Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehIda Toha Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
Alamat : Bumi Panyawangan, Jl. Bungur VI, No. 4
Desain produk Pemateri Deddy Supriyadi Alamat : Bumi Panyawangan, Jl. Bungur VI, No. 4 Cileunyi – Bandung Telp. ( 022 ) / Deddy S/Desain Produk
2
Learning Objective Define and explain product ?
Define & explain Product Design Describe type of product design Identify factors of product design Describe Quality, Specification and standard Describe Product Life Cycle Describe how to carry out Product Development and Variation efectivelly & efficiently Describe how to perform Value Analysis Describe how to perform product design through Quality Function Deployment
3
SITUASI USAHA DALAM PASAR YANG BERSAING
Consumer (Pembeli) Company (Perusahaan Kita) Competitor (Perusahaan Pesaing)
4
What is a Product? Need-satisfying offering of an organization
Example P&G does not sell laundry detergent P&G sells the benefit of clean clothes Customers buy satisfaction, not parts Charles Revson says “Revlon sells hope, not cosmetics. May be a good or a service
5
PRODUK KEPUASAN YANG DITAWARKAN PERUSAHAAN/ORGANISASI
SEGALA SESUATU YANG DAPAT DITAWARKAN KE PASAR UNTUK DIPERHATIKAN, DIKONSUMSI, DIGUNAKAN PRODUK PERUSAHAAN DAPAT BERUPA BARANG ATAU JASA, ATAU BARANG YANG DISERTAI JASA PRODUK ??? PRODUK TERDIRI DARI PRODUK INTI DAN TAMBAHAN (TERMASUK, KEMASAN, LABEL, GARANSI, PELAYANAN TAMBAHAN, DLL) PRODUK KEPUASAN YANG DITAWARKAN PERUSAHAAN/ORGANISASI PRODUK ADALAH PEMUAS KEBUTUHAN = PRODUK HARUS DAPAT MEMUASKAN KONSUMEN/HARUS MEMBERIKAN SOLUSI BAGI KONSUMEN
6
MAKANAN : RASA KEBERSIHAN,
UKURAN, PENAMPILAN, KEMASAN, KANDUNGAN, HARGA, DLL PAKAIAN: KEKUATAN, WARNA, KERAPIHAN JAHITAN, MOTIF, MODEL, UKURAN, MEREK, BAHAN (KUSUT/TIDAK, PANAS/TIDAK, TEBAL/TIDAK, KATUN/BUKAN KATUN), HARGA, DST APA YANG DIPERTIMBANGKAN OLEH KONSUMEN DALAM MEMBELI SUATU PRODUK ? PADA DASARNYA YANG DIPERTIMBANGKAN OLEH KONSUMEN ADALAH MANFAAT DAN HARGA PERBANDINGAN ANTARA MANFAAT DAN HARGA ADALAH NILAI PRODUK (PRODUCT VALUE)
7
YANG DICARI KONSUMEN HAKEKATNYA ADALAH PRODUK YANG MEMILIKI NILAI YANG SETINGGI-TINGGINYA
JADI MASALAHNYA BAGI PERUSAHAAN ADALAH BAGAIMANA PERUSAHAAN DAPAT MEMBUAT MENAWARKAN DAN MENYAMPAIKAN PRODUK DENGAN NILAI YANG TINGGI LEBIH TINGGI DARIPADA YANG DITAWARKAN OLEH PESAING
8
YANG HARUS DIUSAHAKAN : MANFAATNYA BANYAK/TINGGI, BIAYANYA RENDAH
NILAI PRODUK = MANFAAT BIAYA
9
KUNCI SUKSES USAHA Produk dan layanan perusahaan
mantap Dan berkembang Penjualan Laba Membeli kembali/ Lebih banyak, Pembeli baru Konsumen puas Produk dan layanan perusahaan Sesuai dengan harapan pembeli dan lebih baik dari yang ditawarkan pesaing
10
KEPUASAN DIPEROLEH MANAKALA PRODUK DAN LAYANAN SESUAI DENGAN HARAPAN
PELANGGAN A Keluaran Anda (produk & service) Versus B Permintaan Pelanggan (Apa yg dibutuhkan & Atau harapkan) A = B Puas
11
Jendela Konsumen (ABROR Inc.)
Attention Bravo Don’t worry be happy Cut or communicate Diinginkan Tidak Diinginkan Tidak diperoleh Diperoleh
12
DESAIN PRODUK DESAIN PRODUK : RANCANGAN PRODUK SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA SESUAI DENGAN KEINGINAN KONSUMEN (komposisi, mutu, nilai) Mendesain suatu produk hakekatnya adalah proses kreatif menterjemahkan keinginan pelanggan ke dalam ciri-ciri teknis produk
13
DESAIN PRODUK Fungsi desain produk :
Menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan/keinginan konsumen Menghindari kegagalan selama proses produksi Memudahkan pengerjaan produk Mengkalkulasikan biaya dan waktu pengerjaan Memilih metode/cara kerja yang paling baik
14
DESAIN PRODUK Merupakan salah satu keputusan penting perusahaan/organisasi, karena proses transformasi yang dilakukan tergantung pada output (produk yang akan dihasilkan) Mendesain suatu produk pada hakekatnya adalah proses kreatif menterjemahkan keinginan pelanggan ke dalam ciri-ciri teknis produk
15
DESAIN PRODUK Desain berkaitan dengan konfigurasi, komposisi, arti, nilai dan tujuan Desain adalah mencari mutu yang lebih baik, mutu material, teknis, performansi, bentuk dan semuanya baik secara sebagian maupun keseluruhan (Imam Buchari Zainnuddin)
16
Robust Design Product is designed so that small variations in production or assembly do not adversely affect the product
17
Modular Design Products designed in easily segmented components.
Adds flexibility to both production and marketing
18
Computer Aided Design (CAD)
Designing products at a computer terminal or work station Design engineer develops rough sketch of product Uses computer to draw product Often used with CAM
19
Benefits of CAD/CAM Shorter design time Database availability
New capabilities Example: Focus more on product ideas Improved product quality Reduced production costs
20
Environmentally Friendly Designs
Benefits Safe and environmentally sound products Minimum raw material and energy waste Product differentiation Environmental liability reduction Cost-effective compliance with environmental regulations Recognition as good corporate citizen
21
Faktor – faktor yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan desain produk
Fungsi Teknis (Mutu, kapasitas, perawatan, dll) Psikologi Pasar (harga, trend, dll) Lain - lain Spesifikasi : Syarat – syarat/ciri – ciri produk, meliputi ; Spesifikasi variabel ( dp. Diukur ), ex ; berat, panjang Spesifikasi atribut ( tdk dapat diukur ), ex; rasa, bau
22
Standar : Spesifikasi yang telah diakui oleh pihak – pihak tertentu
Macam-macam standar : Standar perusahaan Standar group Standar nasional Standar Internasional Standar outcome Standar output Standar proses Standar input
23
Manfaat/kebutuhan standar
Internal Simplifikasi Mempercepat waktu pengerjaan produk Memudahkan untuk dipelajari oleh operator Mesin dapat digunakan dengan kapasitas dan ketelitian yang sebaik – baiknya Memudahkan inventarisasi material, alat-alat, ruang penyimpanan dll. Menghindari pemborosan penggunaan material Mengurangi biaya inspeksi
24
Eksternal Perubahan standar Diperlukan, karena Konsumen Persaingan
Menghindari pertentangan produsen dengan konsumen Memudahkan melakukan perbandingan mutu Mempermudah koordinasi antar pengusaha Perubahan standar Diperlukan, karena Konsumen Persaingan Teknologi
25
Siklus Kehidupan Produk
Kehidupan Suatu Produk Siklus hidup produk (product life-cycle) terdiri atas 4 fase : Perkenalan Pertumbuhan Kedewasaan Penurunan Siklus hidup berbeda-beda antar produk : Beberapa jam saja : Koran Satu minggu : Tabloid Beberapa bulan : mode Beberapa tahun Beberapa dekade Ketika produk cenderung akan memasuki masa penurunan, maka tugas Manajer Operasi : Melakukan pengembangan produk untuk menghasilkan produk baru yang memiliki nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya sehingga diminati pasar dan memiliki keunggulan bersaing.
26
Kompetisi Berbasis Waktu
Siklus hidup produk makin singkat pengembangan produk jadi penting Organisasi perlu terus-menerus memperkenalkan produk baru agar dapat bertahan hidup. Pengembangan produk yang cepat lebih menguntungkan lebih unggul Keunggulan berbasis waktu (Time-based Competitiveness) Waktu yang dibutuhkan untuk Pengembangan Produk Mobil Produsen Mobil Rata-rata (Bulan) Target (Bulan Waktu Tercepat (Bulan) Mazda 21 15-18 17 (Capella) Toyota 27 18 15 (Starlet) Mitsubishi 24 19 (FTO) Nissan 30 20 Tidak ada Honda 36 24 (CRV) Chrysler 29 24 (Sebring) Ford 37 18 (EER) GM 46 38 24 (Yukon, Tahoe)
27
Pengembangan Produk Manfaat desain rekayasa nilai dan keandalan produk : Penurunan kerumitan produk Standarisasi tambahan atas produk Peningkatan aspek fungsional produk Desain metode kerja yang lebih baik Keamanan kerja yang lebih baik Peningkatan keandalan produk Rancangan untuk memperoleh produk yang handal
28
SIKLUS KEHIDUPAN PRODUK
Introduction Growth Maturity Decline
29
Product Life Cycle Introduction
Fine tuning research product development process modification and enhancement supplier development
30
Product Life Cycle Growth
Product design begins to stabilize Effective forecasting of capacity becomes necessary Adding or enhancing capacity may be necessary
31
Product Life Cycle Maturity
Competitors now established High volume, innovative production may be needed Improved cost control, reduction in options, paring down of product line
32
Product Life Cycle Decline
Unless product makes a special contribution, must plan to terminate offering Harvard’s 4 squares of product development:
33
Causes Generating New Product Opportunities
Economic change Sociological and demographic change Technological change Political/legal change Changes in market practice professional standards suppliers and distributors
34
Product Development Stages
Idea generation Assessment of firm’s ability to carry out Customer Requirements Functional Specification Scope of product development team Product Specifications Design Review Test Market Introduction to Market Evaluation
35
Value Analysis Focuses on design improvement during production
Seeks improvements leading either to a better product or a product which can be more economically produced. Deddy S/Desain Produk
36
Value Analysis Metoda meningkatkan kegunaan produk tanpa menambah biaya atau mengurangi biaya tanpa mengurangi kegunaan produk. Cara untuk meningkatkan produk dimata konsumen Terkait dengan kemampuan manufaktur memproduksi dengan harga rendah dan nilai tinggi
37
Quality Function Deployment (QFD)
Determines what will satisfy the customer Translates those customer desires into the target design © 1998 by Prentice Hall, Inc. A Simon & Schuster Company Upper Saddle River, N.J Transparency Masters to accompany Operations Management, 5E (Heizer & Render) 4-44 Deddy S/Desain Produk 35
38
Quality Function Deployment
Product design process using cross-functional teams Marketing, engineering, manufacturing Translates customer preferences into specific product characteristics Involves creating 4 tabular ‘Matrices’ or ‘Houses’ Breakdown product design into increasing levels of detail © 1998 by Prentice Hall, Inc. A Simon & Schuster Company Upper Saddle River, N.J Transparency Masters to accompany Operations Management, 5E (Heizer & Render) 4-45 Deddy S/Desain Produk 36
39
QFD BERKAITAN DENGAN MENETAPKAN APA YANG AKAN MEMUASKAN PELANGGAN
MENTERJEMAHKAN KEINGINAN PELANGGAN PADA DESAIN YANG DITARGETKAN IDEALNYA ADALAH UNTUK MEMAHAMI KEINGINAN PELANGGAN DAN MEMPERKENALKAN SOLUSI PROSES ALTERNATIF. INFORMASI INI KEMUDIAN DIPADUKAN DALAM DESAIN UNTUK MEMBANTU MENERAPKAN APA YANG DAPAT MEMUASKAN PELANGGAN DAN KEMANA PENYEBARAN USAHA-USAHA BERKUALITAS.
40
To Build House of Quality
Identify customer wants Identify how the good/service will satisfy customer wants. Relate the customer’s wants to the product’s hows. Identify relationships between the firm’s hows. Develop importance ratings Evaluate competing products © 1998 by Prentice Hall, Inc. A Simon & Schuster Company Upper Saddle River, N.J Transparency Masters to accompany Operations Management, 5E (Heizer & Render) 4-46 Deddy S/Desain Produk 37
41
House of Quality Sequence
Design Characteristics Quality Plan Production Process Specific Components Requirements Customer House 2 1 3 4 © 1998 by Prentice Hall, Inc. A Simon & Schuster Company Upper Saddle River, N.J Transparency Masters to accompany Operations Management, 5E (Heizer & Render) 4-47 Deddy S/Desain Produk 38
42
House of Quality Example
You’ve been assigned temporarily to a QFD team. The goal of the team is to develop a new camera design. Build a House of Quality. © T/Maker Co. © 1998 by Prentice Hall, Inc. A Simon & Schuster Company Upper Saddle River, N.J Transparency Masters to accompany Operations Management, 5E (Heizer & Render) 4-48 Deddy S/Desain Produk 39
43
House of Quality Example
Customer Requirements Customer Importance Target Values JHigh relationship K Medium relationship m Low Relationship © 1998 by Prentice Hall, Inc. A Simon & Schuster Company Upper Saddle River, N.J Transparency Masters to accompany Operations Management, 5E (Heizer & Render) 4-49 Deddy S/Desain Produk 40
44
House of Quality Example
JHigh relationship K Medium relationship m Low Relationship Customer Requirements Importance Target Values Light weight Easy to use Reliable What the customer desires (‘wall’) Aluminum Parts Auto Focus Exposure © 1998 by Prentice Hall, Inc. A Simon & Schuster Company Upper Saddle River, N.J Transparency Masters to accompany Operations Management, 5E (Heizer & Render) 4-50 Deddy S/Desain Produk 41
45
House of Quality Example
JHigh relationship K Medium relationship m Low Relationship Customer Requirements Importance Target Values Light weight Easy to use Reliable Aluminum Parts Auto Focus Exposure 3 1 2 Average customer importance rating © 1998 by Prentice Hall, Inc. A Simon & Schuster Company Upper Saddle River, N.J Transparency Masters to accompany Operations Management, 5E (Heizer & Render) 4-51 Deddy S/Desain Produk 42
46
House of Quality Example
JHigh relationship K Medium relationship m Low Relationship Customer Requirements Importance Target Values Light weight Easy to use Reliable Aluminum Parts Auto Focus Exposure K 3 2 1 Relationship between customer attributes & engineering characteristics (‘rooms’) © 1998 by Prentice Hall, Inc. A Simon & Schuster Company Upper Saddle River, N.J Transparency Masters to accompany Operations Management, 5E (Heizer & Render) 4-52 Deddy S/Desain Produk 43
47
House of Quality Example
JHigh relationship K Medium relationship m Low Relationship Customer Requirements Importance Target Values Light weight Easy to use Reliable Aluminum Parts Auto Focus Exposure K 3 2 1 5 Target values for engineering characteristics (‘basement’); key output J © 1998 by Prentice Hall, Inc. A Simon & Schuster Company Upper Saddle River, N.J Transparency Masters to accompany Operations Management, 5E (Heizer & Render) 4-53 Deddy S/Desain Produk 44
48
House of Quality Example
Customer Requirements Customer Importance Aluminum Parts Auto Focus Auto Exposure Light weight 3 K Easy to use 2 K K Reliable 1 K K Target Values JHigh relationship K Medium relationship m Low Relationship © 1998 by Prentice Hall, Inc. A Simon & Schuster Company Upper Saddle River, N.J Transparency Masters to accompany Operations Management, 5E (Heizer & Render) 4-54 Deddy S/Desain Produk 45
49
HOUSE OF QUALITY (QFD)
50
Relationship Matrix
51
House of Quality
52
QDP for Pizza U.S.A. delivery
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.