Matakuliah : R0044/Metode Perencanaan dan Perancangan Arsitektur

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TUGAS BESAR PERANCANGAN ARSITEKTUR V
Advertisements

Bubbe diagram.DOC Pertemuan
PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP PENGENALAN BANGUN RUANG
Rumus Matematika Dasar Bangun Ruang
(Ref : Budi Raharjo, ITB)
1 Pertemuan 05 Permasalahan dalam Perancangan Arsitektur Matakuliah: R0022/Pengantar Arsitektur Tahun: Sept 2005 Versi: 1/1.
PROSES DALAM ARSITEKTUR
KREATIFITAS DALAM ARSITEKTUR
ARSITEKTUR, ARSITEK DAN PENGGUNA
ILMU, TEKNOLOGI DAN SENI DALAM ARSITEKTUR
Plat Lantai, Kolom, dan Balok Pertemuan 09-10
Sistem informasi berbasis komputer dan Sistem Informasi Manajemen
Dasar Komputer & Pemrograman 1 A
1 Matakuliah: R0116/ Studio Perancangan Arsitektur 6 Tahun: 2006 Pertemuan 7.
Pertemuan 5 Balok Keran dan Balok Konsol
Konsep Tata Ruang Pertemuan 22
Konsep Gubahan Massa dan Bentuk Pertemuan 26, 27
Estetika Bangunan Pertemuan 33
Pendahuluan Pertemuan 1-2
1 Matakuliah: R0342/Metode Penenlitian Tahun: 2006 Pertemuan 4.
Terjadinya Bentuk Pertemuan 12-13
Matakuliah: R0464 / Perancangan Tapak Tahun: September 2008 Pertamanan Pertemuan 6.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Perancangan Pertemuan 14-15
Metode perancangan, menurut : Chernikov Pertemuan 7 Matakuliah: R0422 / Metode Perancangan Arsitektur Tahun: 2007.
Matakuliah : R0044/Metode Perencanaan dan Perancangan Arsitektur
1 Pertemuan 03 Alam Pikir Manusia dan Arsitektur Matakuliah: R0022/Pengantar Arsitektur Tahun: Sept 2005 Versi: 1/1.
Konsep Sistem Informasi
RISET OPERASIONAL Staf Pengajar.
Definisi Desain BERASAL DARI KATA (ITALIA): DISEGNO INTERNO (KONSEP UNTUK KARYA YANG AKAN DILAKSANAKAN) DAN DISEGNO ESTERNO (KARYA YANG SUDAH TERLAKSANA)
Visualisasi Sebagai Komunikasi Rancangan Pelukisan
PERTEMUAN KE-09 TAMPAK BANGUNAN
KOMUNIKASI DALAM ARSITEKTUR
YUNITA SYAFITRI RAMBE, ST, MT
Logika Matematika Pendahuluan.
Jurnal Ledger & Subsidiary Ledger Pertemuan 02
Sintesis Tapak Pertemuan 19, 20
Menggambar Bangun Ruang
Bagian 1-Apa itu Multimedia?
Desain & Teknologi.
PROGRAM RUANG Pertemuan 4
Pengertian Real Estat Pertemuan 01
Studi Kasus : Desain Rumah Tinggal Sederhana Pertemuan 23 dan 24
Pertemuan 2 Kemampuan Berkomunikasi bagi seorang arsitek
GEOMETRI TIGA DIMENSI.
REVIEW METODOLOGI PERANCANGAN ARSITEKTUR Pertemuan 1
Matakuliah : R0044/Metode Perencanaan dan Perancangan Arsitektur
SIKLUS PELAPORAN MANAJEMEN
SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG
Matakuliah : R0116/ Studio Perancangan Arsitektur 6 Tahun : 2006
Matakuliah : R0116/ Studio Perancangan Arsitektur 6 Tahun : 2006
Pengantar Teknologi Sistem Informasi
Dasar Komputer & Pemrograman 1 A
Konsep dlm arsitektur & jenis-jenis desain
Pendahuluan Pertemuan 1-2
GAMBAR RANCANGAN POTONGAN BANGUNAN
PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP/MTs PENGENALAN BANGUN RUANG
Pertemuan 13 Bentuk Bangunan
PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP PENGENALAN BANGUN RUANG
Prategang Pada Struktur Statis Tak Tentu Pertemuan 13
Metode Perancangan Arsitektur I
project perancangan Problem desain dipecahkan melalui peralatan
Hak Atas Kekayaan Intelektual
Aljabar Boolean Kusnawi, S.Kom Logika Informatika 2008.
Filsafat Arsitektur 1 TJ.
Faktor-faktor Sosial dan Psikologis dalam Arsitektur Pertamanan
TIM PENYUSUN MODUL AGRIBISNIS TANAMAN
Perhatikan dengan tenang Perhatikan dengan tenang Dengarkan apa yang dijelaskan Dengarkan apa yang dijelaskan Tidak bermalas- malasan Tidak bermalas-
ASSALAMUALA’IKUM WR. WB POWER POINT BANGUN RUANG DAN SEGITIGA NAMA: MUHAMAD ALFIAN R.R KELAS: VIII.6 TUGAS: MATEMATIKA.
KREASI KARYA SENI RUPA.
PENGENALAN KONSEP Interaksi Manusia Komputer (IMK) Oleh :Nofriadiman, ST., Mkom Program Studi Sistem Informasi STTIND Padang.
Transcript presentasi:

Matakuliah : R0044/Metode Perencanaan dan Perancangan Arsitektur Tahun : 2006 Analogi Pertemuan 18-19

Salah satu cara merancang yang paling banyak sumber inspirasi adalah merancang cara analogi, adalah perancangan cara analogi mengambil sumber bentuk dari alam yang dikenal sehari-hari. Sumber itu dapat menjadi simbol dari bangunan tersebut diambil hanya karena pertimbangan estetis belaka.

Analogi dalam arsitektur dapat dibagi dalam beberapa jenis sebagai berikut : 1. Analogi Matematik Bentuk arsitektur yang meng-ambil sumber bentuk dari bentuk-bentuk dasar matematika seperti: kubus, bola, balok, tabung, piramida dan lain-lainnya. Kadang-kadang dua atau tiga bentuk dasar ini dikombinasikan untuk dijadikan bentuk arsitektur.

2. Analogi Biologik Atau tersebut bentuk organik, image dasar bentuk analogi biologik adalah dari bentuk-bentuk yang ada dalam seperti : bentuk keong, batu karang, daun dan lain-lainnya. Sumber bentuk dari alam ini sangat banyak dan menunggu daya kreasi arsitek untuk mengolahnya menjadi sebuah bentuk bangunan arsitektur.

3. Analogi Linguistik Bentuk bangunan analogi linguistik ini berusaha untuk ber-komunikasi dan menyampaikan pesan-pesan kepada pemakai dan pengamat dengan cara semiotik. Semiotik adalah ilmu yang mempelajari bentuk dan simbol dalam arsitektur, jadi cara semiotik cara berkomunikasi dengan bentuk dan simbol

4. Analogi Mekanik Dimana sumber bentuk mengambil dari bentuk-bentuk industri analogi mengagungkan bentuk-bentuk industri dan mulai dikembangkan oleh Le Corbuiser dengan semboyan- semboyan-nya : A house is a machine for living in and an office or a factory is machine for working in Keindahan adalah harapan dari fungsi

5. Analogi Pemecahan Masalah Ini adalah bentuk perancangan terakhir mulai dikembangkan dan menganggap bahwa arsitektur adalah seni yang menuntut lebih banyak penalaran dari pada inspirasi, lebih banyak pengetahuan factual dari pada kegairahan hati. Bagunan yang mempunyai efficiency tinggi seperti bangunan utilitas dapat memakai analog ini dengan baik.

Proses dari “Decision Making” sebagai berikut :