Nama : Anne Listianti NIM : Tugas : Konsep Alat Peraga

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Selamat Datang pada sesi ini
Advertisements

Pemanfatan dan Pengembangan Alat Peraga Disusun oleh: Dra.Sukayati, M.Pd Drs. Agus Suharjana, M.Pd.
PEMANFAATAN ALAT PERAGA MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DI SD
SITI ZULAEKAH, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN TEKNIK DENGAR CATAT 5W+1H PADA PESERTA DIDIK KELAS.
Metode Pembelajaran (Ceramah, Ekspositori, Demonstrasi, Drill dan Latihan, Tanya Jawab) Kelompok 6 : Febi Putri Rahmadini Fuji Rahayu Wulandari.
NUR RACHAYU APIANTI, Pembelajaran Seni Rupa di SMP Negeri 13 Semarang.
Media Pembelajaran Matematika
EKO RUDYANTO, Pembelajaran Seni Grafis Cetak Saring pada Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Pati.
Assalamualaikum Wr. Wb. TRIGMASTER ELEKTRIK Presented by: Pingkan Normalitasari (A ) Inna Mutmainnah R. (A ) Agus Supriyanto (A.
PEMBUATAN WEB E-LEARNING MICROSOFT WORD DAN MICROSOFT EXCEL Nursabrina
KEEFEKTIFAN INQUIRY BASED LEARNING
MENGGUNAKAN ADOBE DREAMWEAVER CS3, ADOBE PEMBUATAN WEBSITE PROMOSI TOKO ALFIN SPORT DENGAN for further detail, please visit
HUBUNGAN ANTARA RATA-RATA HITUNG, MEDIAN DAN MODUS
Assalamualaikum Wr. Wb..
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
“Aplikasi E-Learning Fisika untuk Siswa SMA dengan Menggunakan Moodle “ Seno Andriansyah for further detail, please visit
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Matematika
TRIGONOMETRI HOME MATERI PROFIL CONTOH SK & KD EVALUASI INDIKATOR
WORKSHOP DAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
MEDIA BELAJAR MATEMATIKA
Bimbingan Tugas Akhir Program (TAP) Pertemuan ke 7
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
GURISKA PRAMITA MUKTI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI TUMBUHAN/BINATANG DENGAN MEDIA BENDA ASLI MELALUI TEKNIK BERMAIN.
CUMRIAH, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PERSUASI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MELALUI MEDIA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA SISWA.
NURUL RIZQIAH, PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK CERITA ANAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGAPRESIASI CERITA ANAK SISWA KELAS VII SMP.
BAB VIII (PEMUSATAN DATA) MEDIAN & MODUS
Pengembangan media Pembelajaran Matematika
KURNIAWATI, PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DAN KEMAMPUAN EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 BOJONG PEKALONGAN.
WIJIATI, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA FOTO DENGAN METODE PETA PIKIRAN PADA SISWA KELAS VII H SMP NEGERI 3.
DIAH ZUIKANINGSIH, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN BERDASARKAN PENGALAMAN MELALUI TEKNIK KUMON DENGAN MEDIA LUKISAN PADA SISWA KELAS.
MENGGUNAKAN MOODLE DAN FLASH MX 2004
SARI YUNIARTI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PETUNJUK DENGAN PENDEKATAN PAIKEM MELALUI MEDIA PERMAINAN ORIGAMI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI.
ARLIS MURYANI, PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN TEKNIK KATA KUNCI DAN MEDIA OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS V SD 7.
NUR DHIYAN MAYASARI, Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kewibawaan Guru Bahasa Jepang terhadap motivasi Belajar Bahasa Jepang Siswa di SMA Negeri.
NOOR ISTIQOMAH, UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI SEKARAN 2 PADA MATERI POKOK KELIPATAN PERSEKUTUAN.
MITA REKSANINGRUM, KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER.
“PEMBUATAN WEBSITE PLANETARIUM JAKARTA DENGAN Deny Saputra,
WIDYAWATI SULISTIANINGSIH, UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV PADA MATERI POKOK OPERASI BILANGAN BULAT DENGAN METODE.
STATISTIKA.
IMRON, PERBEDAAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH JARAK BERTAHAP DAN JARAK TETAP TERHADAP KETEPATAN SERVIS BAWAH BOLA VOLI MINI PADA SISWA PUTRA KELAS.
MEDIA PEMBELAJARAN IPS
SRI WULANDARI, Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring melalui Media Papan Flanel Metode Global pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Beji 2 Ungaran.
NASORI, TINGKAT KESEGARAN JASMANI PADA SISWA PUTRA KELAS IV DAN V SD NEGERI 01,02 DAN 04 SEMINGKIR KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG.
IRAWATI MASROHAH, Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Dengan Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar.
APLIKASI MULTIMEDIA AL-QURAN MENGGUNAKAN MICROSOFT Nurul Rizki Satria,
jumlah bilangan-bilangan dibagi oleh banyaknya bilangan.
HENDRA WIDAGDO, Penerapan Metode Untuk Meningkatkan Pembelajaran Dalam Operasi Hitung Perkalian Melalui Bimbingan Belajar Pada Siswa Kelas IV.
ANI SURYAWATI, Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Melalui Alat Peraga Konkret Dengan Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas.
KELAS 1 MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 2004  PEMBUATAN  APLIKASI  CD  INTERAKTIF  MATEMATIKA  UNTUK  SD  for further detail, please visit
Assalamuallaikum Wr.Wb
TRESNA DEWI ARUM SARI, Meningkatkan Kemampuan Pengerjaan Sifat-Sifat Operasi Hitung Dengan Teknik Inquiri Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa.
RENIATI, BimbinganTerhadap Siswa Yang Mengalami Masalah Belajar Melalui Motivasi Ekstrinsik di Kelas V SD N Tambakaji 03 Semarang.
ABDUL MAJID, Bimbingan Bagi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Dalam Memahami Perkalian Pelajaran Matematika Kelas III SD Negeri Mangkang Kulon.
CHADWAN DWI YOGANINGSIH, MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN (SATUAN UKURAN PANJANG) MELALUI.
DWI PRASETYO, Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Berdasarkan Pengalaman dengan Model Explicit Instruction pada Siswa Kelas V SD Negeri.
WEBSITE Mutia Erminda Febriany
DIANITA WIJAYANTI, Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Pengurutan Bilangan Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas.
NOFIYAWATI SULISTYORINI, Penggunaan Media Komik Kimia Dalam Pembelajaran dengan Genius Learning Strategy dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar.
DWI HADIYAR RAHMAN, Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Melalui Bermain Peran Pengerjaan Operasional Campuran Pada Siswa Kelas IV SD 3.
M. LUQMAN HAKIMUR R., UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PENBELAJARAN PECAHAN DESIMAL DI KELAS IV SDN ANJASMORO DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN.
DARUM SANTI, PERMAINAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK.
Pengenalan Alat Peraga
PENGEMBANGAN WEBSITE E-LEARNING PEMBELAJARAN BIOLOGI Sary Suryadewi
CHAPTER 1 DESKRIPSI DATA
UKURAN PEMUSATAN ( Median, dan Modus)
INTERAKTIF APLIKASI for further detail, please visit
Pembuatan Website “ Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak” dengan menggunakan Saptari, for further detail, please visit
Memperkenalkan Gambar dan Alphabet Dengan Menggunakan Aplikasi PUPUT WIDYANINGSIH, for further detail, please visit
Transcript presentasi:

Nama : Anne Listianti NIM : 11215200134 Tugas : Konsep Alat Peraga Fakultas / Jurusan : Tarbiyah dan Keguruan / Pendidikan Matematika Universitas : UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU,PEKANBARU Website : http://annelistianti.wordpress.com

Mengapa Diperlukan Alat Peraga Matematika ? Matematika merupakan suatu ilmu sekaligus seni yang berhubungan dengan penelaahan bentuk-bentuk suatu struktur yang abstrak Mengapa diperlukan alat peraga matematika? Pandangan konstruktivis tentang anak belajar sebaiknya membangun sendiri arti dari pengalamannya dan interaksi dengan orang lain, sedangkan tugas guru mendampingi siswa agar memperoleh pengalaman belajar yang bermakna (meaningful learning experience) bagi siswa.

Pengertian Media Pembelajaran Media pengajaran adalah semua benda yang menjadi perantara terjadinya proses belajar. Alat peraga merupakan media pengajaran yang membawakan ciri-ciri dari konsep yang dipelajari (Elly Estiningsih, 1994). Alat peraga matematika adalah seperangkat benda konkret yang dirancang, dibuat, dihimpun atau disusun secara sengaja yang digunakan untuk membantu menanamkan konsep-konsep atau prinsip-prinsip dalam matematika (Djoko Iswadji, 2003). Sarana merupakan media pengajaran yang berfungsi sebagai alat untuk melakukan kegiatan belajar

Manfaat Penggunaan Alat Peraga Matematika Yang Tepat Mempermudah abstraksi Memudahkan , memperbaiki atau meningkatkan penguasaan konsep atau fakta Memberikan motivasi pada siswa melalui seni matematika Memberikan variasi pembelajaran Meningkatkan efisiensi waktu Menunjang kegiatan matematika di luar kelas Meningkatkan keterlibatan siswa dalam belajar

Fungsi Alat Peraga Sebagai media dalam menanamkan konsep-konsep matematika. Sebagai media dalam memantapkan pemahaman konsep melalui belajar sambil bermain. Sebagai media untuk menunjukkan hubungan antara konsep matematika dengan dunia di sekitar kita serta aplikasi konsep dalam kehidupan nyata.

Kertas warna –warni (origami jepang) Nama Alat Peraga Papan Bergantung (Papan Data) Konsep Yang Dijelaskan Membuat, membuktikan dan menjelaskan konsep modus (data kelompok) melalui pengamatan (observasi ) ukuran sepatu mahasiswa Pendidikan Matematika IV B. Alat dan Bahan Kertas warna –warni (origami jepang) Gunting Lem (perekat) Pipet Spidol Papan gabus/ kardus Tutup minuman kaleng Cara Membuat Cara Menggunakan

UKURAN SEPATU 36 ORANG MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA IV B 41 39 38 36 41 37 36 42 37 39 37 39 40 37 41 41 37 40 38 37 38 37 38 37 37 43 42 41 41 38 36 38 36 41 37 41

Cara Membuat Lihat Disini Menggunakan Rumus : Cara Menggunakan Lihat Disini Cara Membuat Menggunakan Rumus : Mo = Tb + p [ d1 / d1 + d2 ] Keterangan Rumus Berikut Contohnya

Keterangan: Tb = tepi bawah kelas modus p = panjang kelas interval d1 = selisih frekuensi kelas modus dengan frekuensi kelas sebelumnya. d2 = selisih frekuensi kelas modus dengan frekuensi kelas Mo = Tb + p [ d1 / d1 + d2 ] Mo = 35,5 + 1 [ 14 / 14 + 1 ] = 35,5 + 1 [ 14 / 15 ] = 35,5 + 0,933 = 36,43

TERIMA KASIH