Alat Bantu Perangkat Lunak

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mengelola isi halaman web
Advertisements

Dasar-dasar Web Design
Desain Web R0312 – Grafik Komputer.
Kode MK : MI Revisi Terakhir : Pertemuan1 FX. Henry Nugroho, S.T., M.Cs Adi Kusjani, S.T. GUI dan IDE 2013.
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Lingkungan Pengembangan Antarmuka Pemakai
METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Lingkungan Pengembangan Antarmuka Pemakai
PROTOTYPING Analisa Desain Sistem Informasi. Pendahuluan Prototipe merupakan simulasi atau animasi dari bakal sistem. Prototipe merupakan suatu metode.
Kode MK : MI Revisi Terakhir : Pertemuan 2 FX. Henry Nugroho, S.T., M.Cs Adi Kusjani, S.T. Penggunaan Komponen Dasar 2013.
Protyping IMK-M5.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
BGI (Borland Grafik Interface)
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Keuntungan metodologi berorientasi objek.
HTML – 4 FORM. FORM adalah elemen HTML yang digunakan untuk mengizinkan pengguna web mengirimkan data ke Web Server. Dengan kata lain form berperan sebagai.
Pertemuan 6 Alat Bantu Authoring Multimedia
Pertemuan 9 Metodologi Perancangan Multimedia
Bina Sarana Informatika
KONSEP PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
PROTOTYPING.
Interaksi Manusia dengan Komputer
Mengelola isi halaman web
Pertemuan 9 Metodologi Perancangan Multimedia
Visual Modelling Teguh Sutanto, S.Kom.,M.Kom.
Analisa Desain Sistem Informasi
KONSEP USER INTERFACE.
Pemrograman Berorientasi Objek IST AKPRIND Yogyakarta
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
Konsep delphi Pertemuan Ke-1 & 2.
Pemrograman User Interface
KONSEP INTERFACE
SIM Rumah Sakit Materi Kuliah PERTEMUAN 6.
Prototyping
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Menguji Rancangan Antarmuka Pertemuan 4
Microsoft Power Point.
Metode Perancangan Program
Pemrograman Visual (Borland Delphi 7.0)
DIALOG.
Blog : muningmini.wordpress.com
DAN PERANCANGAN DIALOG
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
USER INTERFACE.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pertemuan 1 Pemrograman Visual Intro ‘n Delphi Intro
Pertemuan 2 Model Proses + Metodologi
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Mengelola isi halaman web
Introduction to Web & HTML Pertemuan 08
PROTOTYPING IMK 2015 Laseri, S.Kom.
REKAYASA WEB Development Process
JAVA.
Analisa Desain Sistem Informasi
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Pemrograman Berorientasi Objek IST AKPRIND Yogyakarta
Interaksi Manusia dan Komputer Antar Muka, Desain Layar, dan Usabilitas dari situs Harry Suryadi ( ) Henry Santoso ( )
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Mengelola Proses Perancangan
Prototyping Deskripsi Desain  Bagaimana kita menyatakan dengan cepat gagasan-gagasan desain ?  Tidak ada koding.
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Dialogue Notation & Design Part-2
Transcript presentasi:

Alat Bantu Perangkat Lunak Interaksi Manusia dan Komputer Sesi 4

Topik Bahasan Metode spesifikasi Interface-building tools Multiparty Grammar Unified Modeling Language (UML) User Action Notation (UAN) Interface-building tools Design tools Software-engineering tools IMK Sesi 4

Metode Spesifikasi Aset pertama dalam membuat perancangan adalah notasi yang baik untuk merekam dan mendiskusikan kemungkinan-kemungkinan. Spesifikasi dalam bahasa alami: cenderung bertele-tele, samar-samar, dan membingungkan. Bahasa formal dan semiformal: efektif untuk bahasa perintah. Menu-tree structures: menunjukkan tata letak menu. Tidak menunjukkan seluruh aksi yang mungkin. IMK Sesi 4

Metode Spesifikasi (Lanj.) UML class diagram: hubungan antar-elemen sistem. Lebih baik daripada menu-tree. UML Statechart diagram: sesuai untuk sistem interaktif. User action notation (UAN): notasi pendekatan untuk pengembangan sistem manipulasi langsung. IMK Sesi 4

Multiparty Grammar Penggambaran interaksi dengan notasi seperti BNF (Backus-Naur Form). Contoh BNF: <Telephone book entry> ::= <Name> <Telephone number> <Name> ::= <Last name>, <First name> <Last name> ::= <string> <First name> ::= <string> <string> ::= <character>|<character> <string> <character> ::= A|B|C|...|W|X|Y|Z <Telephone number> ::= (<area code><exchange> - <local number>) <area code> ::= <digit><digit><digit> <exchange> ::= <digit><digit><digit> <local number> ::= <digit><digit><digit><digit> <digit> ::= 0|1|2|3|4|5|6|7|8|9 IMK Sesi 4

Multiparty Grammar (Lanj.) Pada multiparty grammar ada nonterminal yang diberi label untuk menyatakan pihak yang menghasilkan string (U: user; C: computer). Contoh: Proses log-in <Session> ::= <U: Opening> <C: Responding> <U: Opening> ::= LOGIN <U: Name> <U: Name> ::= <U: string> <C: Responding> ::= HELLO [<U: Name>] Multiparty grammar efektif untuk rentetan perintah berorientasi teks yang berulang-ulang dipertukarkan, seperti pada terminal bank. IMK Sesi 4

UML Class Diagram (Bagian Atas) spCatalog cpCatalog <<build>> cpItem frmCartContent Session <<Web Session>> spCart <<link>> {action=Add,ItemId} <<submit>> {action=Change Quantity} cpCart cpHome .. n 1 {CategoryId} spItem {ItemId} {FeaturedItemId} Shopping cart is stored in Web Web Class Diagram for E-Commerce Site IMK Sesi 4

UML Class Diagram (Bagian Bawah) cpCheckout frmCheckout spCheckout <<link>> <<build>> <<submit>> spOrderSummar y <<redirect>> cpOrderSummar Session <<Web Session>> Checkout process successful cpCart UML Class Diagram (Bagian Bawah) Web Class Diagram for E-Commerce Site IMK Sesi 4

UML Class Diagram (Lanj.) Web Application Stereotypes (Jim Conallen) Web Target Web Server Page Web HTML Form Web Frameset Web Client Page IMK Sesi 4

UML Class Diagram (Lanj.) Stereotype asosiasi untuk Web Application Extension to UML: «link» «targeted link» «redirect» «submit» «build» IMK Sesi 4

UML Statechart Diagram for Robot Transmission IMK Sesi 4

User Action Notation (UAN) Digunakan untuk mengatasi keanekaragaman dunia manipulasi langsung. Simbol-simbol UAN: ~[icon] : bergerak menuju icon ~[x,y] : menuju koordinat (x,y) Mv : tombol mouse ditekan M^ : tombol mouse dilepas icon! : icon di-highlight icon-! : icon kembali normal icon! : icon berkedip icon > ~ : icon bergerak mengikuti kursor * : dapat berulang ( 0 kali) IMK Sesi 4

User Action Notation (Lanj.) Contoh 1: TASK: select an icon User Actions Interface Feedback ~[icon] Mv icon! M^ Contoh 2: TASK: select an icon User Actions Interface Feedback Interface State ~[file] Mv file!, forall(file!): file-! selected = file ~[x,y]* outline(file) > ~ ~[trash] outline(file) > ~, trash! M^ erase(file), trash!! selected = null IMK Sesi 4

Interface-Building Tools (Lanj.) Fitur interface-building tools: Kebebasan antarmuka pemakai Metodologi dan notasi Rapid prototyping Dukungan perangkat lunak IMK Sesi 4

Interface-Building Tools Interface-building tools disebut juga: Rapid Prototyper User Interface Builder User Interface Management System User Interface Development Environment Rapid Application Developer IMK Sesi 4

Interface-Building Tools (Lanj.) Kebebasan antarmuka pemakai Memisahkan perancangan antarmuka dari program internal. Memungkinkan strategi multiple user-interface. Memungkinkan dukungan multi-platform. Memberi peranan arsitek antarmuka pemakai. Menegakkan standar. IMK Sesi 4

Interface-Building Tools (Lanj.) Metodologi dan notasi Mengembangkan prosedur perancangan. Menemukan cara berbicara tentang perancangan. Melakukan manajemen proyek. Rapid prototyping Mencoba gagasan dengan sangat dini. Uji, revisi, uji, revisi, …. Mengikutsertakan end users, manajer, pelanggan. IMK Sesi 4

Interface-Building Tools (Lanj.) Dukungan perangkat lunak Meningkatkan produktivitas. Memberikan pemeriksaan kendala dan konsistensi. Memfasilitasi pendekatan tim. Memudahkan pemeliharaan. IMK Sesi 4

Contoh Interface-Building Tools Design tools Software engineering tools IMK Sesi 4

Design Tools Membuat gambaran awal dengan cepat penting di tahapan awal perancangan untuk: Menjajaki berbagai alternatif; Memungkinkan komunikasi dalam tim perancang; Menyampaikan kepada klien seperti apa bentuk produk nantinya. IMK Sesi 4

Design Tools (Lanj.) Beberapa contoh design tools: CAI software: Macromedia Authorware, IconAuthor, Quest. Multimedia construction tools: HyperCard, Macromedia Director, Macromedia Flash. Slide presentation software: Microsoft PowerPoint. Visual programming tools: Microsoft Visual Basic (sekarang dalam Visual Studio .NET), Borland Delphi. Web design tools: Macromedia Dreamweaver, Macromedia Fireworks. IMK Sesi 4

Design Tools (Lanj.) IMK Sesi 4

Design Tools (Lanj.) IMK Sesi 4

Software Engineering Tools Tcl/Tk: #First make a menu button menubutton.menu1 -text "Unix Commands" -menu.menu1.m -underline 0 #Now make the menu, and add the lines one at a time menu.menu1.m .menu1.m add command -label "List Files" -command {ls} .menu1.m add command -label "Get Date" -command {date} .menu1.m add command -label "Start Calendar" -command {xcalendar} pack.menu1 IMK Sesi 4

Software Engineering Tools (Lanj.) Java: class Test { public static void main(String[] args) for(int i = 0; i < args.length; i++) System.out.print(i == 0 ? args[i] : " " + args[i]); System.out.println(); } IMK Sesi 4

Software Engineering Tools (Lanj.) JavaScript <script language="JavaScript" type="text/javascript"> <!-- function square(i) { return i * i; } document.write('The function returned:‘ + square(5) + '.'); //--> </script> IMK Sesi 4