Graphical User Interface

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Pemrograman Visual I Pendahuluan Presented by : Herianto.
Event Handling di JAVA.
Pemrograman JAVA (TIB09)
Java Applets Pertemuan 7
Mendapatkan Input dari Keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Konsep Abstract Windowing Toolkit (AWT)
Kode MK : MI Revisi Terakhir : Pertemuan1 FX. Henry Nugroho, S.T., M.Cs Adi Kusjani, S.T. GUI dan IDE 2013.
GUI in Java.
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
Kode MK : MI Revisi Terakhir : Pertemuan 2 FX. Henry Nugroho, S.T., M.Cs Adi Kusjani, S.T. Penggunaan Komponen Dasar 2013.
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Java Review Oleh: Idris Winarno.
Modul 9: antarmuka grafis (GUI) dalam window
PBO - PERTEMUAN 9- JAVA GUI.
Abstract windowing toolkit & swing
Graphic User Interface
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
Membangun Aplikasi GUI
Mendapatkan input dari keyboard
Layout Managers and Event Handling
Pertemuan 7 : Perulangan for(….;….;…..)
Presented by : Ratri Enggar Pawening
KONSEP OOP DAN AWT [ RIO PRIANTAMA ].
Graphical User Interface (GUI)
GUI Event Handling.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 5 (18 APRIL 2011)
GUI event handling.
Pemrograman Berorientasi Objek
Pertemuan 12. Pemrograman Window Sejauh ini Anda melakukan pemrograman pada level konsul Java sesungguhnya juga mendukung pemrograman Window. Salah satu.
Java GUI Container Pertemuan 2
Pengenalan Pemrograman Jaringan dengan GUI Materi 2
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Creating User Interfaces Pertemuan 6 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Pemrograman Berorientasi Obyek
1 Pertemuan 12 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
STUDY CLUB “Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek”
JAVA GUI SWING Kelompok 4 : M.Fadli Rozak ( )
Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek
KONSEP SWING.
MENGUASAI LAYOUT MANAGER
Graphical User Interface (GUI)
High Level User Interface
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
KONSEP AWT.
Java GUI PBO.
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Java User Interface (Swing)
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
GUI Event Handling.
GUI Event Handling Alpro-2.
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
Struktur Kode Aplikasi Java (2)
JAVA GUI (Graphical User Interface)
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Visual Java
Graphical User Interface
GUI Event Handling Sussi.
Pemrograman Berorientasi Obyek
antarmuka grafis (GUI) dalam window
Pemrograman Berorientasi Obyek
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
TIPE DATA, KONVERSI TIPE DATA JLABEL, JTEXTFIELD, JBUTTON, JOPTIONPANE
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Graphical User Interface

Tujuan Mengetahui perbedaan AWT dan Swing Mengetahui kegunaan komponen-komponen aplikasi visual di Java Mampu menggunakan komponen-komponen Swing untuk membuat aplikasi visual Mampu membuat event handling di Java

AWT vs Swing AWT Swing Terdapat pada package java.awt Dikembangkan lebih awal Look and feel depend on OS Komponen terbatas Applet mudah dikenali browser Pada package javax.swing Dikembangkan setelah AWT Look and feel not depend on OS Komponen lebih bervariasi Tidak semua browser support applet dg Swing

Contoh program dg Swing

Macam-macam komponen Swing JFrame JLabel JButton JTextField JTextArea JCombobox Jlist JOptionPane JFileChooser, dll Tiap komponen memiliki properti yang digunakan untuk mengatur tampilan Untuk menggunakan salah satu, harus impor dari javax.swing

event handling (penanganan kejadian)

Event (kejadian) Event : kejadian yang muncul ketika user berinteraksi dengan aplikasi. Contoh : klik mouse klik tombol mouse bergerak di atas form memilih dari combo box/list klik kanan/kiri mouse di atas komponen, dll

Event Handling Proses untuk memberikan respon thd event. Di Java, mekanisme event handling di Java dikenal dg delegation event model. Istilah2 pd mekanisme tsb : event source tempat terjadinya event yaitu komponen2 visual event listener : objek penerima & pengolah event event object : objek yg terbentuk saat tjd event

Delegation Event Model

Contoh Event Handling langkah 1 langkah 3 langkah 2

Komponen pada event handling Kelas untuk menangani event harus mengimplementasikan (kelas/interface) event listener. Cara lain adlh dg membuat kelas turunan dari kelas yang telah mengimplementasikan salah satu event listener. Kelas yang mengimplementasikan listener harus mengimplementasikan seluruh method yang ada di kelas/interface listener. Listener harus didaftarkan ke dalam objek yang akan berperan sbg event source.

Tipe-tipe event Tipe Event Keterangan ActionEvent Dibangkitkan pada saat objek button di-klik, item list di-doubleclick, maupun item menu dipilih AdjustmentEvent Dibangkitkan pada saat objek scrollbar diubah ComponentEvent Dibangkitkan pada saat sebuah komponen disembunyikan, dipindahkan, diubah ukurannya, maupun diset mjd visible ContainerEvent Dibangkitkan pd saat sebuah komponen ditambahkan/dipiindahkan ke/dari sebuah container FocusEvent Dibangkitkan pada saat sebuah komponen memperole atau kehilangan fokus keyboard InputEvent Kelas induk yg mrpkn kelas abstrak dr semua kelas yg termsk ke dlm event input ItemEvent Dibangkitkan pd saat sebuah item dlm list atau checkbox diklik; jg tjd saat item-nya dibuat, dan pd saat item menu di-check maupun un-check KeyEvent Dibangkitkan pd saat input dilakukan melalui keyboard MouseEvent Dibangkitkan pd saat mouse di-drag, dipindahkan, diklik, ditekan, maupun dilepas; jg tjd pd saat mouse masuk atau keluar dari sebuah komponen TextEvent Dibangkitkan pd saat teks yg berada dalam komponen textarea atau textfield diubah WindowEvent Dibangkitkan pd saat window atau form diaktivasi, ditutup, di-minimize, di-maximize, dibuka, atau dikeluarkan

Macam-macam Event Source Keterangan Button Membangkitkan ActionEvent pd saat button diklik Checkbox Membangkitkan ItemEvent pd saat di-check atau un-check Choice Membangkitkan ItemEvent pd saat pilihan diubah List Membangkitkan ActionEvent pd saat sebuah item di-doubleclick dan membangkitkan ItemEvent pd saat item dipilih/di-check maupun di-uncheck Item Menu Membangkitkan ActionEvent pd saat item menu diklik dan membangkitkan ItemEvent pd saat item menu di-check maupun di-uncheck Scrollbar Membangkitkan AdjustmentEvent pd saat scrollbar diubah Text Membangkitkan TextEvent pd saat user memasukkan karakter pd komponen textarea atau textfield Window Membangkitkan WindowEvent pd saat sebuah window atau frame diaktivasi, ditutup, dinonaktifkan, di-minimize, di-maximize, dibuka, dan dikeluarkan

Beberapa Interface Listener Tipe Event Keterangan ActionListener Mendefinisikan sebuah method untuk menangani tjdnya event ActionEvent void actionPerformed (ActionEvent e) MouseListener Mendefinisikan 5method untuk menangani tjdnya event MouseEvent void mouseClicked(MouseEvent e) void mouseEntered(MouseEvent e) void mouseExited(MouseEvent e) void mousePressed(MouseEvent e) void mouseReleased(MouseEvent e) WindowListener Mendefinisikan 7 method untuk menangani tjdnya event MouseEvent void windowActivated (WindowEvent e) void windowClosed (WindowEvent e) void windowClosing (WindowEvent e) void windowDeactivated (WindowEvent e) void windowDeiconified (WindowEvent e) void windowIconified (WindowEvent e) void windowOpened (WindowEvent e)

Contoh Event handling (2) import java.awt.event.ActionEvent; import java.awt.event.ActionListener; import javax.swing.JComboBox; import javax.swing.JFrame; import javax.swing.JLabel; public class Swing3 extends JFrame implements ActionListener{ JComboBox cb; JLabel lb; String items[] = {"Acer", "Compaq", "Dell", "Fujitsu", "Sony", "Toshiba"}; public Swing3(String title){ super(title); setBounds(0, 0, 300, 170); getContentPane().setLayout(null); setResizable(false); setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);

cb = new JComboBox(); for (int i=0; i<items.length; i++) cb.addItem(items[i]); cb.setLocation(30, 50); cb.setSize(cb.getPreferredSize()); lb = new JLabel("Program dimulai."); lb.setLocation(150, 50); lb.setSize(lb.getPreferredSize()); cb.addActionListener(this); getContentPane().add(cb); getContentPane().add(lb); setVisible(true); setLocationRelativeTo(null); }

public static void main(String[] args) { Swing3 frame = new Swing3("Demo JCombobox"); } @Override public void actionPerformed(ActionEvent e) { if (e.getSource() == cb){ String s = ""+ cb.getSelectedItem(); lb.setText(s);

Tugas