Oleh: Muhammad Yogie Latansa Kelas PTIK 4

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Memahami etimologi multimedia
Advertisements

MODEL PROTOTYPE.
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Muhammad Yogie Latansa Kelas PTIK 7
Kurniawan Teguh Martono Sistem Komputer Universitas Diponegoro
Augmented Reality (AR)
TUGAS BU RATNA #PERTEMUAN 10
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
Dasar-dasar multimedia
Modul 10 (Multimedia) Mega Anis Kartika
Augmented Reality.
1 Pertemuan 12 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY. 2 Multimedia Kebutuhan Perangkat Keras Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
Protyping IMK-M5.
TEKNOLOGI KECERDASAN ARTIFISIAL DALAM BISNIS
ELEMEN MULTIMEDIA (LANJ..)
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
MEMAHAMI ETIMOLOGI MULTIMEDIA
MARINI SHADRINA ( ) Pembimbing : Dr. Dewi Agushinta R.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DSS
Manipulasi Langsung Manipulasi Langsung
Visualisasi INFORMASI
Pertemuan 1 Pengenalan Multimedia
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Dasar-dasar Multimedia
Pengantar Multimedia Nurochman.
>>0 >>1 >> 2 >> 3 >> 4 >> ORGANISASI KOMP. & ARSITEKTUR KOMP. Oleh Denny Setyo R
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
PENGENALAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (AUGMENTED REALITY)
Nama : Deon Opisar H. NIM : Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah teknologi yang dibuat sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan.
PTIK 10 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY
Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi.
SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN Pertemuan ke-3 ( PEMODELAN )
Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
KONSEP INTERFACE
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
Mobile Computing PERTEMUAN 1.
Mobile Computing PERTEMUAN 16.
Kelompok 11 Amrullah Nur Lathif Hadi Miftahul Huda Dian Astri Narita
Bagian 1-Apa itu Multimedia?
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
DESAIN EFEK GRAFIS 3 DIMENSI DAN ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI 3D S MAX 9 Shinta Julia, for further detail, please visit
KOMPUTER ANIMASI & PRODUKSI MULTIMEDIA
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaktivitas Katie Salen Unit 1 Chapter 6
TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI DALAM BIDANG PENDIDIDKAN
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DSS
Dr. Iphov Kumala Sriwana, ST., M.Si
MEMILIH DAN MEMANFAATKAN SUMBER BELAJAR
MATERI PERANTI MASUKAN BAB 3
Pembuatan Aplikasi Permainan Untuk Anak-anak Dengan Macromedia Flash 8 Muhammad Ridha for further detail, please visit
TUGAS KOMUNIKASI PUBLIK “The Presentation of Self In Everyday Life”
Virtual Reality (Law).
Pengertian Strategi Pembelajaran pkn Dick dan carey mengatakan “strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu materi pembelajaran yang akan digunakan.
Manipulasi Langsung Manipulasi Langsung
M.Fauzi Josua Tangke Gigih Yudha
Pertemuan I Pengenalan Komputer 9/8/
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 7.
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
Interaksi.
Kecerdasan Buatan.
ELEMEN MULTIMEDIA (LANJ..)
UNIT 9: TEKNOLOGI ANIMASI
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
Kecerdasan Majemuk.
Memahami etimologi multimedia
Komponen input dan output komputer
Wisata Buatan (Theme Park)
Transcript presentasi:

Oleh: Muhammad Yogie Latansa 2712100010 Kelas PTIK 4 VIRTUAL REALITY Oleh: Muhammad Yogie Latansa 2712100010 Kelas PTIK 4

PENDAHULUAN Apa yang dimaksud dengan Virtual Reality? Cara kerja Virtual Reality Sejarah Virtual Reality AplikasiVirtual Reality Virtual Reality di masa depan Efek negatif Virtualk Reality Referensi

Apa yang dimaksud dengan Virtual Reality? Virtual Reality adalah teknologi yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan lingkungan simulasi komputer baik berdasarkan objek nyata maupun animasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil penginderaan, seperti suara melalui speaker atau headphone. Virtual reality disingkat dengan VR yang dapat menciptakan sebuah simulasi dunia tiga dimensi.

Cara Kerja Virtual Reality Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun secara psikologis.

Sejarah Virtual Reality 1957-1962: Morton Heilig, seorang sinematografer, menciptakan dan memapatenkan sebuah simulator yang disebut Sensorama dengan visual, getaran dan bau. 1966: Ivan Sutherland menemukan head-mounted display yang dia claim adalah, jendela ke dunia virtual. 1989:  Jaron Lanier, memeperkenalkan Virtual Reality dan menciptakan bisnis komersial pertama kali di dunia maya. 1999: Hirokazu Kato, mengembangkan ArToolkit di HITLab dan didemonstrasikan di SIGGRAPH. 2000: Bruce.H.Thomas, mengembangkan ARQuake, sebuah Mobile Game AR yang ditunjukan di International Symposium on Wearable Computers.

2008: Wikitude AR Travel Guide, memperkenalkan Android G1 Telephone yang berteknologi AR. 2009: Saqoosha memperkenalkan FLARToolkit yang merupakan perkembangan dari ArToolkit. FLARToolkit memungkinkan kita memasang teknologi AR di sebuah website, karena output yang dihasilkan FLARToolkit berbentuk Flash. Ditahun yang sama, Wikitude Drive meluncurkan sistem navigasi berteknologi AR di Platform Android. 2010: Acrossair menggunakan teknologi AR pada I- Phone 3GS.

Aplikasi Virtual Reality Manufaktur Pengujian rancangan, prototiipe semu, analisis ergonomik, simulasi semu dalam perakitan, prosuksi dan pemeliharaan Arsitektur Perancangan gedung Militer Pelatih  (pilot,astronot,pengemudi) simulasi peperangan Kedokteran Pelatihan pembedahan, terapi fisik Penelitian / Pendidikan Studi tentang topan, konfigurasi galaksi, pengujian matematika kompleks Hiburan Museum virtual, permainan balap, simulasi pertempuran udara, taman virtual, simulasi ski,dll

Virtual Reality di mas depan Di masa yang akan datang Virtual reality lebih menguntungkan di berbagai bidang karena menghemat uang, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan kesempatan proyek yang diselesaikan sepenuhnya fungsional, membantu memberikan perusahaan keunggulan komparatif

Efek Negatif dan Kekurangan Virtual Reality 1. Isolasi pribadi 2. Kurangnya interaksi dengan dunia nyata dan orang lain 3. Pengangguran meningkat Efek Negatif: 1. Orang yang menggunakan virtual reality sering mengalami gangguan yang disebut cybersickness (Haag, Cummings, dan Dawkin, 2000, hal. 294). 2. Penderita akan merasakan ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Kadang-kadang penderita terbawa pada suasana semu yang diciptakan oleh sistem virtual reality walaupun ia telah kembali ke dunia nyata

Referensi http://muhamadiqbalmansulrudin.blogspot.com http://arifimoed.blogspot.com http://augmentedrealityindonesia.com http://fahrudipti.blogspot.com http://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_reality