Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Modeling Concept & Technique

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Modeling Concept & Technique"— Transcript presentasi:

1

2 Modeling Concept & Technique
Matakuliah : U0676 – Modeling & Shading, Lighting, Rendering I Tahun : 2010 Modeling Concept & Technique

3 Apa itu 3D Modeling? 3D modeling is the process of developing a mathematical representation of any three-dimensional surface of object (either inanimate or living) via specialized software. The product is called a 3D model -wikipedia Bina Nusantara University

4 Antara 2D dan 3D Perbedaan paling mencolok antara 2D dan 3D adalah sumbu Z. Dengan adanya sumbu Z, maka workspace akan berbeda. Bina Nusantara University

5 Workspace 2D dan 3D Bina Nusantara University

6 3D workspace Bina Nusantara University

7 Jumlah bidang kerja anda bukanlah 4, tetapi 1.
PERLU DIINGAT! Jumlah bidang kerja anda bukanlah 4, tetapi 1. Keempat bidang yang anda lihat disebut viewport. Viewport adalah sudut pandang anda dalam bidang kerja anda. Bina Nusantara University

8 Modeling 3D Modeling 3D bukan menggambar.
Jangan memperlakukan modeling 3D seperti menggambar 2D, namun perlakukan modeling 3D seperti layaknya sculpting. Bina Nusantara University

9 Vertex: Titik sudut, Edge: Ruas Garis, Polygon: Sisi
Struktur Model 3D Vertex: Titik sudut, Edge: Ruas Garis, Polygon: Sisi Bina Nusantara University

10 Vertex, Edge, dan Polygon dinamakan sebagai Sub Object.
Struktur Model 3D Vertex, Edge, dan Polygon dinamakan sebagai Sub Object. Bina Nusantara University

11 Modeling Styles Box Modeling Spline Modeling NURBS Modeling
Surface Modeling Primitive Modeling Bina Nusantara University

12 Modifier Modifier, sesuai dengan namanya adalah sebuah fungsi dalam 3dsmax untuk memodifikasi objek diluar dari parameter dasar objek tersebut. Bina Nusantara University

13 Modifier Layer Modifier menggunakan fungsi layer seperti dapat dilihat dari gambar disamping: Objek dasar adalah Cylinder, dan modifier Bend yang berfungsi untuk membengkokkan objek diletakkan diatas layer Cylinder. Bina Nusantara University

14 Modifier Layer Maka yang terjadi adalah:
Objek dasar Cylinder (tabung) kemudian diproses oleh modifier bend, sehingga silinder tersebut menjadi bengkok. Proses urutannya adalah dari yang paling bawah ke paling atas. Kesalahan dalam meletakkan urutan layer ini dapat berakibat fatal. Bina Nusantara University

15 Modifier Layer Jangan lupa bahwa anda juga dapat memilih hanya sebagian dari objek tersebut saja yang akan anda kenakan modifier tertentu. Lihat contoh disamping, hanya bagian atas silinder saja yang dikenakan bend. Apabila anda mengaktifkan sub object (vertex, edge, polygon) dan memilih sebagian dari objek tersebut, maka modifier yang ada diatas layer pilihan tersebut hanya akan berlaku untuk bagian yang dipilih saja. Bina Nusantara University

16 Pivot Point Elemen dasar yang tidak kalah pentingnya dalam modeling adalah pivot point. Pivot point dapat juga disebut sebagai ‘sendi’ dalam setiap objek. Bina Nusantara University

17 Pivot Point Pivot point akan berpengaruh terutama dalam hal rotasi.
Rotasi dalam 3d akan selalu berorientasi kepada pivot point. Bina Nusantara University


Download ppt "Modeling Concept & Technique"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google