Pokok bahasan: State Diagram State Substate Events dan transition State Diagram Developing Software Woth UML Booch Jacobson Rumbaugh Addison-Wesley.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Catur Iswahyudi + Edhy Sutanta
Advertisements

Ian Sommerville Software Engineering
Introduction to Data Structures Erick, Eka, Reddy © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya 1.
Statechart Diagram..
Activity Diagram & State Diagram
Activity Diagram Shinta P.. For Bussiness Modeling, Activity diagrams describe the activities of a class. It is used for the following purposes: (Bennet.
Proses Stokastik Semester Ganjil 2013/2014
BLACK BOX TESTING.
Use case Pokok bahasan: Use case Identifikasi use case dan actor
1 Diselesaikan Oleh KOMPUTER Langkah-langkah harus tersusun secara LOGIS dan Efisien agar dapat menyelesaikan tugas dengan benar dan efisien. ALGORITMA.
-STATECHART DIAGRAM -ACTIVITY DIAGRAM
Collaboration Diagram State Diagram
BEHAVIOUR DIAGRAM -STATECHART DIAGRAM.
SYSTEMS ANALYSYS AND DESIGN METHODS 5 TH Edition Whitten Bentley Dittman Irwin/McGraw-Hill The Mcgraw-Hill Companies All Right reserved.
Diagram-diagram UML Pokok Bahasan : Use case diagram Class diagram
PERTEMUAN KE-6 UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML) (Part 2)
Dr. Nur Aini Masruroh Deterministic mathematical modeling.
1 Pertemuan 5 Komunikasi antar Proses / Interprocess Communication (IPC) Matakuliah: T0316/sistem Operasi Tahun: 2005 Versi/Revisi: 5 OFFCLASS01.
1 Pertemuan 11 Function dari System Matakuliah: M0446/Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 0/0.
Bayu Priyambadha, S.Kom.  Classes, which are the "blueprints" for an object and are the actual code that defines the properties and methods.  Objects,
Binary Search Tree. Sebuah node di Binary Search Tree memiliki path yang unik dari root menurut aturan ordering – Sebuah Node, mempunyai subtree kiri.
Unified Modeling Language [UML]
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Lebih Lanjut Tentang UML
AJAX (Asynchronous Javascript And XML)
KOMUNIKASI DATA Materi Pertemuan 3.
Notasi Object Oriented System
Object oriented analyst and design
AJAX Teguh S.
Soal latihan psbo.
Rekayasa Perangkat Lunak Class Diagram
Proses astrofisika i SENSITIVITY TO INITIAL CONDITIONS
Intro to OOP Yesi Novia, S.Kom.
Activity Diagram & State Diagram
State Machine Diagram.
Bekerja Activity Diagram
CLASS DIAGRAM.
Analisa dan Desain Berbasis Objek UML (Unified Modelling Language]
OOAD – TI S1 Defri Kurniawan UDINUS
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Activity diagram.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMODEAN SISTEM INFORMASI – PERTEMUAN 5
Pemodelan Berorientasi Objek
Pertemuan 7.
Activity diagram.
Statechart Diagram Siti Mukaromah, S.Kom.
ANALISIS & DESAIN SISTEM
Pemodelan Sistem Teknologi Informasi
UML- UNIFIED MODELING LANGUAGE
Unified Modeling Language (UML)
NOTASI UML DAN DIAGRAM-DIAGRAM UML
Pertemuan 4 CLASS DIAGRAM.
Napkin Folding.
Iconix Process Doug Rosenberg.
ABSTRACT Animation is an image or object processing which can be moved. Firstly, animation is made using paper sheet by sheet which is flipped until get.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK
Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan UML
Metode Perancangan Program
State Diagram Oleh : Cosmas Haryawan -- Pengenalan UML –
Statechart Diagram..
ANALISIS & DESAIN BERORIENTASI OBJEK AGUS WAHYUDDIN, ST, M.KOM
© Mark E. Damon - All Rights Reserved Another Presentation © All rights Reserved
Pertemuan 14 UML Diagram State
Model Struktural dan Model Perilaku
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
If you are an user, then you know how spam affects your account. In this article, we tell you how you can control spam’s in your ZOHO.
TIM RPL Program Studi Teknik Informatika
Object oriented analyst and design
Transcript presentasi:

Pokok bahasan: State Diagram State Substate Events dan transition State Diagram Developing Software Woth UML Booch Jacobson Rumbaugh Addison-Wesley

Setiap objek dapat dikatakan memiliki state --- nilai dari attributnya pada suatu saat tertentu. State diagram memodelkan daur hidup sebuah objek tunggal. Ia menggambarkan macam- macam state yang dimiliki sebuah objek, event yang mengakibatkan perubahan state selama waktu tertentu dan aturan-aturan yang mengatur transisi objek antara satu state dengan state lainnya. Perubahan terhadap state objek terjadi ketika ada suatu kejadian atau ketika nilai dari salah satu atributnya berubah. Perubahan state ini dipicu oleh adanya suatu event. SYSTEMS ANALYSYS AND DESIGN METHODS 5 TH Edition Whitten Bentley Dittman Irwin/McGraw-Hill The Mcgraw-Hill Companies All Right reserved Membuat model behavior dari objek-objek

Sebuah state diagram menunjukkan urut-urutan state dari sebuah objek selama masa hidupnya / lifetimenya, sekaligus dengan event-event yang menyebabkan perubahan dari state tersebut. Sebuah state diagram menjelaskan sebuah hypothetical machine (finite automaton) yang pada setiap waktu berada pada satu set finite state, yang terdiri dari: a finite, non-empty set of states; a finite, non-empty set of events; functions, yg menjelaskan transisi dari satu state ke state berikutnya; sebuah initial state; satu set final state. Developing Software Woth UML Booch Jacobson Rumbaugh Addison-Wesley

On opening the flight, the initial state leads to the NoReservation state. When the state is entered, the Reset operation is executed. If a reservation is made for this flight, the object changes to the state PartiallyReserved. The Reserve event is associated to the homonymous Reserve action (implemented as an operation). In this operation, the actual reservation takes place, and the internal reservation counter is updated. After termination of this action, we will find the object in the PartiallyReserved state. Each additional reservation leads to the same action. As long as a free seats are available, the object remains in the PartiallyReserved state. If only one seat left, it changes into FullyBooked state. Cancellation of reserved seats is carried out in a similar way. Thus, the state diagram describes which actions are triggered by which events and under which conditions these (and together with the call of the corresponding operations) are permitted. Soal: Developing Software Woth UML Booch Jacobson Rumbaugh Addison-Wesley

Developing Software Woth UML Booch Jacobson Rumbaugh Addison-Wesley

Sebuah state dimiliki oleh satu buah Class dan merepresentasikan abstraksi atau kombinasi dari satu set nilai atribut yang mungkin terjadi pada objek tersebut dari class ini. Tidak setiap perubahan nilai atribut akan dianggap sebagai perubahan state. Hanya event tertentu yang sangat signifikan mengakibatkan perubahan behavior dari objek. Sebuah state oleh karena itu dapat dilihat juga sebagai rentang waktu (time span) antara dua event. Dua type khusus state yang ada adalah initial state dan final state. State Developing Software Woth UML Booch Jacobson Rumbaugh Addison-Wesley

Tidak ada transisi yang menuju initial state dan tidak ada event yang diperbolehkan meninggalkan final state. Transisi dari satu state ke state berikutnya di trigger / dipicu oleh event. Sebuah event terdiri dari nama event dan sejumlah argument. Event dapat memicu aksi didalam state yang dilakukan melalui operasi tertentu. Ada tiga trigger yang sudah predefine: entry, fires automatically when entering a state exit, fires automatically when leaving a state do, fires repeatedly as long as the state is active, that is, not left. Developing Software Woth UML Booch Jacobson Rumbaugh Addison-Wesley

Sebuah state dapat diuraikan lebih lanjut, baik sekuensial ataupun paralel substate. Gambar dibawah ini menunjukkan sebuah sequential nesting. Ketika kontrak asuransi ditetapkan, sebuah produk dipilih (sebagai contoh, content-nya), yang terdiri dari beberapa produk element (Pel), seperti furniture, gelas, dsb. Untuk setiap produk elemen, sebuah cover (istilah asuransi) harus dibuat. Ilustrasi dibawah ini menunjukkan Create covers state dari context ini. Substate Developing Software Woth UML Booch Jacobson Rumbaugh Addison-Wesley

Gambar dibawah ini menunjukkan notasi dari paralel substates. Developing Software Woth UML Booch Jacobson Rumbaugh Addison-Wesley

Sebuah event adalah sebuah kejadian yang memiliki pengaruh khusus dalam suatu context yang dibicarakan, karena ia men-trigger / memicu perubahan state. Kebalikan dari state, event bukan milik satu kelas tertentu. State transition (perubahan state) biasanya dipicu oleh adanya event yang digambarkan dengan anak panah yang menghubungkan state satu dengan state lainnya. Event dan transition Developing Software Woth UML Booch Jacobson Rumbaugh Addison-Wesley