Ema Kartika sari Resume 26 Sept. – 3 Okt. 2014
Terdapat 7M dalam Prinsip Media Pembelajaran, yaitu: Mudah Murah Menarik Mempan Mustajab Manfaat Menstimulasi
1950 Media Gerak (Film); Text (Buku); Audio Photograph Obyek (Benda nyata, Model); Visual (Photo, Slide, Film Strip) Text (Buku) pengolah kata; Visual (Photo, Slide, Film Strip); Virtual Reality Object (Real Object, Models); Audio (Photograph, Record), CD, Audio; Motion Media (Film), Video Interaktif. Saat Ini Digital Video Interactive, Dekstop, CD Room
Media Berbasis Manusia Merupakan media tertua yang digunakan untuk mengirimkan dan mengkomunikasikan pesan atau informasi. Media ini bermanfaat khususnya bila tujuan kita adalah mengubah sikap atau ingin secara langsung terlibat dengan pemantuan pembelajaran siswa. Media berbasis manusia mengajukan dua teknik yang efektif, yaitu rancangan yang berpusat pada masalah dan bertanya ala Socrates. Contoh: Seminar, Diskusi, Ceramah, Khotbah.
Media Berbasis Cetakan Hal yang harus diperhatikan dalam membuat media berbasis cetakan; Konsistensi Format Organisasi Daya tarik Ukuran huruf (Font) Ruang (spasi) kosong
1. Gambar atau Foto o Tujuan; Untuk Menarik Perhatian, Memperjelas Materi, dan Mengilustrasikann fakta atau informasi. o Kelebihan Media Berbasis Cetakan; 1. Bersifat konkret, lebih realistis dibandingkan dengan media verbal. 2. Dapat memperjelas suatu masalah dalam bidang apa saja, baik usia muda atau tua. 3. Harganya cukup murah o Kelemahan Media Berbasis Cetakan; 1. Gambar/foto hanya menekankan persepsi indra mata 2. Ukurannya sangat terbatas
2. Sketsa : Gambaran sederhana yang melukiskan bagian-bagian pokok tanpa detail. 3. Diagram : Gambaran sederhana yang menggunakan garis-garis dan simbol. Sifat Diagram; 1. Simbolis dan abstrak 2. Dibutuhkan keahlian khusus dalam bidangnya untuk dapat membaca diagram 3. Sulit dimengerti Ciri-ciri Diagram; 1. Benar, rapih, dan disertai dengan keterangan yang jelas. 2. Cukup besar dan ditempatkan secara strategis. 3. Penyusunannya disesuaikan dengan pola baca yang umum
4. Bagan/Chart : Alat berupa gambaran secara analisis dan statistik tentang proses yg terjadi dalam alam, teknologi dan masyarakat 5. Grafik : Gambaran sederhana yang menggunakan titik-titik, garis atau gambar, seringkali digunakan simbol-simbol verbal untuk melengkapinya.