PENGEMBANGAN DAN RANCANG BANGUN SPK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Advertisements

Analisa Perancangan Sistem
Sistem Pengambil Keputusan
SISTEM OPERASI.
Sistem Komputer Hardware Software 1. Operating System
Pertemuan Keempatbelas Dukungan Implementasi
PENGEMBANGAN SPK OLEH Arfansyah, M.Kom
ARSITEKTUR SISTEM PAKAR
Sistem Pendukung Keputusan
PERTEMUAN 2 Pengenalan SO Pengenalan Bahasa Pemograman Meta Meysawati.
PENGEMBANGAN SPK OLEH Arfansyah, M.Kom
Pada akhir pertemuan ini :
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
a. SPK Berorientasi-Teks
KONSEP PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LANJUTAN)
Perangkat Lunak Software. Perangkat Lunak merupakan sekumpulan aturan yang digunakan untuk menjalankan perangkat keras terdiri dari kumpulan istruksi.
KOMPONEN SPK.
SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN (Decision Support System)
L O G O One_HSPK Wanhendra.M,S.kom. One_HSPK Apakah SPK Efektivitas dan Produktifitas 2 Sistem Interaktif 3 Decision Marker 4.
Sistem Pendukung Keputusan Manajemen
MANAJEMEN SISTEM INFORMASI KOMPUTER (BAG 6)
Inayatullah.
DECISION SUPPORT SYSTEM
OLEH : 1. Fila Harmuningtyas Norman Siti Nawang Wulandari Teguh Arifianto
Kelompok 4 Agusta Sigit Dewantoro Almizan Dio Restu Saputra
Sistem Penunjang Keputusan
Spesifikasi Perangkat Lunak
KOMPONEN SPK.
ARSITEKTUR SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ORGANISASI (ODSS)
Sistem Pendukung Keputusan
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN (Decision Support System)
Sistem Pendukung Keputusan
Pengenalan Sistem Operasi
DESAIN SISTEM Muhammad Taqiyyuddin Alawiy, ST., MT TEKNIK ELEKTRO
KONSEP DESAIN SOFTWARE DATABASE
PENGENALAN SOFTWARE BAHASA PEMROGRAMAN Bahasa Tingkat Tinggi
ARSITEKTUR DAN PEMODELAN APLIKASI
Sistem Penunjang Keputusan
Sistem Informasi Psikologi
PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
Analisis Kebutuhan.
Desain Sistem.
3 Sistem Penunjang Keputusan (Decission Support System) 2 SKS
Elemen Dasar Komputer BAB 3.
10 Perancangan Arsitektural
SISTEM INFORMASI DAN CBIS
PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
3 Pengembangan Sistem Penunjang Keputusan (Decission Support System)
ARSITEKTUR SISTEM PAKAR
SISTEM OPERASI - CHAPTER 1 SISTEM KOMPUTER
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
Pengujian, Pengimplementasian dan Pemeliharaan
GDSS.
4 Sistem Penunjang Keputusan (Decission Support System) 2 SKS
BAB 1 KONSEP DASAR SISTEM
SISTEM KOMPUTER Oleh : Bambang Sriwijaya.
Sistem Komputer Hardware Software 1. Operating System
Pengantar Teknologi Informasi
DECISION SUPPORT SYSTEM
Sistem Pendukung Keputusan Manajemen
PENGENALAN SOFTWARE BAHASA PEMROGRAMAN Bahasa Tingkat Tinggi
Perangkat Lunak (Software)
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
PENGENALAN SOFTWARE BAHASA PEMROGRAMAN Bahasa Tingkat Tinggi
Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Sri Kusumadewi. Materi Kuliah [3,4]: (Sistem Pendukung Keputusan)
MODEL MANAGEMENT SUBSYSTEM
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
Transcript presentasi:

PENGEMBANGAN DAN RANCANG BANGUN SPK

TINGKAT TEKNOLOGI SPK Pembangunan SPK mencakup 3 tingkat perangkat keras/lunak. Perangkat² tersebut digunakan berdasarkan perbedaan kemampuan teknik, dan perbedaan tugas yang akan dikerjakan.

Aplikasi-Aplikasi SPK Khusus TINGKAT TEKNOLOGI SPK Aplikasi-Aplikasi SPK Khusus Pembangkit SPK Peralatan SPK

SPK KHUSUS (Specific DSS) Adalah SPK yang siap digunakan secara langsung untuk menyelesaikan pekerjaan SPK khusus adalah perangkat keras/lunak yang memungkinkan pembuat keputusan menyelesaikan sekumpulan masalah yang saling berhubungan Contoh : Sales & Marketing DSS, DecisionPro

Pembangkit SPK (DSS Generator) Adalah suatu paket perangkat keras dan perangkat lunak yang mempunyai kemampuan untuk mengembangkan SPK khusus secara cepat dan mudah DSS generator meliputi fasilitas penyiapan laporan, bahasa simulasi, tampilan grafik dsb. Contoh : Microsoft Excell, Microsoft Project

Peralatan SPK (DSS Tools) Adalah tingkatan teknologi yang paling mendasar dalam pengembangan SPK. Merupakan elemen² perangkat keras dan lunak yang digunakan untuk mengembangkan Specific DSS maupun DSS Generator. Contoh: bahasa² pemrograman (BASIC, FORTRAN, DBASE, C, PASCAL, dsb.)

Pihak-Pihak yang Berperan dalam Pengembangan SPK Manager (User) Intermediary (Penghubung) DSS Builder (Pembangun SPK) Technical Supporter (Pendukung Teknis) Toolsmith (Pengembang software/hardware) Pembangkit SPK Peralatan SPK

Pihak-Pihak yang Berperan dalam Pengembangan SPK Manajer atau Pemakai, yaitu pihak yg terlibat langsung dengan proses pengambilan keputusan, mengambil tindakan dan bertanggung jawab terhadap hasil tindakannya Penghubung, yaitu pihak yang membantu pemakai. Cth : asisten yang bertugas menjalankan terminal. Pembangun SPK atau Fasilitator, yaitu pihak yang mengembangkan SPK khusus dari Pembangkit SPK Pendukung Teknik, yaitu pihak yang mengembangkan tambahan kemampuan atau komponen sistem informasi yg dibutuhkan dalam pengembangan SPK. Pengembang Peralatan, yaitu pihak yang mengembangkan teknologi baru yang meningkatkan efisiensi hubungan antar subsistem dalam SPK.

Pengembangan SPK 3 jenis pendekatan dalam pengembangan SPK : Analisis Sistem Dalam SPK, analisis harus terbebas dari proses yang terdefinisi (cth:diagram alir). Salah satu pendekatan proses bebas: ROMC yang didasarkan pada representasi pengambil keputusan dalam membuat konsep masalah, operasi terhadap representasi, bantuan memori, dan mekanisme kontrol. Perancangan Iteratif Rancangan SPK harus memungkinkan untuk diubah secara cepat dan mudah sehingga diperlukan perancangan secara iteratif. Sistem Adaptif Dalam pengertian lebih luas, SPK adalah sistem adaptif yang terdiri dari 3 tingkatan teknologi, dioperasikan oleh semua peran, dengan teknologi yang disesuaikan dengan perubahan waktu.

ARSITEKTUR SPK Fungsi-fungsi yang diperlukan oleh setiap SPK adalah dialog, database, dan pemodelan. Demi penyederhanaan proses pengembangan, pemeliharaan, dan pemakaian ulang perangkat lunak, maka perlu diadakan pemisahan antara ketiga fungsi tersebut.

ARSITEKTUR SPK Jenis-jenis arsitektur yang dapat digunakan pada SPK: Arsitektur Jaringan (network) Arsitektur Jembatan (bridge) Arsitektur Berlapis (sandwich) Arsitektur Menara (tower)

Arsitektur Jaringan CIM : Component Interface Manager DC DCI MC MCI DBC CIM CIM : Component Interface Manager DC: Dialog Component DCI : Dialog Component Interface MC : Modelling Component MCI : Modelling Component Interface DBC : Data Base Component

Arsitektur Jembatan BC DCl : Local Dialog Component MCl DCl DBCl DCl : Local Dialog Component MCl : Local Modelling Component DBCl : Local Database Component BC : Bridge Component MCS : Share Modelling Component Interface DBCS : Share Database Component DCl BC MCS DBCS MCS DBCS MCS

Arsitektur Berlapis (Sandwich) Dialog Component MC : Modelling Component MCA MCB MCC Data Base Component

Dialog Output/Input Construction Arsitektur Menara Device Device Device Dialog Device Driver Dialog Component Modelling Component Data Base Component Dialog Output/Input Construction MCA MCB MCC DSS Data Base Extraction System Source Data Base Source Data Base