengaksesnya kapan saja dari seluruh penjuru dunia. Ciri pembelajaran dengan e-learning terciptanya lingkungan belajar yang flexible dan distributed.
Merancang e-learning mempertimbangkan 2 hal Peserta didik Target hasil pembelajaran
Peserta didik Harapan dan tujuan Kecepatan akses internet Biaya untuk akses internat Latar belakang pengetahuan Kesiapan mengikuti pembelajaran
Target hasil pembelajaran Pemahaman atas hasil pembelajaran Kerangka penilaian hasil belajar Pengetahuan awal
Bentuk e-Learning Syncronous Asyncronous Blended Learning
Syncronous siswa dan pengajar harus berada didepan komputer secara bersama-sama, karena proses pembelajaran berlangsung secara live melalui video atau audio conference
Asyncronous Peserta didik dapat mendownload materi ajar atau rekaman pembelajaran melalui internet.
Blended Learning Menggabungkan semua bentuk pembelajaran Apakah itu on-line, live dan tatap muka langsung (konvensional)
Orang yang terlibat pada pembuatan e-Learning Subject Matter Expert (SME) Nara sumber dari pelatihan yang disampaikan Instructional Designer (ID) Bertugas untuk secara sistematis mendesain materi dari SME menjadi materi e-Learning dengan memasukkan unsur metode pengajaran agar materi menjadi lebih interaktif, lebih mudah dan lebih menarik untuk dipelajari Graphic Designer (GD) Pengubah materi text menjadi bentuk grafis dengan gambar, warna, dan layout yang enak dipandang, efektif dan menarik untuk dipelajari Ahli bidang Learning Management System (LMS). Mengelola sistem di website yang mengatur lalu lintas interaksi antara instruktur dengan siswa, antarsiswa dengan siswa lainnya.