Pertemuan Pengembangan Algoritma

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DASAR-DASAR ALGORITMA
Advertisements

Pemrograman Dasar Pengantar Algoritma - 2 PTIIK - UB.
TEORI ALGORITMA.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Tipe data dan algoritma dasar
MATERI 8 CHOICE / PILIHAN.
Algoritma dan Struktur Data
Pseudocode Dengan Modularisasi
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
(Lanjutan Tugas Pertemuan ke 1)
Identitas dosen Suherman, ST Address: Cilegon Mobile : Ym: leeput Blog:
Oleh Nila Feby Puspitasari
Contoh soal penyegaran
Notasi Algoritma.
Metode Perancangan Program
Dasar Pemrograman Komputer [TKL-4002 ] Pertemuan 01.
Metode Perancangan Program
REPETITION CONTROL STRUCTURES
Algoritma dan Pemrograman
Kasus Buat algoritma untuk menghitung total pembayaran dari proses pembelian.
1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Pertemuan 9 Strukturisasi Control Flow pada Bahasa rakitan 8088
1 Pertemuan 9 DIVIDE And CONQUER Matakuliah: T0034/Perancangan & Analisis Algoritma Tahun: 2005 Versi: R1/0.
Metode Perancangan Program
Latihan Pertemuan Operasi Store - Compute
Metode Perancangan Program
MERANCANG PROGRAM DAN PSEUDOCODE 1 Metode Perancang Program.
Algoritma Pseudocode TEE 2103 Algoritma dan Pemrograman
Materi Kuliah 1. Pertemuan ke : 1 Pengenalan Komputer dan Pemrograman
Materi 9 LOGIKA & ALGORITMA.
DASAR PEMROGRAMAN & ALGORITMA
Pertemuan 2.
Prodi S1-Sistem Komputer, F Teknik Elektro
Penulisan Algoritma dan Flowchart
Algoritma Pemrograman I
{Pertemuan 5 Struktur Kondisi IF - lanjutan}
DASAR-DASAR ALGORITMA
SUBALGORITMA.
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER DAN Algoritma
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Metode Perancang Program
MODUL 3 PSEUDOCODE.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Metode Perancangan Program
Algoritma Pemrograman
penyusunan algoritma (flowchart)
Matakuliah : Algoritma & Struktur Data Versi Materi
Materi 10 LOGIKA & ALGORITMA.
PROG.STUDI PEND.FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Metode Perancangan Program
Algoritma dan Pemrograman Pertemuan 1
Pertemuan Operasi Store - Compute
Pertemuan 6 KONVERSI NFA MENJADI DFA Lanjutan..
Algoritma & Pemrograman 1
Algoritma dan Pemrograman STRUKTUR PEMILIHAN (SELECTION) lanjutan
minggu ke-3 Imam Fahrur Rozi
Metode Perancangan Program
Struktur Dasar Algoritma dan Runtunan
Algoritma & Pemrograman 1
minggu ke-2 Imam Fahrur Rozi
Seleksi.
Pertemuan 2 Rismayuni.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Latihan Pertemuan Pengembangan Algoritma
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
PERTEMUAN 4 DAN 5 DASAR-DASAR ALGORITMA
LOGIKA & ALGORITMA KONSEP ALGORITMA & FLOWCHART M. Febriansyah, ST., MT.
Chapter 5 : Perulangan (Repeatition)
Chapter 5-3 : Perulangan (Repeatition)
Konsep Algoritma Pemrograman
Transcript presentasi:

Pertemuan 05-06 Pengembangan Algoritma Matakuliah : T0616 / Algoritma dan Pemrograman Tahun : 2007 Versi : 1/0 Pertemuan 05-06 Pengembangan Algoritma

Mengembangkan algoritma untuk memecahkan masalah (C2) Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mengembangkan algoritma untuk memecahkan masalah (C2)

Pengembangan Algoritma Definisi Masalah Merancang Solusi Algoritma Outline Materi Pengembangan Algoritma Definisi Masalah Merancang Solusi Algoritma Menguji Algoritma

Definisi Masalah Untuk memahami definisi suatu masalah, maka kita perlu berulang kali membaca permasalahan tersebut. Pembacaan ini dilakukan sampai mengerti secara penuh apa yang dibutuhkan. Untuk melakukan analisis awal, maka masalah perlu dibagi kedalam tiga komponen yaitu : Input : data yang disediakan untuk menyelesaikan masalah Output : data keluaran yang diperlukan Process : daftar aksi yang diperlukan untuk menghasilkan output

Merancang algoritma solusi Setelah melakukan definisi masalah, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana merancang algoritma solusi. Untuk merancang algoritma solusi digunakan pseudocode. Dari proses yang ada, maka akan diubah kedalam solusi algoritma, dengan menggunakan pseudocode

Contoh Sebuah program dibutuhkan untuk membaca dua bilangan, menghitung jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi. Hasil akhir perhitungan akan ditampilkan ke layar.

Contoh Definisi masalah Input Proses Output Bil_1 Bil_2 baca bil_1,bil_2 Hitung jumlah Hitung selisih Hitung kali Hitung bagi Cetak jumlah Cetak selisih Cetak kali Cetak bagi Jumlah Selisih Kali Bagi

Contoh Algoritma solusi: Program_Kalkulator baca bil_1, bil_2 BEGIN baca bil_1, bil_2 jumlah = bil_1 + bil_2 selisih = bil_1 – bil_2 kali = bil_1 * bil_2 bagi = bil_1 / bil_2 cetak jumlah, selisih, kali, bagi END

Cek algoritma solusi Setelah algoritma solusi dibuat, maka algoritma tersebut harus di-cek (diperiksa) untuk mengetahui apakah algoritma solusi yang dirancang sudah benar atau belum. Pengecekan ini biasanya disebut dengan desk checking

Cek algoritma solusi Ada 6 langkah mudah untuk melakukan pemeriksaan (checking) terhadap algoritma: Pilih data sederhana yang valid. Dua atau tiga data biasanya sudah mencukupi. Tentukan hasil output yang diharapkan untuk setiap set data. Buatlah tabel berisi nama variabel yang ada pada algoritma tersebut di sebuah kertas Jalankan test satu persatu mengikuti algoritma yang ada, mulai dari perintah / statement pertama sampai dengan selesai Ulangi langkah tersebut menggunakan set data yang lain. Cek apakah hasil dari langkah kelima, sesuai dengan hasil yang diharapkan di langkah kedua

Contoh Desk Checking: Data input: Data 1 Data 2 Bil_1 10 20 Bil_2 5

Contoh Desk Checking Hasil yang diharapkan: Data 1 Data 2 Jumlah 15 30 Selisih 5 10 Kali 50 200 Bagi 2

Contoh Tabel desk checking

Contoh Mengkonversikan derajat Celcius ke Reamur dan Fahrenheit. Yang dibaca adalah derajat Celcius. Data dibaca sebanyak 15 kali.

Contoh – Jawaban Definisi Masalah

Contoh – Jawaban Algoritma Solusi X = 0 DOWHILE X<15 X=X+1 Baca Celcius Reamur = 4/5 * Celcius Fahrenheit =9/5*Celcius + 32 Cetak celcius, reamur, fahrenheit ENDDO

Contoh – Jawaban Desk Checking Data Masukan Hasil yang diharapkan

Contoh – Jawaban Tabel Desk Checking

Algoritma menggunakan Selection Susunlah algoritma untuk membaca tiga karakter kemudian susunlah ketiga nilai karakter tersebut dengan urutan menaik (ascending) dan tampilkan ketiga karakter hasil sort tersebut

Jawaban Definisi Masalah

Jawaban Algoritma Solusi Baca_Tiga_Karakter baca Kar_1, Kar_2, Kar_3 If Kar_1 > Kar_2 THEN temp = Kar_1 Kar_1 = Kar_2 Kar_2 = temp ENDIF If Kar_2 > Kar_3 THEN temp = Kar_2 Kar_2 = Kar_3 Kar_3 = temp If Kar_1>Kar_2 THEN cetak Kar_1, Kar_2, Kar_3 END

Desk Checking Data Input :

Desk checking Hasil yang diharapkan

Desk Checking Tabel

Latihan Buatlah algoritma yang dapat menerima input dari user berupa harga barang dan kode barang. Program akan menghitung diskon yang didapat sesuai dengan kodenya. Kemudian tampilkan harga awal, besar diskon, dan harga yang harus dibayar. Adapun ketentuan adalah sbb:

Buatlah algoritma program tersebut dengan menggunakan pseudocode. Latihan Sebuah program dibutuhkan untuk membaca input berupa pajak (dalam persentase) dan harga lima buah barang. Program harus menghitung biaya yang diperlukan untuk membayar kelima barang tersebut bersama dengan pajaknya. Buatlah algoritma program tersebut dengan menggunakan pseudocode.

Latihan Buatlah algoritma yang dapat menerima input bilangan dari user, dan kemudian membuat tampilan sesuai dengan bilangan yang dimasukkan Contoh : Masukkan bilangan : 5 Bintang Anda : 1 12 123 1234 12345

Latihan Jelaskan algoritma berikut Lakukan desk checking untuk nilai bunga = 100, 200, 520 IF saldo < $300 THEN bunga = 0.05 ELSE bunga = 0.1 ENDIF

Latihan Jelaskan algoritma berikut Lakukan desk checking untuk nilai celcius = 37, 100, 120 dan -10, 20, 1000 X=0 REPEAT X=X+1 baca celcius reamur = 4/5*celcius fahrenheit=9/5*celcius + 32 cetak celcius, reamur, fahrenheit UNTIL x=3

Latihan Jelaskan algoritma berikut Lakukan desk checking untuk nilai Record_code = A A B C A B C C C D IF record_code=‘A’ THEN increment counter_A ELSE IF record_code=‘B’ THEN increment counter_B IF record_code=‘C’ THEN increment counter _C increment error_counter ENDIF