By Dwija Wisnu Brata Your Incrediable J2ME
J2ME ? Java 2 Micro Edition adalah pengembangan bahasa Java yang disesuaikan agar mampu berjalan di perangkat kecil semacam ponsel, PDA, dan pager. Tentu saja perangkat kecil ini memiliki keterbatasan-keterbatasan sumber daya.
2 Model Pemrograman J2ME A. Midlet ModelB. Game Model
Pembangunan Aplikasi Mobile Mobile device Java 2 Micro Edition CLDC CDC MIDP MIDlets
Karakteristik Mobile Device Berukuran kecil Terbatasnya display Input terbatas Terbatasnya dukungan multimedia Keterbatasan memori Keterbatasan sumber energi Rendahnya konsumsi energi Terbatasnya koneksi jaringan Terbatasnya waktu hidup
MID Device Display: Ukuran Display : 96 x 54 Display depth: 1 bit Pixel ratio: sekitar 1:1 Input (menerima satu atau dua mekanisme input berikut ini) : Keyboard dengan satu tangan Keyboard dengan dua tangan Touch screen
MIDlets Sebuah aplikasi dari MIDP disebut sebagai MIDlet. Application Management Software (AMS) dari device ini akan bergerak mengikuti method create, start, pause, dan destroy dalam MIDlet MIDlet adalah bagian dari paket javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus menjadi turunan dari class MIDlet. Ia dapat meminta parameter-parameter yang dibutuhkan dari AMS seperti yang telah didefinisikan pada application descriptor (JAD) Sebuah MIDlet tidak memiliki (dan harus tidak memiliki) method main. Ia secara otomatis akan dikenali oleh AMS dari starting point sebuah program
MIDlet Life Cycle
High Level vs Low Level
Kapan digunakan ? High Level Jika Anda akan membangun aplikasi sederhana, berupa aplikasi text based Apabila Anda ingin aplikasi Anda dapat digunakan pada banyak device (portability) Low Level Apabila Anda menginginkan untuk mengontrol secara mandiri tampilan dari sebuah aplikasi Apabila aplikasi Anda membutuhkan penempatan element UI secara tepat kedalam screen
High Level
Canvas Canvas adalah subclass dari Displayable Ia merupakan class abstract yang harus di-extend atau dijadikan sebagai subclass sebelum sebuah aplikasi memfungsikan class tersebut Canvas dapat digunakan bersamaan dengan Screen sebagai high-level Displayable Canvas akan mendefinisikan method-method tanpa event-handling. Aplikasi harus meng-override class-class tersebut untuk meng-handle event. Canvas akan mendefinisikan sebuah method abstract yang dinamakan paint(). Sebuah aplikasi yang akan menggunakan Canvas harus mengimplementasikan method paint().
Sistem Koordinat
J2me Game Model Timer Thread GameCanvas Sprite
Penerapan
Event IWIC INAICTA GEMASTIK
Terima Kasih