PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (AUGMENTED REALITY)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Advertisements

BIAR Aplikasi Mobile Augmented Reality untuk Penerbit & Percetakan
INPUT & OUTPUT SISTEM AHMAD SON ARIF ( )
LAPAR Aplikasi Mobile Augmented Reality untuk Menu & Produk di
Kurniawan Teguh Martono Sistem Komputer Universitas Diponegoro
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
Augmented Reality.
Nama kelompok: Rifandi Rahasanto Herlina Eka W Aji Kurnia S RR Windya Putri H.
Oleh : Imron Ahadi Sahrul Rahmat M. Ikhlas Hanif Arsyad “6'th Sense Technology atau Teknologi Indera Keenam"
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELACAKAN DAN PEMANTAUAN PAKET KIRIMAN BERBASIS WEB DENGAN BANTUAN MOBILE ANDROID Putu Agus Yudisuda Indrakarna 1) S1 Sistem.
Kurniawan Teguh Martono Sistem Komputer Universitas Diponegoro
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
MARINI SHADRINA ( ) Pembimbing : Dr. Dewi Agushinta R.
Manipulasi Langsung Manipulasi Langsung
Pemrograman multimedia
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Sixth sense technology. sixth sense technology adalah alat yang memungkinkan hal hal fisik di dunia berinteraksi dengan dunia data.
Pengantar Multimedia Nurochman.
>>0 >>1 >> 2 >> 3 >> 4 >> ORGANISASI KOMP. & ARSITEKTUR KOMP. Oleh Denny Setyo R
COMPUTER-MEDIATED COMMUNICATIONS Introduction to Internet Studies.
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
Oleh: Muhammad Yogie Latansa Kelas PTIK 4
Augmented Reality Kelompok 2 : Christian Tamin Edward Ivan Fadli
Nama : Deon Opisar H. NIM : Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah teknologi yang dibuat sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan.
Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi.
Revolusi Internet Sejarah, Perkembangan, & Trend Teknologi.
Bab 1 : Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Revolusi Internet Sejarah, Perkembangan, & Trend Teknologi 1.
Embeded System RPL Pertemuan 1.
SISTEM DAN ELEMEN SISTEM
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI TELEMATIKA TELKOM
Tutorial Menggunakan VBB
Mobile Computing Dan Aplikasinya
3D Mixed Reality berbasis Analisis Kedalaman Objek Nyata 3D
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
LAB PEMOGRAMAN III (VISUAL BASIC)
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
How to connect to internet via ISP
Sejarah Grafika Komputer dan Komunikasi 2 D & 3 D
Sistem Waktu Nyata Silabus Pengenalan Sistem Waktu Nyata
Tren TIK Anggota : Ajeng Pangestu V ( )
Cucu Nur hayati & Pipit Melani XII A 2
Kontrak Kuliah.
Informasi & Sistem Informasi
Input & Output Devices Bab V.
Seminar Skripsi Teknik Informatika Unikom 2013
Operating System UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.
TUGAS PTIK KELAS 10.
Sistem Operasi. Pendahuluan Sistem Operasi Arsitektur Sistem Komputer Hardware Operating System (OS) Programming Language (e.g. PASCAL) Application Programs.
Manipulasi Langsung Manipulasi Langsung
M.Fauzi Josua Tangke Gigih Yudha
Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi
Sistem Komputer Hardware Software 1. Operating System
TOKO VCD&DVD MOVIE MANIA DENGAN MENGGUNAKAN JOOMLA
To my presentation By : Nanda Kendinathessa
Pengenalan Jaringan Komputer
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI TELEMATIKA TELKOM
SMTP (Sensor, Actuator, & Other Control System Component)
Pengenalan Hardware Ihsan Naskah. Pengenalan Hardware Ihsan Naskah.
Interaksi.
Kecerdasan Buatan.
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
MOHAMMAD SHOLICHIN Alamat Rumah : Jln. Saxofon Perum griya Tunggul Asri No. 22 HP : :
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Pengantar Pemrograman Multimedia
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Transcript presentasi:

PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (AUGMENTED REALITY) KELOMPOK: RADIAN ZAKI RABBANI (3212100064) PUTI TYAS AMBUNSARI (3212100044) FABIO BRESTIANTO (3212100064) HARIS WIDI PRATAMA (3212100079)

Apakah Augmented Reality itu? Augmented Reality atau dalam bahasa Indonesia Realitas tertambah dan dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

Sejarah Augmented Reality Konsep pertama augmented reality dikenalkan oleh Morton Heilig, seorang cinematographer pada tahun 1950an. Ketika itu Augmented Reality membutuhkan sebuah alat yang besar sebagai alat output. Alat output dapat berupa yang dipasang ditubuh kita (dikenal dengan nama HMD, Head Mounted Device), ada juga yang berupa monitor, seperti monitor TV, LCD, monitor ponsel, dll. Alat HMD pertama kali ditemukan pada tahun 1968 oleh Ivan Sutherland dari Harvard University

Sejarah Augmented Reality Augmented reality dengan input berupa sensor GPS diperkenalkan pada tahun 2003 dari hasil penelitian Loomis, dkk pada karya ilmiahnya Personal guidance system for the visually impaired using GPS, GIS, and VR technologies, pada tahun 1994. Pada tahun 1996, [11]    Rekimoto dalam karya ilmiahnya Augmented Reality Using the 2D Matrix Code. In Proceedings of the Workshop on Interactive Systems and Software memperkenalkan marker 2D untuk pertama kalinya.

Sejarah Augmented Reality Dua tahun kemudian ARtoolkit, augmented reality library pertama kali diluncurkan oleh Kato Pada tahun 2009 Lab MIT(Mistry, dkk) meneliti sixth sense project dan Wear Ur World – A Wearable Gestural Interface dimana augmented reality di implementasikan pada kehidupan sehari-hari.

Prinsip Kerja Augmented Reality Sistem Augmented Reality bekerja berdasarkan deteksi citra dan citra yang digunakan adalah marker. Prinsip kerjanya sebenarnya cukup sederhana. Camera yang telah dikalibrasi akan mendeteksi marker yang diberikan Kemudian setelah mengenali dan menandai pola marker, webcam akan melakukan perhitungan apakah marker sesuai dengan database yang dimiliki

Prinsip Kerja Augmented Reality Bila tidak, maka informasi marker tidak akan diolah Bila sesuai maka informasi marker akan digunakan untuk me-render dan menampilkan objek 3D atau animasi yang telah dibuat sebelumnya.

Perbedaan antara Virtual Reality dan Augmented Reality Virtual Reality mengacu pada penggabungan dari objek dunia nyata ke dunia digital/maya.  Augmented Reality merupakan kebalikan dari Virtual reality yang berarti integrasi elemen-elemen digital yang ditambahkan ke dalam dunia nyata secara realtime dan mengikuti keadaan lingkungan yang ada di dunia nyata.

Manfaat Augmented Reality dalam berbagai bidang Augmented Reality Interactive Games Augmented Reality Presentation Augmented Reality Event Augmented Reality High Tech Environment Augmented Reality Website Augmented Reality Promotion

ANY QUESTION

KESIMPULAN SO THE CONCLUSION IS WE HAVE TO CONTROL THE TECHNOLOGY, DON’T LET US BE CONTROLLED BY TECHNOLOGY (jadi pada intinya kitalah yang harus mengendalikan teknologi, jangan sampai kita yang dikendalikan oleh teknologi)

THANK YOU