UNIT 1 Pengembangan APLIKASI MULTIMEDIA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kategori Desain Grafis
Advertisements

PPB Media Pembelajaran & Pengelolaan Sumber Daya
Bab 6 Multimedia.
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
MULTIMEDIA ISLAMI Mista Hadi Permana DEFINISI MULTIMEDIA DDalam dunia elektronika, multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996).
Memahami Etimologi Multimedia
E-LEARNING, I-LEARNING DAN FUNGSI MENU PULLDOWN PADA Ms. POWER POINT
Pengenalan Program Macromedia Flash
Klasifikasi Piranti Authoring Multimedia
Prinsip Perancangan Multimedia
Macromedia Flash Animasi dasar terbagi menjadi 3 = Gerak, skala, putar. M. Flash menyediakan 2 teknik pembuatan Animasi Frame by frame (dalam animasi.
PROTOTYPING Analisa Desain Sistem Informasi. Pendahuluan Prototipe merupakan simulasi atau animasi dari bakal sistem. Prototipe merupakan suatu metode.
Protyping IMK-M5.
PENGANTAR TEKNIK INFORMATIKA
Sistem Multimedia.
Klasifikasi Tools Authoring Multimedia
Pemrograman multimedia
MULTIMEDIA PEMBUATAN APLIKASI TATA CARA SHOLAT BERBASIS
DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX APLIKASI MULTIMEDIA KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA for further detail, please visit
Pertemuan 6 Alat Bantu Authoring Multimedia
Macromedia Flash Animasi dasar terbagi menjadi 3 = Gerak, skala, putar. M. Flash menyediakan 2 teknik pembuatan Animasi Frame by frame (dalam animasi.
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA
1 Pertemuan 8 Memilih Media Matakuliah: D0514 / Aplikasi Software Komputer Tahun: 2005 Versi: 1.
Pertemuan 12 Perancangan dan Pengembangan Sistem Multimedia Interaktif
Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa
Memahami etimologi multimedia
WEBSITE PEMBUATAN for further detail, please visit
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Multimedia Authoring For Health Information
PRAKTIKUM CASE Ati Suci Dian Martha, S.Kom., M.T. -
PENGENALAN APLIKASI for further detail, please visit
Materi 1. Konsep dasar, pembuatan dan aplikasi multimedia
APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGENAI SISTEM ORGAN Helmi Gustriyanto
PEMBUATAN APLIKASI GAMES MEMORY DENGAN MENGGUNAKAN Agung Nursadewa,
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
Produksi Konten Multimedia (lanjutan)
PI Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Animasi Pengenalan Angka Dengan Macromedia Flash Mx for further detail, please visit.
1.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
PEMBUATAN CD INTERAKTIF PENGENALAN HURUF DAN ANGKA Riri Ananda Putri
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
DASAR DASAR MULTIMEDIA
MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 2004
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
APLIKASI POWER POINT ONLINE
Multimedia Authoring Tools
Nama for further detail, please visit
PEMBUATAN CD INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA Nuryadin
APLIKASI PENGENALAN ORGAN TUBUH MAKHLUK HIDUP DALAM Prastia Puspita Saputri, for further detail, please visit
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
Interactive multimedia
PRSENTASI.
BAB I PENGANTAR DESAIN GRAFIS.
& Pengelolaan Sumber Daya
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
4.2 PERKAKASAN DAN PERISIAN
PENGENALAN KEPADA SISTEM MULTIMEDIA (WXET 3142)
This presentation uses a free template provided by FPPT.com ETIMOLOGI MULTIMEDIA Oleh : Putrie Fortuna RGP.
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Animasi Flash.
for further detail, please visit
APLIKASI PENGENALAN FOTOGRAFI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 7
PPG DALAM JABATAN Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF STORYBOARD.
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
Aplikasi Permainan Pencari Kata Dengan Menggunakan Macromedia Flash 6 Mx Rusli Wahyudi, for further detail, please visit
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ICT Heri Cahyono.
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Transcript presentasi:

UNIT 1 Pengembangan APLIKASI MULTIMEDIA BAB 2 Perangkat Lunak Authoring Multimedia

2.0 Pengenalan Objektif Memahami Pentingnya Software authoring dalam Multimedia. Memahami 6 KRITERIA PEMILIHAN Software Authoring Memahami 4 METAFORA Software Authoring Memahami 3 Kompleksitas Software Authoring

Dari Konteks Multimedia 2.1 Definisi Authoring Dari Konteks Multimedia Authoring membawa pengertian satu ciptaan atau hasil kreativitas pikiran seseorang dalam proses yang menggabungkan teks, grafik, animasi, audio dan video untuk menciptakan suatu aplikasi Multimedia dalam format CD-ROM, situs, kiosks dan sebagainya.

2.2 Definisi Software Authoring Larry dan Nancy (1995) Perangkat lunak yang memungkinkan aplikasi-aplikasi multimedia dibuat dengan m'gabungkan suara, gerakan, grafik, audio, video dan teks ke dalam sesuatu lunak. McGloughin (2001) Aplikasi komputer yang memungkinkan pengguna mengembangkan perangkat lunak dengan menyeret dan meletakkan berbagai komponen media tanpa keterampilan bahasa pemrograman. Vaughan (2001) Suatu integrasi yang mengumpulkan konten dan fungsi sebuah proyek yang dikembangkan....

2.2 Definisi Software Authoring Paket perangkat lunak yang memungkinkan Anda mengumpulkan dan mengintegrasikan elemen-elemen media ke dalam suatu aplikasi multimedia. Istilah 'penulisan' atau 'komponis' digunakan karena Anda dianggap sebagai penulis untuk aplikasi tersebut.

2.3 Pentingnya Software Authoring Menghemat waktu dalam menghasilkan suatu aplikasi yang canggih. Memungkinkan integrasi atau kekompakan teks, audio, video dan animasi ke dalam presentasi interaktif. Memungkinkan aplikasi multimedia dikembangkan tanpa keterampilan & pengalaman pemrograman yang kompleks. Menyediakan lingkungan terpadu untuk menghubungkan semua isi dan fungsi sebuah aplikasi yang ingin dikembangkan.

2.4 Kriteria Pemilihan Software Authoring Mendukung Fitur Mengedit: peralatan mengedit elemen-elemen multimedia: grafis, animasi, teks, audio digital, video. Cth: Adobe Photoshop Membantu Anda menyusun atau mengorganisasi proyek multimedia. Gambar atau diagram storyboard dan navigasi digunakan utk mewakili aplikasi Cth: Macromedia Athorware Interaktivitas memungkinkan pengguna memiliki kendali penuh atas konten dan aliran informasi di dalam aplikasi tersebut.

2.4 Kriteria Pemilihan Software Authoring Dapat dimainkan pada kedua lingkungan Macintosh dan Windows. Macintosh: cocok sebagai platform pengembangan Windows: cocok sebagai platform pengguna Mengingat Web telah menjadi media penyebaran multimedia yang penting, pastikan aplikasi yang dikembangkan dapat disebarkan pada Internet. Mendukung fitur penyebaran dengan menyediakan fasilitas penyediaakn versi run-time. Versi run-time memungkinkan pengguna mencapai aplikasi tanpa dapat mengubah konten. Lebih mudah fitur penyebaran; lebih luas pasar

2.5 Authoring VS Pemrograman Software AUthoring Dapat digunakan untuk aplikasi multimedia. Punyai peralatan tingkat tinggi. Pengembang mengembangkan aplikasi tanpa pengetahuan pemrograman Akses fungsi yang terbatas Pengembang hanya memilih perintah untuk diberikan kepada sistem komputer dari set yang terbatas. Waktu Pengembangan - cepat Ukuran aplikasi agak besar Software Pemrograman Dapat digunakan untuk aplikasi multimedia. Punyai peralatan tingkat rendah. Pengembang harus memiliki pengetahuan pemrograman. Akses fungsi yang banyak Pengembang dapat mengarah komputer untuk laksanakan apapun tugas yang diinginkan. Waktu Pengembangan - lama Ukuran aplikasi lebih kecil

Klasifikasi Software Authoring Ada dua cara pengklasifikasian piranti authoring multimedia : Semua piranti multimedia yang berbasis pada metafora. Metafora berdasarkan tiga karakteristik utama yakni: Cara program mengorganisasikan elemen2 yg berbeda. Cara program menghubungkan kejadian2 yang terjadi. Cara aplikasi dikirimkan. Metafora Capability dan Complexity

2.6 Metafora Software Authoring METAFORA digunakan untuk mengurus dan mengatur urutan elemen Multimedia. Perangkat Lunak Authoring Multimedia dibagi menjadi 4 kategori utama berdasarkan METAFORA. Metafora Berasaskan Array Kartu/ Halaman Buku Metafora Berasaskan Icon / Objek Metafora Berasaskan Waktu Metafora Berasaskan Ikon Persembahan Slaid

2.6 Metafora Software Authoring 2.6.1 Metafora Berbasis Array kartu Beroperasi berdasarkan array kartu / Halaman buku. Gambar-gambar grafis disusun dalam bentuk urutan logis atau mengumpulkannya berdasarkan bab dan lembaran buku atau kartu di dalam kartu katalog Cth: HyperCard, HyperStudio dan Asymetrix ToolBook

2.6 Metafora Software Authoring 2.6.2 Metafora Berbasis Icon Menggunakan konsep Bagan Alir untuk menghasilkan peta keterkaitan antara elemen multimedia. Menggunakan pendekatan pemrograman visual untuk menyusun dan menyajikan multimedia. Cth: Macromedia Authorware, Icon Author,

2.6 Metafora Software Authoring 2.6.3 Metafora Berasaskan Waktu Berbasis frame atau movie Objek-objek disusun di sepanjang garis waktu. Cocok digunakan untuk pembangunan animasi. Berisi set fitur-fitur yang luas untuk menghasilkan presentasi multimedia, animasi dan aplikasi interaktif multimedia. Cth: Macromedia Director / Flash

2.6 Metafora Software Authoring 2.6.4 Metafora Berasaskan Slide Berasaskan presentasi slide atau slide show Kelebihan: boleh digunakan pada kedua-dua persekitaran Windows dan juga persekitaran Macintosh. Cth: PowerPoint

2.7 Capability dan Complexity Software Authoring Program authoring dapat dikelompokan dalam kategori berikut : 1. Peranti Presentasi Multimedia-Capable 2. Peranti Integrasi Dedicated Media 3. Peranti Pengembangan Multimedia Profesional

2.7 Capability dan Complexity Software Authoring 2.7.1 Peranti Presentasi Multimedia-Capable Semi untuk aplikasi non-profesional. Kebanyakan untuk pendidikan atau untuk training. Biasanya sangat efisien untuk integrasi diagram, grafik, dan ilustrasi sederhana. Contoh : Microsoft PowerPoint , Adobe Persuasion, Lotus Freelance Graphics, WordPerfect Presentation, Software Publishing's Harvard Graphics

2.7 Capability dan Complexity Software Authoring 2.7.2 Peranti Integrasi Dedicated Media - Urutan kejadian2 dan elemen2 multimedia. - Semi untuk penggunaan full professional. contoh: IBM's Storyboard Live!, Asymmetric's Media Blitz!, Passport Producer

2.7 Capability dan Complexity Software Authoring 2.7.3 Peranti Pengembangan Multimedia Profesional Aplikasi interaktif yang tinggi seperti : games. Penggunaan full profesional. Kapabilitas Programming/scripting . Contoh: Macromedia Director, Authorware, Flash, Asymmetric's Toolbook, Apple's HyperCard, Aimtech's IconAuthor

Kesimpulan Ada berbagai jenis Software authoring yang dapat digunakan untuk membangun berbagai jenis aplikasi multimedia yang canggih dalam berbagai bidang. Pemilihan perangkat lunak authoring yang tepat dalam Pengembangan aplikasi multimedia adalah penting. Pengembang aplikasi multimedia tidak selalu memilih perangkat lunak authoring yang mahal lagi kompleks. Berbagai jenis penulisan yang mudah diperoleh dengan gratis atau dengan harga yang murah dapat digunakan dalam pengembangan aplikasi multimedia.