Area Kerja Macromedia Flash 8

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Advertisements

Dasar Penggunaan Flash Macromedia
Pertemuan 4 Pengolahan teks.
Perkenalan lingkungan kerja dan tools-tools
Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1)
Menggambar dengan Macromedia Flash
Penuntun Kelas VIII Semester 2
Membuat Template Web Website yang baik adalah website yang konsisten. Konsisten di sini berarti memiliki bentuk, layout dan navigasi yang sama antar satu.
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI1DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS © 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan.
Pengenalan Program Macromedia Flash
Variasi Animasi dalam Flash
Aplikasi PHOTOSHOP CS series pemula dasar
Pengenalan Action di dalam Movie Flash
Interaktive Presentation Berbasis Windows Kelompok 6 : Yani Dyah Rachmadyanti Chanya Paripurastu Sasongko Fiska Nurzahra.
MACROMEDIA FLASH. Pertemuan III Symbol / Library Symbol : Graphic Lesson 3 : Symbol Symbol : Movie Clip.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
Pengenalan FLASH Dr. Lily Wulandari.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
Langkah membuat gerak planet
PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID MOH. FURQAN, S. Kom.
IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI
Macromedia Flash.
PENGENALAN PEMROGRAMAN APLIKASI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Pertemuan 1 D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo.
MENGENAL MICROSOFT EXCEL
Pertemuan 6 Alat Bantu Authoring Multimedia
Sekilas Impress Open Office.org.
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER. – BPM Pustekkom – Next.
Animasi Banner dengan Flash
Animasi Banner dengan Flash
Nisn.data.kemdiknas.go.id 25/10/2017.
MODUL DASAR ( MODUL 2 ) PERTEMUAN 7.
BAB 5 MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH DATA
microsoft 2007 TUGAS TIK BAB 5 MAIRANI PUTRI
Macromedia Dreamweaver
VB 2010 Pertemuan 9.
OLEH : ARIESKO GUNANDA RANGKUTI
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
Macromedia Flash.
APLIKASI INTERAKTIF BELAJAR BERHITUNG UNTUK KELAS 1 SD Nyoman Yosafat Sunia, for further detail, please visit
TOT FASILITATOR By N a h d i.
Area Kerja Dreamweaver
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
BAB 5 MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL 2009
Frame by frame Buat objek lingkaran dengan menggunakan oval tool (warna garis hitam dan warna dalam merah)
Macromedia Flash.
OLEH : FERIZKI TRI DARMA
3. Kegiatan Belajar 3: Teknik Animasi Tweening
Animasi Tweening.
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
4. Kegiatan Belajar 4: Teknik Animasi Motion Guide
Membuat Slide Presentasi Sederhana Menggunakan Adobe Flash CS 6
Created by Nofril Zendriadi
Mengolah Objek Pertemuan 3 Oleh : Sri Herawati, S.Kom
Multimedia Matematika – Pertemuan 1
Motion Guide Ambil gambar (kupu-kupu) dengan klik kiri File > Import > Import to Library.
Membuat Tabel di Microsoft Word
Animasi Banner dengan Flash
MENGENAL MACROMEDIA/ADOBE FLASH
BAB 1 dan 2 Perangkat Pengolah Kata dan bekerja dengan ms word
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Macromedia Flash.
Pemrograman GUI dengan Java
Symbol (Movie clip, Button, Graphic)
PENGENALAN ADOBE FLASH Adobe Flash CS3 (dahulu bernama macromedia flash) adalah hasil akuisi dilakukan oleh Adobe yang salah satu perangkat lunak komputer.
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Animasi Flash.
Pembuatan Obyek Pada Aplikasi Animasi 2 dimensi. Tujuan Pembelajaran. Setelah mengikuti kegiatan belajar ini diharapkan peserta didik dapat: Memahami.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Relaksasi Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Transcript presentasi:

Area Kerja Macromedia Flash 8 Andi Nurhikma MaulianA Femmy Angreany XII IPA 2

Macromedia Flash Pro 8 Pada bab ini akan melihat secara sekilas area kerja Macromedia Flash Pro 8 yang akan digunakan dalam pembuatan animasi pada bab-bab selanjutnya. Sebelumnya akan dibahas terlebih dahulu komponen-komponen utama dalam area kerja Macromedia Flash Pro 8 .

Tampilan area kerja Macromedia Flash Pro 8

Bagian-bagian penting dalam area kerja di diantaranya: Menu, Toolbox, Timeline, Stage dan Panel. Menu pada Macromedia Flash Pro 8 terdiri dari: File, Edit, View, Insert, Modify, Text Commands, Control, Window dan Help

Contoh menu dan submenu Macromedia Flash Pro 8

Komponen Toolbox Beserta Fungsinya Gambar tool Nama tool Fungsi Shortcut Selection Tool Memilih dan memindahkan objek V Subselection Tool Mengubah bentuk objek dengan edit points A Free Transform Mengubah atau memutar bentuk objek sesuai keinginan Q Gradient Transform Tool Mengubah warna gradasi F Line Tool Membuat garis N

Menyeleksi bagian objek yang akan diedit Lasso Tool Menyeleksi bagian objek yang akan diedit L Pen Tool Membuat bentuk objek secara bebas berupa dengan titik-titik sebagai penghubung P Text Tool Membuat teks (kata atau kalimat) T Oval Tool Membuat objek elips atau lingkaran O Ractangle Tool Membuat objek berbentuk segi empat atau segi banyak R

Pencil Tool Menggambar objek secara bebas Y Brush Tool Menggambar objek secara bebas dengan ukuran ketebalan dan bentuk yang sudah disediakan B Ink Bottle Tool Memberi warna garis tepi (outline) S

Paint Bucket Tool Memberi warna pada objek secara bebas K Eyedropper Tool Mengambil contoh warna I Eraser Tool Menghapus objek E

Memberi warna pada pada objek Stroke Color Memberi warna pada garis tepi - Fill Color Memberi warna pada pada objek

Layer dan Frame pada Timeline Timeline atau garis waktu merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur atau mengontrol jalannya animasi. Timeline terdiri dari beberapa layer. Layer digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain. Setiap layer terdiri dari frame-frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi. Semakin panjang frame dalam layer, maka semakin lama animasi akan berjalan.  

Tampilan Layer dan Frame Pada Timeline

Stage disebut juga layar atau panggung Stage disebut juga layar atau panggung. Stage digunakan untuk memainkan objek-objek yang akan diberi animasi. Dalam stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi warna dan lain-lain.

Panel Beberapa panel penting dalam Macromedia Flash Pro 8 diantaranya : Panel Properties & Filters & Parameters, Actions, Library, Color Align & Info & Transform. Panel ini terdapat di bawah stage. Untuk mengeluarkan atau menyembunyikan panel ini dapat digunakan shortcut Ctrl+F3. Panel Properties & Filters & Parameters digunakan untuk untuk mengatur ukuran background, warna background, kecepatan animasi dan lain-lain.

Panel Properties & Filters & Parameters Panel ini terdapat di bawah stage. Untuk mengeluarkan atau menyembunyikan panel ini dapat digunakan shortcut Ctrl+F3. Panel Properties & Filters & Parameters digunakan untuk untuk mengatur ukuran background, warna background, kecepatan animasi dan lain-lain.

Tampilan Panel Properties & Filters & Parameters

Panel Actions Panel Actions digunakan untuk menuliskan script atau bahasa pemrograman flash (ActionScript). Anda dapat mengetikkan secara langsung pada layar Actions atau menggunakan bantuan yang disediakan oleh Macromedia Flash Pro 8. Untuk memunculkan atau menyembunyikan panel ini dapat digunakan shortcut F9.

Tampilan Panel Actions

Panel Library Library merupakan panel yang digunakan untuk menyimpan objek-objek berupa graphic atau gambar, button atau tombol, movie dan suara baik yang dibuat langsung pada stage ataupun hasil proses impor dari luar stage. Untuk memunculkan atau menyembunyikan panel ini dapat digunakan shortcut Ctrl+L.

Tampilan Panel Library

Panel Color Panel Color merupakan panel yang digunakan untuk memilih warna yang digunakan dalam pembuatan objek-objek pada stage. Ada dua jenis subpanel, yaitu: Color Mixer dan Swatches. Shortcut untuk Color Mixer adalah Shift+F9 dan shortcut untuk Color Swatches adalah Ctrl+F9.

Tampilan Panel Color

Panel Align & Info & Transform Untuk menampilkan panel ini Anda dapat menekan Ctrl+K pada keyboard. Panel ini digunakan untuk mengatur posisi objek, ingin diletakkan pada tengah stage, sebelah kiri atau kanan dan lain-lain. Dengan panel ini Anda juga dapat memutar objek dengan Transform.

Tampilan Panel Align & Info & Transform