Oleh : Maria Etik Sulistiyani

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Advertisements

Erick Kurniawan, S.Kom, M.Kom
animasi dan multimedia
Variasi Animasi dalam Flash
PERBEDAAN PIXEL DAN VEKTOR
Pengenalan FLASH Dr. Lily Wulandari.
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan.
Animasi.
Hieronimus Edhi Nugroho,M.Kom
“HATI-HATI BERBAHAYA”
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Memahami etimologi multimedia
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
ANIMASI By: Nurul Adhayanti.
PEMBUATAN GAME BATLE GARDEN DENGAN MENGGUNAKAN Mochammad Bay Sabat,
PI. Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma, 2007 PEMBUATAN ANIMASI MOBIL FORMULA 1 DENGAN MENGGUNAKAN 3Ds MAX DAN.
Perangkat Lunak Multimedia Nurochman. Pengolah Teks  Microsoft: MS Word  Sun: OpenOffice.org Writer  KWord.
1.
Beberapa Menu Bar dan Icon Pada Power Point
Pengantar Teknik Animasi II Zaharuddin G.Djalle, 3D animation movie
ANIMASI IKLAN A MILD MEMANFAATKAN EFEK WALKTHROUGH M. Arief. Rachman
ANIMASI DALAM POST PRODUCTION
Menguasai Dasar Animasi Stop Motion
Lu’lu Mawaddah Wisudawati
Teknik Informatika - UDINUS
Memahami etimologi multimedia
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
MENAMBAH ANIMASI, SOUND, MOVIE
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
Desain Komunikasi Visual UDINUS
MENGENAL GAMBAR DIGITAL
KOMPUTER GRAFIS VIDEO Kode : DVG 223 Bobot : 3 SKS
OBYEK-OBYEK MULTIMEDIA (Lanjutan)
Produksi Konten Multimedia (lanjutan)
Animasi Pertemuan 7.
KOMPUTER ANIMASI & PRODUKSI MULTIMEDIA
Macromedia Flash.
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
KOMPUTER GRAFIS.
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
Animasi dan Multimedia I
Animasi Sederhana menggunakan Macromedia flash 8
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
Frame by frame Buat objek lingkaran dengan menggunakan oval tool (warna garis hitam dan warna dalam merah)
Memahami etimologi multimedia
Macromedia Flash.
Animasi dan Suara Pertemuan 02
5. Kegiatan Belajar 5: Teknik Animasi Berputar atau Baling-Baling
3. Kegiatan Belajar 3: Teknik Animasi Tweening
Animasi Tweening.
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
Kegiatan Belajar 2: Teknik Animasi Tweening
4. Kegiatan Belajar 4: Teknik Animasi Motion Guide
1.
BAB I PENGANTAR DESAIN GRAFIS.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Macromedia Flash.
UNIT 9: TEKNOLOGI ANIMASI
TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah Mendengar Penjelasan siswa akan dapat menjelaskan pengertian teknik animasi tweening. Setelah berdiskusi dan menggali informasi,
1.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
ANIMASI KOMPUTER.
ANIMASI KOMPUTER Ayu Helinda, S.S.T., M.T HP :
ANIMASI DALAM MULTIMEDIA PROFIL KELOMPOKKELOMPOK MENU.
PPG DALAM JABATAN Merancang model obyek 3 dimensi : Fitur dasar aplikasi pemodelan 3 dimensi PROFESIONAL PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA KELOMPOK KOMPETENSI.
Pembuatan Animasi 2 Dimensi SMK Negeri 11 Bandung Sutarsa, S.Pd.
Pembuatan Obyek Pada Aplikasi Animasi 2 dimensi. Tujuan Pembelajaran. Setelah mengikuti kegiatan belajar ini diharapkan peserta didik dapat: Memahami.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Relaksasi Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Transcript presentasi:

Oleh : Maria Etik Sulistiyani PENGANTAR ANIMASI Oleh : Maria Etik Sulistiyani

Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan siswa mampu Menyebutkan prinsip animasi Menyebutkan jenis-jenis animasi Menyebutkan macam-macam software yang dapat digunakan dalam pembuatan animasi

Prinsip dasar Animasi Animasi berasal dari kata Animation yang dalam bahasa inggris “to animate” yang artinaya menggerakkan Animasi adalah proses perubahan bentuk yang ditampilkan dalam kurun waktu tertentu Contoh : animasi perubahan bentuk : kotak menjadi lingkaran Animasi perubahan properti warna : kuning menjadi merah Animasi perubahan properti ukuran : kecil menjadi besar Animasi perubahan properti koordinat x dan y (bergeser)

Jenis Animasi menurut Hofstetter, yaitu:   1. Frame Animation Frame animation adalah suatu animasi yang dibuat dengan mengubah objek pada setiap frame. Objek-objek tersebut nantinya akan tampak pada lokasi-lokasi yang berbeda pada layar. 2. Vector Animation Vector animation adalah suatu animasi yang dibuat dengan mengubah bentuk suatu objek.

3. Computational Animation Computational animation adalah suatu animasi yang dibuat dengan memindahkan objek berdasarkan koordinat x dan y. Koordinat x untuk posisi horizontal dan posisi y untuk posisi vertical.   4. Morphing Morphing adalah peralihan satu bentuk objek ke bentuk objek lainnya dengan memanipulasi lebih dari satu frame sehingga nantinya akan dihasilkan keseluruhan gerakan yang sangat lembut untuk perubahan bentuk satu ke bentuk lainnya.

Jenis animasi dilihat dari teknik pembuatannya : Animasi Stop-Motion Animasi Tradisional Animasi Komputer

Animasi Stop montion disebut juga claymation (clay animation)  Merupakan animasi yang dihasilkan dari pengambilan gambar berupa objek ( boneka atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap Contoh chicken run, celebrity deadmatch

Animasi tradisional disebut juga cell animation Merupakan animasi yang teknik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent Teknik pembuatan dengan komputer = animasi 2D Contoh : lion king, naruto, pinokio

Animasi komputer Merupakan animasi yang pembuatan karakter, mangatur gerakan pemain dan kamera, pemberian suara serta spesial efeknya semua dikerjakan dengan komputer Contoh : monster inc

Selain itu berdasarkan teknik pembuatannya animasi dibedakan menjadi 10 jenis, yaitu: Animasi Cel Animasi Frame Anmasi Sprite Animasi Path Animasi Spline Animasi Vektor Animasi Clay Morphing Animasi Digital Aniamsi Karakter Tugas : carilah pengertian dan contoh film animasinya!

Software animasi Software animasi 2D Software animasi 3D

Software Animasi 2 Dimensi     Adalah software yang digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya mempunyai kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat mengimpor suara. Contoh dari software Animasi 2 D ini, antara lain : Macromedia Flash Macromedia Director ToonBoom Studio Adobe ImageReady Corel Rave Swish Max Adobe After Effect

Software Animasi 3 Dimensi     Software Animasi 3D mempunyai fasilitas yang canggih untuk membuat animasi 3D. Fasilitas dan kemampuan tersebut antara lain membuat obyek 3D, pengaturan gerak kamera, pemberian efek, import vidio dan suara, serta masih banyak lagi. Beberapa software animasi 3 D mempunyai kemampuan khusus misalnya untuk animasi figurel (manusia), animasi landscape (pemandangan) dll Contoh Software 3D antara lain : 3 D Studio Max Poser (figurel animation) Bryce (landscape animation) Vue Cinema 4 D Blender Daz3D