SENI ABAD 20 KONSTRUKTIVISME , DE STIJL Pertemuan 7

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGERTIAN SENI. Adaptif Seni merupakan salah satu pemanfaatan budi dan akal untuk menghasilkan karya yang dapat menyentuh jiwa spiritual manusia.
Advertisements

Floor Plan Pertemuan Matakuliah: DESAIN INTERIOR III Tahun: 2009/2010.
The Principles of Landscape Design
SENI ABAD 20 FAUVISME , EKSPRESIONISME Pertemuan 5
istilah ini berupa gabungan “Bauen” (to build) dan “Haus” (house)
SEJARAH SENI RUPA TOPIK 8 SENI RUPA MODERN SUREALISME, EKLEKTISISME, POP ART, OPTIC ART, POSMO ART, ENVIRONTMENT ART, INSTALATION ART TUJUAN INSTRUKSIONAL.
Mata Pelajaran:Seni Budaya
SENI BUDAYA IX BAB II BERKARYA SENI RUPA.
PENGERTIAN SENI RUPA CABANG-CABANG SENI RUPA
Matakuliah : U0032 | SEJARAH SENI RUPA DAN
Evaluasi Materi Sejarah & Perkembangan Seni Rupa Pertemuan 13
Perkembangan Arsitektur Abad XIX -- XX Pertemuan 7 Gb.1/6 : Judul
Seni Realisme, Impresionisme dan Pasca-Impresionisme Pertemuan 12
Periode Awal Arsitektur Modern Pertemuan 4
PEERKEMBANGAN ARSITEKTUR MODERNISME PERTENGAHAN Pertemuan 5
PERIODE ABAD 20 : AWAL MODERN Pertemuan 10
Seni Rococo, Neoklasisme & Romantisisme>> Pertemuan 11
Seni Barok Pertemuan 10 Matakuliah : Sejarah Seni Rupa 1>>
SENI ABAD 20 KUBISME , FUTURISME Pertemuan 6
RAGAM SENI RUPA MURNI NUSANTARA
Unsur dasar senirupa Pertemuan ke 2.
Keseimbangan, Penekanan, Kesatuan
1 20 th Century Modern Design Pertemuan 2 Matakuliah: U0052/Sejarah DKV II Tahun: 2006.
TINJAUAN DESKOMVIS TOPIK 11 MODEL TINJAUAN SIMIOTIKA
Metode perancangan, menurut : Chernikov Pertemuan 7 Matakuliah: R0422 / Metode Perancangan Arsitektur Tahun: 2007.
Perkembangan Desain Modern
TATA RUANG DALAM MODUL PRAKTIKUM.
Sejarah layout Desain dan layout yang kita lihat dimasa kini sebenarnya Adalah hasil perjalanan dari proses eksplorasi kreatif manusia yang tiada henti.
Matakuliah : U0072|Sejarah Seni Rupa Barat Tahun : 2005 Versi : 1
Sejarah layout Desain dan layout yang kita lihat dimasa kini sebenarnya Adalah hasil perjalanan dari proses eksplorasi kreatif manusia yang tiada henti.
Perkembangan desain grafis sejalan dengan berkembangnya tulisan.
Dimulai di Berlin sebagai pusat komersial.
Kebudayaan Bali Baru (Seniman Pendatang) Pertemuan 4
Unsur dasar senirupa Pertemuan ke 2.
PERKEMBANGAN DKV Pertemuan ke-3.
STRUKTUR KARYA DESAIN INTERIOR
Kebudayaan Abad XX Pertemuan 13
YUNANI KLASIK Kelompok 1.
FENOMENA MENJELANG MODERNISME DESAIN 1.Ekspresionisme
Peradaban Yunani Klasik
TINJAUAN DESAIN Oleh: Olih solihat Karso ISI Denpasar.
De Stijl (1917) Muncul di Belanda. Gerakan ini bertujuan memunculkan kaidah estetika bercitra baru pada kehidupan modern. Pencetus: Theo van Doesburg,
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
GAYA DESAIN by DANIAR WIKAN
GAYA DESAIN Pertemuan ke-4.
Floor Plan Pertemuan Matakuliah : W Desain Interior 1
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
PERIODE ABAD 19 : ARTS & CRAFTS Pertemuan 8
Pertemuan 9 Seni Baroque dan Rococo
PERIODE ABAD 20 : MODERN Pertemuan 11
IMPRESIONISME Pertemuan 3
PRA SEJARAH ANALISA KARYA masa PRA SEJARAH Pertemuan 1
ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
PRINSIP-PRINSIP KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
Bauhaus berasal dari kata Bauen (to build / mengembangkan atau membangun) dan Haus (rumah). Didirikan pada tahun 1919 di Weimar, Jerman oleh Walter Gropus,
Seni Rupa Abad XIX Pertemuan 10
DISTRIBUSI KULIAH ARSITEKTUR DUNIA 2
Seni rupa 2 dimensi.
ALIRAN SENI RUPA.
Sejarah & Teori Arsitektur ARSITEKTUR BRUTALISM
Nama Kelompok : Glasgow School of Art di Inggris
Bauhaus & The New Typography Pertemuan 5
Theory of Contemporary Architecture
PERTEMUAN 3 Huddiansyah. S.Sn.,M.A.,M.Ds. PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
Teori tentang Desain Komunikasi Visual
Periode Awal Arsitektur Modern Pertemuan 4 Periode Awal Arsitektur Modern Pertemuan 4 Subang University 1 Matakuliah: AR ARSITEKTUR MODERN Tahun:
project perancangan Problem desain dipecahkan melalui peralatan
SINOPSIS VLADIMIR TATLIN TOKOH LAINNYA Kunci kata Kebenaran material
SENI BUDAYA IX BAB II BERKARYA SENI RUPA. Untuk menciptakan karya seni rupa perlu adanya gagasan / ide ekspresi pada seseorang yang terlibat dalam pembuatan.
Transcript presentasi:

SENI ABAD 20 KONSTRUKTIVISME , DE STIJL Pertemuan 7 Matakuliah : W0122 | SEJARAH SENI RUPA 2 Tahun : 2009/2010 SENI ABAD 20 KONSTRUKTIVISME , DE STIJL Pertemuan 7

KONSTRUKTIVISME | latar belakang Mendapat pengaruh kuat dari Kubisme, gaya ini muncul di Rusia dengan tokoh Kasimir Malevich. Konstruktivisme merupakan Kubisme geometris yang bertransformasi menjadi abstrak geometris secara mutlak. Eksplorasi gaya ini, dari yang semula memiliki komposisi statis yang bersifat 2 dimensional hingga komposisi berkembang menjadi lebih dinamis lalu mencapai komposisi datar dengan kesan ruang. Pada akhirnya lukisan-lukisannya menghadirkan hubungan ekspresif melalui komposisi yang cenderung diagonal. Kasimir Malevich |Suprematists Composition Black Trapezium & Red Square |1915 3

KONSTRUKTIVISME | karya Kasimir Malevich |Black Square|1929 Kasimir Malevich |Suprematists Composition White on White |1918 Bina Nusantara University 4

KONSTRUKTIVISME | karya Mayakovsky |Set Design for Misteria Bouffe |1919 Liubov Serveevna Popova |Painterly Architectonic |1917 Bina Nusantara University 5

KONSTRUKTIVISME | karya Rodchenko |Composition |1918 Naum Gabo |Head of A Woman |1917-20 Lissitzky |Proun 99 |1924-25 Bina Nusantara University 6

KONSTRUKTIVISME | karya Rodchenko |Hanging Construction |1920 Vladimir Tatlin |Monument to the 3rd International |1920 Bina Nusantara University 7

DE STIJL | pengertian ‘De Stijl’ mengandung makna ‘The Style’. De Stijl awalnya merupakan nama sebuah majalah seni di Belanda tahun 1917 yang beredar hingga 1928 Kelompok seniman yang mengelola majalah tersebut di antaranya adalah : Piet Mondrian, Theo van Doesburg dan Gerrit Rietveld. Piet Mondrian |Composition VII |913 8

DE STIJL | pengertian Mendapat pengaruh dari Kubisme, para seniman tersebut menginginkan pembaharuan yang memberikan ketegasan dan keteraturan. Konsep mereka adalah mengurangi bentuk-bentuk hanya menjadi garis-garis lurus vertikal dan horisontal dan mengurangi pemakaian warna dengan hanya warna primer (merah kuning biru), hitam dan putih, dan menuju pada abstraksi yang murni, sederhana. Tujuannya adalah keindahan universal yang memenuhi kebutuhan melalui produksi massal. Tujuan spiritualnya adalah perdamaian dunia. De Stijl lebih banyak mengembangkan desain grafis, arsitektur dan desain interior. Piet Mondrian |Composition with Red, Blue & Yellow |1921 9

DE STIJL | No. 1 No. 2 No. 3 No. 4 No. 5 Theo van Doesburg |Study for Composition (The Cow) |1917 No. 4 No. 5 10

DE STIJL | neo plastisisme Dalam perkembangan seni lukis, pada 1920 Mondrian mengembangkan konsep Neo Plastisisme, yang bermakna ‘aksi, gerak, bentuk baru’, yang dapat dicapai melalui : Keseimbangan gerak dinamis bentuk dan warna Kemurnian bentuk dan warna secara total Kelompok ini menolak garis-garis lengkung maupun diagonal. Piet Mondrian |Broadway Boogie Woogie |1942-43 11

DE STIJL | arsitektur & interior Gerrit Rietveld |Red Blue Chair |1918 Gerrit Rietveld |The Schroder House, Utrecht |1923-24 12

BAUHAUS | pengertian Istilah ‘Bauhaus’ mengandung makna ‘House of Structure’. Kelompok Bauhaus dipelopori oleh Walter Gropius. Pada 1919 berdirilah sekolah seni dan desain Bauhaus di Weimar, Jerman, yang berusaha memadukan antara arsitektur, seni, kriya dan desain dengan kebutuhan industri. Hingga kini kurikulum yang diciptakan Bauhaus masih diterapkan pada institusi-institusi pendidikan seni dan desain. ‘Form follow Function’ menjadi prinsip yang diterapkan. Bentuk-bentuk tegas dan sederhana dengan pertimbangan pada fungsi tampil dominan dalam desain Bauhaus. Material baru juga banyak dikembangkan di lembaga ini. Joost Schmidt |Poster for Bauhaus Exhibition at Weimar |1923 13

BAUHAUS | latar belakang Sekolah Bauhaus di Weimar beroperasi dari 1919-1925, setelah itu pindah ke Dessau, Jerman dari 1926-1931. Pindah lagi ke Berlin 1932-1933 dan akhirnya karena gejolak politik yang kuat, pindah ke Chicago, Amerika pada 1937-1938. Setelah itu kembali ke Dessau Walter Gropius |Bauhaus Workshop Wing, Dessau |1925-26 14

BAUHAUS | karya Le Corbusier |LC2 Petit Confort Armchair Le Corbusier |Villa Savoye, France |1928-30 Le Corbusier |Chaise Lounge 15

BAUHAUS | karya Frank Lloyd Wright Le Corbusier |Falling Water, Pennsylvania |1936 Le Corbusier |Barrel Chair 16

BAUHAUS | karya Mies van der Rohe |Barcelona Chair Mies van der Rohe |Barcelona Daybed 17

INTERNATIONAL STYLE | latar belakang Karena politik yang bergejolak, para tokoh Bauhaus banyak yang terpaksa harus pindah ke Amerika, diantaranya adalah: Mies van der Rohe, yang saat itu menjadi direktur Bauhaus. Gaya Bauhaus berkembang menjadi gaya International yang banyak menerapkan prinsip fungsionalisme. Pengaruh Kubisme tampak dalam repetisi-repetisi geometris, yang minimalis. Tampak ada usaha untuk menyatukan antara ruang luar dan dalam. Oleh karena itu desain harus memperhatikan situasi sekelilingnya. Penggunaan sekat yang berkurang memberikan kesan lebih luas pada ruang. Mies van der Rohe |Seagram Building, New York|1954-58 18