Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Menghitung Beta Saham (β) Mandala Multifinance Tbk (MFIN) Mata Kuliah : Manajemen Investasi & Portfolio Dosen : Khaira Amalia F, MBA, Ak, Dr. Kelompok.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Menghitung Beta Saham (β) Mandala Multifinance Tbk (MFIN) Mata Kuliah : Manajemen Investasi & Portfolio Dosen : Khaira Amalia F, MBA, Ak, Dr. Kelompok."— Transcript presentasi:

1 Menghitung Beta Saham (β) Mandala Multifinance Tbk (MFIN) Mata Kuliah : Manajemen Investasi & Portfolio Dosen : Khaira Amalia F, MBA, Ak, Dr. Kelompok 6 : Afriza Amir ( ) Dina Riskia Hutasuhut ( ) Jules Freddy Simatupang ( )

2 Content Pengertian Beta Saham Cara Menghitung Beta Saham Menghitung Beta Saham Mandala Multifinance Tbk (MFIN) Kesimpulan

3 Riwayat Mandala Multifinance Perusahaan mulai berdiri sejak tahun 1983 dengan nama PT. Vidya Cipta Leasing Corporation yang bergerak dibidang jasa keuangan. Setelah mengalami beberapa perubahan nama, akhirnya pada tanggal 31 Januari 1997 nama Mandala Multifinance disahkan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan RI No. 323/KMK017/1997. Tujuan dari perusahaan adalah mendirikan dan menjalankan usaha-usaha di bidang lembaga pembiayaan yakni kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal. Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut, perseroan dapat melaksanakan kegiatan usaha di bidang keuangan, yaitu sewa guna usaha, kartu kredit, anjak piutang, dan pembiayaan konsumen. Perseroan bergerak cukup lama di bidang pembiayaan konsumen, sejak tahun 1997 sampai dengan sekarang, perusahaan memfokuskan diri pada pembiayaan konsumen, khususnya pembiayaan sepeda motor dengan merek Jepang. Fokus usaha ini diputuskan setelah melihat perkembangan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap kendaraan roda dua ini. Kebutuhan tersebut terus meningkat seiring dengan berkembangnya waktu. Sejak didirikan pertama kali, Mandala Multifinance membawa misi utama memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumennya. Melalui pelayanan optimal yang didukung oleh pengelolaan sumber daya manusia yang terarah dan terpadu, serta ketersediaan infrastruktur yang memadai, Dengan Jargon: “Mandala Multifinance dengan optimis bergerak maju mencapai tujuan sebagai Multifinance andalan Anda”.

4 Pengertian Beta Saham Beta (β) merupakan pengukur risiko sistematis dari suatu saham atau portofolio relatif terhadap risiko pasar Beta juga berfungsi sebagai pengukur volatilitas return saham, atau portofolio terhadap return pasar Volatilitas merupakan fluktuasi return suatu saham atau portofolio dalam suatu periode tertentu, jika secara statistik fluktuasi tersebut mengikuti fluktuasi dari return-return pasar, maka dikatakan beta dari sekuritas tersebut bernilai satu (Jogiyanto, 2007:266).

5 Pengertian Beta Saham Fluktuasi menunjukkan risiko sistematis dari saham tersebut, semakin besar return suatu saham berfluktuasi terhadap return pasar, maka risiko sistematisnya akan lebih besar, demikian pula sebaliknya, semakin kecil fluktuasi return suatu saham terhadap return pasar, semakin kecil pula beta saham tersebut. Karena fluktuasi juga sebagai pengukur risiko, maka beta bernilai 1 menunjukkan bahwa risiko sistematik suatu sekuritas atau portofolio sama dengan risiko pasar.

6 Untuk mengetahui kondisi pasar dipergunakan indeks pasar sebagai indikator keadaan pasar modal di Indonesia yang dalam penelitian ini diwakili oleh IHSG. Tingkat return pasar (market return) pada periode ke-t dengan menggunakan IHSG dapat dihitung sebagai berikut : Untuk mengetahui kondisi pasar dipergunakan indeks pasar sebagai indikator keadaan pasar modal di Indonesia yang dalam penelitian ini diwakili oleh IHSG. Tingkat return pasar (market return) pada periode ke-t dengan menggunakan IHSG dapat dihitung sebagai berikut : Dimana: R mt = Return pasar pada akhir bulan ke t IHSG t = IHSG pada akhir bulan ke t IHSG t-1 = IHSG pada akhir bulan sebelumnya (t-1) Dimana: R mt = Return pasar pada akhir bulan ke t IHSG t = IHSG pada akhir bulan ke t IHSG t-1 = IHSG pada akhir bulan sebelumnya (t-1)

7 Pengertian Beta Saham Menurut Husnan (2001:168) penilaian terhadap Beta (β) sendiri dapat dikategorikan ke dalam tiga kondisi yaitu: 1. Apabila β = 1, berarti tingkat keuntungan saham i berubah secara proporsional dengan tingkat keuntungan pasar. Ini menandakan bahwa risiko sistematis saham i sama dengan risiko sistematis pasar. 2. Apabila β > 1, berarti tingkat keuntungan saham i meningkat lebih besar dibandingkan dengan tingkat keuntungan keseluruhan saham di pasar. Ini menandakan bahwa risiko sistematis saham i lebih besar dibandingkan dengan risiko sistematis pasar, saham jenis ini sering juga disebut sebagai saham agresif. 3. Apabila β < 1, berarti tingkat keuntungan saham i meningkat lebih kecil dibandingkan dengan tingkat keuntungan keseluruhan saham di pasar. Ini menandakan bahwa risiko sistematis saham i lebih kecil dibandingkan dengan risiko sistematis pasar, saham jenis ini sering juga disebut sebagai saham defensif.

8 Cara Menghitung Beta Saham Pengukuran beta suatu saham dapat dilakukan dengan menggunakan Single Index Model (Husnan, 2001:46). Model ini berasumsi bahwa return saham berkorelasi dengan perubahan return pasar, dan untuk mengukur korelasi tersebut bisa dilakukan dengan menghubungkan return saham individual (R­ it ) dengan return indeks pasar (R mt ). Tingkat return saham ini dihitung dengan rumus berikut: Pengukuran beta suatu saham dapat dilakukan dengan menggunakan Single Index Model (Husnan, 2001:46). Model ini berasumsi bahwa return saham berkorelasi dengan perubahan return pasar, dan untuk mengukur korelasi tersebut bisa dilakukan dengan menghubungkan return saham individual (R­ it ) dengan return indeks pasar (R mt ). Tingkat return saham ini dihitung dengan rumus berikut: Di mana: R t = Return saham pada akhir bulan ke t P t = Clossing price pada akhir bulan ke t P t-1 = Clossing price pada akhir bulan sebelumnya (t-1) Di mana: R t = Return saham pada akhir bulan ke t P t = Clossing price pada akhir bulan ke t P t-1 = Clossing price pada akhir bulan sebelumnya (t-1)

9 Cara Menghitung Beta Saham Return saham dan return pasar yang telah dihitung selanjutnya dipakai untuk menghitung beta untuk masing-masing perusahaan dengan menggunakan regresi Ordinary Least Square (OLS) berdasarkan model indeks tunggal yang persamaannya dirumuskan sebagai berikut: Dimana: R it = return saham perusahaan i pada periode ke t α i = intersep dari regresi untuk masing-masing perusahaan i β it = beta untuk masing-masing perusahaan i R mt = return indeks pasar pada periode t e it = kesalahan residu untuk persamaan regresi perusahaan i pada periode ke t. Dimana: R it = return saham perusahaan i pada periode ke t α i = intersep dari regresi untuk masing-masing perusahaan i β it = beta untuk masing-masing perusahaan i R mt = return indeks pasar pada periode t e it = kesalahan residu untuk persamaan regresi perusahaan i pada periode ke t.

10 Cara Menghitung Beta Saham Sehingga rumus mencari beta dengan metode indeks tunggal adalah sebagai berikut : Dimana: β = Beta n = Periode / Jumlah data Rmt = Return Pasar Rit = Return Sekuritas Alternatif perhitungan Beta bisa digunakan microsoft excel Dimana: β = Beta n = Periode / Jumlah data Rmt = Return Pasar Rit = Return Sekuritas Alternatif perhitungan Beta bisa digunakan microsoft excel

11 Menghitung Beta Saham Case Study : Saham Mandala Multifinance Tbk (MFIN)

12 Menghitung Beta Saham 2. Hitung Return Saham Telkom dan Return IHSG Return Mandala Multifinance Tbk Pada cell F4, ketik formula =(B4-B3)/B3, Enter. Akan didapat nilai return saham pada bulan Februari 2010 sebesar 0,01852,Copy cell F4 lalu paste ke cell F5 sampai dengan cell F14. Return IHSG Pada cell G4, ketik formula =(D4-D3)/D3, Enter. Akan didapat nilai return IHSG pada bulan Februari 2010 sebesar -0,02366, Copy cell G4 lalu paste ke cell G5 sampai dengan cell G14. Month MFIN IHSG PriceDividendReturn PriceReturn 2010, , , ,01852<-- =((B6-B5)+C6)/B ,03 -0,02366<-- =(F6-F5)/F5 2010, , ,30 0, , , ,25 0, , , ,96 -0, , , ,68 0, , , ,28 0, , ,480, ,88 0, , , ,30 0, , , ,32 0, , , ,21 -0, , , ,51 0,04879

13 Menghitung Beta Saham 3. Cara Menghitung Beta Saham dengan MS Excel add in Data Analysis  Open file MS Excel, Beta-Indeks Tunggal-Mandala Multifinance Tbk (MFIN)  Klik sheet RMFIN  Pilih dan klik Data pada Toolbars, lalu klik Data Analysis.  Akan nampak jendela Data Analysis.  Pilih regression, lalu klik OK.  Kotak dialog Regression ditampilkan, seperti gambar dibawah ini:  Isikan semua keterangan data yang akan diolah pada kotak dialog Regression  Open file MS Excel, Beta-Indeks Tunggal-Mandala Multifinance Tbk (MFIN)  Klik sheet RMFIN  Pilih dan klik Data pada Toolbars, lalu klik Data Analysis.  Akan nampak jendela Data Analysis.  Pilih regression, lalu klik OK.  Kotak dialog Regression ditampilkan, seperti gambar dibawah ini:  Isikan semua keterangan data yang akan diolah pada kotak dialog Regression Month Stock Return R_MFINR_IHSG 2010,020, , ,030,090910, ,040,216670, ,05-0, , ,060,078130, ,070,217390, ,080,034480, ,090,341460, ,10-0,054550, ,110, , ,12-0,086210,04879

14 Menghitung Beta Saham 4. Hasil Perhitungan Beta Saham dengan MS Excel add in Data Analysis Berdasarkan hasil pemrosesan dengan MS Excel Add-Ins Data-Analysis, model regresi linear dapat dirumuskan sebagai berikut: Ri = 0, ,656 R_IHSG Beta merupakan koefisien parameter dari variabel R_IHSG, yaitu sebesar 1,656. Koefisien ini adalah signifikan dengan p-value sebesar 0,025 (lebih kecil dari 5%). Jadi: Beta saham PT Mandala Multifinance Tbk adalah sebesar 1,656 Berdasarkan hasil pemrosesan dengan MS Excel Add-Ins Data-Analysis, model regresi linear dapat dirumuskan sebagai berikut: Ri = 0, ,656 R_IHSG Beta merupakan koefisien parameter dari variabel R_IHSG, yaitu sebesar 1,656. Koefisien ini adalah signifikan dengan p-value sebesar 0,025 (lebih kecil dari 5%). Jadi: Beta saham PT Mandala Multifinance Tbk adalah sebesar 1,656 SUMMARY OUTPUT Regression Statistics Multiple R0,66445 R Square0,44150 Adjusted R Square0,37944 Standard Error0,11144 Observations11 ANOVA dfSSMSFSignificance F Regression10,088 7,1140,026 Residual90,1120,012 Total100,200 CoefficientsStandard Errort StatP-valueLower 95%Upper 95%Lower 95.0%Upper 95.0% Intercept0,0210,0400,5390,603-0,0680,111-0,0680,111 R_IHSG1,6570,6212,6670,0260,2523,0620,2523,062

15 Menghitung Beta Saham 3. Cara Menghitung Beta Saham dengan MS Excel add in Data Analysis  Setelah itu, klik tombol OK.  Hasil pemrosesan MS Excel dengan Add-Ins Data-Analysis dan setelah dilakukan editing tampak seperti gambar berikut:  Setelah itu, klik tombol OK.  Hasil pemrosesan MS Excel dengan Add-Ins Data-Analysis dan setelah dilakukan editing tampak seperti gambar berikut: SUMMARY OUTPUT Regression Statistics Multiple R0,66445 R Square0,44150 Adjusted R Square0,37944 Standard Error0,11144 Observations11 ANOVA dfSSMSFSignificance F Regression10,088 7,1140,026 Residual90,1120,012 Total100,200 CoefficientsStandard Errort StatP-valueLower 95%Upper 95%Lower 95.0%Upper 95.0% Intercept0,0210,0400,5390,603-0,0680,111-0,0680,111 R_IHSG1,6570,6212,6670,0260,2523,0620,2523,062

16 Kesimpulan Beta Saham Mandala Multifinance Tbk (MFIN) adalah 1,656 nilainya > 1, β > 1, berarti tingkat keuntungan saham i meningkat lebih besar dibandingkan dengan tingkat keuntungan keseluruhan saham di pasar. Ini menandakan bahwa risiko sistematis saham i lebih besar dibandingkan dengan risiko sistematis pasar.


Download ppt "Menghitung Beta Saham (β) Mandala Multifinance Tbk (MFIN) Mata Kuliah : Manajemen Investasi & Portfolio Dosen : Khaira Amalia F, MBA, Ak, Dr. Kelompok."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google