TINJAUAN DESKOMVIS TOPIK 11 MODEL TINJAUAN SIMIOTIKA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
(Penjelasan bahasa rupa & semiotika)
Advertisements

PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS
SEJARAH SENI RUPA TOPIK 8 SENI RUPA MODERN SUREALISME, EKLEKTISISME, POP ART, OPTIC ART, POSMO ART, ENVIRONTMENT ART, INSTALATION ART TUJUAN INSTRUKSIONAL.
DESKOMVIS 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
DESKOMVIS 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
DESKOMVIS 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
PENGANTAR DKV Kode : DKV 217 Bobot : 2 SKS Dosen : 5737 – Teguh Imanto
SENI ABAD 20 KONSTRUKTIVISME , DE STIJL Pertemuan 7
PERIODE ABAD 20 : AWAL MODERN Pertemuan 10
AUDIO VISUAL APLIKASI TOPIK 11 TAHAP PRODUKSI 2 (SHOOTING) LUAR STUDIO
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
Keseimbangan, Penekanan, Kesatuan
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL TOPIK 4 JENIS MEDIA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
PENGANTAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL TOPIK 5 JENIS MEDIA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SERTA KARAKTERISTIKNYA (LANJUTAN) TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Matakuliah : R0116/ Studio Perancangan Arsitektur 6 Tahun : 2006
Perkembangan Desain Modern
Perkembangan desain grafis sejalan dengan berkembangnya tulisan.
Dimulai di Berlin sebagai pusat komersial.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Unsur dasar senirupa Pertemuan ke 2.
KOMPUTER GRAFIS VIDEO TOPIK 4 MENGGAMBAR BENTUK DUA DIMENSI
METODOLOGI DESAIN KOMUNIASI VISUAL TOPIK 14 KONSEP MEDIA DAN KREATIF
PENGANTAR DKV 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS
KOMUNIKASI VISUAL Kode : IKL 217 Bobot : 3 SKS
PASCA PRODUKSI TOPIK 3 PROSES PRODUKSI KARYA AUDIO VISUAL
STRUKTUR KARYA DESAIN INTERIOR
FENOMENA MENJELANG MODERNISME DESAIN 1.Ekspresionisme
De Stijl (1917) Muncul di Belanda. Gerakan ini bertujuan memunculkan kaidah estetika bercitra baru pada kehidupan modern. Pencetus: Theo van Doesburg,
TINJAUAN DESKOMVIS Kode : DKV 217 Bobot : 2 SKS
PASCA PRODUKSI TOPIK 2 SISTEM TELEVISI DAN FORMAT VIDEO
GAYA DESAIN by DANIAR WIKAN
GAYA DESAIN Pertemuan ke-4.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
DESKOMVIS 1 TOPIK 13 PEMBUATAN KARYA DESAIN RACK DISPLAY
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
KOMPUTER GRAFI KEHUMASAN TOPIK 14 PENYIMPANAN KARYA DAN MANAJEMEN FILE
DESKOMVIS 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
KOMPUTER GRAFI KEHUMASAN TOPIK 4 TRANSFORM DAN MODIFIKASI OBYEK
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Seni rupa 2 dimensi.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
DESKOMVIS 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
DESKOMVIS 1 TOPIK 14 PEMBUATAN KARYA DESAIN E X HIBITION DISPLAY
PERTEMUAN 3 Huddiansyah. S.Sn.,M.A.,M.Ds. PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
DESKOMVIS 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TINJAUAN DESKOMVIS TOPIK 5 MODEL TINJAUAN ESTETIKA FILOSOFI DARI RENAISANCE, PENCERAHAN, MODERN DAN POST MODERN TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN.
PERTEMUAN 4 Huddiansyah. S.Sn.,M.A.,M.Ds. PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
DESKOMVIS 4 Kode : DVK 314 Bobot : 2 SKS Dosen : 5787 – Teguh Imanto
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Materi 1 dan 2 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D) dan Tiga Dimensi (3D) Rohani A., S.AN SMK PUSTEK Serpong Kelas X Ada yang pernah mengunjungi pameran?
Transcript presentasi:

TINJAUAN DESKOMVIS TOPIK 11 MODEL TINJAUAN SIMIOTIKA TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ LINLS KE INTERNET

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa bisa memahami tentang Desain Komunikasi Visual ditinjau dari perspektif Gaya Desain. Penekanan diarahkan pada bagaimana cara menerapkan dari karakter atau ciri- ciri dari setiap gaya dalam merancang sebuah karya desain komunikasi visual, sehingga karya yang dihasilkan terlihat harmonis

TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS Mahasiswa dapat memahami serta menjelaskan pengertian desain komunikasi visual dari berbagai macam sumber Mahasiswa dapat memahami serta menjelaskan pengertian tentang Gaya Desain Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan tentang perkembangan gaya desain di dunia Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan tentang ciri-ciri setiap gaya desain

10.1 Pengertian Gaya Desain Gaya Desain mempunyai pengertian metode atau cara pengaturan elemen-elemen dalam desain hingga mempunyai suatu ciri atau kekhasan tersendiri Setiap gaya desain mempunyai karakter atau cici-ciri sebagai identitas dari karya Dalam membuat suatu karya, dalam bentuk apapun gaya desain berperan penting dalam membentuk karakter desain yang diciptakan Dalam mengeksekusi sebuah bentuk karya desain komunikasi visual harus mengacu pada satu gaya Berikut ini adalah Gaya-gaya desain khususnya desain komunikasi visual

10.2 Konstruksivisme Konstruktivisme dapat diartikan sebagai pergerakan di dalam seni dan arsitektur yang pertama kali berkembang di Moscow tahun 1915 dan merupakan pengaruh kubisme yang dipengaruhi oleh dari De Stijl dan Bauhaus. Aliran in berkembang berkat pengaruh pesatnya perkembangan teknologi yang terlahir, hingga menuntut segala sesuatu yang berorientasi pada penciptaan karya didasarkan dengan fungsionalitas Pergerakan konstruktivisme muncul dengan cepat setelah perang dunia I di Moscow, arsitektur yang berkembang menempatkan elemen fungsional dan seperti seni lain, bersubjek dari ketentuan-ketentuan teknologi yang berkembang

Ciri-ciri Aliran Konstruktivisme adalah : Obyek yang dilukis atau dibuat bebas Lokasinya bisa di dalam studio atau di luar /out door, tergantung kesukaan senimannya Penekanan unsur yang terkait diarahkan pada fungsionalitas, terutama dalam bidang arsitektur Pembentukkan obyek yang ditampilkan dengan cara menyususun obyeknya melalui perhitungan proporsi dari bentuk yang diinginkan Hasil karya yang diciptakan menimbulkan kekokohan bentuk atau kekuatan yang ditampilkan berkat penerapan teknologi Dalam perkembangannya aliran ini berpengaruh pada lahirnya seni terap atau desain yang mengutamakan fungsi dari pada seninya

10.3 ART NOUVEAU Art Nouveau bukanlah sebuah aliran dalam seni lukis, namun sebuah gaya yang berkembang dalam dunia kerajinan, khususnya furniture atau komponen dalam rancangan arsitektur Kehadiran Art Nouveu untuk merancang atau mendisain funiture khususnya perabot-perabot rumah tangga yang diperlukan di kerajaan perancis Ciri dasar dari Art Nouveau adalah dopengaruhi oleh Seni Barok dan Seni Rokoko yang penuh dengan hiasan ornamentis Di Jerman Art Nouveau berkembang pada seni kerajinan untuk keperluan massal, dimana dalam pengerjaannya memerlukan tenaga terampil

Dalam perkembangannya Art Nouveau mengikuti lahirnya desaian grafis sebagai sarana promosi industri mebel (Pameran) serta kerajinan kaca patri atau glass painting

10.4 Avant Garde Avant Garde buka suatu aliran dalam seni lukis, melainkan gaya yang berkembang dalam dunia fashion serta bergerak ke desain grafis Avant Garde dalam bahasa Perancis berarti "garda terdepan" atau "pelopor” dalam bentuk karya-karya yang yang bersifat eksperimentaf dan inovatif, khususnya yang berkaitan dengan Seni dan Budaya Gagasan keberadaan avant garde dianggap oleh beberapa kalangan menjadi ciri dari tumbuhnya modernisme yang dikembangkan kali pertama di negara Rusia Banyak seniman telah bersekutu dengan gerakan avant-garde dan masih terus melakukan eksperimentasi gaya untuk menemukan gaya beru berikutnya

Gerakan ini dipengaruhi adanya produksi massal baik pada fashion, furniture maupun desain grafis dengan terpaku pada keuntunga dan motif yang sama secara manufakturing Pada ciri Avant Garde motif tidak lagi rumit seperti ciri dari Art Nouveau, namun lebih disederhanakan dengan berorientasi pada produksi masal yang dikendalikan oleh mesin produksi Di Jerman peran Avant Garde berorientasi pada penciptaan gaya mode yang bersifat eksperimental hingga menghasilkan gaya yang baru

10.5 DESTIJL De Stijl atau dalam Bahasa Inggris the style adalah gerakan seni di sekitar tahun 1920an di Belanda Konsep ini berkembang seiring terjadinya perang dunia pertama yang berlarut-larut, hingga segala yang ada hancur berantakan Komunitas seni de Stijl kemudian berusaha memenuhi keinginan masyarakat dunia mengenai sistem keharmonisan baru di dalam seni Konsep ini diwujudkan dalam pemikiran untuk mewujudkan abstraksi dan keuniversalan dengan mengurangi campur tangan bentuk dan kekayaan warna semaksimal mungkin (penyedaerhanaan)

Komposisi visual disederhanakan menjadi hanya bidang dan garis dalam arah horisontal dan vertikal, dengan menggunakan warna-warna primer seperti merah, biru, dan kuning di samping bantuan warna hitam dan putih De stijl menerapkan prinsip simple dan abstrack di lukisan dan arsitektur dengan menggunakan garis lurus (vertikal dan horizontal ) dan bentuk persegi De stijl menghindari bentuk simetris dan estetik keseimbangan dalam menerapkan komponennya Dalam kebanyakan karya seni, garis vertikal dan horisontal tidak secara langsung bersilangan, tetapi saling melewati satu sama lain. Hal ini bisa dilihat dari lukisan Mondrian, Rietveld Schröder House, dan Red and blue chair

10.6 ART DECO Art Deco adalah gaya hias yang lahir setelah Perang Dunia I dan berakhir sebelum Perang Dunia II. Art Deco dipengaruhi oleh berbagai macam aliran modern, antara lain Kubisme, Futurisme dan Konstruktivisme serta juga mengambil ide-ide desain kuno misalnya dari Mesir, Siria dan Persia Karya-karya seniman Art Deco memakai warna-warna yang kuat serta bentuk-bentuk abstrak dan geometris misalnya bentuk tangga, segitiga dan lingkaran terbuka. Komposisi elemen-elemennya mayoritas dalam format yang penyederhana. Setelah perang berakhir, mereka memerlukan berbagai macam peralatan, hal ini memberikan semangat baru untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru yang lebih modern dan fungsional.

Perencanaan desain yang bagus dapat menaikkan omset penjualan, sehingga mereka berpikir bagaimana cara menghasilkan barang yang sesuai dengan selera pasar namun diimbangi dengan teknologi industri yang diproduksi secara masal Dalam perancangannya para seniman atau desainer memperkenalkanberbgai macam material baru dari hasil industri mekanik seperti plastik, bakelit, kaca dan krom menghasilkan sebuah karya yang menarik dengan prinsip penyederhanaan motif

7.7 Bauhaus Sebuah gaya desain yang mengusung dan memadukan ideologi Perdamaian antara Seni dan Industri. Bauhaus juga dikenal dengan faham-fahamnya yang bersifat revolusioner dan universal Kehadiranya bermula dari kelompok yang 12 seniman dan 12 pemilik industri dan dianggap kelompok kelas menengah waktu itu,dengan tujuan mencari solusi dalam meningkatkan kualitas produk-produk desain di Jerman

8.3 Pop Art Aliaran Seni Lukis Pop atau sering disebut juga dengan istilah Pop Art, mula-mula berkemang di Amerika pada tahun 1956 Nama aslinya aliran ini adalah Popular Images,dimana keberadaan Seni ini muncul karena atas kejenuhan seni yang berkembang dan mengingatkan kita akan keadaaan sekeliling yang telah lama kita lupakan. Dalam Pengambilan obyek tidak memilih-milih, apa yang mereka jumpai dalam lingkungannya bisa dijadikan obyek dijadikan obyek

Bahkan bisa saja mereka mengambil sepasang sandal disandarkan  diatas  rongsokan meja kemudian diatur sedemikian rupa dan akhirnya menjadi sebuah karya untuk dipamerkan Dalam perkembangannya seni pop atau poa art diimajinasikan dengan berbagaimacam gaya berkat bantuan teknologi komputer Warna maupun bentuk yang divisualisasikan penuh kecerahan suasana dengan warna yang mencolok atau menggairahkan Beragamacam ornamen disatukan dengan komposisi yang beragam hingga menjadi sebuah karya yang ramai dan dinamis

Seni Pop Art juga dipakai dalamdunia promosi industri produk yang nantinya bisa diterapkan dengan format logo, kemasan, leaflet, hanging mobile serta yang lainnya Ciri-ciri aliran Pop Art adalah : Obyeknya bisa berupa benda tetap atau aktifitas manusia Lokasinya bisa dalam studio atau di luar /out door Teknik penggoresan materialnya ke dalam kanvas tidak ada batasan tergantung dari penguasaan senimannya maupun material yang dipakai

Kesan yang visual yang ditimbulkan adalah bernuansa sindiran yang diwujudkan dalam karikatur, humor, atau hal lain yang bisa menyentuh atau menggugah penglihatnya Bentuk obyek yang ditampilkan penuh ide-ide yang mengkritik dengan berbagai macam cara penyajian baik warna, proporsi, ruang yang penting bisa menimbulkan karya keceriahan Hasil karya bisa diaplikasikan dalam bentuk karya seni maupun dalam bentuk desain grafis untuk sarana promosi sebuah produk industri

SEKIAN PERKULIAHAN TOPIK 9 TERIMA KASIH

TUGAS Bacalah Buku Diktat Pengantar DKV Tulisan Teguh Imanto untuk memperdalam pengertian dari materi slide yang telah bahas di atas Beri tanda khusus untuk mengingat pokok pikiran dari materi di atas Lanjutkan dengan menjawab latihan soal pada halaman berikutnya

QUIZ Terangkan menurut anda pengertian komposisi Sebutkan dan Jelaskan secara lengkap macam-macam komposisi SELAMAT BEKERJA