Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehRamdan Juniarsyah Ramdan Telah diubah "5 tahun yang lalu
1
BERFIKIR KRITIS (Critical Thinking) QS. ALI IMRAN 190- 191
2
Ramdan Juniarsyah, M.Ag (GPAI SMKN 10 Bandung) Contact : 081394900949 081910344522 Sosmed: Facebook : Ramdan Juniarsyah II Instagram : @ramdanjuniarsyah PROFIL PENYUSUN
3
1. Kompetensi Dasar 2. Alur KBM 3. Peta Konsep 4. Pengantar 5. Bahan Materi 6. Evaluasi 7. Refleksi 8. Lembar Kerja
4
1.1 Terbiasa membaca al-Quran sebagai pengamalan dengan meyakini bahwa agama mengajarkan kepada umatnya untuk berfikir kritis dan bersikap demokratis. 1.2 Bersikap kritis dan demokratis sesuai QS. Ali Imran/3:190-191 dan 159, serta Hadits terkait. 3.1 Menganalisis QS. Ali Imran/3:190-191 dan QS. Ali Imran/3:159, serta Hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demkratis 4.1. 1 Membaca QS. Ali Imran/3:190-191 dan QS. Ali Imran/3:159, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf 4.1. 2 Mendemontrasikan hafalan QS. Ali Imran/3:190-191 dan QS. Ali Imran/3:159, dengan lancar 4.1. 3 Menyajikan keterkaitan antarasikap kritis dengan ciri orang yang berakal (ulil albab) sesuai pesan QS. Ali Imran/3:190- 191.
5
Alur KBM Peta Konsep Pengantar Diskusi Penguatan Materi Evaluasi & Refleksi
6
Peta Konsep Materi BERFIKIR KRITIS QS. ALI IMRAN/3:190-191 3. Isi Kandungan 2. Terjemah 4. Asbab al- Nuzul 7. Urgensi Berfikir Kritis 8. Contoh Berfikir Kritis dalam Al- Quran 6. Perintah berfikir kritis dalam al-Quran 1.Ayat Quran (Tajwid dan Makharijul huruf) 5. Ulul Albab
7
TRANSPORTASIGEDUNG TINGGI TEKNOLOGI Mengapa manusia bisa membangun peradaban?
8
ADAM & MALAIKAT Apa keistimewaan Adam sehingga Malaikat diperintahkan sujud kepadanya? (QS. Al-Baqarah /2:34)
9
COGITO ERGO SUM Aku Berfikir maka Aku Ada -Rene Descartes-
10
Artinya: “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siagn terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal”. KAJIAN Q.S. ALI IMRAN/3: 190- 191 Bacaan & Terjemahan
11
Artinya: “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), : “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia- sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka“. KAJIAN Q.S. ALI IMRAN/3: 190- 191 Bacaan & Terjemahan
12
Isi Kandungan 1.Penciptaan langit dan bumi serta pergantian malam dan siang, mengandung tanda-tanda kebesaran Allah SWT 2.Orang yang berakal (Ulul Albab) adalah orang yang senantiasa mengingat Allah dalam segala keadaan 3.Orang yang berakal (Ulul Albab) senantiasa memikirkan penciptaan langit dan bumi dan apa yang ada di dalamnya sebagai ayat Allah (ayat Kauniyah) 4.Tidak ada satu pun ciptaan Allah SWT yang sia- sia, semuanya mengandung makna, manfaat dan pelajaran berharga bagi orang yang mau merenungkannya.
13
Asbab Al-Nuzul At-Tabari dan Ibnu Abi Hatim dari Ibnu Abbas r.a., Orang Quraisy mendatangi Yahudi dan bertanya,”Bukti kebenaran apa yang dibawa Musa kepadamu ?”Dijawab,”Tongkatnya dan tangannya yang putih bersinar bagi yang memandangnya”. Mereka datang kepada Nasrani dan menanyakan,”Bagaimana halnya dengan Isa?”Dijawab,”Isa menyembuhkan mata yang buta sejak lahir dan penyakit sopak serta menghidupkan orang yang sudah mati”. Mereka mendatangi Rasulullah dan berkata,”Mintalah dari Tuhanmu agar bukit Sofa itu jadi emas bagi kami”. Maka Nabi berdo’a dan turunlah QS.Ali Imran/3:190-191, mengajak mereka memikirkan langit dan bumi tentang kejadiannya, dan hal yang menakjubkan didalamnya.
14
Ulul Albab 1.Ulu artinya yang mempunyai dan albab jamak dari kata lubb memiliki beragam arti, diantara artinya ialah akal. Jadi albab artinya akal yang berlapis. 2.Ulul albab berarti yang mempunyai akal. 3.Aktivitas utama ulul albab : -Berdzikir (mengingat Allah dengan kesadaran dan menyebut asma-Nya dengan lisan) dalam situasi apapun (berdiri, duduk, maupun berbaring). -Berpikir tentang fenomena alam (penciptaan langit dan bumi [QS.Ali Imran/3:190-191]), siklus kehidupan tumbuhan karena air hujan [QS.Az-Zumar/39:21], fenomena sosial (sejarah atau kisah masa lampau [QS.Yusuf/12:111]). 4.Buah dari aktivitas dzikir dan pikir mereka meyakini bahwa Allah menciptakan semuanya dengan tujuan dan tidak ada yang sia-sia.
15
Perintah Berpikir dalam Al-Quran 1.Banyak ayat Al-Quran yang memerintahkan manusia untuk berpikir bahkan sering menyindir mengapa manusia tidak mau berpikir. 2.Perintah berpikir dalam Al-Quran : a.Tafakkur b.Tadzakkur c.Tadabbur d.Ta’aqul
16
Urgensi Berpikir Kritis 1.Berpikir sesaat lebih baik dari ibadah 60 tahun. 2.Mampu mengembangkan IPTEK dengan mengambil inspirasi dari segala ciptaan Allah. 3.Menambah keyakinan akan ke-Maha Besaran Allah.
17
Contoh Berpikir Kritis dalam Al-Quran 1.Perintah untuk memperhatikan unta bagaimana ia diciptakan (QS. Al-Ghasyiyah/88:15). 2.Perintah berpikir tentang tanaman (QS. ar-Ra’d/13:4). 3.Berpikir tentang dua lautan yang mengalir keduanya betemu namun ada batas yang tidak dilampaui oleh masing- masing (QS. ar-Rahman/55:19-22 dan al-Furqon/25:53). 4.Berpikir tentang penciptaan manusia secara berpasangan (QS. Ar-Rum/30:21). 5.Berpikir tentang binatang ternak yang menghasilkan susu, minuman dari buah-buahan, dan lebah yang menghasilkan madu (QS. An-Nahl/16:66-69).
18
1.Jelaskan karakteristik yang dimiliki oleh ulul albab ! 2.Analisis isi kandungan QS.Ali Imran/3:190-191 ! 3.Jelaskan manfaat dari berpikir kritis ! 4.Carilah tanda-tanda kekuasaan Allah di alam semesta yang dapat menambah keyakinanmu ! 5.Jelaskan hubungan antara berpikir kritis dengan hidayah yang didapatkan ! 6.Bagaimana pendapatmu ketika ada orang yang mampu berpikir kritis namun tidak beriman ? Apakah ia akan masuk ke surge ? EVALUASI
19
REFLEKSI Lorem ipsum dolor sit amet consectetuer adipiscing elit aenean commodo
20
Buatlah video berdurasi maksimal 2 menit yang menggambarkan tanda kekuasaan Allah di ala semesta ! LEMBAR KERJA
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.