Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehFanny Gunardi Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Makalah Akidah Akhlak Tentang Menganalisa Perjuangan Khalifah Usman bin Affan Dan Khalifah Ali bin Abi Thalib Nama : Rina Ajizah Kelas : Ix 3 Sekolah : MTsN 19 Jakarta
2
PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG MASALAH
Perkembangan Islam pada zaman Nabi Muhammad SAW dan Para Sahabat adalah merupakan zaman keemasan.Hal itu tentunya tidak terlepas dari para pejuang yang sangat gigih dalam mempertahankan dan juga dalam menyebarkan islam sebagai agama Tauhid yang diridhoi. Perkembangan islam pada zaman inilah merupakan titik tolak perubahan peradaban kearah yang lebih maju. Maka tidak heran para sejarawan mencatat bahwa islam pada zaman Nabi Muhammad dan Khulafaur Rasyidin merupakan islam yang luar biasa pengaruhnya. Namun yang terkadang menjadi pertanyaan adalah kenapa pada zaman sekarang ini seolah kita melupakannya. Sekaitan dengan itu perlu kiranya kita melihat kembali dan mengkaji kembali bagaimana sejarah islam yang sebenarnya. B. PERUMUSAN MASALAH Agar tidak terjadi kesimpang siuran dalam penyusunan makalah ini, maka saya merumuskan masalah sebagai berikut: 1. Kepemimpinan Khalifah Utsman Bin Affan. 2. Kepemimpinan Khalifah Ali Bin Abi Thalib
3
1.USMAN BIN AFFAN (23-36 H/ 644-656 M)
Utsman bin Affan (sekitar 574 – 656) adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang merupakan Khulafaur Rasyidin ke-3. Nama lengkap beliau adalah Utsman bin affan Al-Amawi Al-Quarisyi, berasal dari Bani Umayyah. Lahir pada tahun keenam tahun Gajah. Kira-kira lima tahun lebih muda dari Rasullulah SAW. Nama panggilannya Abu Abdullah dan gelarnya Dzunnurrain (yang punya dua cahaya). gelar tersebut karena Rasulullah menikahkan dua putrinya untuk Utsman; Roqqoyah dan Ummu Kultsum. Sampai Ketika Ummu Kultsum wafat, Rasulullah berkata; “Sekiranya kami punya anak perempuan yang ketiga, niscaya aku nikahkan denganmu.” Dari pernikahannya dengan Roqoyyah lahirlah anak laki-laki. Tapi tidak sampai besar anaknya meninggal ketika berumur 6 tahun pada tahun 4 Hijriah. Di masa pemerintahan Usman ( M), Armenia, Tunisia, Cyprus, Rhodes, dan bagian yang tersisa dari Persia, Transoxania, dan Tabaristan berhsil direbut ekspansi islam pertama berhenti disini.
4
Masa pemerintahan khallifah Utsman tidak terputus dengan rangkaian penaklukan yang dilakukan kaum Muslimin pada masa pemerintahan khalifah Umar. Ketika itu Armenia, Afrika, dan Cyprus telah dikuasai. Kaum muslimin terus memperkokoh kekuatan di Persia yang telah takluk ditangan mereka sebelumnya. Perluasan itu meliputi bagian pesisir pantai atau kelautan, karena pada saat itu kaum muslimin telah memiliki armada laut. pada pemerintahan Utsman negri Tabaristan berhasil ditaklukan oleh Sa`id bin Ash. Dikatakan , bahwa tentara Islam dalam penaklukan ini telah meyertakan Al-Hasan dan Al-Husain, kedua putra Ali, begitu pula Abdullah bin Al-Abbas, `Amr bin Ash, dan zubair bin Awwam. Pada masa pemerintahan Karya monumental Usman lain yang dipersembahkan kepada umat islam adalah penyusunan kitab suci Al- Qur’an. Maksud dari penyusunan itu ialah untuk mengakhiri perbedaan- perbedaan serius dalam bacaan Al- Qur’an. Yang padam waktu itu di ketuai oleh Zaid bin Tsabit, sedangkan yang mengumpukan tulisan- tulisan Al- Qur’an adalah dari habsyah, salah seorang istri Nabi SAW. Kemudian dewan itu membuat beberapa salinan naskah Al- Qur’an untuk di sebarkan ke berbagai daerah atau wilayah kegubernuran sebagai pedoman yang benar untuk masa selanjutnnya.
5
a. Perluasan Islam dimasa Utsman bin Affan
Masa pemerintahan khallifah Utsman tidak terputus dengan rangkaian penaklukan yang dilakukan kaum Muslimin pada masa pemerintahan khalifah Umar. Ketika itu Armenia, Afrika, dan Cyprus telah dikuasai. Kaum muslimin terus memperkokoh kekuatan di Persia yang telah takluk ditangan mereka sebelumnya. Perluasan itu meliputi bagian pesisir pantai atau kelautan, karena pada saat itu kaum muslimin telah memiliki armada laut. Pada pemerintahan Utsman negri Tabaristan berhasil ditaklukan oleh Sa`id bin Ash. Dikatakan , bahwa tentara Islam dalam penaklukan ini telah meyertakan Al-Hasan dan Al-Husain, kedua putra Ali, begitu pula Abdullah bin Al-Abbas, `Amr bin Ash, dan zubair bin Awwam. Pada masa pemerintahan usman pun kaum muslimin berhasil memaksa raja Jurjun untuk memohon berdamai dari Sa`ad bin Ash dan untk ini ia bersedia menyerahkan upeti senilai dirham setiap tahun kepadanya.
6
Termasuk juga menumpas pendurhakaan dan pemberontakan yang terjadi dibeberapa negri yang telah masuk kebawah kekuasaan Islam dizaman Umar. Pendurhakaaan itu ditimbulkan oleh pendukung- pendukung pemerintah yang lama atau dengan kata lain pemerintahan sebelum daerah itu berada dalam kekuasaan Islam, mereka hendak mengembalikan kekuasaannya. Daerah tersebut antara lain adalah Khurasan dan Iskandariah. Pada tahu 25 H. Penguasa di Iskandariyah mengingkari perjanjiaan dengan Islam, karena mereka dihasut oleh bangsa Romawi yang menjanjikan mereka bermacam-macam janji yang muluk-muluk. Maka Utsman memerintahkan gubernur Amru bin Ash yang ketika itu menjabat sebagi penguasa di Mesir untuk memerangi Iskandariyah, sehingga Akhirnya penguasanya mengutus dutanya untuk membuat perjanjain dan kembali tunduk kepada kerajaan Islam di Madinah. Pada tahun 31H Utsman mengirim Abdullah bin Amir, gubernur Basrah, bersama sejumlah besar tentara untuk menaklukkan kembali mereka. Terjadilah perang antara tentara Islam dengan penduduk Merw, Naisabur, Nama, Hirang, Fusang, Bigdis, Merw As-Syahijan, dan lain-lain dari penduduk wilayah Khurasan. Dalam perang ini kaum muslimin berhasil menaklukan kembali wilayah Khurasan. Secara singkat daerah-daerah selain dari dua ini yang telah dikuasai pada masa Utsman adalah: Azerbaijan, Arminiyah, Sabur, Afrika Selatan, Undulus ( Spain), Cyprus, Persia, dan Tabristan.
7
b. Masa Khalifah Usman bin Affan (23-35 H / 644-656 M)
Dalam menjalankan tugas kepiminpinannya Usman bin Affan banyak menghadapi masalah politik yang sangat gawat. Masa enam tahun pertama kebijaksanaannya nampak baik, tapi masa enam tahun terakhir kelemahan-kelemahan pribadinya mulai nampak, sehingga berdampak negatif bagi pemerintahannya. Pada masa Utsman ada orang-orang yang murka kepadanya. Karena Utsman suka memperhatikan dan mengontrol mereka, baik sahabat atau bukan sahabat. Utsman meminta pertanggung jawaban atas pekerjaan mereka dan menanyai mereka mengenai masalah tersebut. Orang-orang yang tidak suka kepada Utsman ada juga dari kalangan borjuis. Sebab, pada masa Utsman aneka bentuk hura-hura telah menjalar. Lalu Utsman mengasingankan mereka ke luar Madinah dan terputus sama sekali dengan kehidupan Madinah, sehingga membuat mereka murka kepadanya. Di antara mereka juga ada pegawai-pegawai yang di berhentikan dari jabatannya seperti `Amru bin Ash, sehingga tersingung pada Utsman. Begitu juga kebencian mulai tersebar kesejumlah orang yang cemburu pada bani Umayyah yang mendapatkan posisi bagus, sehingga mereka itu dendam pada Utsman karena menggunakan kaum kerabatnya. Selain kebijakan politik, kebijakan keagamaan dan ijtihad Khalifah dalam beberapa kasus hukum ibadah juga menimbulkan reaksi negatif yang keras. Ath Thabari mengutup riwayai Al-Waqidy yang bersumber dari ibn Abbas.
8
Inilah ringkasan mengenai sebab-sebab timbulnya fitnah (kekisruhan) seperti di kemukakan literatur-liratur sejarah. Namun pertanyaan yang muncul ialah, apakah hal-hal di atas dirasa cukup menjadi pemicu timbulnya fitnah yang sangat ironis itu? Tentu saja tidak. Karena sesungguhnya apa yang terjadi pada Utsman, juga bisa terjadi pada orang lain, seperti Umar bin Khatab misalnya, padahal tidak semua orang setuju dengan Umar karena ia bersikap lebih keras kepada mereka dengan apa yang dilakukan Utsman. c. Terbunuhnya kahlifah Usman Terbunuhnya Khalifah Ustman di tangan para demonstran menyisakan banyak teka-teki sejarah yang tak kunjung terjawab secara memuaskan. Terutama mengenai surat rahasia itu, siapa sebenarnya yang paling mungkin menulisnya? Demikian juga mengenai orang yang paling bertanggung jawab sebagai eksekutor dalam pembunuhan Utsman, sehingga lebih pantas untuk di Qishas kepadanya? Kemudian, mungkinkah ada aktor intelektual yang bekerja secara sistematis di belakang layar dari jaringan gerakan pembangkangan terhadap Khalifah Utsman itu, sebagaimana di sebut-sebut adanya tokoh misterius Abdullah bin Saba, seorang Yahudi yang kemudian berpura-pura mauk Islam dan kemudia membawa paham-paham aneh ke tubuh Umat?
9
2. ALI BIN ABI THALIB (36-41 H/ 656-661 M)
Nama lengkap beliau, Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu bin Abdi Manaf bin Abdul Muththalib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luay bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin an-Nadhar bin Kinanah Abul Hasan dan Husein, digelari Abu Turab, keponakan sekaligus menantu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dari putri beliau, Fathimah az-Zahra’. Ibu beliau bernama Fathimah binti Asad bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushay, ibunya digelari Wanita Bani Hasyim pertama yang melahirkan seorang putra Bani Hasyim. Beliau memiliki beberapa orang saudara laki-laki; Thalib, Aqiel dan Ja’far. Mereka semua lebih tua dari beliau, masing-masing terpaut sepuluh tahun. Beliau memiliki dua orang saudara perempuan; Ummu Hani’ dan Jumanah. Keduanya adalah putri Fathimah binti Asad, ia telah masuk Islam dan turut berhijrah. Ayah beliau bernama Abu Thalib. Dia adalah paman kandung yang sangat menyayangi Rasulullahshallallahu ‘alaihi wasallam nama sebenarnya Abdi Manaf.
10
Setelah khalifah Usman wafat, masyarakat secara beramai- ramai membaiat Ali ibn Abi Thalib untuk menjadi Khalifah pada waktu itu. Dengan begitu, Ali menjadi khalifah keempat dari kekhalifahan islam. Ali merupakan keponakan sekaligus menantu Nabi SAW. Ali adalah putra dari Abi Thalib bin Abdul Muthalib. Ia adalah sepupu Nabi yang telah ikut sejak bahaya kelaparan mengancam kota Ali adalah orang yang memiliki banyak kelebihan. Selain itu ia adalah pemegang kekuasaan . beberapa hari pembunuhan Usman, stabilitas keamanan kota Madinah menjadi rawan. Galiqi bin Harb memegang kekuasaan ibu kota islam itu selama kurang lebih lima hari sampai terpilihnya khalifah yang baru kemudian Ali bin Abi Thalib tampil menggantikan Usman. Dan mendapat baiat dari sejumlah kaum muslimin. Tugas pertama yang dilakukan oleh khalifah Ali adalah menghidupkan cita- cita Abu Bakar, Umar untuk menarik kembali semua tanah dan hibah yang telah dibagikan Usman kepada kaum kerabatnya kedalaam kepemilikan Negara. Ali juga menurunkah gubernur yang tidak disenangi oleh rakyat.
11
Oposisi terhadap khalifah secara terang- terangan dimulai oleh Aisyah, , Thalhah, dan zubair.Mereka memiliki alasan tersendiri. Mereka menuntut Ali untuk menghukum para pembunuh Usman. Akan tetapi tuntutan mereka tidak mungkin dikabulkan oleh Ali. Pertama, karena tugas utama yang mendesak dilakukan dalam situasi kritis yang penuh intimidasi seperti saat itu ialah memulihkan ketertiban dan mengonsolidasikan kedudukan kekhalifahan. Kedua, menghukum para pembunuh bukanlah perkara yang mudah. Khalifah Usman tidak dibunuh oleh hanya satu orang, melainkan banyah orang dari mesir, irak, dan arab secara langsung terlibat pembunuhan itu. Bersamaan dengan itu, kebijakan- kebijakan Ali juga menimbulkan perlawanan dari para gubernur di Damaskus, Mu’awiyah yang didukung bekas pejabat tinggi yang merasa kehilangan kedudukan dan kejayaan. Setelah Ali berhasil mengalahkan Zubair dan kawan- Kawan, Ali kemudian bergerak ke Kuffah menuju Damaskus dengan sejumlah tentaranya. Pasukanya bertemu dengan pasukan mu’awayah di siffin. Dan pertempuran pun terjadi di daerah ini. Yang kemudian kita kenal dengan peristiwa perang siffin. Peperangan ini diakhiri dengan Arbitrase, tetapi hal itu tidak menyelesaikan masalah. Malah menimbulkan pihak ketiga. Yaitu Al- Khawarij yakni orang yang keluar dari golongan Ali. Dengan munculnya kelompok Al- Khawarij, menjadikan tentara Ali semakin lemah. Sementara posisi mu’awayah semakin kuat. Dan pada tanggal 20 Ramadhan 40 H (660 M) Ali terbunuh oleh salah seorang dari golongan khawarij.
12
Dalam suatu kisah diceritakan bahwa kematian khalifah di akibatkan oleh pukulan pedang beracun Abdurrahman Ibn Muljam, sebagaimana yang dijelaskan oleh Philip K. Hitty, bahwa: “ pada tanggal 24 januari 661 M, ketika Ali sedang dalam perjalanan menuju masjid kuffah ia terkena hantaman pedang beracun di dahinya. Pedang yang mengenai otaknya tersebut di ayunkan oleh seorang pengikut khawarij, Abd Ar-Rahman Ibn Muljam, yang ingin membalas dendam atas kematian keluarga seorang wanita temanya yang terbunuh di Nahrawan. Tempat terpencil di kuffah yang menjadi makam Ali, kini masyhad Ali di Najaf, berkembang menjadi salah satu pusat ziarah terbesar dalam agama islam.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.