Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Kreativitas dan Inovasi
Pertemuan Ke-3&4
2
KREATIVITAS
3
APAKAH KREATIVITAS ITU ?
Kreativitas adalah proses konstruksi ide orisinil dan bermanfaat
4
Menurut Encyclopaedia Britannica
KREATIVITAS Menurut Encyclopaedia Britannica KEMAMPUAN MENCIPTAKAN SESUATU YANG BARU : PENYELESAIAN BARU TERHADAP SUATU MASALAH, PERALATAN BARU, KARYA ARTISTIK BARU
5
Structure of intellect
Lebih menyangkut cara berpikir yang konvergen (memusat) 1. Intelegensi Berkenaan dengan cara berpikir divergen (menyebar) 2. Kreativitas IQ tidak dapat dijadikan kriteria tunggal untuk mengidentifikasi orang – orang yang berbakat
6
KREATIVITAS: Apa & Bagaimana?
Kreativitas ialah: Experimenting Making mistakes Inventing Breaking rules Growing Taking Risks Having Fun
7
Creative Ideas Are Novel… (Ide kreatif adalah suatu yg baru…)
Sebagian besar karya seni dan sastra pernah ditolak berulang kali sebelum diterima. Ide kreatip asli mampu membedakan antara kesemrawutan dan bagian mana yang paling menarik… Kreativitas perlu diadopsi sebagai suatu sikap dalam kehidupan serta muncul sebagai kemampuan
8
Apa Penyebab Rendahnya Kreativitas ?
Terlalu menekankan pada cara berpikir konvergen “He had only one idea, and that was wrong.” Disraeli, British prime minister Kurang wawasan sehingga menyebabkan cara berpikir kurang lentur Diversity of perspectives, knowledge, etc. is the fuel of creativity
9
Yang melemahkan daya kreatifitas
Terbelenggu dengan pekerjaan rutin Takut berbuat salah dan ditertawakan Tidak memiliki rasa humor Kreatifitas tergantung pada: Lingkungan kerja, keyakinan dan intelektual
10
….padahal setiap orang bisa Kreatif, asal tahu kuncinya
MERASA DIRI TIDAK KREATIF, BISA MENGAKIBATKAN SESEORANG BENAR-BENAR TIDAK KREATIF !!! ….padahal setiap orang bisa Kreatif, asal tahu kuncinya
11
Tuntutan Kreativitas Dalam Bisnis Masa Kini
Agar memiliki keunggulan dibanding dengan pesaing dan mempertahankan eksistensi usaha, maka harus terus berupaya mencari sesuatu yang baru dan mengembangkan apa yang sudah ada agar menjadi lebih baik. Oleh karena itu, kreativitas sangat diperlukan oleh setiap wirausaha. Seorang wirausahawan harus memastikan bahwa kreativitas yang telah usang, harus ada solusi yang lebih kreatif lagi. Para peneliti telah mengatakan bahwa kreatifitas menyangkut keputusan-keputusan tentang apa yang anda inginkan, dan bagaimana anda melakukannya dengan lebih baik. Jadi, urutan tersebut melibatkan sebuah proses, bukan hanya melihat hasil akhir yang diharapkan. Sehingga kita tidak perlu merasa sangat terbebani untuk menjadi kreatif.
12
Tuntutan Kreativitas Dalam Bisnis Masa Kini
Dalam kehidupan sehari-hari, para peneliti telah membedakan tipe kreativitas: Membuat atau menciptakan, dimana penciptaan merupakan proses membuat sesuatu dari tidak ada menjadi ada. Mengkombinasikan dua hal atau lebih yang sebelumnya tidak saling berkaitan, menjadi lebih bermanfaat. Memodifikasi sesuatu yang memang sudah ada, proses ini berupaya mencari cara-cara untuk membentuk fungsi-fungsi baru, atau menjadikan sesuatu menjadi lebih banyak kegunaannya bagi orang lain.
13
Hambatan dan Teknik Meningkatkan Kreativitas
Secara rinci hambatan-hambatan kreativitas dapat dijelaskan sebagai berikut: Hambatan Psikologis Hambatan Budaya Hambatan Lingkungan Hambatan Bahasa Berpikir Hambatan Keterpakuan Fungsional Hambatan Kebiasaan Memandang
14
Hambatan dan Teknik Meningkatkan Kreativitas
Cara meningkatkan kreativitas dalam proses pemecahan masalah. Perumusan masalah secara kreatif Bartanya dan bertanya Curah gagasan, untuk dapat melakukan curah gagasan yang efektif, perlu diperhatikan 3 kondisi berikut ini: Selama proses mencurahkan gagasan jangan melakukan penilaian. Proses pencurahan gagasan harus benar-benar bebas. Usahakan sebanyak mungkin gagasan dapat dilontarkan. Hambatan Lingkungan Orang aneh Iklim kreatif
15
Hambatan dan Teknik Meningkatkan Kreativitas
Penggunaan otak kiri yang berlebihan menyebabkan seseorang lebih teratur dalam berpikir, analitis, dan kurang kreatif, sehingga terlalu banyak pertimbangan dalam bertindak dan cenderung menjadi pengekor. Berbeda dengan otak kanan yang berpikir secara loncat-loncat tak beraturan, memungkinkan seseorang berpikir kreatif. Berikut ini perbedaan antara otak kanan dan otak kiri: OTAK KIRI OTAK KANAN Kata Logika Angka - Urutan Intelektual Deduktif Tetap - Statis Hafalan Fakta Sempit - Dangkal Pasif - Jawaban Ketakutan Jangka pendek Irama/gambar intuitif Dimensi - Imajinasi Emosional Induktif Sementara - Dinamis Pemahaman Gagasan Luas - Dalam Aktif - Pertanyaan Kepercayaan Jangka panjang Data diolah dari berbagai sumber
16
Kreativitas: Tiga Kemampuan Untuk Diselaraskan
1- kemampuan sintesis -membuat hubungan yg tak lazim 2 – kemampuan analitis- penilaian kritis untuk menghasilkan ide-2 lebih baik 3 – kemampuan praktis- mengubah ide menjadi kenyataan
17
BUKALAH KREATIVITAS ANDA!! 1 dari 2
Kreatvitas bukan hadiah, harus diasah, ditumbuhkan dan dirawat Mereka yg kreatif, selalu belajar bgmn menjadi lebih kreatif Mereka menggunakan logika, berpikir dan berbuat Mereka juga melihat masa depan serta berpikir untuk orang lain Orang kreatif dg mudah menghubungkan simpul-simpul peluang menjadi solusi. Mereka juga senantiasa terpacu berpikir hal-hal baru dan menerapkannya untuk mengatasi masalah
18
BUKALAH KREATIVITAS MEREKA !! 2 dari 2
Sebagai contoh Kreativitas timbul melalui: Melihat sesuatu yg berbeda Melihat sesuatu dari cara berbeda Menghasilkan pilihan majemuk Melanggar aturan Berpikir dan menghubungkan Menunjukkan Kesadaran tinggi Tahu apa yg anda pikirkan Bermain dengan kata kunci “Seandainya…” Mencoba sesuatu permainan
19
Langkah-2 dalam proses menemukan kreativitas…
Definisikan dan re-definisikan permasalahan Cari orang yang tepat untuk Anda dapat mengemukakan ide Cari dukungan/partner untuk saling bertukar ide Luangkan waktu untuk berpikir kreatip Berpikirlah berorientasi proses dan hasil Jangan mengharapkan “hadiah”, berpikirlah untuk senantiasa bekerja untuk pengembangan diri
20
PROSES KREATIF MENGALIR MELALUI LIMA TAHAP
Mendefinisikan masalah, tujuan atau tantangan PERSIAPAN Mencerna fakta-fakta dan mengolahnya dalam pikiran INKUBASI Mendesak kepermukaan, gagasan-gagasan muncul ILUMINASI VERIFIKASI Memastikan apakah solusi itu benar-benar memecahkan masalah APLIKASI Mengambil langkah-langkah untuk menindak lanjuti solusi tersebut
21
Bagaimana meningkatkan
kreativitas ? Jadilah penjelajah pikiran, terbuka dengan gagasan terus menerus Kembangkan pertanyaan Kembangkan gagasan sebanyak-banyaknya “the best way to get good ideas is to get a lot of ideas”
22
Bagaimana meningkatkan
kreativitas ? 4. Kembangkan cara baru untuk melakukan sesuatu keluar dari zona kenyamanan 5. Gunakan imajinasi * bayangkan bagaimana orang sukses melakukan sesuatu * bayangkan kita berbicara dengan orang sukses 6. Isilah sumber inspirasi (relaksasi)
23
KIAT-KIAT UNTUK MEMPEROLEH TEKNIK KREATIVITAS
Ingatlah sukses-sukses anda di masa lalu, baik yang biasa maupun yang menakjubkan Yakinlah ini dapat menjadi hari terobosan Latihlah kreativitas anda dengan permainan mental Ingatlah bahwa kegagalan membawa keberhasilan Railah impian dan fantasi anda
24
KIAT-KIAT UNTUK MEMPEROLEH TEKNIK KREATIVITAS
Biarkan kesenangan memasuki kehidupan anda Kumpulkan pengetahuan dari tempat lain Pandanglah situasi dari segala sisi Bersihkan pikiran anda dari asumsi asumsi Ubahlah posisi anda sesering mungkin
25
10 cara jadi kreatif Yakinlah anda bisa kreatif
Ekspresikan kreatifitas dalam pekerjaan dan kehidupan Munculkan jiwa kekanak-kanakan Hilangkan pikiran logis Lakukan sesuatu yang tidak biasa “charge” pikiran anda Baca buku, lihat keluar
26
10 cara jadi kreatif 8. Miliki kegiatan rutin jika pikiran sedang buntu 9. Tuliskan segera ide yang muncul 10. Percaya bahwa anda bisa melakukannya
40
INOVASI DAN PERILAKU INOVATIF
41
PENGERTIAN Pertama kali dikemukakan oleh Schumpeter pada tahun 1934
Inovasi adalah mengkreasikan dan mengimplementasikan sesuatu menjadi satu kombinasi baru (Schumpeter) Istilah baru dijelaskan Adair (1996) bukan berarti original tetapi lebih ke newness (kebaruan)
42
“Kebaruan” terkait dengan
Dimensi ruang Artinya, suatu produk atau jasa dipandang sebagai sesuatu yang baru di suatu tempat namun tidak ditempat lain. Tetapi dimensi ini telah dijembatani oleh kemajuan teknologi informasi yang sangat dahsyat sehingga tidak ada batasan ruang. Dengan demikian ’kebaruan’ relatif lebih bersifat universal
43
Dimensi waktu invention
Artinya, kebaruan di jamannya. Misal, candi Borobudur yang merupakan bangunan kuno merupakan suatu karya bersifat inovatif di jamannya.
44
Teh Botol Sosro
45
Macam-macam Inovasi Berdasarkan kecepatan perubahan inovasi (Scot &
Bruece, 1994) : a. Inovasi radikal - Berskala besar - Dilakukan para ahli dibidangnya - Biasanya dikelola oleh departemen penelitian dan pengembangan Inovasi radikal ini sering kali dilakukan di bidang manufaktur dan lembaga jasa keuangan
46
b. Inovasi inkremental - Berskala kecil - Dilakukan oleh semua pihak terkait Inovasi ini terlihat pada sektor kerja : 1. Knowledge-intensive service meliputi pengembangan ekonomi, administrasi, R&D service, teknik, komputer, dan manajemen. Sumber utama inovasi adalah kemampuan untuk memberikan hasil desain yang sesuai untuk pengguna layanan mereka. Inovasi terjadi setiap saat dan tidak terstruktur.
47
2. Supplier-dominated services
Meliputi perdagangan retail, pelayanan pribadi (seperti potong rambut), hotel dan restoran
48
Berdasarkan fungsi (Brazeal & Herbert, 1997), ada 2 inovasi :
Inovasi teknologi (produk, pelayanan atau proses produksi) Inovasi administrasi (organisasional, struktural, dan sosial)
49
PROSES PENYEBARAN ADOPSI – INOVASI
INOVASI ADOPSI DIFUSI ADOPSI MASSAL GOLONGAN ADOPTER PERINTIS PELOPOR PENGANUT DINI PENGANUT LAMBAT KOLOT ADOPSI ITU BERPROSES DAN TIDAK TERJADI DALAM WAKTU SEKONYONG-KONYONG, KARENA MERUPAKAN PROSES PERUBAHAN PERILAKU DENGAN DEMIKIAN ADOPSI LEBIH TEPAT SEBAGAI KOMUNIKASI PERSUASIF
50
PROSES ADOPSI INOVASI = ADALAH PROSES MENTAL PADA DIRI INDIVIDU YANG TERJADI SEJAK PERTAMA KALI MENDENGAR ADANYA SUATU INOVASI SAMPAI INDIVIDU ITU MENGADOPSI INOVASI ITU SECARA PENUH = PROSES ITU TERBAGI MENJADI 5 TAHAP 1. KESADARAN (Awareness) 2. MINAT (Interest) 3. EVALUASI (Evaluation) 4. MENCOBA (Trial) 5. ADOPSI (Adoption) = PROSES ADOPSI INI MEMERLUKAN WAKTU. DALAM PENYULUHAN WAKTU ITU HARUS DIUSAHAKAN DIPERSINGKAT = SESEORANG BISA CEPAT MENGADOPSI SUATU INOVASI, BISA JUGA PERLU WAKTU LEBIH LAMA, TERGANTUNG PADA ANTARA LAIN CIRI-CIRI INOVASI
51
Ada 2 dimensi yang mendasari
1.Kreativitas kemampuan untuk mengembangkan ide baru yang terdiri dari 3 aspek yaitu keahilan, kemampuan berfikir fleksibel dan imajinatif, dan motivasi internal (Bryd & Bryman, 2003)
52
2. Pengambilan resiko Kemampuan untuk mendorong ide baru, menghadapi rintangan yang ada sehingga pengambilan resiko merupakan cara mewujudkan ide yang kreatif menjadi realitas (Bryd & Brown, 2003)
53
Inovasi yang sesuai dengan perilaku inovatif adalah inovasi inkremental karena melibatkan semua pihak sehingga sistem pemberdayaan sangat diperlukan
54
Jenis-jenis Inovasi Inovasi Produk Isi (Rasa, kualitas, dll) dan kemasan Inovasi Marketing Inovasi Proses Proses penciptaan, produksi teknologi pengemasan, dll Inovasi Teknikal teknik disain, dll Inovasi Aministrasi penyimpanan data dll
55
Kesimpulan Perilaku inovatif adalah semua perilaku individu yang diarahkan untuk menghasilkan dan mengimplementasikan hal-hal ‘baru’, yang bermanfaat dalam berbagai level organisasi; yang terdiri dari dua dimensi yaitu kreativitas dan pengambilan resiko dan proses inovasinya bersifat inkremental
56
Melindungi Gagasan dari Hasil Kreativitas & Inovasi
Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), yaitu hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada seseorang atau sekelompok orang untuk memegang monopoli dalam menggunakan dan mendapatkan manfaat ekonomi dari kekayaan intelektual. Lingkup dari HAKI yaitu: Hak Cipta adalah hak istimewa guna melindungi pencipta dan keorisinilan ciptaannya. Hak Kekayaan Industri, terdiri dari paten, desain industri, desain tata letak sirkuit terpadu, merek dan rahasia dagang. Terdapat beberapa langkah untuk mendapatkan hak paten, yaitu: Langkah 1: Tetapkan bahwa yang ditemukan benar-benar baru Langkah 2: Dokumentasikan produk yang ditemukan tersebut Langkah 3: Telusuri paten-paten yang telah ada Langkah 4: Pelajari hasil telusuran
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.