Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehTeguh Johan Telah diubah "7 tahun yang lalu
1
PERKEMBANGAN PEMIKIRAN DAN SEJARAH EKONOM MUSLIM
Pertemuan ke-4 Filsafat & Pemikiran Ekonomi Islam PASCASARJANA – STEI TAZKIA
2
Introduction Why we need to study history?
Islamic economics: a search for an identity? How do we study an Islamic economic thought? – IT IS ABOUT HUMAN HAPPINESS/WELFARE!!!
3
Takkan berarti bangsa yang tak menghargai sejarahnya, takkan berarti ummat yang melupakan jasa pendahulunya (Al Attas)
4
Tujuh Alasan Perlunya Ekonomi Islam (Mannan, 1984)
Ideological imperative 1 Economic imperatives 2 Social imperatives 3 Moral and ethical imperatives 4 Political imperatives 5 Historical perspective 6 International imperatives 7
5
PEMIKIRAN Pemikiran ekonomi Islami adalah buah pikiran muslim dalam menanggapi tantangan ekonomi di zamannya. Tanggapan ini dengan sendirinya diilhami oleh ajaran Al-Quran dan As-Sunnah (Islamic Worldview), dan tentu saja akal sehat dan pengalaman pun ikut berperan. Dalam proses pemikiran, berpengaruh pula waktu dan tempat di mana pemikiran itu berkembang.
6
Cont…… Ekonomi Islam telah ada sejak Islam itu ada baik sebagai sebuah (pemikiran) ilmu dan juga sebuah sistem nilai. Hal ini setidaknya bisa dilihat dari dua sisi. Sisi pertama dari sisi syariah, dimana ekonomi Islam ada sejak al-Qur`an dan as-Sunnah ada; sisi lain adalah pemikiran ekonom muslim yang menggambarkan situasi dan kondisi ekonomi dengan tetap bersandar pada dua sumber hukum Islam.
7
Cont…. Peletak dasar pemikiran pertama adalah para fuqaha.
Ilmu ekonomi dari para fuqaha lebih banyak bersifat normatif dan terkait dengan penjelasan bagaimana berperilaku yang adil, kebijaksanaan yang pantas, dan batasan yang diperbolehkan dalam menyelesaikan masalah dunia. Beberapa pertanyaan seputar: (1) boleh atau tidak melakukan praktek tertentu? (2) apa ganjaran jika melakukan praktek tertentu?
8
PENDEKATAN METODOLOGI BERPIKIR
PENDEKATAN NORMATIF PENDEKATAN POSITIF
9
PENDEKATAN NORMATIF Ekonomi normatif menekankan pembahasan kepada peran atau pengaruh nilai moral terhadap aktifitas ekonomi tertentu. Dalam konteks ini Blaug menyatakan “an ought statement expresses an evaluation of the state of the world, it approves or disapproves, it praises or condemns, it extols or deplores and can employ arguments to persuade others to accept it”. Tercerabutnya nilai etika dari isu ekonomi dalam pandangan positifis berkembang dan diterima dengan baik di dunia barat khususnya melalui konsep ‘rational economic man’ dan konsep ‘laisez faire’
10
PENDEKATAN POSITIF Para positifis meyakini bahwa isu ekonomi harus bebas dari nilai etika. Teori ini menjadi bagian integral dalam paradigma ekonomi semenjak abad ke tujuh belas. Apa yang menjadi isu penting dalam pandangan ekonomi positif adalah ‘what is’ atau ‘the matter of fact’ yang sama sekali bebas dari pengaruh nilai. Dengan demikian, apapun bentuk konsep dalam ekonomi bebas dari muatan etika ataupun nilai moral tertentu yang seharusnya mengarahkan kepada ‘what ought to be’.
11
SEJARAH PEMIKIRAN Jika bersandar pada sejarah dimana Islam mengalami peradabaan yang maju dan mencapai masa keemasan (golden age) pada abad ke-7 M/13 H, maka ekonomi Islam telah berdiri dengan kokoh. Namun, peradabaan Islam runtuh dengan puncaknya ditandai pada abad ke-20 M saat kekhalifahan Turki Usmani hancur
12
Cont…. Dunia Islam yang telah menjadi korban imperialisme telah menciptakan dan meninggalkan sebuah trap evolusi dan gap dalam proses alamiah komunitas Islami
13
Garis Besar Periodisasi Sejarah Pemikiran Ekonomi
Thomas Aquines Adam Smith Bibel Pemikiran Yunani SM 1M 13 M Tidak ada karya pemikiran ekonomi? 18 M Dark Age
14
Garis Besar Sejarah Peradaban Islam: Pertumbuhan, Perkembangan & Kemunduran
15
Garis Besar Sejarah Peradaban Islam: Pertumbuhan, Perkembangan & Kemunduran
Keterangan: IS Pertumbuhan dan perkembangan garis evolusi Islam SE Proyeksi garis evolusi, terdapat gangguan dalam momentum Islam yang disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya peperangan Mongol, crusades, berkembangnya doktrin sufi yang salah, kolonialisme bangsa-bangsa Eropa SD Periode kejatuhan kaum Muslimin seperti kejatuhan kaum Muslimin di Spanyol (1492 M); disintegrasi kaum Muslim India (1558 M); mulainya disintegrasi Turki Usmani (1699 M); berkembangnya revolusi industri di Eropa ( M) SDC Periode kejatuhan: Kolonialisme Eropa terhadap dunia Muslim WKDG Pandangan tentative garis evolusi peradaban barat P0P2 Representasi gap yang harus diisi oleh cendikiawan Muslim setelah mengatasi trap deislamisasi sebagaimana diindikasikan oleh P0P1 CR Kebangkitan kembali Islam
16
ANALISA SCHUMPETER Schumpeter (1954) dalam bukunya History of Economic Analysis berusaha menganalisa ekonomi dari masa ke masa ternyata mengabaikan peran peradaban Arab (Islam) yang pada masa dulu telah begitu maju termasuk dalam bidang ekonomi. Dalam bukunya tersebut, ia menganalisa ekonomi dengan melompat jauh 500 tahun lebih langsung kepada analisa Thomas Aquinas (1225 – 1274 M). Padahal pada saat yang sama sedang berlangsung sebuah peradaban Islam yang gemilang (700 – 1300 M).
17
Cont… 3. Dalam periodesasi Schumpeter terdapat `ketidakpaduan sejarah` (missing link) yang sesuai dengan sejarah Islam dan atau berusaha untuk ditutup-tutupi olehnya.
18
To be Cont…..
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.