Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Yang memimpin dan Yang dipimpin

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Yang memimpin dan Yang dipimpin"— Transcript presentasi:

1 Yang memimpin dan Yang dipimpin
Engineering Leadership Training Buchori Nasution 20 Desember 2008

2 Kondisi Penggolongan Masyarakat di Indonesia
KASTA GOLONGAN MASYARAKAT Brahmana Rohaniawan, Ulama Ksatria Pemerintah, Raja Weisya Pedagang, Petani, Usahawan Sudra Buruh, Pekerja Paria Gelandangan

3 Peta Tingkat Pendidikan Dan Jenis Pekerjaan
Penduduk Indonesia tahun 1986 3 % Kepemimpinan/Manager /Profesional PT 5 % Pengusaha/Industri/ Administrasi/Tata Usaha Jasa PT 8 % SMTA Tata Usaha/Pedagang Pelayan/Guru/Teknisi Jasa/Pendidik 17 % SMTA 25 % SMPT SMPT 25 % Teknisi/Operator Produksi/Pedagang 50 % SD SD 50 % Petani/Nelayan Buruh/Tukang/Pedagang 5 % 100 %

4 PENGEMBANGAN KURIKULUM
GURU PDK UI, ITB, ITS GAMA, UNDIP, dll IKIP LITBANG RASIONAL EMOSIONAL N.E.M N.E.M KURIKULUM S.M.U MENU

5 FAKTOR FAKTOR DALAM PENDIDIKAN
1. Visi, Misi & Philosophy 2. Goal Yang Jelas 3. Suasana 4. Waktu 5. Organisasi 6. Total Management 5. R & D MURID INPUT 1. IQ 2. MOTIVE 3. UMUR 4. FISIK 5. FAITH 6. LINGKUNGAN A. KELUARGA B. SEKOLAH C. MASYARAKAT Siswa berkualitas unggul, dengan student profile tertentu mutlak memiliki kemampuan : MURID OUTPUT MENGENAL DIRI KOMUNIKASI AKHLAQ PROSES BELAJAR MEMBUAT KEPUTUSAN MENGATUR KERJA KELOMPOK BASIC SCIENCE & TECHNOLOGY 1. Kurikulum 2. Metode/Media/P.B.M. 3. Kualifikasi Guru 4. SARANA : Gedung, Lab Transportasi dan Perpustakaan

6 Basic MIPA Vs Applied MIPA International Trade, Tax,
TARGET KURIKULUM KURIKULUM STATUS KONDISI SPECIAL SKILL Basic MIPA Vs Applied MIPA Employee Nasib ditentukan oleh orang lain  KKN LIFE SKILL 1. IdentifyNeed&Opportunity 2. Generating design 3. Market Test 4. Planning & Making 5. Selling 6. Evaluation / maintenance 7. Inform. Tech. Capability Self - Employed Menentukan nasib sendiri ENTREPRENEUR Social Entrepreneur Business Entrepreneur Life Skill + Manajemen Perbankan + International Trade, Tax, dll Businessman Menentukan nasib orang lain LEADERSHIP LIFE SKILL 1. Mengenal Diri 2. Komunikasi 3. Akhlaq 4. Proses Belajar 5. Membuat keputusan 6. Manajemen 7. Organisasi Investor Menolong diri dan orang lain

7 BIDANG LIFE SKILL (BENTUK WIRA USAHA)
Alam semesta, Tumbuhan, Hewan, dll Buatan Allah Need and opportunity Generating a design. Market test Planning and making Selling . Evaluating Information techn. capability Materi Buatan sendiri (produsen) Kebutuhan/permintaan Pembeli Barang Alat tukar Kesepakatan Transaksi Buatan orang lain (penjual) LIFE SKILL Buatan Allah /Al Qur'an Permintaan/kebutuhan Audience Materi (bahan uraian) Waktu (Pendakwah/Da'i) Immateri Buatan orang lain (Science, Permintaan/kebutuhan Pengetahuan Pemakai Kemampuan/keterampilam Technology, Management / hukum) Permintaan/kebutuhan Materi (bahan uraian) Buatan sendiri (Proposal, idea, gagasan)

8 LEADERSHIP LIFE SKILLS Mengenal Komunikasi Akhlaq Proses Belajar
Memimpin Diri Sendiri Sebagai Anggota Kelompok Memimpin Kelompok Mengenal Mengenal diri sendiri Mengenal orang lain Merubah orang lain Komunikasi Akhlaq LEADERSHIP LIFE SKILLS Proses Belajar Membuat Keputusan Mengatur Mengatur diri sendiri Diatur Mengatur orang lain Organisasi

9 PENCIPTA DAN CIPTAANNYA
Jasad + Roh Manusia Syetan Sifat Jahat FITNAH RIA SOMBONG TAKABUR MUSYRIK MUNAFIK KAFIR KEJAM MUHAMMAD RASUL NABI Orang Tua Ibu Ayah DIRI KITA KELUARGA YATIM FAKIR TETANGGA MASYARAKAT Sifat Baik Ablas Jin Jin TAQWA IKHLAS SABAR JUJUR DERMAWAN TANGGUNG JAWAB FLEXIBLE ISTIQOMAH Ciptaan / Makhluk Roh Malaikat Sunatullah ilmu Hewani Jasad Nabati Benda Mati

10 Logic / Analitik / Systematic
IMAN Tafaqqur Allah Al-Qur'an Rasul Hari akhir/Taqdir K E M A U N R O H A N I Etika & Estetika T A D Z K R U N D Z I K R Nafsu Sebab Stress Sifat Kebutuhan Cita-cita / tujuan Motive / niat Nilai / value Naluri hati Perasaan K O M P N E Y A QALB / HATI M A N U S I T A L M U N D A N F I K R R P Logic / Analitik / Systematic T A Q I L U N S T M Hukum K E M A P U N AKAL Nilai / value Imajinasi IJ TI HA D Naluri akal : Berpikir JAS MA NI Rasa ingin tahu Performance Naluri Jasad Al Hayah Daya Ingat Jasad SS SM OV Rangsangan informasi Udara, makan minum, sex Akhlak / hikmah attitude

11 MORAL - ATTITUDE DEFINISI
Ilmu serta keterampilan tentang; sikap, prilaku, aksi, reaksi, tindakan, budaya yang sangat kita perlukan. TUJUAN Agar kita dapat diterima dan disayangi oleh “yang lain”. Yang dimaksud “yang lain’ yaitu: *Allah kepada Makhluk  Rahman dan Rahim *Manusia kepada Allah  Syahadat, Mukminin, Muttaqin, Mukhlisin dan Terencana *Manusia kepada Alam  Care, Share, Manage *Manusia kepada Manusia  Care : Meeting, Accepting Share : Dzakat, Infaq, Shadaqoh Trust : Responsible, Honest, Flexible, Dependable, Loyal, Integrity Teamwork : Cooperation

12 A M A N A H ALLAH Orang Baik B (Bodoh) P C (Pintar, Culas) Ingin tahu
Ilmu Moral Allah P E (Pintar, Egoistis) P B (Pintar, Baik)

13 PROSES BELAJAR (Autodidak)
Hal mendasar dalam Proses Belajar yaitu: Curiosity Memory Konsentrasi Konsisten

14 PROSES BELAJAR (Autodidak)
1. Tujuan (apa yang diinginkan) 2. Informasi yang diperlukan untuk mencapai tujuan ? 3. Menentukan Sumber Informasi ? (lebih dari 2 sumber) 4. Kreativitas dalam bertanya 5. Management Information System 6. Files

15 MEMBUAT KEPUTUSAN (Individu)
Definisi Masalah Cari informasi mengenai masalah Buat alternatif pemecahan masalah Setiap alternatif, ditentukan alasan pemilihan dan resiko melaksanakan alternatif tsb Pilih alternatif yang sesuai Action Evaluasi

16 MEMBUAT KEPUTUSAN (Kelompok/Organisasi)
Inventarisir masalah Tentukan prioritas masalah Cari alternatif solusi berdasarkan prioritas Buat, tentukan filter terhadap alternatif solusi Pilih alternatif solusi yang lolos Tentukan prioritas dari solusi yang tersedia Action Evaluasi

17 Science / Ilmu / Pengetahuan / Tahu /Kenal
(Proses Awal Power Learning) Optimalisasi dari Kreativitas / Inovasi membuat pertanyaan: Apa ? Siapa ? Dimana ? Bilamana ? Mengapa ? Bagaimana ? Berapa - jumlah - waktu - biaya 1. Mengenal nama 2. Mengenal bentuk 3. Mengenal sifat 4. Mengenal fungsi 5. Mengenal jumlah 6. Mengenal tempat 7. Mengenal manfaat 8. Mengenal asal 9. Mengenal perubahan 10. Mengenal …... DAYA INGAT / MEMORI MENGEMBANGKAN DAYA PIKIR PRODUKTIFITAS DAN EFISIENSI

18 Ilmu Pengetahuan / Science
UMUR / LEVEL T a r g e t 1. Bentuk 2. Warna 3. Ukuran Satuan 4. Matematika 5. Bau 6. Nada / Bunyi / Muda 7. Panas / Dingin 8. Listrik 9. Magnit Energie Tumbuh2an Binatang

19 Ilmu Pengetahuan / Science
UMUR / LEVEL T a r g e t Bahan Proses Hidup Cahaya Benda di angkasa Genetic Mekanik Gaya Bahan baru Kimia Air Udara ……….. ……….

20 Technology / Teknik Cara Merubah
Technology dibutuhkan untuk mendapatkan kenyamanan, kemudahan, produktifitas, efisiensi, keringanan, dan kecepatan. 1. Merubah nama 2. Merubah bentuk 3. Merubah sifat 4. Merubah fungsi 5. Merubah jumlah 6. Merubah tempat 7. Merubah manfaat 8. Merubah asal 9. Merubah …….. 10. Merubah …….. Pendekatan Optimal : Experiment Percobaan Pengamatan Penelitian

21 Cara merombak bentuk , sifat , dan fungsi
Teknologi Cara merombak bentuk , sifat , dan fungsi Level Umur T a r g e t 1. Kebutuhan dan peluang Need, opportunity 2. Mengembangkan Model Generating design 3. Merencanakan/Membuat Planning / Making 4. Menjual Selling 5. Evaluation / Maintenance Evaluasi dan Perawatan 6. Information Technology Capability

22 E-mail: buchorin@centrin.net.id atau
Jl. Utan Kayu Raya No. 20 A Jakarta Timur Telp: / Fax: atau


Download ppt "Yang memimpin dan Yang dipimpin"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google