“PERANCANGAN MAP MENGGUNAKAN 3D STUDIO MAX DAN OGREMAX PADA SIMULASI PROSEDUR KESELAMATAN KETIKA TERJADI KEBOCORAN GAS DI DALAM GEDUNG”

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KOMUNIKASI DAN KEAMANAN DATA DALAM JARKOMNET
Advertisements

Program D1 Sekolah Teknik Elektro dan Informatika - ITB 3 April 2012.
Membangun sistem informasi berbasis
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
PENGENALAN SISTEM OPERASI
Semangat pagi.
SIMULASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN FISIKA
Rancang Bangun Simulasi Penjadwalan dan Perwalian Berbasis Web di STIKOM Surabaya Adrian Hodianto.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Nama : Fauziah NPM : Jurusan : Sistem Komputer
ALAT PENDETEKSI JARAK PADA KENDARAAN RODA DUA MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIC DENGAN TAMPILAN LCD DAN SISTEM GETAR BERBASIS JARINGAN NIRKABEL DAN MIKROKONTROLLER.
SIDANG PENULISAN TUGAS AKHIR Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Ilmu Astronomi Berbasiskan Komputer Cerdas dan Interaktif Menggunakan Python dan.
DESAIN KARAKTER DAN ANIMASI MENGGUNAKAN TEKNIK Rizkan Abadi
PEMBUATAN CUSTOM TOOL PADA APLIKASI 3DS MAX DENGAN Albertus Bayu Aji Priyono for further detail, please visit
APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 1. PENDAHULUAN.
DENGAN MACROMEDIA FLASH MX 2004 APLIKASI PEMBIMBINGAN AGAMA KRISTEN UNTUK ANAK-ANAK for further detail, please visit
PROGRAM APLIKASI PEMBUATAN BANGUN MATEMATIKA UNTUK Ayub Marstyo Putro for further detail, please visit
PI. Manajemen Informatika, Direktorat Program Diploma Tiga Manajemen Cara belajar Modifikasi Motor Matic Lowrider for further detail, please visit
APLIKASI for further detail, please visit
Oleh : DAPIT MELIJANA NIM :
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
Penulisan Ilmiah, Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Informatika, PEMBUATAN ANIMASI 3D GEISYA BERJALAN MENGGUNAKAN OGRE for further detail, please.
APLIKASI PENGHITUNG ZAKAT BERBASIS MOBILE ANDROID
Perangkat Lunak 1.
LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 3 PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN RAMBU RAMBU LALU for further detail, please visit
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
KULIAH -9 MEMULAI GAMBAR DENGAN 3D MAX
(Object Oriented Programming)
Pendahuluan.
Kelas : 3IA07 Nama : Agus Soetanto
LAB PEMOGRAMAN III (VISUAL BASIC)
DESAIN EFEK GRAFIS 3 DIMENSI DAN ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI 3D S MAX 9 Shinta Julia, for further detail, please visit
PENGENALAN SISTEM OPERASI
VISUALISASI RUMUS KIMIA DENGAN JAVA 3D Devid Reymond
PEMBUATAN CD INTERAKTIF PENGENALAN HURUF DAN ANGKA Riri Ananda Putri
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
PROSEDUR PENANGANAN KEADAAN DARURAT
Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi
PENGENALAN SISTEM OPERASI
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Siklus Pengembangan Sistem J
HAZARD MANAGEMENT Keselamatan Kerja.
TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
PEMBUATAN IKLAN TENTANG BAHAYANYA AIDS MENGGUNAKAN Dwi Palupi Kartikawati, for further detail, please visit
Aplikasi Mobile GIS ‘Easy Mobile Map’ Platform J2ME
STANDAR KESELAMATAN KERJA
IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
Pembangunan Media Pembelajaran Untuk Konsep Struktur Kontrol Pada Algoritma Berbasis Multimedia ALFIN AKBAR
Pendahuluan.
SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA LAUNDRY PADA RUMAH CUCI LAUNDRY BANDUNG Oleh : Windi Astuti
APLIKASI PENGENALAN DASAR RUKUN ISLAM DAN RUKUN IMAN BERBASIS MOBILE ANDROID MUNAYA
Oleh : Ricky Setiadi PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN DAN PENGEMBALIAN ENGINEERING DOCUMENT AND DRAWING PADA DAGIAN ENGINEERING DOCUMENT & CONFIGURATION CONTROL PT. DIRGANTARA.
SILABUS Mata Kuliah Teknologi Perkantoran
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI GAME BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 3-7 TAHUN BERBASIS FLASH MULTIMEDIA DI TK BINDA ASUH NANDA Maya Andriati PROGRAM.
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA DISTRO DETROIT DI BANDUNG
SILABUS Mata Kuliah Teknologi Perkantoran
Oleh : Ade Cipta Utama Putra
PENGENALAN SISTEM OPERASI
Oleh : Ricky Setiadi PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
PENGENALAN SISTEM OPERASI DEFINISI secara umum SISTEM OPERASI adalah 1. Sebagai Sebuah program yang mengatur hardware dengan menyediakan landasan untuk.
PROSES MANAJEMEN BENCANA
SIMULASI 3D ART GALLERY DENGAN MENGGUNAKAN 3DS MAX Sinta Nuraini Ikhsan for further detail, please visit
RANCANGAN LAYAR Grafik User Interface OBJEK ORIENTED DISAIN.
Transcript presentasi:

“PERANCANGAN MAP MENGGUNAKAN 3D STUDIO MAX DAN OGREMAX PADA SIMULASI PROSEDUR KESELAMATAN KETIKA TERJADI KEBOCORAN GAS DI DALAM GEDUNG”

Latar belakang masalah Teknologi multimedia interaktif telah merambah ke segala macam aspek kehidupan umat manusia, salah satunya dari sisi keselamatan. Pada tahun 2010 banyak terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh kebocoran gas. Simulasi objek 3 dimensi dirasa cukup mudah dipahami oleh masyarakat.

Batasan Masalah Dalam pembuatannya, aplikasi ini menitikberatkan pada pembuatan interface 3 dimensi dalam bentuk sebuah map gedung menggunakan aplikasi 3d studio max dan Ogremax.

TUJUAN PENULISAN Sebagai media pembelajaran penggunaan game engine OGRE pada Perancangan Map Menggunakan 3DStudio Max dan OGREMax pada Simulasi Prosedur Keselamatan Ketika Terjadi Kebocoran Gas LPG di dalam Gedung. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat agar dapat lebih tahu dan tanggap dalam menghadapi kebocoran gas yang berbahaya jika terhisap ataupun terbakar.

SISTEM SIMULASI

DIAGRAM PENGGUNAAN APLIKASI 3D Studio Max Perancangan MAP OpenSpace 3D Editor OGREMAX (PlugIn) Perancangan Karakter 3D Studio Max MilkShape 3D OpenSpace 3D Editor Prosedur OpenSpace 3D Editor

Map adalah Terrain atau area yang akan digunakan untuk menjalankan suatu aplikasi simulasi. Map dalam aplikasi ini terdiri dari infrastruktur bangunan beserta isinya yang terdiri dari komponen-komponen berupa dinding dan lantai yang dilengkapi dengan berbagai macam perabotan pendukung.

Perancangan Map secara 2 Dimensi

Perancangan Objek 3 Dimensi Menggunakan 3DStudio Max Width = X, Length = Y, dan Height=Z. Convert to Editable Poly

Setelah pembentukan dan penggabungan objek Setelah diberi Material dan diRender

OUTPUT PROGRAM

Sudut Aula 1

Sudut Aula 2

Sudut Dapur

Sudut Lorong

Kesimpulan dan saran KESIMPULAN Dengan menggunakan map gedung dan mengimplementasikannya pada aplikasi prosedur keselamatan ketika terjadi kebocoran gas LPG didalam gedung, diharapkan akan memberikan sebuah sarana informasi yang interaktif bagi masyarakat. SARAN Dari pembuatan map gedung yang berbasiskan tiga dimensi, penulis menyarankan agar membuat suatu tim yang menangani hal-hal yang berbeda-beda. Dan juga penulis menyarankan agar aplikasi ini dapat dijalankan pada OS selain windows seperti Linux dan Macintosh.