Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehHartanti Tanudjaja Telah diubah "7 tahun yang lalu
1
IT dan Kondisi sosial-budaya masyarakat di Indonesia:
Permasalahan Digital Divide dan Digital Citizenship
2
IT dan Sosial Budaya Bahasan mata kuliah ini adalah tentang IT dan bagaimana adaptasinya dengan kondisi sosial-budaya masyarakat di Indonesia. Dalam mata kuliah ini juga dibahas tentang dampak-dampak apa saja yang terjadi apabila tidak terdapat adaptasi yang baik antara IT dan kondisi sosial-budaya pada suatu masyarakat.
3
Manfaat Memberikan pemahaman tentang dampak negatif maupun positif pada IT dan adaptasi nya dengan kondisi sosial-kultural masyarakat dalam pembangunan politik.
4
Relevansi Rakyat merupakan subjek kebijakan dan sekaligus pemegang kedaulatan tertinggi di Indonesia. Pemahaman mengenai situasi sosial-budaya masyarakat Indonesia, dalam konteks ini dalam kaitannya dengan teknologi informasi akan memberikan gambaran mengenai tantangan terhadap aplikasi teknologi informasi dalam pemilu, yang akan dibahas selanjutnya.
5
Learning Outcomes 1. Mahasiswa memiliki dasar teori yang cukup tentang IT dan pengaruh adaptasinya dengan kondisi masyarakat. 2. Mahasiswa dapat mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan di masa depan dari perkembangan IT pada suatu masyarakat dengan melihat kondisi sosial-kulturalnya.
6
Manuel Castells Teknologi informasi hanya dapat menjalankan fungsinya dengan sempurna jika diimbangi dengan pertumbuhan aspek-aspek lainnya. faktor budaya dan pendidikan yang menjadi basis pengembangan IT sendiri, kemudian pertumbuhan sosial sebagai sebuah aspek yang terkondisikan oleh IT, yang pada akhirnya akan berimplikasi kepada pertumbuhan budaya dan pendidikan kembali. Information Technology, Globalization and Social Development,
7
Dampak Positif Negatif IT
8
Positif IT Mempercepat arus informasi
Mempermudah akses terhadap informasi terbaru Mempertemukan individu seperti Media sosial Membantu individu dalam mencari informasi Media hiburan Mepermudah komunikasi dengan individu lainnya yang jauh Sharing dan berbagi file Memiliki banyak dampak positif dalam dunia pendidikan Sebagai lokasi untuk bisnis jual beli Membantu menyelesaikan masalah dengan mudah
9
Negatif IT Individu menjadi malas untuk bersosialisasi secara fisik
Meningkatnya penipuan dan juga kejahatan cyber Cyber Bullying Konten negative yang berkembang pesat Fitnah dan juga pencemaran nama baik secara luas Menjauhkan yang dekat Mengabaikan tugas dan juga pekerjaan Mebuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna Menurunnya prestasi belajar dan juga kemampuan bekerja seseorang
10
Digital Divide Kegagalan sebuah negara dalam melakukan penyesuaian dalam menanggapi kemajuan teknologi informasi, yang pada akhirnya berujung pada ketimpangan system Pemakaian teknologi informasi hanya dinikmati oleh sebagian dari masyarakat. Faktor Status sosio-ekonomi, lokasi geografis, dan tingkat pendidikan menjadi faktor determinan akses terhadap teknologi informasi. ketidakmerataan akses terhadap teknologi disebut sebagai technology divide, yang merupakan awalan dari reaksi berantai digital divide:
11
Tiga Aspek Digital Devide
Global Divide Social Divide Democratic Divide
12
Digital Citizenship Mossberger dan kawan-kawan menuliskan definisi digital citizen sebagai: Those who use the internet every day, because frequent use requires some regular means of access (usually at home), some technical skill, and the educational competencies to perform tasks such as finding and using information on the web, and communicating with others on the internet Istilah populer yang sering digunakan untuk menyebut digital citizenship adalah netizen, atau internet citizen. Istilah ini merujuk kepada sekumpulan orang yang secara aktif beropini dan melakukan aktivitas dalam ranah dunia maya, Akan tetapi, spesifik pada bahasan ini, digital citizenship merujuk kepada akses terhadap informasi dan fórum komunikasi seputar politik dan demokrasi di dunia maya.
13
Internet dan Kesenjangan Politik
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.