Permainan Metoda Grafik Pertemuan 11: Mata kuliah: K0194-Pemodelan Matematika Terapan Tahun: 2008.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TEORI PERMAINAN.
Advertisements

Tugas Kelompok 8 GAME THEORY
TEORI PERMAINAN Yogi Oktopianto, ST., MT.
MATEMATIKA TEKNIK I ZULFATRI AINI, ST., MT
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI KONFLIK
TEORI PERMAINAN BAB 8.
Review : Invers Matriks
TEORI PERMAINAN Misalkan : ada dua pihak atau lebih (orang/perusaha-
PERTEMUAN TEORI PERMAINAN
Game Theory Purdianta, ST., MT..
Integer Programming (IP) Pertemuan 19 :
Pengertian Teori permainan adalah suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi dan pertentangan (konfleks) antar berbagai kepen- tingan. Teori.
Penerapan Int.Programming (IP) dgn Program Komputer.. Pertemuan 21 :
1 Pertemuan 18 Matriks Matakuliah: T0016/Algoritma dan Pemrograman Tahun: 2005 Versi: versi 2.
Teori Permainan.
1 Session 4 Decision Making For Computer Operations Management (Linear Programming Method)
1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
MODEL ANTRIAN (Waiting Lines)
Bina Nusantara Analisis Jalur Kerja Proyek Pertemuan 9: Mata kuliah: K0194-Pemodelan Matematika Terapan Tahun: 2008.
Penerapan Int.Programming (IP) Pertemuan 20 :
Pertemuan 07 Peluang Beberapa Sebaran Khusus Peubah Acak Kontinu
Bina Nusantara Mata Kuliah: K0194-Pemodelan Matematika Terapan Tahun : 2008 Aplikasi Model Markov Pertemuan 22:
Pengambilan Keputusan dalam Kondisi Konflik
DETERMINAN DARI MATRIKS Pertemuan
1 Pertemuan 15 Game Playing Matakuliah: T0264/Intelijensia Semu Tahun: Juli 2006 Versi: 2/1.
Sebaran Peluang Kontinu (II) Pertemuan 8 Matakuliah: I0014 / Biostatistika Tahun: 2008.
1 Pertemuan 13 Pemilihan strategi sistem informasi yang mendukung perkembangan bisnis Matakuliah: H0472 / Konsep Sistem Informasi Tahun: 2006 Versi: 1.
Pertemuan 14 Algoritma Pergantian Page (lanjutan)
Suharmadi Sanjaya - Matematika ITS. BACKGROUND A Good course has a clear purpose: Applied Mathematics is alive and very vigorous Teaching of Apllied Mathematics.
STATIC GAME THEORY PENGANTAR TEORI GAME.  Games in the normal form- An application: “An Economic Theory of Democracy”  Carl Henrik Knutsen  5/
PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI KONFLIK
TEORI PERMAINAN.
Teori Permainan MODUL 14 Tujuan Instruksional Khusus :
Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global
GAME THEORY Modul 11. PENELITIAN OPERASIONAL Oleh : Eliyani
METODE STOKASTIK Minggu-6 dan 7
Lecture 8 : Pengambilan Keputusan dalam Kondisi Konflik (Game Theory)
Matakuliah : I0014 / Biostatistika Tahun : 2005 Versi : V1 / R1
Pertemuan 10 Teori Permainan
Teori Permainan Istilah “games” atau permainan berhubungan erat dengan kondisi pertentangan bisnis yang meliputi suatu periode tertentu.
TEORI PERMAINAN.
Modul VI. Teori Permainan Untuk Dasar Penentuan Strategi
TEORI PERMAINAN.
TEORI PERMAINAN Emmy Indrayani.
Teori Permainan (Game Theory)
TEORI PERMAINAN.
Teori Permainan (Game Theory) Pertemuan 10
Pengambilan Keputusan Dalam Kondisi Konflik
Parabola Parabola.
Teori Permainan (Game Theory) Pertemuan 9
Review Operasi Matriks
Pertemuan 1 Pengolahan vektor
Inferensi Dua Nilaitengah Ganda (V)
GAME THEORY.
TEKNIK RISET OPERASI MUH.AFDAN SYARUR CHAPTER.10
Analisis Ragam Peubah Ganda (MANOVA V)
Pertemuan Kesembilan Analisa Data
Review Aljabar Matrix (Lanjutan) Pertemuan 2
Pertemuan 13 Metode Transportasi
Pertemuan 3 Aljabar Matriks (II)
Pertemuan Kesepuluh Data Analysis
TEORI PERMAINAN.
TEORI PERMAINAN.
Game Theory (Pengambilan Keputusan dlm Suasana Konflik)
Analisis Korelasi dan Regresi Berganda Manajemen Informasi Kesehatan
Teori Permainan (Game Theory)
MODEL ANTRIAN (Waiting Lines)
Pengambilan Keputusan dalam Kondisi Konflik
Games Theory By Wasis A.Latief by Wasis A.Latief.
Operasi Matriks Dani Suandi, M.Si..
Transcript presentasi:

Permainan Metoda Grafik Pertemuan 11: Mata kuliah: K0194-Pemodelan Matematika Terapan Tahun: 2008

2 Learning Outcomes Mahasiswa akan dapat menyelesaikan masalah permainan dengan metoda grafik.

3 Outline Materi: Konsep Dasar permainan Penyelesaian dgnMetoda Grafik Contoh kasus..

4 Metoda Grafik Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mencari nilai permainan antara lain: –Metoda Grafik –Metoda Analitis –Metoda Aljabar Matriks –Metoda Linear Programming..

5 Aturan Permainan Semua permainan 2 x n (yaitu, pemain baris mempunyai dua strategi dan pemain kolom mempunyai n strategi) dan pemain m x 2 (yaitu pemain baris mempunyai m strategi dan pemain kolom mempunyai dua strategi) dapat diselesaikan secara grafik. Untuk dapat menyelesaikan permainan strategi campuran secara grafik, dimensi pertama matriks permainan harus 2.

6 Jika seorang pemain dapat memilih salah satu dari dua strategi yang mungkin,maka situasi keputusan dari pemain dapat di gambarkan dalam grafik, Misalnya sbb:

7 Penggambaran dapat dilakukan dengan memperhatikan cara penggambaran pada metoda linier programming metoda grafik. CONTOH.

8 Glossary Payoff/Reward Matrix Two Person Game Zero-sum Column domination Row domination Saddle/Equilibrium Point Strategies

9 Two-person zero-sum game with a saddle point Row Domination:(2) > (1)(3) > (1) Eliminate Row (1) Column Domination:A > C,B > C Eliminate Columns A, B Player #1 Player #2 Payoff Matrix to Player #1

10 Reduced Matrix The best strategy for player #1 is to choose 2. The best strategy for player #2 is to choose C This results in a saddle/equilibrium point which gives us these simple strategies for each player

11 Saddle Point The value shown is the smallest in its row - to player #2’s advantage - and the largest in its column - to player #1’s advantage.

12 Mixed Strategy Domination: Row-none Column -A < Beliminate B D > Celiminate D

13 Revised Matrix Domination Row (2) > (1)eliminate row (1) No further domination

14 Row strategies prob. p 1-p E A = 8p + (-5)(1 - p) = p E C = -1p + (6)(1 - p) = 6 - 7p

p = 6 - 7p 20p = 11 p = 11/20 = 0.55 V = (0.55) = 6 - 7(0.55) = 2.15 The best strategy for player #2 for a given p is to choose the green line. Knowing this, player #1 chooses the peek at p = 0.55

16 Column strategies prob. q 1 - q E 2 = 8q + (-1)(1 - q) = q E 3 = -5q + (6)(1 - q) = q

q = q 20q = 7 q = 7/20 = 0.35 V = (0.35) = (0.35) = 2.15 The best strategy for player #1 for a given q is to choose the green line. Knowing this, player #2 chooses the low point at q = 0.35

18 Further Considerations Linear programming Internet - JavaScript routine Non-zero sum games More than two players Conclusions: Player #1 : (1) 0% (2) 55% (3) 45% Player #2 : (A) 35% (B) 0% (C) 65% (D) 0% Value of the Game (to Player #1) : 2.15

19