Pemilihan Menu dan Pengisian Formulir

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Materi Pertemuan Ke-4 Bahasa Perintah.
Advertisements

Menu dan Formulir Materi Pertemuan Ke-3.
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pertemuan 4 Bahasa Perintah.
Manipulasi Langsung dan Lingkungan Maya
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Pemilihan Menu dan Pengisian Formulir
Manipulasi Langsung Manipulasi Langsung
Bahasa Perintah Pertemuan Ke-4.
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Menu dan Formulir.
Teori , Prinsip, dan Pedoman
Designing Effective Output / Input
Bina Sarana Informatika
Interaksi Manusia Dan Komputer (Interaksi)
Interaksi Manusia dengan Komputer
Menu, Form, dan Kotak Dialog Pertemuan 7
Pertemuan 3 Menu dan Formulir
Bahasa Perintah. Tujuan dasar perancangan bahasa  Presisi  Kekompakan  Kemudahan dalam penulisan dan pembacaan  Mudah dipelajari  Sederhana, mengurangi.
Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Pertemuan <<3>> MENU, FORMULIR, DAN KOTAK DIALOG
Menu, Formulir, dan Kotak Dialog
Sumber Slide : Inayatullah,M.Si
komponen antarmuka pengguna
Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP USER INTERFACE.
Menu, Form, dan Kotak Dialog
ANTARMUKA BERBASIS MENU
Perancangan antarmuka (design interface)
Menu, Formulir, dan Kotak Dialog
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
Menu, Form, dan Kotak Dialog
PERANCANGAN INTERFACE USER
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
Interaksi Manusia dan Komputer
Menu dan Formulir Materi Pertemuan Ke-3.
Teori , Prinsip, dan Pedoman Pertemuan 2
Teori, Prinsip, dan Pedoman
KONSEP INTERFACE
Human Computer Interaction (3)
PEMILIHAN MENU DAN PENGISIAN FORMULIR
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Menu, Form, dan Kotak Dialog
Interaksi manusia komputer
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Menu, Formulir, dan Kotak Dialog
Teori , Prinsip, dan Pedoman
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Kelompok 4 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
Human-Computer Dialogue
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Manipulasi Langsung Manipulasi Langsung
Kelompok 4 Tugas 5 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
Menu dan Formulir Materi Pertemuan Ke-3.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Menu, Formulir, dan Kotak Dialog
Menu, Formulir, dan Kotak Dialog
Interaksi.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Menu, Form, dan Kotak Dialog
INTERAKSI.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Dialogue Notation & Design Part-2
Transcript presentasi:

Pemilihan Menu dan Pengisian Formulir (HUMAN-COMPUTER INTERACTION) Pertemuan ke 3 Pemilihan Menu dan Pengisian Formulir

Jenis-jenis Menu Single menus (menu tunggal) Binary menus * Button Choices * Multiple – item menus * Radio Buttons *

Extended Menus Pull-down and pop-up menus

Permanent menus (iconic menus, toolbars, or palettes)

Multiple-selection menus (check boxes)

Linear sequences and multiple menus (urutan linear dan menu ganda)

Tree structured menus

Acyclic and cyclic menu networks (jaringan menu asiklik dan siklik) Berguna untuk : Hubungan sosial Rute transportasi Referensi jurnal ilmiah Dapat membingungkan dan menyesatkan

Bergerak pada menu dengan cepat Menu dengan typeahead Nama menu untuk akses langsung Menu macros

Pedoman perancangan menu Gunakan task semantic dalam organisasi menu Lebih baik luas dan dangkal daripada sempit dan dalam Tunjukkan posisi dengan gambar, angka, atau judul

Lanjutan….. Gunakan nama item sebagai judul pada tree Gunakan pengelompokkan item yang berarti Gunakan pengurutan item yang berarti Tampilkan item dengan singkat, mulai dengan keyword

Lanjutan… Gunakan tatabahasa, layout, dan peristilahan yang konsisten Sediakan typeahead, jumpahead, dan shortcut lainnya

Sediakan lompatan ke menu sebelumnya dan menu utama Lanjutan….. Sediakan lompatan ke menu sebelumnya dan menu utama Perhatikan petunjuk online, mekanisme pilihan “baru”, waktu respon, kecepatan tampil, dan ukuran layar

Pedoman perancangan formulir Gunakan judul yang berarti Gunakan petunjuk yang dapat dipahami Jelaskan task dengan singkat dan jika perlu sediakan layar petunjuk Gambarkan aksi yang harus dilakukan Hindari kata ganti atau referensi ke pemakai “Type the address” bukan “Enter the address”

Kelompokkan dan urutkan field secara logis Lanjutan… Kelompokkan dan urutkan field secara logis field yang berhubungan harus berdekatan pemisah antara kelompok harus jelas urutan wajar (city, state, zip code)

Layout formulir harus menarik secara visual Lanjutan… Layout formulir harus menarik secara visual field jangan dikumpulkan di satu tempat perhatikan alignment formulir di layar harus menyerupai di kertas

Lanjutan… Gunakan label field yang dikenal pemakai Jika memungkinkan, tampilkan pesan yang menjelaskan

Gunakan peristilahan dan singkatan yang konsisten Lanjutan… Gunakan peristilahan dan singkatan yang konsisten daftarkan istilah dan singkatan yang dapat diterima pergunakan daftar tersebut dan tambahkan isinya jika sudah dipertimbangkan baik-baik

Kursor harus dapat digerakkan dengan leluasa Lanjutan… Ruang kosong dan batas field yang perlu diisi data harus jelas terlihat Kursor harus dapat digerakkan dengan leluasa

Memungkinkan koreksi kesalahan untuk karakter atau field Lanjutan… Memungkinkan koreksi kesalahan untuk karakter atau field Tampilkan pesan kesalahan untuk nilai yang tak dapat diterima

Tandai field optional dengan jelas Lanjutan… Tandai field optional dengan jelas tandai dengan “(optional)” atau lainnya Sediakan tanda selesai pemakai harus memberi tahu pengisian selesai hindari penyelesaian automatis

Pertemuan 4 Bahasa Perintah

Strategi Organisasi Perintah Simple command list (daftar perintah sederhana) Setiap perintah dipilih untuk melaksanakan tugas (task) tunggal, dan jumlah perintah sama dengan jumlah tugas Untuk jumlah tugas yang sedikit , dapat menghasilkan sistem yang mudah dipelajari dan dipergunakan Contoh :

Command plus arguments (perintah tambah argumen) Lanjutan… Command plus arguments (perintah tambah argumen) Setiap perintah diikuti satu atau lebih argumen Contoh :

Lanjutan… Perintah dipisahkan dari argumen oleh spasi atau pemisah lainnya, dan argumen dapat berisi spasi atau pemisah di antaranya Bagi beberapa pemakai, label keyword atau argumen dapat membantu. Contoh :

Command plus options and arguments (perintah tambah option dan argumen) Perintah dapat mengandung option untuk menunjukkan keadaan khusus Contoh: Tingkat kesalahan dan kebutuhan akan pelatihan ekstensif meningkat dengan option yang banyak

Hierarchical command structure (struktur perintah hierarkis) Perangkat penuh perintah diatur menjadi struktur tree, seperti pada menu Dengan hanya lima perintah dapat dilakukan 5x3x4 = 60 tugas Pendekatan ini dapat dikembangkan untuk membantu pemakai pemula atau intermittent, seperti pada Lotus 1-2-3.

Keuntungan struktur Proses belajar, pemecahan masalah, dan ingatan manusia dipermudah oleh struktur yang bermakna Baik untuk task concept, computer concepts, dan rincian sintaktik bahasa perintah.

Struktur hierarkis dan kongruensi lebih mudah diingat Simbol atau keywords Struktur perintah mempengaruhi kinerja Penggunaan perintah dengan keyword lebih mudah daripada simbol Struktur hierarkis dan kongruensi Kongruensi : pasangan lawan kata yang selaras (simetris) Struktur hierarkis dan kongruensi lebih mudah diingat

Konsistensi, kongruensi, dan mnemonicity Dengan demikian disimpulkan bahwa sumber struktur yang baik dan berguna meliputi : Konsistensi posisi Konsistensi tatabahasa Pasangan kongruen Bentuk hierarkis

Strategi Penyingkatan Nama Perintah Pemotongan sederhana Contoh :

Buang huruf-huruf hidup dengan pemotongan sederhana Contoh :

Huruf pertama dan huruf terakhir Lanjutan… Huruf pertama dan huruf terakhir Huruf pertama setiap kata dalam frase

Singkatan standar dari konteks lain Lanjutan… Singkatan standar dari konteks lain Contoh: Fonik Contoh :

Penggunaan Bahasa Alami Natural language interaction (interaksi dengan bahasa alami) Natural language queries (permintaan dengan bahasa alami) Text-database searching (pencarian database teks)

Natural language text generation (penyusunan teks dengan bahasa alami) Adventure and educational games (permainan petualangan dan pendidikan)

Pertemuan 5 Manipulasi langsung

Hubungan user dengan antarmuka pemakai yang baik : Penguasaan atas sistem Kompetensi dalam melakukan tugas Kemudahan dalam mempelajari sistem dari awal dan mengasimilasi hal-hal lanjut (advanced) Kepercayaan diri dalam kapasitas mengingat penguasaan

Lanjutan… Kenikmatan menggunakan sistem Keinginan untuk mempertunjukkan sistem kepada pemula Keinginan untuk menjelajahi aspek-aspek yang lebih hebat dari sistem

Tentang manipulasi langsung Definisi :

Keuntungan : Kompatibilitas kendali dan tampilan Lebih sedikit sintaksis karena itu tingkat kesalahan berkurang Labih banyak pencegahan kesalahan Lebih cepat dipelajari dan diingat Mendorong penjelajahan

Kekurangan : Meningkatkan sumber daya (resource) sistem Aksi menyusahkan Teknik makro lemah Sulit dicatat dan ditelusuri Sulit digunakan oleh orang-orang yang penglihatannya terganggu

Contoh-contoh sistem manipulasi langsung Display editor dan pengolah kata Spreadsheet Manajemen data spasial (spatial data management) Video games Computer aided design and manufacturing Office automation, database, directories Graphical User Interface (GUI)

Masalah-masalah dengan manipulasi langsung Representasi spasial atau visual Pemakai harus mempelajari arti komponen-komponen representasi visual Bagi juru ketik yang berpengalaman, memindahkan mouse atau menunjuk sesuatu bisa lebih lambat daripada mengetik

Pemikiran Visual dan Ikon Ikon adalah gambar atau simbol yang mewakili konsep tertentu

Pedoman perancangan ikon : Representasikan objek atau aksi dengan cara yang dikenal Batasi jumlah ikon yang berbeda Buat ikon jelas terlihat dari latar belakangnya Pertimbangkan ikon tiga dimensi; bagus dilihat tapi dapat mengalihkan perhatian

Lanjutan… Pastikan setiap ikon yang dipilih terlihat jelas ketika dikelilingi oleh ikon yang tidak terpilih Buat setiap ikon berbeda dari yang lainnya Pastikan keselarasan setiap ikon sebagai anggota kelompok ikon

Lanjutan… Rancang animasi pergerakan : ketika diseret, tampil seluruh ikon, kerangkanya saja, versi hitam putih, atau kotak hitam Berikan informasi rinci Pikirkan penggunaan kombinasi ikon untuk menciptakan objek atau aksi baru

Virtual Reality (Kenyataan Maya)

Komponen-komponen VR Visual display Head position sensing Hand position sensing Force feedback Sound input and output Other sensations Cooperative and competitive VR

Visual display Head position sensing Hand position sensing

Force feedback Sound input and output

Other sensation Cooperative and competitive VR