School 2.0 SEA Cyber Class 2.0 sekolah-20.blogspot.com

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SELAMAT DATANG PESERTA PELATIHAN MANAGEMENT PEMBELAJRAN BERBASIS TIK (MPB-TIK) SSB BIREUEN 2010.
Advertisements

OLEH: NI KOMANG DEPI LESTARI
Konsep e-Learning Oleh Dwi Susanto 1 1.
LAYANAN SUBSTANSI PENDIDIKAN
E-LEARNING E-LEARNING KELOMPOK III HEDI SUSANTO HERY WAHYUDI HUSMADIA
WELCOME TO MYPRESENTATION
Roni Eka Sahputra,MD Orthopaedic Surgeon. Pengaruh IT pada Berbagai Aktivitas.
Pengembangan Infrastruktur
Seksi Konten.
Kegunaan Web Bagi Pendidikan
Metode Pembelajaran E-Learning
e-learning dan pembelajaran kolaboratif berbasis EDMODO
ICT Muhammadiyah Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sekolah Muhammadiyah Jaringan Pengembangan Sekolah Muhammadiyah Provinsi DIY.
Blog: http//: azduf-lkp.co.cc
DIKLAT TEMATIK Pengenalan E Learning ICT TERAPAN PPPPTK PKn IPS
PENERAPAN PEMBELAJARAN ELEKTRONIK DALAM TEMATIK TERPADU
Komponen E-Learning Musdalifah Dj PTIK-A.
MATERI PELATIHAN E-LEARNING
SISTEM BELAJAR MENGAJAR ON-LINE
PENTINGNYA IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE (E-LEARNING) PADA BIDANG PENDIDIKAN Diajukan Untuk Mengikuti Lomba Karya Ilmiah se-Provinsi Riau yang.
Simulasi Digital Kelas Maya.
SUMBER BELAJAR DAN PENGEMBANGAN MEDIA Oleh: Masduki TEAM BKMA-UMM 2014
JENIS DAN KARAKTERISTIK MEDIA PEMBELAJARAN
Kelompok 3 Pipih Resti Rohaeni
4/19/20151 Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional 4/19/20151 Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.
TAHUN 2013 KELOMPOK DKI JAKARTA
E-Learning by : AIRA 2009.
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
PEMBANGUNAN E-LEARNING DI SMP NEGERI 1 JAKARTA
Jenis-Jenis Aplikasi TIK
TUGAS TEMA 3 Dosen: Dr. Deden Makbuloh, M.Ag.
ELEMEN KOMUNIKASI 1. Komunikator (who) 2. Pesan (what) 3.  Media atau sarana (channel) 4. Komunikan (whom) 5. Pengaruh atau akibat (effect).
“Edmodo merupakan social network berbasis lingkungan sekolah (school based
Onno W. Purbo Catatan JARDIKNAS Onno W. Purbo
Metode Pembelajaran E-Learning
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
Usulan Pengembangan E-Leaning
Learning Management System (LMS)
Internet Sebagai Media Pembelajaran
E-learning dan Pembelajaran Kolaboratif Berbasis EDMODO
Pembelajaran Online Koesnandar.
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi
Konsep Kelas Maya.
KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN ELEARNING
1.
Komponen E-Learning
Media Pembelajaran Berbasis Web Interaktif
Network Operation Center System Development Center E-Learning Center
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
SISTEM PEMBELAJARAN DARING
Implementasi TIK di Sekolah & Kompetensi TIK Guru Indonesia
TEAM Diklat Dasar Instruktur
Mendesain Pembelajaran yang Inovatif untuk Suatu Program Pelatihan
PENGALAMAN PENGELOLAAN MATA AJAR dengan E-Learning Di SCELE
Pembelajaran Kolaboratif Online berbasis EDMODO
PENGALAMAN PEMANFAATAN E-LEARNING DI POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA
Model Pembelajaran Berbasis Komputer
E-Learning By : Ayu Arka Dianasari.
KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN & PEMBELAJARAN
II. KELAS MAYA Kegiatan Belajar 5: Memahami Kelas Maya – Perangkat Lunak Pendukung Kelas Maya.
Pemanfaatan ICT Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
OLEH : SHENI TRESNANING AYU NIM
PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN KOLABORATIF DARING God Bless & & SIMULA SI KOMUNIKAS I DIGITAL Pembelajaran dengan memanfaatkan kelas maya (cyber class) merupakan.
JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH MELALUI INTERNET
PENGANTAR TEKNOLOGI PENDIDIKAN
IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING
LATIHAN MEMBUAT PRESENTASI SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL Nama : Dani Cahaya Romadoni Kelas : X AGTER 1 Sekolah : SMK N 1 KALIBAGOR.
Peran Teknologi Menurut Smaldino, S. E., dkk (2015: 7-11) bahwa kegiatan pembelajaran di era digital dapat dilakukan di dalam atau di luar kelas, dimana.
Transcript presentasi:

School 2.0 SEA Cyber Class 2.0 sekolah-20.blogspot.com

EKOSISTEM PEMBELAJARAN tidak hanya terdiri atas gedung sekolah, tetapi juga adanya kombinasi dari rumah, sekolah, dan komunitas yang berkolaborasi untuk membawa "the wider world" ke dalam pembelajaran sehari-hari dan menyediakan peluang belajar yang besar.

Learning Ecosystems

INFRASTRUKTUR Interoperable data Applications (management, administrative, instruction and curriculum, assessment, and assistive) Network (network infrastructure devices and network security components, and Update Center) Devices (digital media, handle computing, assistive and adaptive technologies, and facilities management).

Desain Sistem 1.Jaringan 2.Sistem Informasi (SSO) 3.Storage 4.SMS 5.Pembelajaran 6.Jadwal pertemuan rutin 7.Jadwal evaluasi

Perbandingan Sistem Pembelajaran SEKOLAH REGULERSEKOLAH 2.0 Terpusat di sekolahDimana saja, 30% di sekolah untuk social skill (komunikasi, olahraga, musik) Pembelajaran saat jam sekolahKapan saja Guru standby di sekolah (24 jam/minggu)Standby dimana saja, di sekolah 3 jam/minggu Tatap MukaChatting, forum, , mailing list Pembelajaran terfokus pada ruangan (25 ruang untuk 1000 siswa) Pembelajaran tidak terfokus pada ruangan (25 ruang untuk 2000 – 3000 siswa) Tidak tergantung internetTergantung internet / intranet Memanfaatkan ATK 100%Penghematan biaya untuk ATK (20%), Memerlukan guru banyak (1000 orang memerlukan 25 guru) 1 Guru untuk satu mata pelajaran, tutor (3000 orang memerlukan 1 guru dan 60 asisten yang dapat diambil dari siswa)

Perbandingan Sistem Pembelajaran SEKOLAH REGULERSEKOLAH 2.0 Absensi perhariAbsensi perlogin, intensitas di milis, forum, dan chatting 1 Lingkungan Kampus / SekolahLingkungan Multi Kampus / Sekolah (Contoh JATIM 18 subKampus) Memerlukan keaktifan guruMemerlukan keaktifan SISWA Penyampaian materi konvensionalMemerlukan kreatifitas guru dalam membuat video, ebook sehingga pembelajaran lebih menarik bagi siswa

STAKEHOLDERS Administrators Community Teachers Students Parents Policymakers Technologists.

PLANNING AND IMPLEMENTATION Performance-driven administration Leadership and Collaboration Technical Support Continuous Improvement.

LEARNING ENVIRONMENT Communication Collaboration Content Assessment and Evaluation Creation.

Learning Environment School 1 Teachers Students School 2 Teachers Students School 3 Teachers Students Other Schools Teachers Students

Learning Material Printed Materials PLUS Softcopy Learning Videos Edu Games Moodle

Yang perlu diperhatikan -Sistem Informasi -Sistem Login -Tugas -Materi (video, ebook) -Penyusunan materi pembelajaran -Storage materi di tiap instansi (localhost) -Wireless di setiap Kelas untuk pengambilan materi ke device -Petunjuk penggunaan device -Pengadaan alat??

Peran Guru SMP kelas 2 / 3? Membuat materi sesuai RPP (video (sms), ebook, BSE) Evaluator (moodle / lunas / luas / ?) Sosialisasi sebagai moderator Forum / Q & A Honor guru jaga / jam  ??? Siapa? SMP sekitar 12 mata pelajaran Device untuk guru yang lebih bagus spek

Peran Kepala Sekolah Sosialisasi pada orang tua murid Menyiapkan sistem di sekolah yang terintegrasi dengan sistem SEAMOLEC (SEA- edunet) Harus menjadi partner SEAMOLEC Menyiapkan alat SMS untuk pembuatan materi Menyiapkan teknisi Sms dan network

Siswa Siap belajar Aktif dan mandiri MID EKEN m003 8” proc VIA 800mhz Belajar mengoperasikan device Belajar koneksi, akses materi, menyimpan materi. Storage tambahan untuk file-file pembelajaran

Daftar Nominasi Sementara 17 Sekolah yang mendaftar di Yogya