PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Pelatihan Sikda GENERIK
Instalasi dan pengenalan visual basic 6
Plugin GUI Builder berbasis XML Generator untuk Membuat Graphical User Interface Aplikasi Android pada Netbeans IDE 6.91 KoTA 105 Irwan Nugraha ( )
HTML PEMROGRAMAN INTERNET. Form & Input HTML Form adalah area yang bisa ditempati oleh elemen form. Elemen form adalah elemen yg mengijinkan user memasukkan.
KoTA 105 : Irwan Nugraha ( ) Rendy Azhary ( ) Taufik Rohmat ( )
MAIL MERGE.
ESPT PPN Menu Program Dalam Menu program terdapat 1. Koneksi Database, Logout, Keluar Aplikasi 2. Input Data By : Siti Khairani, SE.,Ak.,M.Si.
Mata Pelajaran TIK Kelas X Semester 2
Makro.
X. PEMBUATAN PRESENTASI DENGAN STAR IMPRESS
PENGENALAN MACRO Sebuah fasilitas yang dimiliki Microsoft Excel yang dapat digunakan untuk merekam semua tindakan dan perintah yang dilakukan pada program.
Pemrograman Visual VB.net 2008 dengan Database Microsoft Access 2010
1. Elemen pada Microsoft Excel
Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur
Pendahuluan Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan.
DIALOG Android Oleh Yanuangga.
Mobile Programming Pertemuan 8 Presented by Mulyono Poltek NSC Surabaya.
1 Pencetakan Gambar Pertemuan 25 Matakuliah: R0364/Komputasi Desain Arsitektur I Tahun: 2006.
Bahasa Pemprograman Dasar Pertemuan 6
BAB II KOMPONEN-KOMPONEN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0
Step by step membuat Kalkulator.java menggunakan Java GUI
MAIL MERGE.
GRAFIK By : dewi.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 B
Pertemuan 2 Dani Hamdani, S.Kom..
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Pemrograman Perangkat Mobile
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Pemrograman Mobile Android # 5
Perhitungan dan Pemakaian Bookmark
Pertemuan 2 JAVA 2 KA.
Pemrograman Perangkat Mobile
Pemrograman Mobile Android # 4
H. MEMBUKA PROTEKSI LEMBAR KERJA
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
Menu pada Android Oleh Yanuangga G.H.L.
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
Hyperlink & Form Pertemuan 11
Pertemuan Pertama Membahas Perintah Cls , Print dan Stop
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
Struktur Aplikasi Android
Mencetak Dokumen Buka Menu File
Pemrograman Perangkat Mobile
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Khoerul Umam ( )
Komponen Aplikasi Android
Android Multimedia Vidio, Musik dan Gambar
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Android Multimedia PENGOLAHAN GAMBAR DAN VIDEO.
Komponen Aplikasi Android
Dilla Alfianur Kumalasari 0238
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
ANALISA DAN PERANCANGAN
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
ANDROID MULTIMEDIA Nama anggota :
Macro.
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
ALGORITMA DAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Procedure dan Function
BAB 1 Mengoperasikan Bahasa Pemrograman Pascal dengan menggunakan software Delphi Console Aplication.
PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Pemahaman XML Parsing.
Transcript presentasi:

PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent

Membuat Tampilan Utama Membuat tampilan menu utama untuk aplikasi perhitungan luas persegi panjang Seperti pada gambar disamping

Coding Menu Utama

Membuat Layout Hasil

Syarat Pembuatan Layout Ketentuan Dalam Pembuatan Layout: 1.File Name : isi dengan nama file dengan syarat semua huruf dari nama layout harus dengan huruf kecil 2.Root Element : Diisi sesuai kebutuhan biasanya root element yang digunakan adalah Relative Layout 3.Source Set : Biarkan secara Default terisi dengan main 4.Directory Name: Biarkan directory itu terisi dengan nama main 5.Jika semua seudah diisi susuai dengan ketentuan tekan OK

Modifikasi Coding untuk Layout Hasil

Membuat Class Rumus

Syarat Pembuatan Class Syarat dari pembuatan class: Penamaan Class harus diawali dengan Huruf Besar dan selebihnya boleh menggunakan huruf kecil jika penamaan telah sesuai dengan syarat makan tekan OK

Membuat Coding Rumus Catatan: Jika Coding Rumus telah dibuat maka buatlah class HasilActivity

Membuat Coding Hasil Activity

Modifikasi Coding Main Activity

Modifikasi Android Manifest.xml

Jalankan Program dan Lihat hasilnya Ketika program user bisa melakukan input angka pada editext kemudian menekan tombol Hitung Ketika tombol hitung diklik maka aplikasi akan menampilkan hasil dari perhitungan kedalam layout hasil

LATIHAN Buatlah sebuah aplikasi yang dapat menghitung segitiga sama kaki sesuai dengan rumus segitiga dengan ketentuan seperti berikut: 1.Hasil harus ditampilkan pada layout hasil 2.Rumus dibuat pada sebuah class