Pertemuan 13 Dynamic Programming

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Program Dinamis (Dynamic Programming)
Advertisements

Design and Analysis of Algorithm Dynamic Programming
METODE PENCARIAN HEURISTIK
Program Dinamis (dynamic programming): metode pemecahan masalah dengan cara menguraikan solusi menjadi sekumpulan langkah (step) atau tahapan (stage)
Assalamualaikum wr.wb Tugas Uas Logika & Algoritma -Knapsack Problem
Pertemuan 4 Aplikasi Perhitungan Gaya Dengan Program Komputer
1 Pertemuan 5 STREAM INPUT/OUPUT Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Pertemuan 23 BRANCH AND BOUND (1)
Pertemuan 24 BRANCH AND BOUND (2)
1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
1 Pertemuan 9 DIVIDE And CONQUER Matakuliah: T0034/Perancangan & Analisis Algoritma Tahun: 2005 Versi: R1/0.
Pertemuan 16 DYNAMIC PROGRAMMING : TRAVELING SALESMAN PROBLEM (TSP)
1 Pertemuan 24 Branch and Bound II Matakuliah: T0034/Analisis & Perancangan Algoritma Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Pertemuan 25 Network Flow
1 Pertemuan 11 METODA GREEDY Matakuliah: T0034/Perancangan & Analisis Algoritma Tahun: 2005 Versi: R1/0.
1 Pertemuan 23 Branch And Bound I (B – A – B) Matakuliah: T0034/Analisis & Perancangan Algoritma Tahun: 2005 Versi: 1/0.
1 Pertemuan 25 LC-Branch-And-Bound Matakuliah: T0034/Analisis & Perancangan Algoritma Tahun: 2005 Versi: 1/0.
1 Pertemuan 26 Penyederhanaan dan Transformasi Aljabar Matakuliah: T0034/Analisis & Perancangan Algoritma Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Pemrograman Komputer dalam analisa Struktur Baja
Pertemuan 22 BackTracking
1 Pertemuan 7 Klasifikasi dan Rekognisi Pola (1) Matakuliah: T0283 – Computer Vision Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
Pertemuan 5 Balok Keran dan Balok Konsol
Pertemuan 10 Sendi-Sendi Arsitektur Modern
1 Pertemuan 5 PPh PASAL 21 Matakuliah: A0572/ Perpajakan Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
Pertemuan 10 Gaya – gaya dalam
1 Pertemuan 8 SISTEM PENGENDALIAN INTERN Matakuliah: A0114/ Sistem Akuntansi Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
Matakuliah : R0022/Pengantar Arsitektur Tahun : Sept 2005 Versi : 1/1
1 Pertemuan > > Matakuliah: > Tahun: > Versi: >. 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : >
1 Pertemuan 9 Integral Matakuliah: R0262/Matematika Tahun: September 2005 Versi: 1/1.
1 Pertemuan 7 Diferensial Matakuliah: R0262/Matematika Tahun: September 2005 Versi: 1/1.
1 Pertemuan 19 Rendering perspektif mata burung Matakuliah: R0124 / Teknik Komunikasi Arsitektur Tahun: 2005 Versi: >/ >
Dynamic Programming Widodo. Pengantar  Dynamic Programming (DP) merupakan algoritma untuk memecahkan persoalan optimasi yaitu persoalan yang.
Matakuliah : K0074/Kalkulus III Tahun : 2005 Versi : 1/0
Pertemuan 25 MERANCANG ALGORITMA DENGAN KOMPLEKSITAS TERTENTU
Design and Analysis Algorithm
Program Dinamis.
Dynamic Programming Program dinamik adalah salah satu teknik matematika yang digunakan untuk mengoptimalkan proses pengambilan keputusan secara bertahap.
Pertemuan 12 METODA GREEDY lanjutan….
ALGORITMA GREEDY, KRUSKAL, MINIMUM SPANNING TREE
Pertemuan 13 DYNAMIC PROGRAMMING : FIBONACCI SEQUENCE PROBLEM
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
Pertemuan 26 PRAKTEK ANALISIS ALGORITMA
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
Pertemuan 20 GRAPH COLORING
Metode pencarian dan pelacakan - Heuristik
Pertemuan 8 Review Berbagai Struktur Data Lanjutan …..
Pertemuan 16 Flow Shop Scheduling
Program Dinamis (Dynamic Programming)
Matematika Diskrit Semester Ganjil TA Short Path.
Pertemuan 10 ANALISA GAYA PADA KERANGKA BATANG
KRITERIA DESAIN, STANDAR DESAIN, DAN METODE ANALISIS PERTEMUAN 6
Matakuliah : K0074/Kalkulus III Tahun : 2005 Versi : 1/0
Program Dinamis (Dynamic Programming)
Pertemuan 14 The Traveling Sales Person Problem
Pertemuan 18 Optimalisasi Kode dan Mewarnai Graph I
Program Dinamis (Dynamic Programming)
Pertemuan 16 SISTEM AKUNTANSI UTANG
Program Dinamis (Dynamic Programming)
Pertemuan 17 Lintasan Terpendek
Pertemuan 13 Metode Transportasi
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
Pertemuan 3 Diferensial
ALGORITMA GREEDY : MINIMUM SPANNING TREE
Tugas UAS Logika & Algoritma Knapsack Problem Metode Greedy
TUGAS UAS LOGIKA & ALGORITMA * KNAPSACK PROBLEM *METODE GREEDY
Tahun : <<2005>> Versi : <<1/2>>
Prategang Pada Struktur Statis Tak Tentu Pertemuan 13
Program Dinamis (Dynamic Programming)
Program Dinamis (Dynamic Programming)
Pertemuan #13 Metoda Cholesky
Transcript presentasi:

Pertemuan 13 Dynamic Programming Matakuliah : T0034/Perancangan & Analisis Algoritma Tahun : 2005 Versi : R1/0 Pertemuan 13 Dynamic Programming

<< TIK-99 >> << TIK-99>> Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : << TIK-99 >> << TIK-99>>

Outline Materi Materi 1 Materi 2 Materi 3 Materi 4 Materi 5

Dynamic Programming 7.1. Pendahuluan Pemrograman dinamis (Dynamic Programming) digunakan jika solusi dari suatu problema dapat dipandang sebagai deretan dari beberapa keputusan. Ada set dari keputusan-keputusan (solusi) dari set solusi ini akan di cari solusi optimal dengan prinsip optimalitas.

Dynamic Programming Perbedaan dengan metode Greedy, ialah keputusan yang diambil dengan metoda Greedy adalah keputusan optimal saat itu atau local optimality, dan selalu tunduk pada suatu aturan awal yang ditetapkan sebelumnya, yaitu jika aturan awalnya, memilih secara tidak naik, harus terus menerus secara tidak naik, dan jika secara tidak turun, maka harus memilih terus menerus secara tidak turun. Dengan demikian hasil akhir metoda Greedy kadang-kadang tidak mencapai nilai optimal.

Contoh aplikasi antara lain pada : Dynamic Programming Contoh aplikasi antara lain pada : Knapsack problem Problema lintasan terpendek The traveling sales person problem Flow shop scheduling

Dynamic Programming 7.2.Problema Multistage Graph Multistate Graph Problem adalah mencari lintasan dari Vi ke Vi+1 (dari S ke t) yang mempunyai nilai optimal. Ada beberapa prosedur yang dipakai antara lain: Prosedure forword; mencari dari awal ke akhir Prosedure backword; mencari secara mundur Berikan contoh, untuk mencari lintasan terpendek dengan kedua prosedur diatas.

Dynamic Programming Perbedaan dengan metode Greedy, ialah keputusan yang diambil dengan metoda Greedy adalah keputusan optimal saat itu atau local optimality, dan selalu tunduk pada suatu aturan awal yang ditetapkan sebelumnya, yaitu jika aturan awalnya, memilih secara tidak naik, harus terus menerus secara tidak naik, dan jika secara tidak turun, maka harus memilih terus menerus secara tidak turun. Dengan demikian hasil akhir metoda Greedy kadang-kadang tidak mencapai nilai optimal.

Dynamic Programming 7.3 contoh Multistage Graph Suatu multistage graph G= {V,E} adalah suatu diagraph yang dibagi atas k  2 stage, yang saling disjoint, yaitu stage Vi, 1  i  k. Misalkan S  V1 sebagai start stage dan t  Vn sebagai terminal stage. Problemnya multi stage graph adalah mencari lintasan terpendek (cost minimum) dari s ke t.

Dynamic Programming Contoh : lihat gambar 5.1, hal 203 pada buku : Fundamentals of Computer Algorithma by Ellis Horrowitz dan Sartaj Sahni Ada dua cara (metoda) yang dapat di-gunakan untuk mencari cost minimum dari s ke t Metoda langkah maju (Forward approach) Metoda ini memulai pada stage (k-2) menuju stage t, dengan formula

Dynamic Programming i  Vi+1 <i , j>  E dengan i = stage j = node pada stage Vi Dengan mulai pada stage (k-2), maka contoh pada gambar 5-1, tersebut diatas dapat diselesaikan sebagai berikut :

Dynamic Programming Dstnya. Dengan demikian, cost minimum dari stage s ke stage t adalah 16. Untuk mencari lintasan (simpul-simpul) yang dilalui : Misalkan D (i,j) menyatakan simpul yang dituju memberi nilai :

Dynamic Programming Sehingga didapat : Jadi simpul-simpul yang dilalui : Maka :

Dynamic Programming 2. Metoda Langkah Mundur (Backward) Metoda ini memulai dari stage 3, dengan rumus : Sehingga problema seperti pada gambar 5-1 tersebut di atas dapat diselesaikan sebagai berikut : Jadi Cost minimum dari stage s ke stage t adalah 16.

<< CLOSING>>