Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Malaikat Nakir Pendidikan Agama Islam. PETA KONSEP MalaikatMalaikat Nakir MalaikatMalaikat Nakir Perilaku yang mencerminkan iman kepada Malaikat NakiryangMalaikat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Malaikat Nakir Pendidikan Agama Islam. PETA KONSEP MalaikatMalaikat Nakir MalaikatMalaikat Nakir Perilaku yang mencerminkan iman kepada Malaikat NakiryangMalaikat."— Transcript presentasi:

1 Malaikat Nakir Pendidikan Agama Islam

2

3 PETA KONSEP MalaikatMalaikat Nakir MalaikatMalaikat Nakir Perilaku yang mencerminkan iman kepada Malaikat NakiryangMalaikat Perilaku yang mencerminkan iman kepada Malaikat NakiryangMalaikat Hikmah beriman kepada Malaikat Nakir kepada Nakir Hikmah beriman kepada Malaikat Nakir kepada Nakir Pengertian Malaikat dan iman kepada MalaikatMalaikat Pengertian Malaikat dan iman kepada MalaikatMalaikat

4 Pengertian Malaikat Pengertian Malaikat Sebelumnya kita akan membahas apa itu Malaikat ? Malaikat (Bahasa Arab: ملاءكة ; transliterasi: Malaikah) adalah makhluk yang memiliki kekuatan- kekuatan yang patuh pada ketentuan dan perintah Allah.

5 Iman kepada Malaikat Iman kepada Malaikat Berdasarkan hadits Rasululloh SAW : yang artinya “ iman ialah engkau percaya kepada Alloh SWT, Malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul- Nya, dan hari akhir serta percaya pada takdir yang baik dan buruk ” (HR.Muslim) Jadi, iman kepada Malaikat adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa Malaikat Alloh SWT benar-benar ada.

6 Siapakah Malaikat Nakir itu ????? Malaikat nakir dalam islam adalah malaikat yang menguji iman orang yang sudah mati di kuburan mereka, seperti yang terdapat dalam hadits Rasululloh SAW yang berbunyi : Malaikat Nakir

7 إِذَا قُبِرَ الْمَيِّتُ - أَوْ قَالَ : أَحَدُكُم - أَتَاهُ مَلَكَانِ أَسْوَدَانِ أَزْرَقَانِ يُقَالُ لِأَحَدِهِمَا الْمُنْكَرُ وَالْآخَرُ النَّكِيْرُ، فَيَقُولَانِ : مَا كُنْتَ تَقُولُ فِيْ هَذَا الرَّجُلِ؟ فَيَقُولُ مَا كَانَ يَقُولُ : هُوَ عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. فَيَقُولَانِ : قَدْ كُنَّا نَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُولُ هَذَا. ثُمَّ يُفْسَحُ لَهُ فِي قَبْرِهِ سَبْعُونَ ذِرَاعًا فِي سَبْعِينَ، ثُمَّ يُنَوَّرُ لَهُ فِيْهِ ثُمَّ يُقَالُ لَهُ : نَمْ. فَيَقُولُ : ارْجِعْ إِلَى أَهْلِي فَأَخْبِرْهُمْ. فَيَقُولَانِ : نَمْ كَنَوْمَةِ الْعَرُوسِ الَّذِي لاَ يُوقِظُهُ إِلاَّ أَحَبَّ أَهْلِهِ إِلَيْهِ. حَتَّى يَبْعَثُهُ اللهُ مِنْ مَضْجَعِهِ ذَلِكَ؛ وَإِنْ كَانَ مُنَافِقًا قَالَ : سَمِعْتُ النَّاسَ يَقُولُونَ فَقُلْتُ مِثْلَهُ، لاَ أَدْرِي. فَيَقُولاَنِ : قَدْ كُنَّا نَعْلَمُ أَنَّكَ تَقُولُ ذَلِكَ. فَيُقَالُ لِلْأَرْضِ : الْتَئِمِي عَلَيْهِ. فَتَلْتَئِمُ عَلَيْهِ فَتَخْتَلِفُ فِيْهَا أَضْلَاعُهُ فَلَا يَزَالُ فِيْهَا مُعَذَّبًا حَتَّى يَبْعَثُهُ اللهُ مِنْ مَضْجَعِهِ ذَلِكَ “Jika mayit atau salah seorang dari kalian telah dikubur, datang dua malaikat, hitam (tubuhnya), biru (kedua matanya), satu dari keduanya bernama Al-Munkar dan yang lain An-Nakir. Kedua malaikat bertanya kepada mayit: “Apa yang dulu kamu katakan tentang lelaki ini (yakni Rasulullah n)?” Dia pun menyatakan apa yang dulu dia katakan: “Lelaki itu adalah hamba Allah dan Rasul-Nya, Asyhadu allailahaillallah wa anna Muhammadar rasulullah.” Kedua malaikat menimpali: “Sungguh kami telah mengetahui bahwa engkau mengatakan demikian.” Lalu diluaskan kubur untuknya 70 dzira’ (hasta) kali 70 dzira’, dan diterangi, kemudian dikatakan padanya: “Tidurlah engkau.” Berkatalah mayit: “Kembalikanlah aku pada keluargaku agar aku kabarkan kepada mereka.” Keduanya berkata: “Tidurlah engkau sebagaimana tidurnya pengantin, tidak ada yang membangunkan kecuali orang yang paling dicintainya.” Hingga nanti Allah l bangkitkan dari pembaringannya.”

8 Wujud Malaikat Nakir Malaikat-malaikat digambarkan memiliki mata hitam solid, memiliki rentang bahu diukur dalam mil, dan membawa palu “begitu besar”, jika semua umat manusia mencoba sekaligus untuk memindahkan mereka inci tunggal, mereka akan gagal”. Ketika mereka berbicara, lidah-lidah api berasal dari mulut mereka. Jika salah satu jawaban pertanyaan mereka salah, ada yang dipukuli setiap hari, selain hari Jumat, sampai Allah memberikan izin untuk pemukulan berhenti. Muslim percaya bahwa seseorang benar akan menjawab pertanyaan tidak dengan mengingat jawaban sebelum kematian (bandingkan dengan Kitab Mesir Orang Mati) tetapi oleh iman dan perbuatan mereka seperti salat dan syahadat.

9 PERTANYAAN MALAIKAT MUNKAR DAN NAKIR DALAM KUBUR Dua malaikat Munkar dan Nakir menanyakan mayit dalam dua keadaan: 1.Ketika mayit dibaringkan di dalam kubur 2.Sesudah mayit dikuburkan Lalu hal apa saja yang akan Malaikat Nakir tanyakan ????? Inilah pertanyaan-pertanyaan yang akan di tanyakan oleh Malaikat Nakir ketika di alam barzah : 1. Siapa Tuhanmu? 2. Siapa Nabimu? 3. Apa Agamamu? 4. Siapa Imammu ? 5. Dimana Kiblatmu? 6. Siapa Saudaramu?

10 KISAH PERTANYAAN MALAIKAT MUNKAR DAN NAKIR Seorang yang shaleh dari penduduk Kufah berkata: Pada suatu malam aku berada di masjid Jami’ Kufah. Pada malam itu turun hujan, lalu ada rombongan jema’ah mengetuk salah satu pintu masjid, yaitu pintu Muslim bin Aqil. Ternyata mereka membawa janazah, kemudian mereka membawanya masuk, melalui pintu Muslim bin Aqil (as). Salah seorang dari mereka nampak lelah lalu ia tertidur dan bermimpi, dalam mimpinya ia berkata kepada yang lain: Apa yang kita lihat tentangnya, apakah kita bersamanya terkena hisab atau tidak? Kemudian ia membuka wajah sang mayit, dan berkata kepada temannya: Kita akan dikenai hisab, mari kita cepat mengantarkannya sebelum kita terkena azabnya. Lalu ia terbangun dan menceritakan mimpinya kepada teman- temanya. Orang shaleh itu berkata: kemudian mereka membawa janazah itu melewati kuburan suci, dan aku berkata : Allah-lah yang memiliki mutiara hikmah orang yang berkata : Jika aku mati, kuburkan aku di samping Haidar berdekatan dengannya aku akan termuliakan. Di dekatnya aku tidak takut pada neraka dan tidak takut pada Munkar dan Nakir Tercelalah orang yang berada di tempat perlindungan jika melepaskan tali onta di padang gembala (Irsyadul Qulub: 440) Kisah ini juga dikutip oleh Allamah Al-Majlisi

11 Perilaku yang mencerminkan Iman kepada Malaikat Nakir  Senantiasa beramal sholeh dan selalu taat kepada Alloh.  Bekerja keras dan yakin bahwa akan mendapatkan perlindungan dari Alloh.  Memberi motivasi kita untuk selalu taat dan betakwa kepada Alloh SWT seperti ketaatan para malaikat.  Selalu berhati-hati dalam segala perbuatan, perkataan, maupun niat karena ia menyadari bahwa setiap gerak-geriknya senantiasa berada dalam pengawasan Alloh.  Siap menghadapi kematian, hendaknya manusia menyadari bahwa kematian adalah benar hanya tinggal menunggu giliran waktu.

12 Hikmah beriman kepada Malaikat Nakir  Semakin meyakini tentang kebesaran Alloh SWT.  Meningkatkan keimanan manusia kepada Alloh, mengingat Malaikat merupakan salah satu ciptaan-Nya.  Bersyukur kepada Alloh, karena telah menciptakan Malaikat untuk membantu segala kehidupan dan kepentingan manusia.  Bertindak hati-hati dalam berperilaku.  Selalu berusaha memperbaiki diri dari waktu ke waktu.

13 Kesimpulan Ajaran islam mengenal istilah rukun iman. Rukun iman terdiri dari 6 ketetapan yang salah satunya adalah beriman kepada Malaikat Alloh. Sebagai umat islam kita harus mengimani rukun iman diantaranya ialah beriman kepada Malaikat, dan salah satunya adalah Malaikat nakir yang bertugas Menanyai orang yang sudah mati di dalam Kubur, untuk itu kita harus senantiasa menyiapkan diri dalam menghadapi kematian karena kematian bisa datang kapanpun dimanapun juga pada siapapun.

14


Download ppt "Malaikat Nakir Pendidikan Agama Islam. PETA KONSEP MalaikatMalaikat Nakir MalaikatMalaikat Nakir Perilaku yang mencerminkan iman kepada Malaikat NakiryangMalaikat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google